Mau sokbreker motormu awet? Simak panca tips berikut

Di setiap kendaraan, kita persempit di sepeda motor saja ya, pasti dilengkapi dengan sokbreker, utamanya di bagian depan dan belakang. Ini benda berfungsi\ sebagai peredam getaran atau goncangan gegara hantaman roda dengan jalanan. Ketika sokbreker tidak berfungsi secara baik, tentunya kenyamanan berkendara bakal terganggu. Badan pengguna motor akan cepat pegal, stabilitas motor amburadul, sehingga banyak komponen yang mungkin saja bisa berubah posisi ataupun setelannya. Bahkan , laher alias bearing ban motor juga akan terkena imbasnya, bakal cepet aus.

 

Nah, berikut ada nih beberapa tips supaya sokbreker motor lebih panjang umurnya. Simak deh

Continue reading

Tips paten sarung tangan bikers jadi awet

Pagi masbro..

Sarung tangan, atau gloves sudah jadi kelengkapan berkendara yang wajib buat bikers. Selain sebagai proteksi alias pelindung tangan pengendara dari benturan dan cuaca, juga punya sisi fashion, jadi gaul dan keren

Nah, ada tips nih supaya sarung tangan yang masbro dan mbaksis kenakan sehari-hari tuh tetap awet, bersih, sedap dipandang, nggak jamuran dan nyaman dipakai, apalagi saat musim penghujan kayak gini. Mau tahu?? Tipsnya dari Yamaha Jatim lho…

Continue reading

Helm bau? Atau apek? Ini tips Yamaha Jatim atasi helm bau

Pagi masbro..

Kondisi helm lembab menjadi permasalahan yang dihadapi oleh pengendara sepeda motor terlebih ketika menghadapi musim hujan. Tentu akan menimbulkan aroma tidak sedap sering disebut dengan bau apek. Biasanya, ketika spons  helm hingga bagian dalam helm basah terkena air jadi salah satu penyebab timbulnya bau tidak sedap pada helm. 

William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengatakan “Kondisi helm yang apek selain bikin rider tidak nyaman, juga bisa bikin rambut jadi bau. Tidak hanya karena terkena hujan, bisa jadi bau apek timbul karena keringat atau debu yang menempel pada busa helm,”

Nah, ada beberapa tips nih yang dapat dilakukan bagi para rider agar helm terhindar dari bau apek

Continue reading

Tips menyalip dengan aman

Pagi masbro..

Menyalip, atau mendahului kendaraan lain pasti pernah kita lakukan. Nah, dilakukan secara aman nggak tuh? Karena, bila nggak, gerakan kendaraan kita saat menyalip berpotensi membayakan diri sendiri dan orang lain

Saia bakal berbagi beberapa tips ringan saat hendak menyalip kendaraan lain

Continue reading

Dalih ikut kurangi subsidi negara, bikers ini malah hemat BBM

Pagi masbro..

Masih seputar bahan bakar nih. Meski sudah sempat turun, harga BBM plat merah alias Pertamina, tetap saja, saia pribadi masih merasakan kalau semakin kesini rada boros nih penggunaan Pertamax. Sila simak artikel lalu disini

Nah, dengan dalih pribadi ikut membantu pemerintah mengurangi subsidi BBM, saia coba (lagi) beralih ke BBM swasta. Dan pilihannya adalah Shell, yang mana nih merk tersedia di Malang Raya. Nggak sombong, ada 2 SPBU Shell. Kota Malang ada 1, dan kabupaten Malang ada 1. Sebelumnya, nggak ada titipan iklan dari merk kerang ini, apalagi endorse :mrgreen:

Continue reading

Cek bagian ini bila terasa rem cakram kurang pakem

Pagi masbro..

Piranti rem cakram memang sudah menajdi standar pengereman motor mas kini. Nyaris nggak ada nih motor yang pake rem tromol, khususnya di bagian depan. Nah, memang secara fungsi rem cakram lebih pakem dan kuat ketimbang rem teromol, juga perawatan lebih mudah karena terbuka. Namun, bila nggak dirawat, ya bakal menurun fungsinya, alias nggak pakem.

Cara mengecek ketika rem cakram nggak lagi sepakem biasanya, kira-kira seperti apa? Apa saja dan apakah bisa dilakukan sendiri? Simak beberapa item pengecekan berikut ini :

Continue reading

Tips ketika bersua dengan jalan rusak

Pagi masbro..

Kondisi jalan yang yang tidak selalu mulus, membuat pengendara harus ekstra berhati-hati. Medan jalan yang memiliki permukaan rusak, bahkan berlubang tentu bisa membahayakan keselamatan para pengendara sepeda motor. Untuk itu, dibutuhkan teknik dasar atau pengetahuan yang baik dan benar agar pengendara bisa melewati kondisi jalanan tersebut tanpa membahayakan dirinya maupun pengendara lain nya. 

Continue reading

Rantai aus, simak cirinya sebelum merana di jalan

Rantai berikut sproket atau gir depan belakang merupakan alat penggerak utama di sepeda motor. Rangkaian ketiga benda ini, menyalurkan tenaga dan putaran mesin ke roda, sehingga motor bisa bergerak maju.

Seiring pemakaian, komponen penggerak di sepeda motor bebek dan sport ini, pasti akan aus dan menurun kinerjanya. Semakin menurun kemampuan dan kinerja, juga berbanding lurus dengan kekuatan si suku cadang ini. Ujungnya, bisa berakibat fatal seperti rantai lepas dari gir atau malah bisa juga rantai putus. Berabe kan kalo pas di jalan, tiba-tiba rantai putus? Iya kalau pacaran putus, bisa balik dan disambung lagi :mrgreen:

Read more: Rantai aus, simak cirinya sebelum merana di jalan Continue reading

Pantau lampu ini, dan konsumsi BBM lebih efisien

Pagi masbro..

Warbiyazah memang heboh soal kenaikan harga BBM kali ini. Ya gimana nggak heboh, lumayan banget memang naiknya, hikss….

Kemarin, selang 2-3 hari pasca diumumkan naik, kok ya pas tangki si bleki kosong dan wajib diisi. Dan coba tebak, berapa nominal total yang perlu buat memenuhi tangki sekitar 12 literan lebih ini dengan Pertamax? IDR 175 ribu !!!!

Yah, memang apa mau dikata, kita mau gak mau dan kudu membiasakan diri, serta merubah gaya berkendara kalau nggak ingin jadi akrab sama mbak SPBU. Maksudnya bolak-balik ngisi BBM 😆

Tapi, cukup model lebih aware sama spidometer, terutama skutik keluaran Honda, bisa lebih hemat lho BBM yang disedot mesin

Continue reading

Ganti busi motor Honda secara rutin, hindarkan mogok gegara busi mati

Pagi masbro..

Busi, adalah salah satu perangkat vital di sepeda motor. Fungsinya sebagai penghasil percikan api di ruang bakar mesin, yang bakal menyalakan mesin karena timbul ledakan yang merupakan hasil pembakaran api dari busi, serta semprotan bahan bakar dan udara

Bisa dibayangkan to, kalau busi tidak berfungsi alias mati? Nggak ada api, ya mesin nggak bakal menyala, hehehehe. Mogok dong….

Continue reading