Cara mengecek fungsi kipas radiator Honda New CB150R, bisa dilakukan sendiri

Pagi masbro..

Motorsport dengan kompresi tinggi, biasanya memproduksi panas mesin berlebih. Termasuk Honda New CB150R series. Makanya, selain dilengkapi radiator sebagai peredam panas mesin, radiatornya juga masih ditambah dengan extra fan alias kipas tambahan pembuang panas.

Fungsi kipas tambahan pada radiator ini adalah membuang panas radiator secara lebih cepat. Caranya, adalah dengan menghisap panas radiator, dan membuangnya. Makanya, posisi kipas adalah di belakang radiator. Jadi sistem kerjanya adalah menghisap panas dan meniupkan hawa panas tadi ke area belakang.

Si kipas radiator ini, nggak menyala secara terus menerus. Ada pengatur otomatisnya, kapan si dia menyala dan kapan matinya, secara otomatis. Sistemnya adalah memanfaatkan sensor temperatur. Jadi, ketika temperatur mesin yang sudah disetting pabrikan di angka 103°C, si kipas bakal aktif menyala dan akan mati secara otomatis pada temperatur 98°C. Persisnya, ada di artikel yang ini

Putaran kipas radiator ini, terbilang halus dan senyap. Makanya, nyaris nggak terasa dan terdengar kalau kipasnya aktif. lagi menyala. Nah, salah satu akibatnya, kadang nggak paham, itu kipas masih normal, aktif bisa menyala atau nggak. Ada 1 cara mudah nih, cara mengecek kipas radiator Honda New CB150R series masih sehat atau ada kerusakan. Tanpa perlu, nunggu menyala sendiri alias nunggu mesin kepanasan. Masa iya, mau ngetes kipas saja kudu bermacet-macet ria?? 😆

Cukup mudah. Caranya, yaitu mencabut sebuah konektor di belakang blok mesin Honda New CB150R. Konektor ini menyambungkan sensor temperatur suhu mesin ke ECM alias otak motor.

Dengan dilepas, maka dianggap posisi switch adalah close alias terhubung. Makanya, ECM bakal memerintahkan aliran setrum ke kipas. Lakukan saat posisi kontak OFF dulu ya. Setelahnya, lepas konektor tadi dengan cukup ditarik ke belakang, sambil sedikit dicongkel pelan saja. Setelah konektor lepas, bisa deh dijajal. Nyalakan kunci kontak pada posisi ON, dan swiiiing….bila kondisi kipas baik-baik saja, bakal berputar deh itu kipas radiator CB150-mu

Kalau sudah tenang dan pasti, bisa dimatikan lagi deh. Posisikan kontak pada OFF, lalu pasang kembali konektor ke tempatnya hingga klik, terkunci sempurna. Gampang kan??

Last, memastikan perangkat kipas radiator dalam kondisi sehat dan baik-baik saja, juga akan membuat tenang selama perjalanan.

Semoga berguna

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s