Kuras radiator CB150R secara sederhana

Masbro sekalian, maap nih, warung agak lama tutup, soalnya kebetulan empunya lagi tugas ke wilayah yang rada susah jaringan internet, lha wong di pulau ujung perbatasan negara kita dengan negara tetangga πŸ˜‰
Ini artikel cadangan, yang saia posting nebeng di warnet, sambil nunggu speedboat Sebatik – Tarakan, Kalimantan Utara
===================================
Hari Minggu, hari istirahat bareng keluarga setelah beribadah. Eh, gak ngapa-ngapain kok malah bingung yak. AKhirnya istri bersih-bersih tanaman, saia ngelongok si ciput yang nongkrong di teras.Ah, mumpung belom siang, kuras radiator ajah. Posisi odometer nunjukin 20.000 kilo lebih. Saia cabut ke bengkel dekat rumah, sambil bonceng si thole, yang selalu ikut ribet kalo saia ngoprek motor πŸ˜†
Awalnya, saia mo beli radiator coolant bawaan AHM, lha kok pas kosong. Eh, si tetangga bilang, pake merk ini ajah, yo bagus yo murah, sambil nunjukin sebotol nomer 1 yang ngetop (tahu kan?? πŸ˜† ) kemasan seliter seharga IDR 20.000. Kalo punya AHM, sebotol 500 ml harganya sama, cuma pas gak ada stok. Ya wis, saia beli daripada muter-muter, panas, macet.
Beres, sampe rumah, saia siapkan ember, slang kecil, kunci ring 8, dan kunci L bawaan toolkit CB. Ingat, jangan pernah lakukan ini bila mesin dan radiator dalam kondisi panas.
Pertama, buat CB150R, lepas shroud kanan pake kunci L, soalnya tutup radiator, terhalang sama shroud-nya. Setelah itu, tutup radiator bisa dikendorkan dulu.

lepas shroud supaya bisa mengakses tutup radiator

lepas shroud supaya bisa mengakses tutup radiator

Lanjut, siapkan ember penampungan di sebelah kanan bawah mesin. Buka baut 8 di crankcase kanan, di posisi water pump. Buka baut yang dibawah saja.

buka baut waterpump pake kunci ring/sok 8

buka baut waterpump pake kunci ring/sok 8

Hati-hati, kalo posisi tutup radiator dah dibuka, cairan radiator bisa nyembur dari lubang baut tadi, jadi triknya, tutup radiator dibuka sedikit-sedikit, supaya tekanan coolant tidak terlalu kencang, bisa tertampung sempurna di ember. Saia awalnya juga gak ngeh, tutup radiator sudah saia lepas, pas mbuka baut, jadilah kesemprot coolant sampe belepotan di celana πŸ˜†

tampung cairan radiator di ember

tampung cairan radiator di ember

Oke, tunggu sampe cairan coolant habis. Tuh, warnanya dah rada butek/gelap kan?? berarti emang minta diganti coolant…

cairan pendingin yang sudah agak keruh

cairan pendingin yang sudah agak keruh

Beres itu, mari kita kuras radiator. Cara yang mudah dan murah, digelontor pake air, bisa dari sumur ato sumber lain. Pake slang, masukkan ke lubang pengisian radiator. Pelan-pelan saja, pasti bakalan keluar lagi dari lubang baut 8 yang kita buka tadi. Tunggu sampe cairan yang keluar sampe jernih/bersih. Sebenarnya, lebih bagus lagi pake cairan khusus flush radiator buat menguras, karena bisa merontokkan kotoran dan karat yang mungkin mengendap. Karena saia baru pertama nyoba kuras sendiri, jadi pake cara yang mudah dan murah dulu, pake air :mrgreen:
Beres digelontor air bersih, silakan tutup lubang baut water pump (baut 8) tadi. Isi radiator dengan coolant baru sampe penuh.

isi coolant baru

isi coolant baru

Eh, jangan lupa, cuci tutup radiator, karena, ternyata, banyak kotoran yang menempel dan mengendap di bagian karetnya. Saia pikir, pasti karena posisinya, yang diatas, plus sering kena hembusan debu, trus numpuk deh. Tuh liat, abis dicuci, kotor kan airnya??

cuci tutup radiator

cuci tutup radiator

Beres isi penuh radiator, segera tutup, karena takut masuk angin…. πŸ˜†
Masih ada kerjaan lagi, yaitu kuras tabung reservoir yang ada di belakang mesin, nyempil dekat monosok. Ini yang agak ribet, karena saluran pembuangannya susah dijangkau dan kalopun dibuka disitu, pasti muncrat kemana-mana itu cairan coolant.
Gak habis akal, slang karet yang menghubungkan tabung reservoir dan radiator saia lepas. Sedikit butuh telaten melepas slang dari klem yang nempel ke rangka teralis-nya.

lepas slang menuju ke reservori/tangki cadangan pendingin

lepas slang menuju ke reservori/tangki cadangan pendingin

Begitu lepas, tinggal arahkan moncong slang ke ember penampungan.

kuras isi tabung reservoir lewat slang ke radiator

kuras isi tabung reservoir lewat slang ke radiator

Kenapa harus kuras reservoir juga? Karena eh karena, beda merk coolant. Yang masih ada di reservoir, masih punya AHM, sementar yang saia isikan ke radiator, ya merk tang ngetop itu. Kebetulan, tercantum di botol coolant, kalo sebisa mungkin, tidak dicampur dengan merk lain. Ditakutkan, kandungan kimianya berbeda, kan bisa bercampur tuh CMIIW..ikut aja, wong gak tau je, daripada kenapa-napa..
Beres kuras semua, tinggal balikkan slang dari tabung reservoir ke radiator. Masukkan ujung slang ke nipel di bagian atas radiator seperti semula. Jangan lupa, isi juga tabung reservoir sampe batas full. Hidupkan mesin, biarkan langsam sampe temperatur di indikator naik ke 1 atau 2 bar. Tambahkan coolant di reservoir bila terlihat turun. SUdah selesai deh cara simpel kuras radiator CB150R.
Sebenarnya, ada cara lain untuk kuras radiator, tanpa membuka baut 8 di water pump, yaitu dengan melepas klem slang pembuangan radiator, yang posisinya ya pas disebelah water pump. Cuma modal obeng minus, kendorkan klema, trus lepas slangnya, buang ke ember penampungan.

alternatif kuras radiator lewat slang waterpump

alternatif kuras radiator lewat slang waterpump

Semoga berguna…dan tak lupa, aslimalang.wp mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa buat masbro dan sis sekalian yang menjalankan…

Advertisements

88 comments on “Kuras radiator CB150R secara sederhana

    • kayak-e sih gak ada Zi…cuman, kalo logika saia, lebih cepet kalo posisi pembuangan di bawah to? ini ngikut carane mas Aziz

      Like

    • Yup beda desain dengan Yamaha. Klo selang2 radiator honda kan dibawah tuh, kalau yamaha kayak vixion, mx, r15 malah diatas.

      Like

    • ho-oh, saia teliti di vixi teman, posisi waterpump juga beda, di sekitar head slilinder kayaknya CMIIW…rupanya suka maen di atas yamaha :mrgreen:

      Like

    • Yup, vixi sama dengan mx mas. R15 juga sama, kelebihannya memang terlihat rapi, tp ada tetap ada min plus nya

      Like

  1. mas, itu di radiatornya harus terisi full ya coolantnya? karna, saya baru ada khasus, baut 8 di crankcase kanan kendor dibuat temen, nah baru tau kira” 5menit di perjalanan dlm kondisi coolant bocor dr motor (lgsg ke bengkel buat perbaiki bautnya), di perjalanan pulang saya liat temperaturnya kok 2bar doang (kadang 2 kadang 1 dan suara mesin kasar). sampai di rumah didiamin dulu selama 2jaman, trs coba hidupin motor, kok motornya di temperatur 3bar kok kipas radiator udah nyala. Saya liat di reservoir dan lgsg saya tambahkan coolant. tp tetap aja gak ngaruh. dan baru ingat buka lgsg tutup radiatornya, trnyata kosong di dlmnya.
    Yang mau saya tanyakan, di radiatornya harus terisi full juga ya? kok radiatornya ga ngambil dr reservoir ya mas? (maap kepanjangan mas hehehehe) tolong pencerahannya mas.. Trimakasih banyak mas

    Like

    • Fungsi reservoir sebenarnya adalah penampung cairan dari radiator saat temperatur naik dan sebaliknya, menampung cairan pendingin tadi saat suhu turun.
      Jelasnya begini, reservoir tank dibubungkan ke radiator dengan selang overflow. Bila volume cairan pendingin berekspansi disebabkan naiknya temperatur, maka cairan pendingin yang berlebihan dikirim ke reservoir tank. Bila temperatur turun, maka cairan pendingin yang ada di dalam reservoir tank akan kembali ke radiator. Ini untuk mencegah terbuangnya cairan pendingin dan untuk menjamin agar tetap dapat mengirimkan cairan pendingin saat diperlukan penambahan secara tetap.
      Jadi secara sistem, kalo cairan pendingin di radiator kosong, dia gak akan bisa ngambil dari reservoir tank, karena tekanannya gak ada…kan kosong blong
      ini sekedar analisa saia sih, mohon kalo ada suhu sistem pendingin bisa share dimarih juga
      Jadi, untuk amannya, memang cairan di radiator dan reservoir tank harus penuh semua (sesuai tanda upper/full) jangan lebih dan kalo bisa jangan kurang
      Mohon maaf mas Ricky kalo masih bingung…bisa kontek saia di andhi_125@yahoo.com

      Like

  2. AGAN AGAN SEMUA TOLONG ANE SUDAH 6 BULAN INI CB 150R GAK BISA JALAN KARENA RADIATOR JEBOL KENA KECELAKAAN, SUDAH KASIH DPINDEN DI DEALER SAMPAI SEKARANG DI JANJIIN TERUS TAPI BARANG KAGAK ADA. MINTA TOLONG SIAPA YG PUNYA INFO DI MANA BELINYA . TERIMA KASIH

    Like

  3. Radiator cibi ane yg dipenampung/reservoir kering keronta,yg diradiator blon sempat ane cek,mungkin juga kering,pertanyaan,apakah ane harus isi dgn coolent yg baru kereservoir aja atau isi ful dgn radiatornya juga?mohon penjelasanya,makasi…

    Like

    • bagusnya sih, sekalian mas, di radiator diisi, reservoir juga…mungkin cukup kok sebotol coolant, malah sisa πŸ˜†
      toh, kalau di radiator luber karena muai kena panas, ngalirnya juga ke reservoir..pokoknya, jangan sampe keabisan/kerontang mas πŸ˜‰
      makasih dah mampir

      Like

  4. Thanks mas brow tas infonya,terkait pertanyaan yg diatas,setelah ane cek tu blok mesin ternyata penyebab keringnya coolant ada bocor halus bak jarum jahit pas diwater pump,klo bleh tau apa penyebab bocornya blok wterpump,ato ada sesuatu benda yg hantem dari dlam?dan apa mungkin setipis itu blok mesin cb ya.
    Sory mas klo kbanyakan nanyenya.thanks.

    Like

    • asal yang lubangnya banyak gpp kok masbro..
      paling rekomen sih sejenis kawat nyamuk gitu…efektif nangkal kerikil/kotoran, tapi banyak lubang untuk pelepas panas radiator

      Like

    • kalo netes dikit,masih normal..itu sisa penguapan CMIIW
      tapi, kalo 2 hari di tabung reservoir sudah habis, sangat tidak wajar..kemungkinan ada kebocoran..bisa bocor lewat slang pembuangan, atao yang bahaya, bocor di jalur mesin…bisa tercampur dengan oli, kelamaan oli mesin jadi berubah coklat susu, bahaya masgan..mesin bisa rontok
      secepatnya cek ke bengkel resmi dulu, kalo pendapat saia sih, kayaknya ada kebocoran..

      Like

    • biasanya sih cuma nge-flek aja gan, karena slangnya kan dilewati cairan pendingin yang notabene panas banget..
      selama gak bocor/rembes, gak papa kok bro..
      coba dilap aja sama sekalian cek ada kebocoran atau nggak

      Like

  5. gan coolant yg bagus buat cb apa??klo pake coolant yg mana aj apa boleh gan. contoh coolant punya mx???mohon jawban’a gan

    Like

    • kalo coolant sih, sama aja kok gan..
      kalo bengkel resmi pasti me-rekom-kan coolant honda, tapi coolant lain banyak kok, dan aman
      saia sendiri pake t*p satu πŸ˜† , so far aman sih, pokoknya rutin diganti/kuras…sama kayak oli mesin

      Like

  6. Ane habis ganti kanvas kopling di Ahaas tapi setelah satu hari ada cairan radiator yg menetes dilantai(cukup banyak).Pas ane cek ada rembesan di sisi bawah waterpump,udah ane komplain ke Ahaas tp cuma baut yg bawah dikasih sealtape dan sampe rumah rembesan masih ada.Pertanyaannya apakah sewaktu ganti kanvas tutup waterpump dibuka semua? Trus gimana penanganannya biar bisa hilang rembesan air radiatornya?

    Like

    • Ganti kampas kopling, apa masbro juga sekalian kuras radiator? Kalo pas saia bongkar kampas kopling, bak kopling/kalter mesin kanan, emang sekalian kuras radiator, jadi ya buka baut waterpump 1 aja, yang paling bawah, gak semua dibuka
      Kalo gak salah lihat, di baut tutup waterpump itu ada semacam ring kecil/tipis gitu CMIIW
      Soal penanganan, memang bisa kok dipakein sealer gitu, kayak yang biasa dipake melapisi paking/lem paking
      Kemudian, kondisi sekarang gimana? Kalo masih merembes juga, klaim ke bengkel yang nangani sebelumnya, biasanya ada garansi service sekitar 500 km/1 minggu

      Like

  7. Sudah klaim ke bengkel Ahaasnya tapi msh rembes aja,masa harus bolak balik terus kebengkel…Waduuuh!
    Trus ane klaim jg,ko klo pas tanjakan di gigi 2 kopling di tekan setengah bunyi klotok2 ? Padahal sebelumnya gak gitu,jawaban mekaniknya katanya klo kanvas baru emang begitu(blom gigit katanya)…. Emang bener gitu ya?

    Like

  8. Sekedar share aja mtor ane CB150SF
    3 bulan lalu ane coba buka businya krna ribet jd ane lepasin radiatornya biar buka businya jd lbh gmpang skalian inisiatif kuras radiator jg..
    ane cuma isi reservoir aja gak isi radiatornya, tp slama ini gk brkurang sm skali.. barusan ane servis krna mw dipake jauh lebaran nanti betapa kagetnya pas radiator sama mekanik AHASS dicek coolant’y trnyata kosong..
    Ane garuk2 sndiri bingung.. pantes blakangan ini panasnya gk wajar, rada kasar, nyambung apa enggak tp benain terasa lbih boros dr sblmnya..
    Montir itu udah tau “Ini radiator pernah dikuras yah?” ane jawab iya..
    doi blg laen kali kalo abis nguras radiator jangan dibiarin kosong mas..
    ane jawab, tapi kan di reservoir ada coolant bang??
    Betul, tapi walaupun ada coolant di reservoir kalo di radiator kosong gak akan ngisap karena ada udara jd gk vakum..
    kesimpulannya sih yg ane dapet kalo ngecek radiator alangkah baiknya cek juga radiator jangan reservoirnya aja..
    Salam One HEART. :))

    Like

    • kalo kebanyakan kawan yang pake cibi, rekomen motul 5100 daripada 3100
      3100, katanya sedikit lebih berat di tarikan daripada 5100
      kalo saia sendiri sih, belum nyoba motul mas, masih setia sama ax7 πŸ˜€
      kalo secara spek, motul 3100 sae 15w50, kalo motul 5100 sae 10w40

      Like

    • Shell AX7 mas. Soal tarikan, dibanding mpx atau spx repsol, enak ini menurut saia pribadi.
      Cuma, ini oli cepet panas dan penggunaan standart aja, maksimal 2000km sdh wajib ganti, udah gak nyaman. Harga kisaran 50-60 ribu. Kalo referensi kawan2 lain motul bisa pake 5100 trus juga ada yg pake xado. Just info aja

      Like

    • Kalau tabung warna putih, itu reservoir mas, untuk cadangan sekaligus menampung (bila ada) luberan coolant dari radiator. Bila ngisi dari bawah, selain kapasitas tabung yg sedikit, juga gak mampu mengisi radiator. Begitu mas

      Like

  9. mas andhi saya mau nanya cb saya ketika macet temperaturnya naik sampe 6 bar, tapi pas jalan normal temperatur banya normal lagi 3 bar tapi kipas nyala.. kira apanya dan harus bagaimana mana ya solusinya terima kasih πŸ˜€

    Like

    • Pas sampai 6 bar, kipas juga nyala kan? Kalo sudah turun ke 3 bar, tapi kipas masih nyala, kemungkinan thermostat yg agak lambat responnya mengikuti naik/turun suhu cairan pendingin.
      Monggo dicek ke bengkel resmi, supaya dicek yg berkaitan dengan radiator, slang slang, pompa, thermostat
      Mudah mudahan membantu mas faqih

      Like

  10. oh begitu yah.. πŸ˜€ kalo pas nyampe 6 bar saya ga tau tuh kipasnya muter apa engk soalnya lagi jalan, tapi pas bererenti dan posisi temperatur 3 bar kipas kreasa tuh muter mas begitu mash,, oke mungkin nanti coba ke AHASS terima kasih mas andhi pencerahannya

    Like

    • Kalo saia rasa sih, gk masalah kok mas, yang justru masalah kalo kipas gak muter meski sampe 6 bar..bisa overheat, macet mesin, bahaya
      Yg banyak kipas nggak muter, gara2 motor kipasnya yg macet/rusak
      Oh iya mas, sekalian dicek, pas baru jalan, bar 1 atau 2, apa kipas nyala juga..mungkin berkaitan mas

      Like

  11. oh iya mas, saya kaget aja mas ga biasanya suhu nya sampe 6 bar, kalo kipas sih muter mas,tapi kalo sampe 6 bar tapi kipas muter itu sebenernya masalah ga mas? sebelum saya ke AHAS saya mau cari dulu permasalahanya yang sebenernyah.. πŸ˜€

    Like

    • 6 bar sebenarnya kondisi kritis mas, udah kelewat panas suhu coolantnya
      Makanya, diatas 3 bar, pasti kipas radiator nyala, untuk membantu mendinginkan/menurunkan suhu coolant di radiator
      Oh iya, kondisi coolant, masih dalam toleransi kan? Coolant di reservoir juga masih ada?

      Like

  12. hi bro, mo nanya..
    kondisi motor ane skg temperatur selalu sampai 6 bar klo dipakai kira2 15km.. setelah berhenti dan matiin mesin, air radiator keluar meluap dari tutup radiator dan selang kecil reservoir..
    setelah ane telusuri, kyknya problem ada mampet di thermostat. air radiator gk ngalir naik ke thermostat.

    apakah mudah bongkar thermostat?
    lumayan ngirit drpd bawa ke ahass..

    terimakasih sebelumnya..

    Like

  13. Mas andhi sya mau tnya,kalo ngebersihin jaring2 radiator yg kotak kayak rumah tawon itu gimana?hehehe…Apakah disemprot pakek compressor? Atau disikat sikat gitu?hehehe..mohon pencerahan illahi hahaha.. thnx

    Like

    • kalo saia pake sikat gigi bekas mas, pelan-pelan digosok ditambah sampo motor..kalo kekencengan, sering bengkok kisi-kisina, kan alumunium tipis tuh..

      Like

    • Setelah mati, distart lagi, ada kendala nggak masbro? susah start atau biasa aja?
      Ada kemungkinan, kurang lancar pasokan bbm-nya, bisa jadi injektor minta dibersihkan..silakan ke bengkel resmi
      Bisa juga ada masalah di pompa bbm di tangki. biasanya sih, karena kotor atau malah karat karena air yang nekad menyusup ke dalam tangki. Cek juga kelistrikan, siapa tahu ada soket yang kendor, yang mengganggu kelistrikan
      semoga segera ketemu masalahnya masbro

      Like

    • Listrik normal gak bermasalah
      Starter langsung hidup
      Tapi nanti mati sendiri tiba” kayak bensin telat
      sudah pernah ke bengkel Honda cuman servise rutin gak ada masalah kaya mekaniknya tapi tetep terkadang suka mati
      Tolong ilmunya Mas bro
      Bosan ke bengkel tapi tetep seperti itu terus gak ada perubahan

      Thanxs πŸ˜„

      Like

    • sudah pernah minta bersihkan throttle body dan injektornya mas? coba minta dibersihkan dulu aja, ada kok di be-res, injector cleanernya
      trus, juga coba minta kuras tangki, sekalian cek pompa bbm di dalam tangki…mungkin kotor atau malah ada airnya..
      biaya kuras tangki berkisar IDR 30.000, kalo bersihkan injektor sekitar IDR 25.000 CMIIW, malah ada be-res yang sekalian dibuat paket, service+bersihkan injektor
      semoga membantu mas soleh

      Like

  14. Mas m tany ne. Kenapa sebab pnas berlebih dar apa ja asalnya krn motor cb 150r sy. Msh saja panas brlbih pdahal oli sm colent udh ganti baru smua

    Like

    • Kalo di tutupnya, saia juga ngalami mas, biasanya kotor kena debu yg numpuk. Sudah banyak debunya, kena lembab radiator, jadi menggumpal macam lumpur. Dibersihkan saja gak papa mas, tutup dilepas, dicuci/rendam air. Di lubangnya, seka aja pelan2 pake lap basah supaya kotoran gak masuk ke dalam

      Like

  15. mas, kalau kipas radiator gk nyala saat udah 5-6 bar knpa yah? harus ngecek apanya? kalau service di ahas brp? maaf masih baru pnya CiBinya. he..

    Like

    • Ada beberapa kemungkinan mas, harusnya memang kipas langsung nyala saat overheat/kelewat panas. Bisa dari sensor thermostat, atau memang motor kipas yg bermasalah. Paling paham sih bengkel resmi. Langsung sampaikan saja soal kipas radiator. Kalau biaya, mohon maaf, saia kurang paham. Kalau jasa saja kisaran 50 ribuan di daerah saia.

      Like

    • kalo gejala sih, kayaknya nggak ada mas..cuma preventif saja, alais dirawat, rutin ganti cairan pendingin. Takutnya, saat menunjukkan gejala, kondisi sudah parah. Vital tuh, pendingin mesin soalnya

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s