Ini nih, tips cepat proses pajak 5 tahunan motor berikut prosesnya di Samsat Malang Utara

Pagi masbro..

Tak terasa, si merah, Honda Vario 110FI yang jadi kendaraan dinas nyonya sudah menginjak umur ke 5 tahun. Lansiran tahun 2014, skutik 110cc Honda yang masih ‘dilengkapi’ alarm starter ini, habis masa berlaku STNK-nya pada bulan Mei 2019 lalu

Proses perpanjangan 5 tahunan, biasanya lebih ribet, lebih lama dan lebih mahal biayanya. Kok bisa? Ya iya, karena ada cek fisik si motor, dokumen yang dilampirkan lebih banyak, pengecekan BPKB, serta pencetakan STNK dan nomor polisi yang baru. Makanya, durasi waktu serta biaya juga membengkak.

Ada tips dan trik nih, yang sukses saia lakukan saat perpanjang 5 tahunan ini. Pengalaman rutin mengurus hal yang sama beberapa kali, termasuk kendaraan operasional di tempat kerja. Caranya adalah, Continue reading

Advertisements

Breaking News, kecelakaan (lagi) di jalan tol Malang – Pandaan

Siang masbro..

Jalan tol, alias jalan bebas hambatan, merupakan pilihan yang bagai buah simalakama. Kenapa? Memang, bisa mempersingkat waktu tempuh, karena nyaris nggak bakal ketemu yang namanya kemacetan.

Namun, di sisi lain, bahaya justru mengintai. Terlena oleh jalan yang lengang, mulus, apalagi dibumbui dengan pemandangan nan indah, bisa membuat pengendara lupa diri. Di artikel lain , pernah saia tulis tentang kejadian kecelakaan di jalan tol, yang masih berusia belum 1 bulan ini, tol Malang – Pandaan.

Diresmikan presiden Joko Widodo pada 12 Mei 2019, terhitung sudah beberapa kali kecelakaan terjadi di jalur tol ini. Terbaru, pada hari ini, 12 Juni 2019, terjadi (lagi) kecelakaan. Sebuah Continue reading

Terlena Tol Malang – Pandaan, Subaru kehilangan kontrol. Kecelakaan pertama Tol Mapan

Pagi masbro..

Jalan Tol Malang – Pandaan, memang sudah rampung sebagian. Yaitu seksi 1-3, yang membentang mulai Pandaan hingga Karanglo – Singosari. Tol baru ini, bahkan sudah diresmikan presiden pada Senin 13/5/2019. Meski sudah dibuka untuk lalu lintas arah Malang – Pandaan dan sebaliknya, jalur menuju Pakis dan kota Malang yang merupakan seksi 4 dan 5 belum rampung, dan rencananya bakal berfungsi penuh pada akhir tahun 2019 ini

Usai diresmikan, per Selasa 14/5/2019, tol Mapan, demikian biasa disingkat, bisa dilalui pengguna jalan, yaitu kendaraan roda 4 atau lebih secara gratis. Wakk? Gratis? Ho-oh, gratis nih selama masa ujicoba dan arus mudik Lebaran 2019. Makanya, antusias warga yang ingin menjajal tol baru ini memang warbiyazah. Jalan tol baru, mulus, dan disuguhkan pemandangan indah pula. Kayaknya, jadi salah satu jalan tol dengan view terindah di Jawa deh

Namun, dibalik semua yang disuguhkan, jangan sampai terlena. Nyaman, kadang membuat orang tak sadar. Demikian pula dengan Mr X, pengendara Subaru Continue reading

Sejarah hadirnya lampu lalu lintas alias traffic light

Pagi masbro..

Lampu lalu lintas, atau traffic light memang sangat penting keberadaan  dan fungsinya bagi semua pengguna jalan. Nggak hanya pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor, tapi juga pejalan kaki.

Meski sering disepelekan dan bahkan sering diabaikan (padahal akibatnya fatal), nggak dipungkiri, 1 set lampu yang punya warna merah-kuning-hijau ini adalah penentu kelancaran lalu lintas. Btw, tahu nggak, mulai kapan sih ada yang namanya lampu lalu lintas alias TL?

Ternyata, masalah lalu lintas, sudah ada di jalanan sejak jaman belum ditemukannya kendaraan bermotor. Weleh, lama banget ya ternyata?? Yups, Continue reading

Akhirnya selesai juga perpanjangan SIM di Satpas SIM Polres Malang

Pagi masbro..

Langsung saja deh, melanjutkan cerita kemarin, melakukan proses perpanjangan SIM di Satpas SIM Polres Malang. Setelah berkas masuk dan menunggu yang membosankan, dipanggil deh, sekaligus 10 orang untuk menyelesaikan proses pembayaran SIM. Biaya perpanjangan SIM A yang saia lakukan, adalah IDR 80.000. Mohon sediakan uang pas ya, kalau nggak bakal lama nunggu kembalian. Sudah terpampang pengumuman tentang uang pas ini di loket. Sekilas remeh ya, tapi, memang potensi menambah panjang antrian. Ya karena petugas kudu menghitung dan memberikan kembalian segala, sementara pemohon berjubel.

Setelah itu, diminta ke ruangan pemberkasan. Di ruangan ini, siapkan e-KTP ya. Ada 3 meja lengkap berikut peralatan canggih untuk membaca data pada KTP elektronik. Letakkan KTP pada semacam mesin pembaca / reader,  dan bakal muncul data masbro serta mbaksis. Mulai nama, tempat tanggal lahir, dan alamat. Petugas lalu akan mencocokkan data pada SIM lama dengan data ini. Pemohon, diminta meneliti ulang data yang muncul di monitor, apakah sudah sesuai atau ada yang berubah. Misal ejaan nama, kekurangan huruf atau mungkin berubah tinggi badan 😆 Harap teliti, karena bila data sudah tersimpan dan tercetak pada SIM nantinya, lalu ada ketidakcocokan, ya harus buat ulang SIM. Proses mulai awal dan yang jelas, bayar lagi senilai perpanjangan, hehehehehe

Beres proses disini, tinggal nunggu giliran pengambilan gambar, alias difoto. Ada 2 meja, berikut 2 kamera DSLR terpasang pada tripod. Disini, ternyata nggak hanya jepret, ambil foto saja. Tapi juga pengambilan sidik jari dari pemohon. Nggak hanya jempol saja, tapi komplit, 10 jari tangan , semua diambil sidik jarinya.

Karena tinggi badan saia rada diatas rata-rata, petugasnya terpaksa menyesuaikan tinggi kamera, hehehehe. Mungkin setting sebelumnya untuk pemohon dengan tinggi skeitar 160 – 170cm. Gak perlu waktu lama, beres jepret, akan disuruh menunggu selesainya SIM dicetak. Karena pakai printer khusus ID Card yang terhubung dengan peralatan di pengambilan foto tadi. SIM yang sudah selesai dicetak, dioper ke ruangan pengambilan yang bersebelahan.

Hitungan  menit, sudah dipanggil deh, langsung 5 orang pertama termasuk saia. Jadi deh SIM baru, eh, perpanjangan. Dan asyiknya, nggak ada biaya lagi tetek bengek. Total jenderal, untuk biaya perpanjangan SIM A di Satpas SIM Polres Malang ini, saia keluar duit IDR 109.000 . Rinciannya, IDR 20.000 untuk surat keterangan sehat dan IDR 2.000 untuk parkir disitu. Lalu, beli map IDR 5.000 , biaya perpanjangan SIM A sebesar IDR 80.000 dan parkir di Satpas IDR 2.000.

Sementara, waktu yang diperlukan, bila kondisi lancar dan pemohon standart saja jumlahnya, nggak berjubel, adalah kisaran 1 jam saja. Itu diluar antri pengurusan surat keterangan sehat lho.

Oh iya, ada juga bonus disini. Yaitu, melihat proses ujian atau tes praktek para pemohon SIM baru. Baik untuk SIM C maupun SIM A. Nanti deh, saia buatkan artikel lain tentang ujian praktek SIM di Satpas SIM Polres Malang ini.

Semoga berguna

Proses perpanjangan SIM di Satpas Polres Malang

Pagi masbro..

Tak terasa, 5 tahun hampir lewat. SIM kepunyaan saia, A, hampir habis masa berlakunya. Sebagaimana temannya, beragam tipe klasifikasi SIM, masa berlakunya sama, yaitu 5 tahun. SIM A, C, D, B1, Umum dsb…sama semua

Untuk kesekian kalinya, sambang deh ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Malang. Untuk wilayah Kabupaten Malang, sebagaimana tempat domisili saia, memang menginduk alias jadi satu di tempat ini. Satpas SIM Polres Malang, menempati lokasi eks Polwil Malang, di Singosari – Malang. Persis di tepi jalan raya yang langganan kena macet 😆

Karena jadi tujuan banyak Continue reading

Macam-macam bunyi sirine, perlu tahu nih

Hai masbro sekalian…
Kali ini, saia mau membahas tentang bunyi-bunyian yang pasti kita kenal, karena sering banget ditemui di jalan. Ya, bunyi sirine. Saia, jujur, tahunya bunyi sirine ya “nguing–nguing” gitu, sama “toot–toot” , yang biasanya dipake polisi patroli pengawal (patwal), kendaraan PMK, militer dan ambulans. Maaf, kalo ada yang gak kesebut, dan emang sengaja… :mikir:


Pas lagi browsing, nemu beberapa artikel soal ambulans. Ternyata nih, ada beberapa macam bunyi sirine yang dipakai di ambulans, gak cuma sekedar nguing–nguing. Yaitu ada Continue reading

Siapkan E-TLE, Polres Malang Kota bakal uji coba di 2 lokasi

Pagi masbro..

Kota Malang, rupanya nggak mau ketinggalan dengan kota lain yang sudah mengadopsi Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau sistem tilang elektronik. Sistem elektronik yang sepertinya bakal mengurangi tilang di jalan secara langsung.

Satlantas Polres Malang Kota, rencananya akan mengujicoba sistem E-TLE ini di beberapa jalan protokol kota Malang. Dengan memanfaatkan sistem perekaman kamera CCTV , akan dipantau pelanggar di jalan. Nantinya, kamera CCTV akan secara otomatis memperbesar/zoom pada plat nomor polisi si kendaraan pelangggar. Demikian informasi dari Kasatlantas  Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro pada 14/11/2018

Data Continue reading

Urus SIM, Surat Keterangan Sehat Mutlak Diperlukan

Pagi masbro..

SIM, Surat Ijin Mengemudi, adalah selembar kartu (bukan surat) yang dikeluarkan oleh kepolisian daerah setempat, merupakan lisensi alias keterangan, bahwa pemilik yang nama dan identitasnya tercantum di situ, berhak mengemudikan kendaraan sesuai golongan SIM-nya di jalan raya.

Dalam proses mendapatkan SIM, ada beberapa tahapan prosedur yang mesti dilalui. Selain harus ANTRI :mrgreen: , lulus ujian teori dan ujian praktek adalah hal yang wajib dan mutlak. Kedua jeni ujian ini bakal dilakoni pemohon SIM di kepolisian daerah masing-masing, kebetulan kalau di Malang, namanya Satpas SIM.

Materi ujian, Continue reading

Parkir liar, belasan motor pelajar hangus terbakar

Pagi masbro..

Berita miris dari kota Surabaya nih. Belasan motor milik pelajar salah satu SMK Negeri di Surabaya, hangus terbakar. Walhasil, meski sempat dipadamkan PMK, sekitar 34 unit sepeda motor berbagai merk dan tipe, nggak bisa diselamatkan. Menyisakan kerangka dan besi-besi saja, hangus dilahap si jago merah

Menurut informasi awal, sepeda motor yang totalnya mencapai angka ratusan ini memang diparkir di luar area sekolah. Pihak sekolah, yaitu SMKN 6 Margorejo, sesuai instruksi dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya, memang melarang siswa yang tidak mempunyai SIM, untuk parkir di area sekolah. Kebijakan ini antara lain untuk membatasi sekaligus supaya siswa tertib, punya SIM untuk bisa mengendarai dan membawa sepeda motor ke sekolah. Akhirnya, sebagian besar siswa, yang memang membawa sepeda motor namun belum punya SIM dan tidak bisa parkir di sekolah, memarkir motornya secara liar. Ada yang di rumah penduduk, tepi jalan hingga yang mepet dengan pagar sekolah.

Ada salah satu motor, yang menurut saksi warga, bermasalah dengan sistem kelistrikan. Terjadi konsleting alias hubung singkat, dan membakar area tengah motor. Karena dekat dengan tangki bahan bakar, api makin cepat berkobar dan merembet ke motor lain yang secara posisi parkirnya berdempetan. Warga yang tahu, segera menghubungi PMK dan beberapa saat kemudian, meluncur 4 armada yang melakukan pemadaman.  Meski begitu, mampu terselamatkan sebagian besar motor yang parkir.

Kapolsek Wonocolo Kompol Budi Nur Cahyo memastikan semua sepeda motor yang terbakar di Margorejo Indah adalah milik siswa siswi SMKN 6 Margorejo Indah Surabaya. Angka total ada 17 buah sepeda motor terbakar habis dan 17 lainnya hangus sebagian.  Miris ya…

Kini, para juru parkir liar, sudah diamankan berikut saksi di kepolisian setempat. Tidak menutup kemungkinan, bisa berkembang menjadi tersangka karena kelalaian yang menyebabkan yang membahayakan keamanan umum. 

Semoga berguna