Ciput di 50.000 km lebih (1) , pemakaian oli mesin

Tak terasa, Honda CB150R Streetfire saia, alias Old CB, sudah melewati 50 ribu lebih odometernya.limapuluhribuKalau usia sih, baru kisaran 3,5 tahunan, karena ini merupakan OCB gen 1, yaitu keluaran Desember 2012, hanya surat-surat, karena bertepatan akhir tahun yang mepet, akhirnya selesai per Januari 2013.

ciputgresBanyak yang ingin saia catat sebenarnya. Mulai pemakaian BBM, performa hingga pelumas. Sekedar informasi, motor saia ini masih standart aja kok, gak ada modifikasi berat. Cuma sekedar ganti filter udara Ferrox, gearset SSS, ganti kampas kopling Kawahara dan ganti roda pakai velg ruji/jari-jari plus ban lebih besar.

Pelumas dulu aja ya.. Awalnya, Continue reading

Beruntung, nih Hilux hanya terserempet KA BBM

Mungkin, Jumat 23/09/2016 lalu, tidak akan terlupakan oleh Djarot Eddy Sulistiono, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pengawas Bangunan (DPUUB) Kota Malang. Bagaimana tidak, sangat beruntnng, bapak ini beserta sang sopir mobil dinas Toyota Hilux Double Cabin, terhindar dari malapetaka. Nggak main-main, “musuhnya” adalah rangkaian kereta api BBM yang hendak masuk Depo BBM Pertamina di jalan Halmahera, Malang. Bagaimana ceritanya?

kt08Saat itu, bersama sopirnya, Kepala Dinas ini dengan terburu-buru, hendak memantau ke TKP, dimana ada laporan warga, terjadi kebakaran. Sang pejabat pun, segera meluncur ke lokasi, dari kantornya yang berada di Jalan Bingkil, Kota Malang. Sekedar informasi, di Jalan Bingkil ini, merupakan perkantoran beberapa Dinas, yaitu Dinas PU, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, serta PMK Kota Malang. Hilux pun digeber. Posisi Jalan Bingkil, tempat kantor berada, memang memotong rel KA, dari arah utara, memasuki Depo Pertamina di sisi selatan. simpangSebetulnya, sudah ada petugas Pertamina, di beberapa titik persimpangan yang akan dilalui KA Tangki BBM. Kebetulan, rangkaian KA BBM itu berjalan mundur, jadi posisi lokomotif berada di belakang gerbong tangki. Saat hendak keluar dari Jl Bingkil, Hilux memotong jalur rel KA. Tepat saat itu, rangkaian gerbong KA BBM bergerak dari arah utara, melintasi Jalan Bingkil. Waduuh….Untung saja, sang sopir cukup responsif, dengan menambah kecepatan, sekaligus langsung menghindar.Meski terhindar dari benturan parah dengan gerbong tangki paling depan, masih sempat, ujung gerbong menyenggol bagian belakang Hilux. Alhasil, lampu belakang mobil pun pecah.

foto : malang today

foto : malang today

Wah, masih dilindungi Yang Kuasa, pak. Meski masih “sport jantung” , sang pejabat dengan selamat tiba di lokasi. Lain kali, meski terburu-buru, tetap dahulukan perjalanan kereta api ya pak.

 

Honda Peduli Bencana Banjir Garut

Masbro dan mbaksis,

Banjir bandang, yang meluluhlantakkan beberapa wilayah di Kabupaten Garut, Jawa Barat, memang sangat mengejutkan. Terhitung, wilayah Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Pasirwangi, dan wilayah Garut kota menjadi korban dan saksi keganasan air bah yang melanda pemukiman warga, terutama yang dekat dengan aliran sungai Cimanuk. Terhitung, korban jiwa mencapai 27 orang, dan belasan masih hilang, sedang dalam proses pencarian tim SAR. Ratusan korban selamat, mengungsi, sementara rumah tinggal, usaha serta harta benda dan kendaraan, hancur dan mengalami kerusakan.

2016-09-23-photo-00000008PT Daya Adicipta Motora (DAM), selaku distributor utama sepeda motor Honda dan suku cadang, bersama seluruh jaringan dan bengkel resmi di wilayah Garut, bergerak cepat, merespon bencana ini. “Langkah awalnya adalah berupaya mengevakuasi korban banjir dan harta benda yang masih bisa diselamatkan, khususnya motor Honda, kami evakuasi dari lokasi ke jaringan AHASS terdekat supaya keperluan mobilitas korban bencana tidak terkendala apabila diperlukan. Langkah berikutnya setelah kondisi lokasi dan psikis korban berangsur pulih kami akan membuka pos dan memberikan servis gratis motor Honda karena kami sadar bahwa masyarakat akan sangat butuh alat transportasi yang aman dan baik untuk keperluan harian mereka.” demikian disampaikan Lerri Gunawan, General Manager Sales, Marketing dan Logistik DAM.

2016-09-23-photo-00000009Bantuan material lain pun tak luput mengalir. Mulai bahan pokok, obat-obatan, selimut hingga kebutuhan harian, turut menjadi prioritas, hal yang sangat dibutuhkan oleh pengungsi. Untuk sementara, beberapa titik pengungsian sudah disiapkan, antara lain Markas Komando Resort Militer 062 Tarumanagara serta rusun yang telah disiapkan pihak Pemda Garut. Semoga, bencana ini tak terulang lagi.

Erasable Pen, pulpen yang bisa dihapus

Pagi masbro dna mbaksis..

Entah saia yang gaptek alias kurang gaul barangkali ya. Baru tahu, kalau sekarang, ada ternyata bolpoin/pulpen yang bisa dihapus😆😆 Maksudnya, yang dihapus tuh hasil tulisannya, bukan pulpennya. Nah, berdasar penasaran tersebut, akhirnya saia nemu seorang seller di daerah Malang. Kebetulan saja, dekat tempat kerja. Tentang erasable pen sendiri, merupakan pena khusus, dengan tinta khusus serta dilengkapi friction alias penghapus dengan material khusus semacam karet keras, dibagian pangkal pulpen.

Merk yang ada bermacam-macam. Mulai branded yaitu antara lain Pilot (Frixion) hingga produksi negeri Tiongkok yang jelas lebih miring harganya. Saia coba tebus merk Xiamei, dengan tinta hitam.

pen1Banderol eceran, ditawarkan kisaran IDR 5.000an, jauh dibawah banderol merk branded. Kalau beli 1 pack, lebih murah, kenanya di IDR 43.000 dengan isi 12 buah. Mbak seller yang jualan, kebetulan bawa 2 merk saja, saat saia hendak mencoba pulpen ini. Penampakannya seperti ini. Eh, ini pulpennya lho, bukan sellernya:mrgreen:

pen2Kasat mata, sama saja dengan penampilan pulpen biasa. Yang beda, adalah ada material sejenis penghapus khusus berbahan karet keras di bagian pangkal.

pen3Warna tinta sendiri, kurang begitu pekat kalau saia bilang. Tidak segelap merk branded, meski sudah berukuran 0,5. Kalah dengan versi gel.

pen4Setelah dicoba tulis, saatnya dicoba menghapus. Cukup digosok saja dengan penghapus di pangkal pulpen. Hasilnya?

pen5Hmm..lumayan juga nih, meski ada sisa tipis, tapi kalau sekilas, tulisan sudah hilang. Tidak perlu digosok kelewat keras, takutnya malah kertasnya yang sobek. Pulpen ini, sangat cocok untuk pelajar, misal kayak anak saia yang SD, barusan belajar menulis menggunakan pulpen. Transisi, dari sebelumnya menggunakan pensil. Tapi, untuk aplikasi perkantoran, saia kurang merekomendasikan,karena rawan terjadi tindakan yang tidak diinginkan. Bahaya kan, kalau tiba-tiba ada yang iseng menghapus agenda catatan penting pada dokumen kantor??

Nanti, saia coba deh, bandingkan dengan pulpen sejenis, yaitu erasable pen dengan merk branded. Tunggu ya reviewnya disini. Oke, semoga berguna artikel gak penting ini…

Motor misterius

Singkat saja nih masbro. Saia ketemu sama motor ini di tepi jalan, depan tempat kerja. Modelnya sih naked, dengan sasis tubular dikelir gold, sewarna dengan velg. Mesin? Gede nih, kayaknya kubikasi diatas 250 cc, multi silinder kalau sekilas saia lihat. Mau disamperin, eeh, keburu ditunggangi sama empunya. Kaki tapak lebar, monoshock, aplikasi setang fatbar mirip punya Yamaha Byson serta spidometer yang sekilas mirip punya Yamaha New Vixion. Hmm…

misteroYang bikin tambah unik, karena pemilik menempelkan stiker “mocin” di tangki. Hehehehe…nyleneh kan? Kalau bukan moge rada lama, bisa jadi beneran mocin😆 Ada yang tahu, motor apaan ini?:mrgreen:

Yamaha Jatim gelar lanjutan “Semakin Merdeka Dari Angsuran Mahal”

Setelah bulan lalu, Agustus 2016, digelar program “Merdeka Dari Angsuran Mahal” , Yamaha Jawa Timur, kembali melanjutkan program serupa. Bulan September 2016 ini, program lebih seru dna hemat digelar. Kalau Agustus, ada potongan angsuran/cicilan 1 kali, yaitu kisaran IDR 37.000 per angsuran, kini lebih heboh lagi. Gak cuma potongan 1 kali, ada potongan lagi, sehingga dipotong 2x lho, setiap angsuran. Wow…lumayan kan?

brosur-surabaya_3-copyNah, sudah jelas to, dari gambar diatas? Yang jelas, berlaku untuk semua tipe Yamaha lho, tidak terbatas hanya pada matic/skutik. Oh iya, promo ini dapat dinikmati di semua dealer Yamaha di Jawa Timur kecuali di Karesidenan Kediri dan Karesidenan Madiun. Segera sambangi dealer Yamah terdekat di kota masbro, khusus yang Jatim lho ya…

brosur-surabaya_belakang-copy

Siapkan cicilan(murah)mu

Modifikasi Kawasaki Z250 kaki bengkak

Modifikasi lagi yukk…..kali ini, yang menjadi ‘korban’ adalah versi naked dari Kawasaki Ninja 250. Apalagi kalau bukan Kawasaki Z250.

Kawasaki_Z250_L_1Si naked bermata bengis ini, sejatinya, versi standar sudah ganteng kok. Namun, masih kurang memuaskan empunya. Akhirnya, dikontaklah salah satu gerai modifikasi di bilangan Bekasi yang bertitel Arkha Motor. Belum kenal? Coba tengok artikel saia terdahulu disini.

Nah, ini bengkel modifikasi, tergolong spesialis kaki-kaki Continue reading

Hasil akhir Final Honda Modif Contest 2016

Masbro dan mbaksis, pasti gak asing dengan istilah kontes modifikasi. Yaitu, acara yang digelar untuk ajang duel, sejauh mana hasil modifikasi sepeda motor mampu memikat juri dan pengunjung. Nah, ada salah satu ajang kontes modifikasi, yang biasa disapa HMC, yaitu Honda Modif Contest. Tahun 2016 ini, HMC digelar selama beberapa seri, berkeliling di 15 kota di Indonesia, untuk mencari pemenang regional. Yaitu antara lain di Bandung, Solo, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, Denpasar dan Surabaya serta  beberapa kota lainnya.

hmc2016Ajang final sendiri, digelar di Jakarta, 18 September 2016 lalu. Bertempat di salah satu mall, yaitu La Piazza, daerah Kelapa Gading kalau gak salah ingat. Pernah kerja disitu soalnya, hehehehe. Jakarta menjadi kota ke-15 dan  kota terakhir penyelenggaraan HMC tahun ini. Modifikasi yang hadir disini merupakan motor terbaik di setiap 14 kota, alias kota yang disambangi HMC regional, seperti Pekanbaru, Lampung, Balik Papan, Banjarmasin, Manado, Makasar Denpasar, Mataram, Bandung, Cirebon, Solo, Tangsel, Surabaya, dan Malang.

Totalnya, ada 14 kelas yang dilombakan. Antara lain Matic Stock/Bolt On, Scoopy Stock/Bolt On, Matic Advance, Continue reading

Yamaha Vixion libas (lagi) Honda New CB150R

Selamat pagi masbro…semangat Senin

 

Pasar motorsport 150cc, memang masih didominasi 2 merk saja, yang hingga kini masih sikut-sikutan. Pabrikan garputala Yamaha dengan New Vixion Lightning (NVL) serta Honda dengan New CB150R (NCB) . Perang harga, duel kelebihan tak terelakkan di dunia maya maupun dunia nyata. Ujung-ujungnya, ya bisa sampai blackcampaign segala, demi meningkatkan penjualan. Padahal, rider alias konsumen dan pemakai, kalau ketemu di jalan, ya tenang-tenang saja, gak ada tuh saling tendang antara pemakai piksen dan cibi, hehehehe

nvl-vs-new-cb150r1Di bulan Juni dan Juli 2016 lalu, Honda NCB mampu menjungkalkan Yamaha NVL, yang sebelumnya terus menerus menjadi raja penjualan motorsport 150cc. Nah, informasi dari AISI, bulan Agustus 2016 ini, Yamaha NVL kembali merebut mahkota penjualan motorsport. Honda NCB harus puas tergusur. Yups, penjualan bulan Agustus lalu, Yamaha NVL mampu membukukan 11.591 unit terjual, sementara Honda NCB terjual 7.082 unit saja. Hmm..lumayan juah juga selisihnya. Pertanda apakah ini?

Disinyalir, Yamaha pun, menyiapkan strategi khusus untuk mengamankan penjualan motorsportnya. Waduh, apaan nih? Tunggu aja ya, hehehehehe…

Mencicipi rujak legendaris, Rujak Tenes Malang

Untuk penikmat kuliner di Jawa Timur, menu rujak sudah tidak asing lagi. Makanan, dengan bumbu kacang diulek bersama petis ini, sangat mudah dijumpai, baik di daerah perkotaan, ataupun pinggiran. Malah dekat rumah saja ada 3 warung rujak, hehehe. Rujak petis, itu yang biasa dipakai istilah orang untuk membedakan dengan ruak buah/rujak manis. Karena, dalma bumbunya, meskipun sama-sama bersaus kacang, tapi menggunakan petis udang kalau rujak petis. Rujak petis sendiri, umumnya ada 2 versi, yaitu rujak cingur dan rujak kikil. Cingur, adalah bagian hidung/moncong sapi, sedangkan kikil, merupakan bagian dari kulit dan kaki sapi.

Kali ini, saia mau berbagi tentang salah satu rujak legendaris di kota Malang. Rujak Tenes, atau Rujak Tenis. Walah, apaan lagi ini? Aneh bener namanya? Sebenarnya sih, penamaan adalah salah satu trik pedagang untuk membuat ciri khas dagangannya. Nah, kemarin, saia berkesempatan memenuhi rasa penasaran akan tenarnya nama Rujak Tenes ini.

rujak tenes4

Sebelumnya, dapat info Continue reading