Motormu terasa rakus bahan bakar? Coba cek salah satu dari daftar berikut

Pagi masbro..

Sepeda motor , dengan segala kelebihannya yaitu lincah dan gesit, kendaraan roda dua ini diklaim lebih hemat bahan bakar, memang masih menjadi alat transportasi yang digemari oleh masyarakat. Jenis kendaraan ini cocok untuk mendukung mobilitas masyarakat yang tinggi. Namun, seiring pemakaian kendaraan tentu mempengaruhi performa dan kinerja mesin berikut segala piranti pendukungnya. Pernah kan, masbro atau mbaksis merasa, motor kesayangan mendadak boros bahan bakar? 

Dwi Suwanto, selaku Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) membeberkan ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan motor konsumen mendadak boros BBM. Dibutuhkan perawatan untuk menjaga performa dari motor kesayangan konsumen. 

Continue reading

REXCO 20 Ultimate Hand Cleaner, sabun mekanik yang praktis dipakai tanpa air dan aman di kulit

Pagi masbro..

Buat yang hobi utak-atik kendaraan di kala senggang, pasti nggak asing dengan tangan yang belepotan noda oli atau kotoran lain dari sepeda motor yang dikerjakan.

Bila umumnya, saat selesai dan mencuci tangan menggunakan sabun, pasti menggunakan air sebagai perantara cuci, ada yang lebih praktis nih. Produk Rexco, yang diberi label Rexco 20 Ultimate Hand Cleaner

Continue reading

Beberapa printilan motor yang wajib dilumasi rutin, jauhkan karat agar fungsi terjaga

Pagi masbro..

Sebenarnya, banyak hal tentang merawat motor yang bisa dikerjakan sendiri di rumah. Maksudnya, selain ngirit nggak perlu ke bengkel, juga bisa nambah kepedulian kita terhadap motor. Jadi tahu beberapa hal yang sebelumnya nggak dipahami. Ada bagian-bagian tertentu dari motor yang harus mendapatkan perawatan secara berkala meskipun hanya sekedar memberikan pelumas terutama di musim penghujan. Pasalnya, bagian ini terbilang penting untuk kenyamanan saat berkendara dan juga agar part tersebut tidak mudah karat dan nyaman saat digunakan.

Nah, masbro Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia, menjelaskan, beberapa bagian motor yang bisa dirawat sendiri dengan pelumasan secara berkala dan mudah, tentunya dengan andalkan produk Rexco.

Continue reading

Teh Pu**k, solusi ban hitam kilap dan hilangkan haus

Pagi masbro..

Mumpung kemarin bahas ban nih. Benda karet bundar ini, memang vital banget fungsinya. Selain dia punya kontak satu-satunya ke aspal, juga bikin rasa pede dan sayang ke motor auto nambah

Coba, kalau motor abis dicuci bersih, tapi ban belum dipoles hingga hitam mengkilap, kayaknya pasti ada yang kurang kan?? Berasa sudah pake baju bagus, celana keren, tapi sepatu belum disemir mengkilat 😆

Cairan pengkilap/penghitam khusus ban memang banyak bertebaran. Mulai yang paten, keluaran pabrikan ternama yang banderolnya ratusan ribu, sampe semacam cairan silikon yang bisa ditebus di toko bahan kimia. Bahkan, banyak juga yang bereksperimen coba-coba cairan lain macam minyak, cairan pembersih dan macem-macem. Nah, tempo hari, ada netijen, eh, pengguna medsos sih, yang share trik rada unik untuk mengkilapkan sisi ban motornya.

Yaitu

Continue reading

Substitusi kampas kopling Honda CB150R gen 1

Pagi masbro..

Berawal dari cerita adik ipar yang sekarang nunggang si ciput, Honda CB150R generasi pertama, atau kerap disebut OCB. Nih motor naked 150cc DOHC memang diawal hadirnya, cukup membius pengguna motor batangan alias motorsport. Apalagi di kala itu, spek si OCB yang overbore, tenaga didapat pada putaran tinggi.

Alhasil, kalau di putaran bawah memang rada lembek :mrgreen:, sering yang nggak biasa, main kopling supaya lebih terasa tenaganya, padahal ya malah bikin kampas kopling cepat aus. Kampas kopling CB150R generasi 1 alias Old CB, orisinalnya dibanderol lumayan, IDR 250 ribuan, dengan rincian sebanyak 5 lembar kampas kopling

Nah, kalau mau substitusi ini antara lain pilihannya

Continue reading

Sehabis kehujanan, lakukan tips berikut supaya motor tetap aman dan sehat

Pagi masbro..

Musim hujan memang masih belum berakhir di awal tahun 2021. Air hujan itu tergolong jahat lho. Meski bentuknya memang air murni alias bening, namun banyak mengandung asam, yang jahat pada perangkat logam sepeda motor.

Perlu sedikit usaha ekstra untuk menghindari komponen-komponen yang rusak akibat kandungan asam pada hujan. Ada tips nih dari PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, NTB, dan NTT. STSJ menganjurkan pengguna motor Yamaha untuk memberikan pertolongan pertama pasca motor kehujanan. Hal ini guna menjaga keselamatan berkendara di kemudian hari.

“Air hujan itu mengandung zat asam di dalamnya, sehingga bisa menyebabkan korosi atau karat pada komponen sepeda motor. Oleh karena itu, jika anda menggunakan motor setiap hari, ada baiknya memperhatikan hal-hal tertentu agar komponen motor konsumen tetap terjaga” demikian pembuka dari Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart Yamaha STSJ.

Berikut pertolongan pertama yang dapat dilakukan pasca kendaraan terkena hujan :

Continue reading

Arti marka segitiga terbalik, pahami supaya aman di jalan

Pagi masbro.. Sebelumnya, saia selaku admin ini warung mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022 ya, semoga kita semua diberikan kesehatan, keselamatan dan kesuksesan seterusnya. Amiiin…

Rambu-rambu, berikut marka jalan, merupakan aturan tertulis yang dipasang untuk mengatur pengguna jalan, sehingga dapat memanfaatkan jalan secara aman dan bertanggung jawab.

Pasti sudah pada paham, terutama untuk rambu yang umum dilihat macam larangan parkir, larangan menyalip atau marka jalan garis lurus, yang menandakan nggak boleh dilintas. Tapi, kalau marka yang satu ini, sepertinya memang rada sulit ditemukan. Bukan nggak ada, tapi relatif jarang. Yaitu berupa segitiga terbalik

Rambu ini, sebenarnya punya nama tenar, yaitu rambu give away. Punya bentuk segitiga terbalik berwarna merah, merupakan rambu perintah untuk memberi kesempatan kepada kendaraan yang berjalan pada jalur utama di persimpangan prioritas. Jika dihadapi rambu ini, pengendara dilarang berjalan terus karena wajib memberi prioritas kepada arus lalu lintas dari arah yang diberi prioritas.

Continue reading

DIY, pasang karpet bihun/karpet mie di Toyota Kijang Kapsul LGX

Pagi masbro..

Karpet lantai, merupakan bagian yang kadang nggak diperhatikan pengguna mobil. Mentang-mentang posisinya di bawah dan diinjak terus, jadi luput dari perhatian deh. Padahal, kalau kotor, selain tampak tak sedap dipandang karena “menciderai” tampilan interior mobil, juga menyimpan kelembaban yang berpotensi bibit karat di area lantai mobil

Bawaan mobil, memang biasanya telah terpasang karpet sekujur lantai yang biasa disebut karpet dasar. Nah, diatas karpet dasar itu, dipasangkan karpet tambahan. Selain melapisi karpet dasar supaya tidak cepat kotor dan rusak, juga lebih mudah dibersihkan. Karpet pelapis ini, biasanya berbahan karet dan terdiri dari beberapa bagian seperti 2 buah karpet depan, 1 karpet tengah, 1 karpet belakang/bagasi. Mudah dilepas dan dibersihkan, beda dengan karpet dasar yang susah dilepas kalau mau dibersihkan

Kali ini, saia berbagi tips pasang karpet tambahan yang biasa disebut karpet bihun atau karpet mie. Bentuk karoet berbahan karet ini, di bagian atas memang keriting laiknya mie, makanya disebut karpet mie/bihun. Ketebalan cukup, dan yang asyik, karena bentuk bagian atas keriting, sela-selanya bisa menyimpan kotoran sehingga tidak nampak kotor karena tidak menempel di permukaaan, tapi di sela-sela bagian tengah karpet.

Continue reading

Aman berkendara di jalan, nih tips-nya spesial untuk kaum hawa

Sore masbro..

Pengguna sepeda motor sebagai sarana transportasi efektif saat ini memang meroket. Nggak hanya dominasi kaum pria saja, jumlah pengguna kaum wanita juga luar biasa.

Sayangnya, memang sih nggak semua, pengguna motor kaum hawa ternyata jadi penyumbang yang cukup besar dalam angka kecelakaan lalulintas. Melansir dari data survei oleh Queenriders, kecelakaan lalu lintas oleh perempuan menyumbang 49,5 persen dari total kecelakaan. PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ menyadari bahwa masih banyak wanita yang masih abai dalam berkendara motor serta pentingnya edukasi berkendara bagi perempuan Indonesia. Pasalnya, zaman sekarang sepeda motor sudah menjadi kendaraan harian bagi banyak wanita di Indonesia. Motor pilihan wanita Indonesia saat ini didominasi oleh motor matic atau skutik (skuter matic). 

Agus Hariyanto

Continue reading

Prosedur pakai sarung tangan saat pandemi, tetap #cariaman ya

Pagi masbro..

Pandemi virus corona ini, memang secara kurva masih belum melandai. Pertumbuhan pasien yang terpapar virus ini, masih cukup tinggi. Makanya, seiring perlahan mulai masuk masa transisi, dalam beraktifitas tetap memproteksi diri. Masker adalah benda wajib saat keluar rumah untuk bekerja atau aktifitas lain. Demikian pula, cairan pembersih tangan atau jamak disebut hand sanitizer juga wajib dikantongi.

Prosedur cuci tangan, juga menjadi hal yang diwajibkan. Nah, buat bikers nih, sarung tangan alias gloves, membuat prosedurnya jadi sedikit berbeda. Sarung tangan penuh ini, satu sisi bermanfaat dobel. Selain melindungi keseluruhan jari tangan dari benturan atau gesekan, juga melindungi dari sentuhan dengan grip gas secara langsung.

Parkir motor di beragam area , beresiko motor dipegang-pegang jukir atau orang lain. Soal kesehatannya, yah, kita nggak tahu juga, tuh orang yang pegang stang motor kita, habis pegang apa saja. Apakah sehat juga orang tersebut kita juga nggak tahu.

Yang dikhawatirkan, bisa saja tuh, virus nempel di grip gas motor kita. Kan nggak terlihat itu virus. Begitu kita pegang , bisa jadi pula beralih dan menempel. Makanya, perlu siap sedikit effort alias usaha ekstra. Sederhana saja sih tipsnya.

Continue reading