Orem-orem Pak Tik, aseli Malang

Pagi masbro..

Kuliner kali ini, adalah salah satu menu tradisional khas Malang. Bila biasanya analogi kuliner khas Malang adalah bakso, yang ini beda. Mungkin banyak juga yang ngak begitu paham makanan satu ini. Yaitu orem-orem

Makanan berbahan dasar tempe ini, bisa dibilang menu merakyat. Murah – meriah – enak – banyak. Klop kan?? Dengan bahan utama irisan tempe , yang dibumbui dengan kuah santan nan gurih. Disajikan dengan irisan ketupat atau lontong, alias disiramkan diatasnya.

Salah satu warung orem-orem di Malang yang termasuk legendaris ada di bilangan sentra otomotif Comboran. Dahulu sih Continue reading

Advertisements

Dolan ke Pantai Ungapan, satu dari deretan pantai selatan di Malang

Pagi masbro..

Artikel wisata kali ini rada panjang ya. Harap sabar pas membaca :mrgreen:

Destinasi wisata pantai, merupakan salah satu favorit pas dolan atau wisata bareng keluarga. Meski rada jauh, karena posisi pantai terdekat di Malang ya area Malang Selatan, sementara domisili saya di Malang Utara :mrgreen:

Sebagai informasi, area Malang Selatan, semenjak selesainya jalur lintas selatan yang wow, mulus aspalnya, perlahan namun pasti, banyak pantai yang mulai terekspose ke khalayak. Nggak melulu yang terkenal adalah pantai Balekambang dan Sendangbiru saja. Banyak banget, salah satunya Ungapan ini.

Sebenarnya, Continue reading

Upaya kreatif kurangi silau, sayang gagal

Pagi masbro..

Modifikasi sepeda motor, memang beraneka ragam. Tergantung selera masing-masing pemiliknya sih, mau dibikin kayak apa motornya. Kalau saia sih, selama nggak merugikan dan membahayakan pengguna jalan lain, ya monggo saja.

Pun demikian dengan pemakaian mika lampu belakang bening. Biar gaul, diganti yang bening. Kalau bohlamnya warna merah, ajib sih. Gaul, namun masih fungsional, tertib aturan dan nggak membahayakan.

Lha kalo nggak diganti bohlamnya? Tetap warna putih/kuning?

Asli, bikin jengkel karena silau. Beberapa kali saia ulas dalam artikel, silaunya kena cahaya macam ini. Berasa ada lampu depan motor menuju kita 👿 . Pengalaman pribadi soalnya

Nah, tempo hari, ketemu pengendara skutik di persimpangan underpass Karanglo Malang. Saat dibelakang Continue reading

Kenapa nggak boleh parkir di atas jembatan? Ini penjelasannya

Pagi masbro..

Bahas soal jembatan nih. Kita wira-wiri, riding tiap hari pasti deh, melewati yang namanya jembatan. Pernah nggak, masbro memperhatikan, kalau di beberapa jembatan, terpasang rambu dilarang parkir atau dilarang berhenti diatas jembatan?

Di Malang, bahkan larangan parkir di jembatan ini, sudah ditindak tegas. Nggak hanya tilang, diimbuhi dengan tindakan radaekstrim malahan. Polres setempat bareng Dishub Pemkot Malang, menggembosi ban mobil yang masih nekat parkir di jembatan jalan protokol kota Malang. Artikelnya pernah saia tulis disini nih

Lha emang, kenapa kok nggak boleh parkir atau berhenti di jembatan sih?? Nih, saia kasih penjelasan singkatnya yak. . Continue reading

Tekan lakalantas di Tol Malang – Pandaan, speedgun dan tilang diterapkan

Pagi masbro..

Jalan tol, atau jalan bebas hambatan, sudah lama dianggap jalan yang benar-benar bebas hambatan. Karena berbayar, kondisi jalan yang relatif lebih mulus dan nyaman, penggunanya kadang jadi merasa ‘bebas’. Ya bebas mengekplorasi mesin mobil masing-masing, alias ngebut.

Padahal , di tiap ruas jalan tol, sudah terpasang rambu-rambu peringatan. Tertera, berapa kecepatan maksimal yang diperkenankan, dan juga berapa kecepatan minimal yang harus dipatuhi pengemudi saat mengendarai kendaraannya. Termasuk jalur tol Malang – Pandaan, atau tol Mapan/Pamal, yang terhitung baru. Terjadinya beberapa kasus kecelakaan, yang salah satu penyebabnya adalah soal kecepatan, membuat kepolisian setempat, dalam hal ini Polres Malang, mengambil tindakan. Yaitu memantau kecepatan pengguna jalan di tol Mapan ini.

Disiagakan, Continue reading

Ini nih, tips cepat proses pajak 5 tahunan motor berikut prosesnya di Samsat Malang Utara

Pagi masbro..

Tak terasa, si merah, Honda Vario 110FI yang jadi kendaraan dinas nyonya sudah menginjak umur ke 5 tahun. Lansiran tahun 2014, skutik 110cc Honda yang masih ‘dilengkapi’ alarm starter ini, habis masa berlaku STNK-nya pada bulan Mei 2019 lalu

Proses perpanjangan 5 tahunan, biasanya lebih ribet, lebih lama dan lebih mahal biayanya. Kok bisa? Ya iya, karena ada cek fisik si motor, dokumen yang dilampirkan lebih banyak, pengecekan BPKB, serta pencetakan STNK dan nomor polisi yang baru. Makanya, durasi waktu serta biaya juga membengkak.

Ada tips dan trik nih, yang sukses saia lakukan saat perpanjang 5 tahunan ini. Pengalaman rutin mengurus hal yang sama beberapa kali, termasuk kendaraan operasional di tempat kerja. Caranya adalah, Continue reading

Menikmati Baxo Serdadu

Pagi masbro..

Artikel kuliner bulan ramadhan, mohon tahan iman yak. Makanya sengaja diposting sore menjelang malam :mrgreen: Lagi-lagi tentang daging bulat, alias olahan daging menjadi bulatan-bulatan nan lezat. apalagi kalau bukan bakso

Di Malang, memang terkenal dengan baksonya. Tapi harap dicatet, kalau mau nyari bakso Malang, yakin susah. Justru bakso dengan label beraneka ragam dengan gampang ditemui. Salah satunya, yang baru saja beberapa saat dirilis, berlabel Baxo Serdadu. Ingat ya, pake huruf “X” di kata bakso-nya

Berlokasi di akses wisatawan, yaitu kompleks pertokoan dan oleh-oleh di wilayah Karanglo. Menempati ruko di sisi kiri jalan, yang pastinya dilewati wisatawan dari den ke Batu, merupakan trik mujarab mengenalkan bakso ini. Nggak ada tendensi ke militer dan sejenisnya, meski labelnya serdadu. Ternyata, ini adalah Continue reading

Jadwal dan lokasi penukaran uang baru di Malang

Pagi masbro..

Meski bulan Ramadhan baru saja berjalan beberapa waktu, sudah banyak terlihat, jasa penukaran uang baru di kota Malang. Nggak aneh sih, mengingat sepertinya, sudah jadi kebiasaan meski nggak harus, memberikan uang saku berupa uang pecahan  kecil kepada anak-anak

Namanya anak kecil, dapat uang saku dengan kondisi gres, baru dan masih kaku kinclong, merupakan kegembiraan tersendiri. Terlepas dari berapapun nominalnya, sukur-sukur angka nol-nya ada lima, ujar keponakan saia 😆 Wah, ujaran menghasut nih, hehehehe

Jasa penukaran uang ini, Continue reading

Pantai-pantai Tersembunyi di Malang yang Tak Kalah dari Bali

Pagi masbro..

Berkendara menggunakan sepeda motor, emmang asyik. Terutama nih, buat yang suka ekplorasi wilyah sekitar. Kenapa? ya karena dengan bentuk yang ringkas dan praktis, motor lebih lincah ketimbang mobil. bisa menelusup ke daerah yang susah dilalui mobil misalnya. Makanya, bisa masuk hingga pedalaman, menemukan spot-spot wisata baru yang belum dbisa diakses dengan mobil. termasuk di Malang nih. banyak lho obyek wisata alam, terutama pantai, yang menarik dan asyik untuk dinikmati. Bersyukur, sekarang akses jalan menuju beberapa pantai di Malang sudah lumayan bagus dan bisa dilintasi beragam kendaraan, nggak hanya sepeda motor.

pic : indoride

pic : indoride

Namun, tahu nggak masbro dan mbaksis, ada beberapa wisata Malang tersembunyi berupa pantai yang belum dikunjungi banyak orang? Nah, bagi masbro dan mbaksis yang kebetulan sedang merencanakan liburan lewat Traveloka dan butuh rekomendasi wisata alam, simak deh daftarnya di bawah ini!

  • Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok

Malang menyimpan sejumlah pantai elok mengingat lokasinya yang tak jauh dari lautan. Salah satu tempat yang sering kali direkomendasikan adalah Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok. Keunikan pantai ini adalah adanya air terjun yang berada di tepi pantai. Hal tersebut yang membuat objek wisata alam tersebut dinamakan banyu anjlok yang dalam bahasa Jawa berarti air jatuh. Continue reading