Pelan tapi pasti, Premium dihapus dari SPBU

Pagi masbro…

Yups, kesimpulan itu lah yang saia tarik sehabis menyambangi salah satu SPBU rekanan tempat kerja. Untuk BBM operasional kendaraan di tempat kerja saia, memang bekerjasama dengan salah satu SPBU, supaya gak ribet. Setiap bulan, saia rutin menyambangi kantor SPBU bersangkutan untuk urusan BBM. Nah, sambil ngobrol-ngobrol dengan mbak pengurus (bukan spg), pas saat itu lagi rame-ramenya BBM berjuluk Pertamax Turbo. Tahu kan, BBM terbaru Pertamina yang diklaim beroktan 98 ini? turboSaia tanya, kok nggak Continue reading

Peduli Difabel, PT AHM diganjar penghargaan ‘Anugerah Inklusi’

Selamat pagi masbro..

PT Astra Honda Motor, kembali meraih sebuah penghargaan. Kali ini, sebuah penghargaan khusus, yaitu peduli difabel, bernama ‘Peduli Inklusi’. Sebelumnya, apaan sih ini? Anugerah Inklusi, merupakan sebuah program yang digelar oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, melalui Pusat Layanan Difabel, yang diberikan kepada pihak-pihak yang peduli pada kaum difabel, terutama mahasiswa difabel yang menempuh pendidikan di UIN Sunan Kalijaga. Tidak hanya lembaga, perorangan juga tak luput dari incaran PLD. Memang, untuk rekan-rekan difabel, selama ini masih sangat kurang diperhatikan, padahal mereka ini perlu dan membutuhkan sarana khusus untuk menunjang aktifitasnya yang terbatas.

logo-difabel Continue reading

Pembelajaran yang mahal, STNK nempel di motor

Pagi masbro…

Kasus pencurian sepeda motor memang punya beragam modus. Mulai jalan halus dengan trik mengumpankan kaum hawa, hingga jalan kekerasan, dilakoni para penjahat. Memang, semuanya memanfaatkan kelengahan sang pemilik.

Hal yang sama dialami oleh rekan saia. 3 hari yang lalu, Honda BeAT  berkelir biru putih, yang kebetulan pula, baru saja lunas cicilannya, amblas disikat pencuri. Kejadian terbilang singkat, kala sang matik ini dipakai oleh istrinya.

pencurian-motor Continue reading

Honda Blade 110 CW, modifikasi jadi rem tromol

Kembali ke potret jalanan masbro. Saat pulang kerja, berbarengan dengan seorang ibu-ibu, yang membonceng anaknya mungkin, masih berseragam sekolah. Yang menarik perhatian, bukan ibu-nya😆, tapi penampakan Honda Blade 110 yang ditunggangi. Saat melihat ke area roda belakang, ada yang aneh. Yaitu, absennya perangkat rem cakram belakang disitu.

down2Setahu saia, Honda Blade, untuk versi velg CW alias velg palang, mulai keluaran pertama berkubikasi 110 cc hingga terbaru yang naik jadi 125 cc, nggak ada tuh yang pakai rem belakang model tromol/drum.

blade2

Kalau Blade lawas, iya, memang masih pakai rem belakang tromol.

blade-tromolNah, pas saia lihat lebih detail, rapi banget ini velg Blade si ibu. Gak terlihat modifikasi, yang nampak sekilas memang orisinil. Tromol lengkap berikut penutup, juga tuas yang terhubung ke footstep/tuas rem kaki. Rapi. Jadi penasaran, ini ganti velg atau bagaimana ya? Sepertinya, kemungkinan besar iya, entah pakai velg apa, yang kayaknya PNP dengan Blade.

down1Yang jelas, kadang, piranti yang dibenamkan pabrikan pada tiap motor, belum tentu cocok dengan selera konsumen. Banyak yang diubah lagi alias dimodifikasi. Meski kebanyakan naik kelas (baca:up grade) misal, rem tromol diubah jadi cakram, namun tak jarang yang sebaliknya, malah di-down grade. Bisa jadi sih, si ibu meras akelewat pakem kalau pakai rem cakram di belakang, makanya dirubah tromol saja, hehehe

Oke, sekian artikel singkat. Semoga berguna

Kawasaki resmi rilis Versys X 250, wow

Tanpa banyak gembar-gembor, pabrikan ijo Kawasaki, ternyata resmi rilis motor penjelajah bermesin 250 cc. Yups…adiknya Versys. Bila sebelumnya, kita hanya bertemu dengan Kawasaki Versys 650 dan kakak-kakaknya, kini, versi lebih mungil telah disediakan. Kawasaki Versys X 250.

versys250 Continue reading

Kontradiktif sekali ya gambar ini

Pagi masbro…artikel ringan saja. Pelanggaran lalu lintas, mungkin banyak kita kita jumpai di jalan raya. Mulai melanggar rambu-rambu, kelengkapan kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Nah, “pemandangan” satu ini, sempat terekam, eh, terjepret ding, oleh kamera HP saia. Awalnya, saat ngantar bocah berangkat sekolah seperti biasa. Pas didekat sekolah, anak saia yang sulung ini nyeletuk, “Itu kok orang naik mobil barang/box, kakinya keluar?” Sebenarnya, beberapa saat sebelumnya, sudah sempat saia lihat persis di depan saia, ada sebuah mobil box almunium yang pintu belakangnya sebelah sedikit terbuka, dan ada seorang perempuan duduk di dekat pintu.

Akhirnya, pas kondisi memungkinkan, saia ambil gambar. Seperti ini hasilnya.

box2Mungkin, sering kita menemui kejadian seperti ini. Hanya, kali ini, yang membuat sedikit unik dan bertolak belakang alias kontradiktif, adalah, di sisi pintu belakang, persis di sebelah “penumpang gelap”, ada stiker besar berwarna kuning mencolok yang bertuliskan “DILARANG MENGANGKUT ORANG”

box1Hmm…jelas terbaca kan? Yah, kembali ke perilaku pengguna juga sih, apakah mau mematuhi atau tidak, toh, yang menanggung resiko juga mereka. Sepintas sih, kayaknya ada lebih dari 1 orang didalam box mobil itu, tengok aja, kakinya lebih dari sepasang😆, terus juga terlihat, sepertinya penumpang yang dipintu sedang ngobrol dengan orang lain.

Yuk, mulai tertib di jalan mulai dari diri kita sendiri. Keselamatan adalah prioritas, termasuk saia yang juga seringkali berlaku tidak tertib di jalan.

Semoga berguna

Peminat membludak, petugas kewalahan

Pagi masbro…

Semua yang berjudul gratis, entah itu sekedar diskon/potongan harga, keringanan dan semacamnya, pastilah diburu orang. Tak terkecuali tentang pajak. Loh, apaan nih? Ini berkaitan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur tentang pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, alias pembebasan denda. Artikel lengkap ada disini nih

img-20160903-wa0035.jpg Continue reading

Cover waterpump Honda CB150R bolong

Ini kasus, terjadi pada salah satu member komunitas Honda CB150R Kaskus / Hosticus. Abang Boim, biasa disapa begitu, baru ngeh kala si motor nongkrong di rumah sehabis dipakai ngider, ada tetesan  cairan  di sisi kanan bak mesin. Ternyata, bukan oli, karena berwarna. Positif, adalah rembesan cairan coolant alias pendingin mesin.

Kebetulan, coolant, memang sudah tidak pakai punya AHM, merk lain yang berkelir ijo stabilo. Sebenarnya, jauh hari sebelumnya, ketika kuras radiator dan pakai merk lain, saat membuka cover water pump, sempat curiga adanya retakan halus di sisi dalam cover itu.

Istilah water pump untuk bagian ini, saia pikir rada tidak tepat ya, karena yang dipakai pendingin pada mesin Honda CB150R ini bukan air, tapi coolant/cairan pendingin .

Berhubung santai, sedikit saja yang rembes sampai menetes, yah, dianggap gak papa deh.

kulen

ilustrasi cairan coolant

Waktu berlalu, dan akhirnya, kelamaan, Continue reading

Dahsyat…sewindu Honda Bikers Day 2016

Pagi masbro…

Sabtu 19/11/2016 , merupakan hari super sibuk di sebuah kawasan di pinggiran Banyuwangi, Jawa Timur. Sudah kotanya terletak paling ujung timur pulau Jawa, tepinya yang berbatasan laut, yang biasa disebut pantai, mendadak heboh.

Pantai Boom, demikian nama pantai tersebut. Sejak beberapa hari lalu, pantai ini, tidak hanya dijejali oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tapi juga bikers seantero Nusantara, lengkap dengan motor masing-masing. Beeuuh… Ya, itulah acara Sewindu (8 tahun) Honda Bikers Day.

hbd2 Continue reading