Rantai aus, simak cirinya sebelum merana di jalan

Rantai berikut sproket atau gir depan belakang merupakan alat penggerak utama di sepeda motor. Rangkaian ketiga benda ini, menyalurkan tenaga dan putaran mesin ke roda, sehingga motor bisa bergerak maju.

Seiring pemakaian, komponen penggerak di sepeda motor bebek dan sport ini, pasti akan aus dan menurun kinerjanya. Semakin menurun kemampuan dan kinerja, juga berbanding lurus dengan kekuatan si suku cadang ini. Ujungnya, bisa berakibat fatal seperti rantai lepas dari gir atau malah bisa juga rantai putus. Berabe kan kalo pas di jalan, tiba-tiba rantai putus? Iya kalau pacaran putus, bisa balik dan disambung lagi :mrgreen:

Read more Continue reading

Pantau lampu ini, dan konsumsi BBM lebih efisien

Pagi masbro..

Warbiyazah memang heboh soal kenaikan harga BBM kali ini. Ya gimana nggak heboh, lumayan banget memang naiknya, hikss….

Kemarin, selang 2-3 hari pasca diumumkan naik, kok ya pas tangki si bleki kosong dan wajib diisi. Dan coba tebak, berapa nominal total yang perlu buat memenuhi tangki sekitar 12 literan lebih ini dengan Pertamax? IDR 175 ribu !!!!

Yah, memang apa mau dikata, kita mau gak mau dan kudu membiasakan diri, serta merubah gaya berkendara kalau nggak ingin jadi akrab sama mbak SPBU. Maksudnya bolak-balik ngisi BBM ­čść

Tapi, cukup model lebih aware sama spidometer, terutama skutik keluaran Honda, bisa lebih hemat lho BBM yang disedot mesin

Continue reading

Ganti busi motor Honda secara rutin, hindarkan mogok gegara busi mati

Pagi masbro..

Busi, adalah salah satu perangkat vital di sepeda motor. Fungsinya sebagai penghasil percikan api di ruang bakar mesin, yang bakal menyalakan mesin karena timbul ledakan yang merupakan hasil pembakaran api dari busi, serta semprotan bahan bakar dan udara

Bisa dibayangkan to, kalau busi tidak berfungsi alias mati? Nggak ada api, ya mesin nggak bakal menyala, hehehehe. Mogok dong….

Continue reading

Jangan lumasi rantai pakai oli bekas, maunya irit malah tekor

Siang masbro..

Rantai, yang merupakan penggerak bagi sebagian sepeda motor terutama tipe bebek/cub dan sport adalah perangkat vital. Kalau bermasalah, ya jelas, efeknya motor nggak bisa jalan.

Perawatan yang minimal dilakukan adalah melumasi dan menyetel ketegangan rantai, pasti sudah pada paham. Nah, spesial pelumasan, ada 1 poin penting yang wajib dijauhi. Yaitu, jangan pernah pakai oli bekas

Weleh, kenapa nih? Sebabnya, oli bekas tuh kotor masbro. Namanya saja oli bekas, pastinya ya jelas oli bekas pemakaian, alias oli hasil kuras mesin atau lainnya.

Continue reading

Kreatif dan unik, memanfaatkan tools bekas yang aus

Siang menjelang masbro..

Balik nih, ke artikel khas blog ini, yaitu foto jalanan. Nah, kemarin sore saat mengisi bahan bakar di salah satu SPBU, saat rela antri mengular sekitar 7 motor di pompa pertamax, mata ini melihat sosok Yamaha R15 gen 2 kalau nggak salah, si Lele

Tampil agak terondol, dengan melepas fairing sisi bawah, serta spatbor belakang dicopot, sudah agak lazim ditemui. Yang menarik adalah penampakan benda yang sangat familiar di kalangan bikers, yaitu kunci ring

Benda ini saia lihat terpasang di Yamaha R15 tersebut, di sisi kanan dekat knalpot. Tapi ada yang aneh

Continue reading

Tarikan motor berasa kurang responsif? Lakukan 3 hal berikut ini

Pagi masbro..

Saat berkendara nunggang motor kesayangan, pernah nggak masbro dan mbaksis merasakan gejala aneh ? Motor sudah digas dalam-dalam, maksudnya dipuntir selongsong gas , eeeh, tarikan alias kecepatan motor nggak nambah maksimal aliaa nggak responsif?

Waduh, ada masalah apa nih? Jelas dan pasti, motor sedang mengalami penurunan performa.

Continue reading

Ganti sendiri kabel spidometer Honda Vario 110 FI

Pagi masbro..

Honda Vario 110 FI kendaraan dinas nyonya, emmang sudah cukup berumur. Lansiran 2014, yaitu generasi perdana Vario 110 FI yang lampu depannya LED. Dengan pemakaian normal dan jarak tempuh rendah, yakni armada antar jemput anak sekolah, masih wajar kalau odometer masih di angka 20 ribuan kilometer.

Beberapa waktu lalu disambati, kok spidometernya nggak jalan ya? Saia cek dan emang bener, gak jalan. Asumsi langsung menuju kabel spidometer, yang mana memang masih analog, pake kabel ke poros roda depan. Sangat wajar menurut saia, dengan usia 8 tahun lebih, kalau aus

Continue reading

Mudah perbaiki sendiri switch power window macet, Rexco 18 contact cleaner

Pagi masbro..

Punya kendaraan mobil yang berumur, memang banyak suka dukanya. Maklum, dengan usia pakai cukup lama, pasti ada saja onderdil yang entah aus, rusak atau sekedar kotor. Salah satunya, tombol power window alias tombol penaik-turun kaca jendela pada Kijang Kapsul lansiran 2001

Beberapa waktu lalu, tombol power window untuk jendela sisi depan kiri dan belakang sering rewel. Kadang normal, kadang hanya bisa menutup tanpa bisa dibuka/diturunkan. Akhirnya, saia preteli unit switch dan cari masalahnya. Langkahnya memang nggak segampang kelihatannya ­čść

Continue reading

Kapan wajib kuras dan ganti cairan radiator Honda CB150R

Pagi masbro..

Berdasarkan informasi yang dihimpun, cairan radiator atau coolant harus diganti atau dikuras paling tidak ketika kendaraan telah mencapai jarak tempuh 24 ribu KM atau dua tahun. Termasuk salah satunya dari buku pedoman pemilik Honda CB150R

Kenapa sih coolant harus rutin dikuras dan diganti? Sebab utamanya, karena si coolant ini juga punya masa pakai. Ketika usia pakai sudah melebihi ambang maksimal, maka secara fungsi meredam panas mesin juga pasti akan menurun drastis, sehingga dikhawatirkan, mesin kurang terlindungi dan mudah panas/overheat

Continue reading

Motormu terasa rakus bahan bakar? Coba cek salah satu dari daftar berikut

Pagi masbro..

Sepeda motor , dengan segala kelebihannya yaitu lincah dan gesit, kendaraan roda dua ini diklaim lebih hemat bahan bakar, memang masih menjadi alat transportasi yang digemari oleh masyarakat. Jenis kendaraan ini cocok untuk mendukung mobilitas masyarakat yang tinggi. Namun, seiring pemakaian kendaraan tentu mempengaruhi performa dan kinerja mesin berikut segala piranti pendukungnya. Pernah kan, masbro atau mbaksis merasa, motor kesayangan mendadak boros bahan bakar? 

Dwi Suwanto, selaku Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) membeberkan ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan motor konsumen mendadak boros BBM. Dibutuhkan perawatan untuk menjaga performa dari motor kesayangan konsumen. 

Continue reading