Kepingin strobo dan TOA murah? Sekarang saatnya

Pagi masbro..

‘Wabah’ penggunaan lampu strobo, lampu rotator dan kawan-kawannya termasuk sirine TOA dan sebangsanya, memang masih marak. Jadi miris juga nih, kenapa masih ada yang banyak pakai meskipun tahu bahwa itu bukan peruntukkannya??

Nah, pihak kepolisian , lama-lama risih juga rupanya. Berkali-kali dihimbau bahkan juga dilakukan razia serta tindakan tilang, ternyata masih banyak pengguna secara ilegal barang aksesoris tersebut. Nggak hanya sepeda motor, mobil alias R4 pun banyak yang memakai. Entah kegunaannya buat apa, biar terlihat gagah saat minta jalan barangkali? Padahal gampang mah kalau minta jalan, minta aja pengawalan dari kepolisian secara resmi, mungkin yang takut kena macet saat konvoi dan touring. Kepingin jalan-jalan tanpa kena macet plus ‘gagah’ itu mah. Capee deeech.

Continue reading

Advertisements

SIM TNI, ya hanya berlaku saat mengemudikan kendaraan militer

Pagi masbro..

Pagi habis ngantar anak sekolah, seperti biasa, ngobrol dengan beberapa orang tua siswa. Nah, salah satunya, ada pati (perwira tinggi) TNI nih. Kadang-kadang si bapak emang ngantar sendiri anaknya, sesekali aja kalo pas luang. Kalau nggak, ya sopirnya yang antar. Nah, ternyata ngobrol santai nambah wawasan juga. Berawal soal razia polisi di jalan, saia nanya ke bapaknya. Gitu itu, kalau pas bawa mobil sendiri, pernah dihentikan juga kah? Senyum si bapak, ‘Ya iya mas, sebagai warga yang baik, ya kudu sesuai peraturan lah. Kelengkapan saia ada semua kok, SIM STNK” Lalu beliau menunjukkan SIM komplit A & C . Kalau pas bawa mobil dinas militer, aman mas, gak pernah dihentikan.”

Saia balas jawab , “Iya tuh pak, polisi keder duluan kalo nyetop nopol militer”  Hahahaha..nggak gitu sih Continue reading

Video rekaman CCTV, petugas ingatkan pengendara melanggar yang terpantau lewat CCTV

Sore masbro..

Teknologi terus berkembang, dan tujuannya adalah mempermudah dan membuat nyaman. Termasuk juga meningkatkan keselamatan saat berkendara di jalan raya. Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Surabaya telah merilis sistem anyar berbasis teknologi pada CCTV. Sistem ini, membuat lebih ringkas penyampaian tilang (bukti pelanggaran) pada pengguna jalan yang melanggar.

pic : motorrio

pic : motorrio

Pengendara yang terpantau melanggar saat di lampu merah/TL, akan terekam nomor polisi kendaraannya oleh CCTV yang terpasang di area tersebut. Canggih ya, otomatis akan menzoom pada nopol, sehingga akan terbaca oleh sistem. Selanjutnya, surat tilang, akan dikirim langsung pada alamat yang sesuai dengan nopol tersebut.

Sebagai ujicoba, hanya diberikan semacam peringatan sebagai pengganti tilang. Mungkin sambil menunggu kesiapan semau pendukung ujicoba, sehingga pengendara hanya diingatkan. Baru saja saia mendapat kiriman video dari kawan-kawan , tentang rekaman CCTV di daerah Bandung kalau nggak salah. dalam rekaman tersebut, sistem yang serupa di Surabaya, juga diaplikasi. Hanya saja, ada perbedaan. Dalam rekaman ini, petugas yang memantau langsung monitor pada CCTV, langsung menegur pengendara yang melanggar. Simak deh video berikut

Sistemnya, mikrofon pada ruang pengendali, terhubung dengan kamera CCTV berikut speaker di lokasi kejadian. Jadi, petugas bisa berinteraksi langsung dengan pengendara meskipun hanya 1 arah, tidak bisa sebaliknya. Wah, asyik nih…

Sangat bisa jadi, ‘penindakan’ macam ini berpengaruh pada psikologis pengendara. Hayoo, apa nggak malu saat berhenti di traffic light, dari corong pengeras suara , sampeyan dingatkan di hadapan banyak orang? “Hei…pengendara motor matik warna putih, nopol XXXX , memakai helm itu, yang dibonceng gak pake helm!! Diturunkan saja, biar naik angkot” Hehehehehe…Yakin, sumpah, selain kaget, malu dan tengsin lah, diingatkan pake pengeras suara di jalanan. Hihihihih…sumpah, saia sendiri juga sempat ketawa  melihat ekspresi bingung si cewek yang naik skutik dan boncengernya gak pake helm itu.

Semoga saja nih, aplikasi macam ini berkembang dan diterapkan di semua daerah di Indonesia. Bisa menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, sekaligus menekan angka kecelakaan juga. Kalau tahap awal, cukup peringatan saja. Kalau masih bandel, baru deh tilang dikirimkan. Masih bandel juga? Hajar aja deh, hehehehee..

Semoga berguna

Manfaatkan, layanan khusus pembuatan SIM di Satpas Polres Malang

Sore masbro..

Singkat saja. Melalui broadcast kawan-kawan, beredar informasi dari Satuan Penyelenggara Administrasi SIM, yang biasa disingkat Satpas SIM Polres Malang. Bahwasanya, dalam rangka HUT RI ke 72 di bulan Agustus ini, menggelar ‘edisi khusus’ pembuatan SIM. Wah, ada apa ini?

Yups, bekerjasama dengan  salah satu produsen makanan, Satpas SIM Polres Malang menggelar acara khusus pada esok hari, tanggal 16 Agustus 2017. Yaitu, bonus makan dan minum saat mengurus pembuatan SIM baru.

Hanya digelar 1 hari saja, masyarakat yang hendak membuat SIM baru, baik SIM C, SIM A, maupun SIM D dan SIM B berbagai golongan, dapat menikmati hidangan makanan berupa mi instan dan  minuman. Sambil menunggu , asyik kan sambil menikmati makanan gratis, hehehe. Untuk lokasi, langsung saja menuju Satpas SIM di Jl. Panglima Sudirman Singosari – Malang, serta di Satpas 2in1 di Turen, Malang.

Monggo, yang belum punya SIM, area Kabupaten Malang, segera deh berbondong-bondong. Membuat SIM baru, hati tenang kala berkendara. Semoga berguna, dan tetap , berkendara dengan aman dan tertib.

Daftar denda tilang maksimal UU No. 22/2009 untuk biker

Pagi masbro…

Tilang, alias bukti pelanggaran, adalah tindakan yang dikenakan oleh kepolisian kepada pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas. Dasarnya, adalah Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Nah, kali ini, saia berbagi tentang beberapa kisaran denda Continue reading

Nekat parkir di jembatan, ban mobil-mobil ini digembosi

Pagi masbro..

Yang namanya peraturan, dibuat untuk ditaati, bukan untuk dilanggar. Apa faedahnya? Antara lain, ya untuk keselamatan bersama. Contoh, ada rambu dilarang putar balik, bila dilanggar, bisa fatal. Diterjang kendaraan dari arah berlawanan, bubar deh. Termasuk rambu lain seperti dilarang parkir, dilarang berhenti dan lainnya.

Nah, kemarin saat saia lewat Jembatan Celaket, selatan RSU dr Saiful Anwar Malang, terlihat pemandangan rada unik. 2 unit mobil yang parkir di atas jembatan, kondisi bannya dalam keadaan kempes. Nggak hanya 1, tapi 2 sekaligus, di sisi kanan mobil.

Wah, masak kempes Continue reading

Wow…biaya STNK, TNKB, BPKB dan SIM naik masbro

Pagi masbro…

Dapat informasi dari akun Instagram Kepolisian Resor Malang, bahwa, akan adanya perubahan biaya (baca:kenaikan)  pembuatan/perpanjangan STNK,  SIM, BPKB serta TNKB alias plat nomor. Waduh???

stnk-dan-simYa, melalui akun resminya Satuan Lalulintas Polres Malang, diberitahukan kepada masyarakat, bahwa ada kenaikan biaya administrasi PNBP pada proses pengurusan STNK, TNKB dan BPKB. Dan ternyata, tidak hanya itu. Untuk PNBP pada pembuatan maupun perpanjangan SIM juga ada kenaikan, meskipun tidak semua golongan. Sebentar masbro, mungkin ada yang bingung, apaan sih PNBP itu? Continue reading

Seputar plat nomor polisi/nopol

Pagi masbro…

Yang ringan-ringan saza. Kali ini, saia mau berbagi hasil jepretan sendiri, mohon maaf kalo banyak yang gagal fokus, maklum, belum punya kamera yang bagus, masih mengandalkan kamera snsv keluaran lawas :mrgreen: Kali ini, seputar plat nomor di motor.

nopolplatKejadian yang serupa, mungkin banyak ditemui kala kita riding, inipun sebagian saia temukan pas Continue reading

Hangat, wacana pelarangan siswa bermotor ke sekolah

Beberapa waktu lalu, digelar diskusi terbuka, di kota Malang. Topiknya, masih seputar lalu lintas dan keselamatan di jalan raya. Diskusi ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah, perwakilan paguyuban orang tua murid, MKKS Kota Malang, serta dari pihak Kepolisian, dalam hal ini Polres Malang Kota yang menghadirkan Kasatlantas AKP David Prasojo.

no-parking1Diskusi ini, bertajuk ide ” No Parking for Student”  membahas tentang fenomena pelajar, Continue reading

Info penutupan ruas jalan Kota Malang Sabtu 3 September 2016

Sekilas info saja masbro dan mbaksis,

Sabtu besok, 3 September 2016, akan digelar pentahbisan Uskup Dioses Malang , bertempat di Stadion Gajayana, Malang. Acara besar ini, merupakan salah satu dari 4 urutan acara pergantian Uskup Malang.

Untuk agenda acaranya sendiri, sudah dimulai sejak Jumat hari ini, 2 September 2016. Lebih lengkap berikut saia lampirkan rincian kegiatannya :

 

  • Jumat, 2 September 2016, pukul 16.30 WIB: Ibadat Salve di Gereja St. Maria dari Gunung Karmel, Katedral Malang, Jawa Timur.
  • Sabtu, 3 September 2016, pukul 08.00 WIB: Perayaan ekaristi tahbisan episkopal untuk Mgr. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm di Stadion Gajayana, Jl. Tangkuban Perahu, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jatim.
  • Sabtu, 3 September 2016, pukul 18.00 WIB: Resepsi mensyukuri tahbisan episkopal Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm sebagai Uskup baru untuk Keuskupan Malang di Hotel Savana & Convention, Jl. Letjen Sutoyo 30-34, Kota Malang.
  • Minggu, 4 September 2016, pukul 00 WIB: Misa Pontifikal Uskup Dioses Malang di Gereja Katedral Malang.

Berkaitan dengan hal tersebut, akan ada penutupan beberapa ruas jalan di seputar Stadion Gajayana hari Sabtu 3 September 2016. Jalan yang rencananya akan ditutup antara lain :

  • Jalan Semeru, mulai perempatan Pizza HUT ke arah barat sampai Perpustakaan Umum Jalan Ijen
  • Jalan Tangkubanperahu, mulai pertigaan Jalan Kawi hingga pertigaan Jalan Semeru/Stadion Gajayana
  • Jalan Tenes, mulai pertigaan Jalan Kawi/Toko Dioma hingga ke Jalan Semeru

misaMohon, bila masbro mempunyai agenda melewati jalan-jalan tersebut, agar mencari jalan alternatif lain, bila tidak ingin terjebak kemacetan. Demikian sekilas info, semoga bermanfaat