Polisi tidur, ini aturan baku dan resminya

Pagi masbro..

Sudah pada ngeh kan, yang namanya ‘polisi tidur’ ? Itu lho, perangkat berbentuk gundukan, yang berfungsi untuk  mengingatkan pengendara jalan agar tidak terlalu cepat mengendarai kendaraannya. Kalau bahasa asingnya speedbump. Menurut standart internasional, ada 3 macam poldur. Yaitu speedbump, speedhump, dan speedtable.

Kalau di negeri kita sih, yang umum ya hanya 1 macam saja, speedbump.  Secara fungsi sih, sebenarnya sama, yaitu Continue reading

Advertisements

Sebagian motor dinas kepolisian tanah air

Pagi masbro

Sepeda motor, memang punya beberapa kelebihan dalam penggunaan, sehingga dalam beberapa penggunaan malah lebih efektif ketimbang mobil. Termasuk dalam menjalankan tugas kepolisian. Satuan Lalu Lintas Polri, juga mengandalkan sepeda motor, sebagai salah satu armadanya untuk mendampingi mobil operasional se[erti mobil patwal salah satunya.

gambar : 2lcar.com

gambar : 2lcar.com

Nah, motor apa saja nih yang diandalkan Polri, khususnya Lalu Lintas untuk operasional mereka? Ini beberapa diantaranya.

  • Harley Davidson Electra Glide 1.690cc

Motor 2 Continue reading

Mengenal rambu secara mudah, salah satu cara #cari_aman di jalan

Pagi masbro..

Rambu-rambu yang sering kita temui di jalan, dibuat dan dipasang oleh instansi terkait, adalah sebagai petunju, peringatan serta larangan tertentu bagi semua pengguna jalan, sesuai keadaan di lokasi. Yang jelas, ya sesuai dengan gambar, tulisan atau keterangan yang tertera pada rambu tersebut

Kadang, saat kita riding ke tempat lain, entah beda provinsi atau beda daerah, kadang nggak paham dengan rambu yang terpasang di daerah tujuan. Padahal, sebenarnya, selama masih di negeri tercinta ini, semua rambu sama pada dasarnya. Alhasil, terjadi deh pelanggaran lalu lintas yang akibatnya macam-macam. Mulai kena tilang kepolisian hingga yang fatal, terjadinya kecelakaan. Nah, biar gampang, ada triknya nih mengenal rambu. Yukk..

Paling Continue reading

Belajar mengendarai sepeda motor, enaknya pakai model apa? Skutik, bebek atau malah sport?

Pagi masbro..

Sepeda motor jaman sekarang, kalau secara sederhana, dibedakan jadi 2 golongan besar. yaitu sepeda motor matik dan manual. Lha manual sendiri, juga ada 2 jenis, yaitu manual  non kopling dan manual dengan kopling. Jadi, secara mudahnya ada 3 jenis nih. Skuter matik, bebek dan motor sport/motor laki. Nggak bicara merk lho ya…

Nah, buat pemula, atau yang masih mau belajar naik motor, paling bagus, kalau menurut masbro dan mbaksis, pakai motor apa ya? Apakah sepeda motor matik/skutik? Sepeda motor bebek/manual? Atau malah model sport/manual kopling?

Continue reading

Ini nih, tips cepat proses pajak 5 tahunan motor berikut prosesnya di Samsat Malang Utara

Pagi masbro..

Tak terasa, si merah, Honda Vario 110FI yang jadi kendaraan dinas nyonya sudah menginjak umur ke 5 tahun. Lansiran tahun 2014, skutik 110cc Honda yang masih ‘dilengkapi’ alarm starter ini, habis masa berlaku STNK-nya pada bulan Mei 2019 lalu

Proses perpanjangan 5 tahunan, biasanya lebih ribet, lebih lama dan lebih mahal biayanya. Kok bisa? Ya iya, karena ada cek fisik si motor, dokumen yang dilampirkan lebih banyak, pengecekan BPKB, serta pencetakan STNK dan nomor polisi yang baru. Makanya, durasi waktu serta biaya juga membengkak.

Ada tips dan trik nih, yang sukses saia lakukan saat perpanjang 5 tahunan ini. Pengalaman rutin mengurus hal yang sama beberapa kali, termasuk kendaraan operasional di tempat kerja. Caranya adalah, Continue reading

Breaking News, kecelakaan (lagi) di jalan tol Malang – Pandaan

Siang masbro..

Jalan tol, alias jalan bebas hambatan, merupakan pilihan yang bagai buah simalakama. Kenapa? Memang, bisa mempersingkat waktu tempuh, karena nyaris nggak bakal ketemu yang namanya kemacetan.

Namun, di sisi lain, bahaya justru mengintai. Terlena oleh jalan yang lengang, mulus, apalagi dibumbui dengan pemandangan nan indah, bisa membuat pengendara lupa diri. Di artikel lain , pernah saia tulis tentang kejadian kecelakaan di jalan tol, yang masih berusia belum 1 bulan ini, tol Malang – Pandaan.

Diresmikan presiden Joko Widodo pada 12 Mei 2019, terhitung sudah beberapa kali kecelakaan terjadi di jalur tol ini. Terbaru, pada hari ini, 12 Juni 2019, terjadi (lagi) kecelakaan. Sebuah Continue reading

Terlena Tol Malang – Pandaan, Subaru kehilangan kontrol. Kecelakaan pertama Tol Mapan

Pagi masbro..

Jalan Tol Malang – Pandaan, memang sudah rampung sebagian. Yaitu seksi 1-3, yang membentang mulai Pandaan hingga Karanglo – Singosari. Tol baru ini, bahkan sudah diresmikan presiden pada Senin 13/5/2019. Meski sudah dibuka untuk lalu lintas arah Malang – Pandaan dan sebaliknya, jalur menuju Pakis dan kota Malang yang merupakan seksi 4 dan 5 belum rampung, dan rencananya bakal berfungsi penuh pada akhir tahun 2019 ini

Usai diresmikan, per Selasa 14/5/2019, tol Mapan, demikian biasa disingkat, bisa dilalui pengguna jalan, yaitu kendaraan roda 4 atau lebih secara gratis. Wakk? Gratis? Ho-oh, gratis nih selama masa ujicoba dan arus mudik Lebaran 2019. Makanya, antusias warga yang ingin menjajal tol baru ini memang warbiyazah. Jalan tol baru, mulus, dan disuguhkan pemandangan indah pula. Kayaknya, jadi salah satu jalan tol dengan view terindah di Jawa deh

Namun, dibalik semua yang disuguhkan, jangan sampai terlena. Nyaman, kadang membuat orang tak sadar. Demikian pula dengan Mr X, pengendara Subaru Continue reading

Sejarah hadirnya lampu lalu lintas alias traffic light

Pagi masbro..

Lampu lalu lintas, atau traffic light memang sangat penting keberadaan  dan fungsinya bagi semua pengguna jalan. Nggak hanya pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor, tapi juga pejalan kaki.

Meski sering disepelekan dan bahkan sering diabaikan (padahal akibatnya fatal), nggak dipungkiri, 1 set lampu yang punya warna merah-kuning-hijau ini adalah penentu kelancaran lalu lintas. Btw, tahu nggak, mulai kapan sih ada yang namanya lampu lalu lintas alias TL?

Ternyata, masalah lalu lintas, sudah ada di jalanan sejak jaman belum ditemukannya kendaraan bermotor. Weleh, lama banget ya ternyata?? Yups, Continue reading

Akhirnya selesai juga perpanjangan SIM di Satpas SIM Polres Malang

Pagi masbro..

Langsung saja deh, melanjutkan cerita kemarin, melakukan proses perpanjangan SIM di Satpas SIM Polres Malang. Setelah berkas masuk dan menunggu yang membosankan, dipanggil deh, sekaligus 10 orang untuk menyelesaikan proses pembayaran SIM. Biaya perpanjangan SIM A yang saia lakukan, adalah IDR 80.000. Mohon sediakan uang pas ya, kalau nggak bakal lama nunggu kembalian. Sudah terpampang pengumuman tentang uang pas ini di loket. Sekilas remeh ya, tapi, memang potensi menambah panjang antrian. Ya karena petugas kudu menghitung dan memberikan kembalian segala, sementara pemohon berjubel.

Setelah itu, diminta ke ruangan pemberkasan. Di ruangan ini, siapkan e-KTP ya. Ada 3 meja lengkap berikut peralatan canggih untuk membaca data pada KTP elektronik. Letakkan KTP pada semacam mesin pembaca / reader,  dan bakal muncul data masbro serta mbaksis. Mulai nama, tempat tanggal lahir, dan alamat. Petugas lalu akan mencocokkan data pada SIM lama dengan data ini. Pemohon, diminta meneliti ulang data yang muncul di monitor, apakah sudah sesuai atau ada yang berubah. Misal ejaan nama, kekurangan huruf atau mungkin berubah tinggi badan 😆 Harap teliti, karena bila data sudah tersimpan dan tercetak pada SIM nantinya, lalu ada ketidakcocokan, ya harus buat ulang SIM. Proses mulai awal dan yang jelas, bayar lagi senilai perpanjangan, hehehehehe

Beres proses disini, tinggal nunggu giliran pengambilan gambar, alias difoto. Ada 2 meja, berikut 2 kamera DSLR terpasang pada tripod. Disini, ternyata nggak hanya jepret, ambil foto saja. Tapi juga pengambilan sidik jari dari pemohon. Nggak hanya jempol saja, tapi komplit, 10 jari tangan , semua diambil sidik jarinya.

Karena tinggi badan saia rada diatas rata-rata, petugasnya terpaksa menyesuaikan tinggi kamera, hehehehe. Mungkin setting sebelumnya untuk pemohon dengan tinggi skeitar 160 – 170cm. Gak perlu waktu lama, beres jepret, akan disuruh menunggu selesainya SIM dicetak. Karena pakai printer khusus ID Card yang terhubung dengan peralatan di pengambilan foto tadi. SIM yang sudah selesai dicetak, dioper ke ruangan pengambilan yang bersebelahan.

Hitungan  menit, sudah dipanggil deh, langsung 5 orang pertama termasuk saia. Jadi deh SIM baru, eh, perpanjangan. Dan asyiknya, nggak ada biaya lagi tetek bengek. Total jenderal, untuk biaya perpanjangan SIM A di Satpas SIM Polres Malang ini, saia keluar duit IDR 109.000 . Rinciannya, IDR 20.000 untuk surat keterangan sehat dan IDR 2.000 untuk parkir disitu. Lalu, beli map IDR 5.000 , biaya perpanjangan SIM A sebesar IDR 80.000 dan parkir di Satpas IDR 2.000.

Sementara, waktu yang diperlukan, bila kondisi lancar dan pemohon standart saja jumlahnya, nggak berjubel, adalah kisaran 1 jam saja. Itu diluar antri pengurusan surat keterangan sehat lho.

Oh iya, ada juga bonus disini. Yaitu, melihat proses ujian atau tes praktek para pemohon SIM baru. Baik untuk SIM C maupun SIM A. Nanti deh, saia buatkan artikel lain tentang ujian praktek SIM di Satpas SIM Polres Malang ini.

Semoga berguna

Proses perpanjangan SIM di Satpas Polres Malang

Pagi masbro..

Tak terasa, 5 tahun hampir lewat. SIM kepunyaan saia, A, hampir habis masa berlakunya. Sebagaimana temannya, beragam tipe klasifikasi SIM, masa berlakunya sama, yaitu 5 tahun. SIM A, C, D, B1, Umum dsb…sama semua

Untuk kesekian kalinya, sambang deh ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Malang. Untuk wilayah Kabupaten Malang, sebagaimana tempat domisili saia, memang menginduk alias jadi satu di tempat ini. Satpas SIM Polres Malang, menempati lokasi eks Polwil Malang, di Singosari – Malang. Persis di tepi jalan raya yang langganan kena macet 😆

Karena jadi tujuan banyak Continue reading