Mengenal Escort Ambulance, apaan sih?

Pagi masbro..

Kalau dengar kata escort pasti deh, penilaian banyak orang rada miring. Menjurus tuh ke hal lain :mrgreen: Kali ini, escort-nya beda. Yang ditemani dan diamankan serta dikawal  adalah ambulans.

Escort Ambulance atau EA, kalau di luar negeri sono, biasanya dilakukan oleh aparat kepolisian secara resmi. Fungsinya sih jelas, membantu melakukan pengawalan sehingga ambulans memperoleh prioritas jalan menuju rumah sakit. Kalaupun bukan aparat kepolisian, ada semacam organisasi khusus EA yang  membantu tugas polisi tersebut.

Nah, balik lagi. Di Malang Raya, sudah beberapa lama muncul gerakan ini. Kalau secara nasional, sudah ada wadahnya yaitu bernama Indonesia Escorting Ambulance (IEA).

Di Malang, Continue reading

Advertisements

KPB ke 2 Honda New CB150R, kembalikan performa

Pagi masbro..

Sepeda motor, bermesin, memang sudah selayaknya selalu dirawat. Nggak hanya sisi eksterior alias bodyluar saja yang bersih dan mengkilap, tapi juga mesinnya. Termasuk si bleki, Honda New CB150R saia. Lansiran 2017 lalu, dan beberapa hari lalu, saat intip odometer ternyata sudah menginjak 6.000 km jarak tempuhnya. Lebih sedikit malahan :mrgreen:

Hmm..waktunya service rutin nih. Masih dalam kaitan layanan pada pemilik, Honda memberikan gratis Kupon Perawatan Berkala hingga 3 kali. Yaitu KPB 1 pada jarak tempuh 1.000 km (gratis jasa service dan oli), KPB 2 pada jarak tempuh 6.000 km (gratis jasa service) dan KPB 3 pada jarak 12.000 km.

KPB Continue reading

‘Fasilitas’ parkir kreatif ala arek Malang

Pagi masbro..

Petugas jasa parkir, alias akrab disapa jukir–juru parkir, memang bejibun jumlahnya. Termasuk di kota Malang, yang jumlah jukir resminya mencapai angka hampir 2.000. Banyak juga kan? Hal ini berdasar informasi Dinas Perhubungan Kota Malang, yang telah mendata jukir resmi, dan juga telah mendistribusikan rompi khusus jukir resmi berwarna hijau.Dengan tarif resmi parkir yang telah ditetapkan Pemkot Malang, yaitu IDR 2.000 untuk sepeda motor/R2 dan IDR 3.000 untuk kendaraan R4, sebenarnya banyak pihak masyarakat yang mengeluhkan. Nggak sebanding dengan layanan jukirnya, demikian rata-rata keluhan masyarakat.

Seringkali jukir cuek dengan kondisi kendaraan yang terparkir. Pokoknya biaya parkir dibayar , ya sudah. Motor diparkir seenaknya, mepet-mepet yang penting di lahan parkirnya muat sebanyak-banyaknya. Ujungnya kan dapat banyak tuh duit parkir. Pokoknya kurang peduli sama motor deh. Nah, kali ini, ada pemandangan yang lain di area parkir jalan Bromo Kota Malang ini. Continue reading

Mie Ayam pak Doel Dewandaru, maknyuss

Pagi masbro..

Yuk kuliner lagi. Masih berkutat dengan mie nih, salah satu makanan favorit saia. Apalagi yang namanya mie ayam, begh..maklum, biasa di jalan. Makanan ini paling gampang dijumpai, murah enak pula. Favorit banget makanya.

Kali ini, yang saia sambangi adalah salah satu mie ayam terkenal di Malang. Berjudul ‘mie ayam pak Doel’.  Coba deh searching di medsos, bakal nemu banyak review asik tentang kedai satu ini.  Nggak hanya mie ayam sih sebenarnya, karena di kedai ini juga menyediakan bakso Solo. Yups, kedai yang terletak di kawasan jalan Dewandaru ini memang menyediakan mie dan bakso dengan beberapa varian.

Kedai di Jl Dewandaru ini menempati sebuah tempat di deretan ruko berlantai 2, dan merupakan cabang dari ‘mie ayam pak Doel’  di   Jl Semanggi Timur yang merupakan kedai induknya. Karena pas kebetulan lewat sini saja, mampirlah saia ke Dewandaru. Menu yang tersedia adalah mie ayam biasa, mie ayam bakso dan bakso Solo. Ada juga pelengkap yang bisa dipilih adalah varian pelengkap mie ayamnya. Yups, ada tambahan telur, ceker, sayap dan kepala ayam yang sudah tersedia di dalam wadah di meja.

Saia pesan mie ayam bakso dan ternyata, layanannya asli cepet banget. Duduk menunggu sebentar sambil menyeruput es teh, sudah nongol semangkuk mie ayam bakso. Asap mengepul tipis dari gulungan mie putih kekuningan yang dihiasi warna hijau rebusan sayur sawi. Di tepinya, siraman daging ayam yang berbumbu kecoklatan serta masih ditambah taburan bawang goreng. Sebagai pelengkap, 2 butir bakso menambah penuhnya suasana mangkuk.

Nggak pake lama, segera bersiap menyantap, mengingat waktu makan siang sudah lama terlewati. Seperti biasa, supaya afdol, guyuran saus sambal dan sedikit sambal kudu melengkapi sensasi mie ayam ini.

Hmm..pas nih, rebusan mie-nya nggak kelewat matang sesuai kesukaan saia. Kalau kematangan, mie kelewat empuk, bahasa Jawanya ‘mblothong’. Sensasi kenyalnya jadi hilang, termasuk selera makannya jadi menurun. Aduk-aduk supaya campuran bumbu dan minyak dibagian bawah mangkuk tercampur rata. Sruput….Rasa kenyal mie-nya berpadu dengan tumisan daging ayam yang empuk dan menonjol banget citarasa manisnya. Mengingatkan citarasa makanan khas Solo dsk yang memang dominan manis. Cocok kan sama slogan, eh, judul warungnya yang mencolek nama Solo. Coba gigit bakso-nya, kenyal diluar dan empuk didalam. Nggak ada rasa serat karena jenis baksonya halus, bukan bakso urat.

Tak terasa, hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk mengosongkan isi mangkuk mie ini. Tandas, disusul penutup minum es teh. Rasa kenyang menghampiri dan jadi malas berdiri, hehehehe. Siyap-siyap bayar, menuju ke mas-nya yang stand by di dekat gerobak. Semangkuk mie ayam bakso dibanderol IDR 10.500 saja, sementara es teh IDR 2.500. Total jenderal bayar IDR 13.000 untuk makan siang kali ini.

Untuk harga lainnya, bakso Solo dibanderol IDR 6.000, mie ayam biasa IDR 5.500 sementara pelengkapnya seperti telur, sayap, ceker dan kepala berkisar IDR 500 hingga IDR 2.000 saja. Murmer kan? Langsung ambil sendiri dan hitung ya..

Semoga berguna dan semoga kepingin

 

 

Modifikasi tiada henti, Yamaha New V-ixion Lightning aseli ngalam

Pagi masbro..

Ngomongin modifikasi, memang kembali ke selera dan kepuasan tiap orang. Pemilik motor maksudnya. Ada yang sekali modif, langsung pas dan gak ganti-ganti lagi, sebab sudah cocok sama keinginan alias puas. Namun, banyak juga yang sebaliknya, beragam model gaya modif dicoba, bahkan satu gaya atau aliran masih juga diutak-atik, nggak berhenti proses modifnya. Lha selalu ada rasa tidak puas, hehehehe

Salah satu contohnya, Yamaha New Vixion Lightning arek Malang ini. Dari bentuk, eh, tampilan standar pabrik, bisa berubah menjadi garang mirip MT series ini, butuh waktu lama dan beragam gaya dalam prosesnya.

Awalnya, NVL berkelir Continue reading

Sego Goreng Resek, Ngalam kuliner

Menu nasi goreng, atau dalam bahasa Jawa ‘sego goreng’ , memang sudah jamak banget ditemui. Mulai tukang nasi goreng keliling, bahkan hingga resto ternama dan hotel berbintang, pasti menyediakan menu ini. Kali ini, saia mau ngajakin masbro dan mbaksis nyobain yang namanya Sego Goreng Resek, alias nasi goreng resek. Sebenarnya, ini nasi goreng sudah lama banget ada di Malang, saia sudah tak terhitung, menikmati rasanya yang maknyuss. Sayangnya, baru sempat kepikiran buat artikel ya tadi malam, pas habis beli, hehehehe.

pic : youtube

Resek, jangan dihubungkan dengan ‘resek=reseh’ dalam kamus bahasa anak muda itu. ‘Resek” dalam bahasa Jawa khas Malangan, artinya, maaf nih, kumpulan beberapa barang tak terpakai. Ditumpuk-tumpuk dan bercampur, alias sampah. Nah, idiom nasi goreng resek, gara-gara wujud alias tampilan khasnya hampir mirip dengan tumpukan resek. Berbagai bahan dicampur dan dimasak. Nah…penasaran kan? Continue reading

Ini nih, 4 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

Sore masbro dan mbaksis…

Malang memiliki banyak sekali destinasi wisata mulai dari kawasan pesisir yang dipenuhi dengan pantai alami, lalu di kawasan kota yang memiliki segudang wisata kuliner dan sejarah serta kawasan pegunungan yang memiliki air terjun dan taman bermain. Mengunjungi Malang akan memuaskan hasrat penjelajahan terutama kalau masbro dan mbaksis menyukai dunia fotografi.

Banyak destinasi wisata di Malang yang memiliki pemandangan indah bahkan dijuluki Instagramable oleh beberapa orang. Berikut ada beberapa contoh lokasi wisata di Malang yang pemandangannya bisa diambil untuk menghiasi akun Instagram. Ada yang memang masihg alami alias natural, ada juga olah kreatif tangan-tangan terampil warga Malang.

1. Coban Rondo dan Labirin

                Sumber : tabloidwisata.com

Coban Rondo adalah nama salah satu Continue reading

Jadwal giat massa dalam rangka HUT Arema ke 30, beserta rute

Sore masbro..

Masih informasi seputar kegiatan di bulan Agustus 2017 di Malang ini. Selain pawai atau karnaval dan kegiatan lain yang memeriahkan HUT Kemerdekaan negara kita tercinta ini,masih ada lagi yang membuat kota Malang makin semarak. Yaitu, berbagai gelaran dalam rangka ulang tahun Arema. Klub sepak bola kebanggaan Malang ini, berulang tahun pada bulan Agustus juga. Tepatnya, 11 Agustus 2017, dan memasuki usia ke 30 tahun.

Ada beberapa kegiatan yang melibatkan massa, alias orang banyak. Yaitu antara lain : Mbois Ilakes Festival, yang digelar mulai tanggal 3 Agustus lalu dan akan berakhir pada 13 Agustus 2017. Festival ini, diramaikan pula dengan bursa merchandise dan jersey Arema, dengan mengambil tempat di parkiran halaman Kantor Arema, Jl Kertanegara Kota Malang, tepat di depan stasiun KA Kotabaru Malang. Continue reading

Pangsit Mi Pak Sulin Malang, gobyos

Pagi masbro..

Sudah lama nih gak nulis kuliner yak…mumpung akhir pekan, yuks. Pangsit mi, kalo di Malang, seringkali juga disebut cwi mi, merupakan salah satu makanan favorit saia. Warung pangsit mi yang saia tulis kali ini, sebenarnya warung lawas, jadul. Berdiri sejak sekitar awal tahun 1980an. Nah, lumayan eksis kan?

Saia kenal kali pertama dengan warung ini dan hidangannya, sekitar awal tahun 2005, karena diajak teman kerja kesitu. menempati sebuah bangunan sederhana yang ada di daerah Jl Tanimbar Malang. Dominasi bangunan lawas, meja dan kursi kayu, perpaduan dengan bapak penjualnya yang juga sudah agak sepuh. Pak Sulin namanya. Menyajikan pangsit mi biasa dan istimewa, yang punya perbedaan pada tambahan toppingnya. Ada tambahan rempelo ati goreng khusus untuk pangsit mie spesial. Continue reading

Gokil abis, paralayang nunggang KLX150

Pagi masbro..

Sudah kenal belum yang namanya olah raga paralayang? Kalau belum, yuk sama-sama cari tahu :mrgreen: Paralayang merupakan salah satu cabang dalam olah raga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki. Sumber : wikipedia. Olah raga ini sendiri menginduk pada FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Pokok-e, olah raga udara gitu masbro..dengan memanfaatkan angin/udara.

Nah, kawan saia semasa SMA, yang kebetulan masih berdomisili di Malang nih, menekuni olahraga ini secara serius. Namanya, kita kenalkan saja, Taufiq Muchsin. Sudah banyak dikenal di kejuaraan paralayang nusantara, atlet nih ceritanya dari kota Batu. Berawal dari hobi, yang terus ditekuni, dan alhasil, jadi profesi. Top markotop deh.. Malah, beberapa kali digandeng acara ngetop salah satu TV swasta, itu lho, My Trip My Adventure.

Nah, baru-baru ini, sam Taufiq ini membuat heboh paralayang di Batu. Bukan karena penampilan uniknya, itu sih bawaan  😆 Memang, pemuda satu ini supel dan kocak abis. Hebohnya, karena melakukan aksi nggak lazim. Yaitu, beraksi paralayang dengan menunggang motor, Kawasaki KLX150. Wedyan kan??

Aksi ini dilakukan beberapa waktu lalu di lokasi Paralayang Gunung Banyak, kota Batu Jawa Timur. Dengan bermodalkan beraneka macam harness dan tali pengaman, serta helm dan kamera action tentunya, jadilah aksi unik menantang bahaya ini. Sam Taufiq, dengan sengaja merekam aksinya ini.

Terbang di ketinggian, dengan mengandalkan tiupan angin ke parasut, memang sesuatu banget. Memacu adrenalin. Masih ditambah tantangan dengan menaiki sepeda motor. Walhasil, tegang juga nonton videonya nih… Start sih, lancar, wuzz….terbang dengan mulus. Begitu juga saat melayang-layang di atas udara kota Batu. Nah, saia ngeri saat turunnya. Terbayang, landing dengan kaki saja, kadang para penerjun atau atlet paralayang kadang masih miss, masih ada celah meleset. Lha ini, ditambah masih duduk di jok KLX. Waduuhh…

Tapi, syukurlah, landing juga dengan aman tanpa kendala apapun. Terbilang mulus malahan. Simak deh video terlampir. Begitu menyentuh tanah, langsung deh digas tuh KLX, menghindari ribetnya tali dan parasut.

Ajib memang masbro Taufiq ini…saia acung 2 jempol tangan dan 2 jempol kaki. Keberanian, serta kemampuannya memang ajib. Salut rek..semoga terus sukses yo. Dan semoga, saia bisa keturutan memenuhi ajakan beliau, diajak tandem paralayang. Hehehehe…

Semoga berguna dan semoga menginspirasi

video : dokumentasi pribadi Taufiq