Icip “nyoklat klasik” , segar tenan

Siang masbro….lumayan panas hari ini, hujan absen kali ini. Ada keperluan kerjaan di seputar Taman Trunojoyo Malang, celingak-celinguk diantara pedagang kaki lima yang mangkal disini, berusaha cari yang segar. Es degan? Biasa. Minuman kemasan? Bosan. Eh, ada pedagang baru, gelar lapak diatas motor gerobak Viar Karya. Judul dagangannya unik juga, nyoklat klasik. Coba ah…menu apaan sih ini.

nyoklatHampiri bak Viar roda 3 yang dimodifikasi jadi semacam kios sederhana. Tertempel daftar menu, yang ternyata serba Continue reading

Sehari bersama Bajaj Pulsar P220

Yang lainnya testride motor baru, saia cukup motor lawas, hehehehe. Bajaj Pulsar P220, lawas kan? Ceritanya, adik ipar saia kan penunggang Pulsar 200. Karena waktunya service besar, sekalian dibuat proyek bore-up. Nah, karena makan waktu lama, mekanik cuma seorang diri, menginaplah si P200 sejak bulan lalu. Untuk sarana wira-wiri, dipinjamkan P220 empunya bengkel ke adik saia. Nah, karena penasaran sama si mini fairing ini, tadi pagi tukar guling dilakukan di rumah, si ciput dibawa adik, sementara saia bawa P220.

pulsar2Sekilas pandangan mata, nih motor kayak Continue reading

Spekulasi berbuah manis, Cal Crutchlow

Cuaca memang tidak bisa diprediksi, lha wong haknya Gusti Allah je. Seperti di gelaran MotoGP Brno, Ceko Minggu 21 Agustus 2016 kemarin. Cuaca mendung dan sisa gerimis, yang mewarnai sejak gelaran Moto2 dan terus berlangsung hingga kelas MotoGP dihelat.

start motogpCuaca yang masih gerimis, dan lintasan yang masih digenangi air alias basah, membuat para pebalap banyak yang berspekulasi soal ban. Lintasan basah, untuk memperbaiki daya cengkeram ban, biasanya para rider memilih ban lunak alias soft. Continue reading

Jadwal Pawai/Karnaval Malang Raya

Sore masbro…

Sekilas info saja, saia ingin share tentang jadwal pawai 17an, atau yang biasa dijuluki karnaval. Memperingati 17 Agustus, biasanya di berbagai wilayah di negeri kita tercinta ini, menggelar berbagai lomba dan karnaval untuk memeriahkan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, adanya pawai atau karnaval di beberapa tepat, kadang turut menyumbangkan potensi kemacetan, karena menggunakan beberapa ruas jalan raya. Yah, mohon dimaklumi saja ya masbro dan mbaksis, acara setahun sekali, diperingati seluruh bangsa pula.

karnavalBerikut jadwal pawai/karnaval yang digelar di wilayah Malang Raya, yaitu meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang serta kota Batu. Terima kasih pada admin touringrider.wp.com yang sudi berbagi informasi. Selamat menyimak dan bersiap menontonšŸ˜†

20 Agustus :
– Karangoploso
– Banjarejo (Kec. Pujon)
– Sumberejo (Kec. Gedangan)

21 Agustus :
– Pawai Malangkota (Kota Malang)
– Kecamatan Tajinan
– Pagersari (Kec Pujon)
– Talok (Kec Turen)
– Glanggang (Kec Pakisaji)
– Kalirejo (Kec Lawang)
– Pandanlandung (Kec Wagir)
– Bandulan (kota)
– Wonokerso – Cerme – Segenggeng (Kec Pakisaji)

22 Agustus :
– Kecamatan Tumpang

23 Agustus :
– Pandesari (Kec Pujon)

24 Agustus :
– Sukowilangun (KecĀ  Kalipare)

25 Agustus :
– Tawangrejeni (KecĀ  Turen)

27 Agustus :
– Purworejo (Kec Pujon)
– Kecamatan Kepanjen
– Kota Batu

28 Agustus :
– Karangsono (KecĀ  Pakisaji)
– Bumiayu (Kota Malang)

31 Agustus :
– Mulyoagung(KecĀ  Dau)
– Sidorejo (KecĀ  Gondanglegi)
– Arjowilangun (KecĀ  Kalipare)

4 September :
– Ngantru (Pujon)
– Flower Carnival Ijen Kota Malang
– Mergan (Kota Malang)

Sedikit eksplorasi Toyota Sienta

Di artikel sebelumnya, saia sudah mendongeng kala testdrive. Nah, kali ini, yuk dibahas sedikit beberapa fitur yang ada pada Toyota Sienta. Kalau bahas tentang mesin, penggerak dan sebagainya, sudah gamblang di media lain. Saia bahas yang printhilan saja deh, meski berbeda-beda fitur yang ada di tiap tipe Sienta, seperti dijelaskan lewat spesifikasi berikut.

sienta-spesifikasiSliding door alias pintu geser. Meski Continue reading

AHM bantu perangkat pendukung SMK Istimewa Lapas Tangerang

SMK Istimewa? Apaan itu? Yups, sekedar informasi, SMK Istimewa merupakan sekolah khusus, yang didirikan didalam lingkungan Lapas (lembaga pemasyarakatan), khususnya Lapas yang memiliki warga binaan usia sekolah. SMK Istimewa ini, pertamakali didirikan di Lapas Tangerang, yaitu LPKA atau Lembaga Pembinaan Khusus Anak.Ā  Pengelola SMK Istimewa ini adalah Yayasan Pendidikan Istimewa yang berada di bawah pengawasan Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Tujuan didirikan SMK ini adalah untuk mewadahi warga binaan yang masih dalam usia sekolah, sehingga mereka tetap dapat melanjutkan sekolah di bangku setara SMK. Dan ternyata, SMK Istimewa ini, masuk dalam salah satu dari 506 SMK binaan Astra Honda Motor (AHM).

LPKA-Tangerang-1-635x350Hari Minggu lalu, persis tanggal 17 Agustus 2016 berbarengan dengan peringatan HUT RI ke 71, PT AHM memberikan Continue reading

Modifikasi Honda GL 100 hingga 3 versi

Artikel modifikasi kali ini, merupakan modifikasi oleh sedulur saia sendiri. Kenal akrab sejak SMP hingga kuliah di salah satu PTS di Malang. Kegemaran beliau akan otomotif, terutama sepeda motor, sudah berlakon sejak masih SMA, yaah, kisaran tahun 1990-an. Waktu itu, yang sudah membawa sepeda motor sendiri ke sekolah, waduh, jan TOP tenan pokoke. Saia sendiri, cuma bisa kepengen, hehehehe. Apa daya, lha belum punya. Jangankan motor, SIM aja juga nggak punya. Eeh, malah curcol, maaf ya masbro.

Kembali ke topik. Motor bro Rony ini, awalnya Honda CB 100. Modifikasi standar, karena aliran jaman dulu nggak ada yang aneh-aneh. Sekedar sedikit bikin ceper, cat bodi dan gosok area logam dengan batu hijau supaya kinclong. Trend banget waktu itu, hehehehe… Seiring waktu, terus berganti. Kini, tahun berganti, demikian tunggangan. Sudah beroda 4, maklum, karena sudah berkeluarga dan dikaruniai sepasang putra-putri.

Obyek modifikasi, kini beralih ke Honda GL 100, lansiran tahun 1991. Berplat area Kalimantan, KT, yang menurut cerita owner, merupakan hibah dari kakak iparnya semasa kuliah di Malang. Maklum, motor lawas. Mau dijual di Malang, malah bikin pedih karena harga jual hancur dengan plat nopol luar pulau. Mau dikirim balik ke Borneo, busyet, mahal di ongkos kirim masbro, hehehehe…akhirnya, dimodifikasi aja.

seperti ini kira-kira tampang asli Honda GL100 keluaran 1991

seperti ini kira-kira tampang asli Honda GL100 keluaran 1991, gambar : google

Buat Continue reading

Rute napak tilas Arema 14 Agustus 2016

Sore masbro…

Sebelumnya, saia ucapkan “Selamat Ulang Tahun untuk AREMA” , 11 Agustus 1987 – 11 Agustus 2016. Salah satu klub sepak bola kebanggaan warga Malang, yang tetap eksis hingga memasuki usia ke 29 tahun. Didukung suporter yang biasa disapa Aremania serta Aremantia, yang luar biasa loyalitasnya, sampai muncul idiom “loyalitas tanpa batas” dan istilah “Aremania tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana”. Super sekali kan?

aremaKalah menang saat bermain itu biasa, pendukung tetap mengelu-elukan. Seperti yang rutin terjadi, saat Arema pulang membawa kemenangan, pun saat memperingati ulang tahunnya setiap tahun, “tradisi” konvoi, seolah tidak bisa lepas dari Aremania. Bahkan, saat ke stadion hendak nonton, berkonvoi Continue reading

Buzzer, piranti jadul yang fungsional

Masbro…

Sudah bukan rahasia lagi. Dengan semakin membludaknya pengguna sepeda motor, makin bervariatif juga penggunanya. Jika dulu, mayoritas adalah orang dewasa berjenis kelamin laki-laki, kini, semakin berkembang. Tua-muda, bahkan anak-anak, laki-laki maupun perempuan, sangat mudah kita jumpai di jalanan, dengan sepeda motor masing-masing. Roda jaman memang berputar masbro…kemajuan tak terhindarkan.

buzzer padatSayangnya, dengan semakin membludaknya pengguna sepeda motor, tidak diimbangi dengan penguasaan kendaraan berikut perilaku berkendara di jalan. Saia juga manusia biasa, kadang seringkali alpa sehingga tidak sempurna. Hanya, seringkali ketemu di jalan, kebetulan nih, maaf sebelumnya, banyak pengguna R2 khususnya perempuan, entah kenapa seringkali abai dengan kendaraannya sendiri. Contoh paling banyak ditemui, tidak memfungsikan spion, entah saat hendak menyalip/berbelok, dan lupa (atau bagaimana) mematikan sein setelah berbelok. Jadi , Continue reading