Nyobain produk unik, pelumas rantai anti muncrat

Pagi masbro..

Menggunakan motor, pasti wajib dirawat. Kalau nggak, sudah motor buluk-kumal-dekil, pasti juga nggak nyaman dipakai, dan resiko bermasalah di jalan

Apalagi buat yang masih keukeuh pake motor penggerak rantai, kayak si bleki NCB tunggangan saia sehari-hari, pasti sudah jamak direpotin sama rantainya. Wajib, namanya melumasi rantai, supaya pergerakan lancar, rantai dan gir terlumasi merata, minim gesekan dan suara serta memperpanjang usia pakai girset

Alhasil, namanya belepotan pelumas rantai, sudah bukan lagi rahasia, sudah biasa, hehehehe. Belepotan di velg, roda hingga sepatbor dan penutup rantai gara-gara pelumas rantai yang muncrat kemana-mana saat kendaraan bergerak

Nah, beberapa waktu lalu, saia sempat nyoba nih, sebuah produk unik dari mas Ari Suta, punggawa ACB-BDO, yang spesialis perawatan kendaraan dan restorasi. Nih gerai juga yang pernah rilis sampo mesin di artikel lalu

Continue reading

Dalih ikut kurangi subsidi negara, bikers ini malah hemat BBM

Pagi masbro..

Masih seputar bahan bakar nih. Meski sudah sempat turun, harga BBM plat merah alias Pertamina, tetap saja, saia pribadi masih merasakan kalau semakin kesini rada boros nih penggunaan Pertamax. Sila simak artikel lalu disini

Nah, dengan dalih pribadi ikut membantu pemerintah mengurangi subsidi BBM, saia coba (lagi) beralih ke BBM swasta. Dan pilihannya adalah Shell, yang mana nih merk tersedia di Malang Raya. Nggak sombong, ada 2 SPBU Shell. Kota Malang ada 1, dan kabupaten Malang ada 1. Sebelumnya, nggak ada titipan iklan dari merk kerang ini, apalagi endorse :mrgreen:

Continue reading

Sampo mesin, cairan ajaib perontok kerak oli tanpa perlu bensin

Pagi masbro..

Rantai berikut gir pada sepeda motor tipe bebek dan sport, merupakan piranti vital karena berfungsi sebagai penggerak. Yaitu menyalurkan tenaga alias putaran mesin ke roda. Dengan fungsinya ini, memang wajib dilumasi secara rutin

Jamak bila pada motor, ada kerak sisa pelumas rantai yang menempel pada rantai, gir serta bagian lain seperti cover gir depan. Biasanya sih, yang umum digunakan untuk membersihkan, termasuk saia, adalah bensin. Cukup semprot atau kuaskan bensin beberapa kali, bakal meluruhkan kerak oli, pelumas dan kotoran. Namun, repotnya, masih perlu dibilas lagi dengan sabun. Selain menghilangkan sisa bensin juga baunya. Dobel kerja, wehehehehehe, kepingin rasanya ada yang praktis dan sekali pakai tanpa resiko merusak kondisi si logam kotor

Continue reading

Cek bagian ini bila terasa rem cakram kurang pakem

Pagi masbro..

Piranti rem cakram memang sudah menajdi standar pengereman motor mas kini. Nyaris nggak ada nih motor yang pake rem tromol, khususnya di bagian depan. Nah, memang secara fungsi rem cakram lebih pakem dan kuat ketimbang rem teromol, juga perawatan lebih mudah karena terbuka. Namun, bila nggak dirawat, ya bakal menurun fungsinya, alias nggak pakem.

Cara mengecek ketika rem cakram nggak lagi sepakem biasanya, kira-kira seperti apa? Apa saja dan apakah bisa dilakukan sendiri? Simak beberapa item pengecekan berikut ini :

Continue reading

Kasak-kusuk seputar BBM masa kini yang (cepat) habis, ini hasil tes pribadi Pertamax di New CB150R

Pagi masbro..

Karena nyaris tak pernah mengisi jenis Pertalite, jadi ya saia rada kesulitan saat ngobrol bareng rekan-rekan kerja yang saling cerita soal Pertalite akhir-akhir ini jadi boros penggunaannya

Kalau Pertamax? yuk, kita jajal saja, kebetulan tempo hari pas ada rejeki, saia isi sampe penuh meski sebenarnya cukup bikin tepok jidat karena capai ratusan ribu (175 ribu) 😆

Continue reading

Bayar pajak 5 tahunan si bleki, telat gegara lupa

Pagi masbro..

Teledor, pagi itu saia baru ngeh kalau si bleki, Honda New CB150R saia ternyata sudah waktunya cetak 5 tahunan, alias ganti STNK alias ganti plat. Memang, sebelumnya hafal sih, kalau bulan 9 alias September 2022 ini bakalan sambangi Samsat Kantor Bersama Karangploso, dimana masuk bagian Kabupaten Malang Utara untuk pengurusan dokumen kendaraan. Ingat saia, sekitar tanggal 18 September, dan ternyata, setelah cek STNK berikut notice pajak, bukan tanggal 18 tetapi tanggal 13. Modyarrr

Lalai dan teledor sih, apalagi cetakan alias print di notice pajak rada kabur, beda antara 3 dan 8 mirip-mirip. Apa memang minus mata saia nambah?? :mrgreen:

Untunglah, rada tenang ketika ingat masih ada periode penghapusan denda/sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor hingga 30 September 2022. Khusus area Jawa Timur lho. Makanya, bergegas ijin ke tempat kerja buat urus pajak si hitam ini

Continue reading

Rantai aus, simak cirinya sebelum merana di jalan

Rantai berikut sproket atau gir depan belakang merupakan alat penggerak utama di sepeda motor. Rangkaian ketiga benda ini, menyalurkan tenaga dan putaran mesin ke roda, sehingga motor bisa bergerak maju.

Seiring pemakaian, komponen penggerak di sepeda motor bebek dan sport ini, pasti akan aus dan menurun kinerjanya. Semakin menurun kemampuan dan kinerja, juga berbanding lurus dengan kekuatan si suku cadang ini. Ujungnya, bisa berakibat fatal seperti rantai lepas dari gir atau malah bisa juga rantai putus. Berabe kan kalo pas di jalan, tiba-tiba rantai putus? Iya kalau pacaran putus, bisa balik dan disambung lagi :mrgreen:

Read more: Rantai aus, simak cirinya sebelum merana di jalan Continue reading

Pasang lampu tambahan LED 3 lensa di Jeng Silvy

Pagi masbro..

Toyota Kijang Kapsul, seri LGX memang sudah dilengkapi dengan lampu tambahan. Yaitu lampu kabut alias foglamp pada bumper depan. Termasuk jeng Silvy, Tokidi LGX lansiran 2001 gerobak keluarga saia

Foglamp bawaan, entah kenapa, memang nggak begitu terang dan fokus. Padahal, refelktor serta casing berikut bohlam, masih bawaan asli, oririnal. Meski statusnya memang hanya lampu tambahan, namun kalau kurang optimal, nggak sreg juga yee khann. Kepingin jajal oprek pasang projie alias projector LED, hwaduuu…masih ngerii harganya. Maklum, kantong cekak :mrgreen: Alhasil, solusi kilat adalah pasang lampu tambahan. Dan pilihan jatuh kepada

Continue reading

Ganti sendiri kabel spidometer Honda Vario 110 FI

Pagi masbro..

Honda Vario 110 FI kendaraan dinas nyonya, emmang sudah cukup berumur. Lansiran 2014, yaitu generasi perdana Vario 110 FI yang lampu depannya LED. Dengan pemakaian normal dan jarak tempuh rendah, yakni armada antar jemput anak sekolah, masih wajar kalau odometer masih di angka 20 ribuan kilometer.

Beberapa waktu lalu disambati, kok spidometernya nggak jalan ya? Saia cek dan emang bener, gak jalan. Asumsi langsung menuju kabel spidometer, yang mana memang masih analog, pake kabel ke poros roda depan. Sangat wajar menurut saia, dengan usia 8 tahun lebih, kalau aus

Continue reading

Mudah perbaiki sendiri switch power window macet, Rexco 18 contact cleaner

Pagi masbro..

Punya kendaraan mobil yang berumur, memang banyak suka dukanya. Maklum, dengan usia pakai cukup lama, pasti ada saja onderdil yang entah aus, rusak atau sekedar kotor. Salah satunya, tombol power window alias tombol penaik-turun kaca jendela pada Kijang Kapsul lansiran 2001

Beberapa waktu lalu, tombol power window untuk jendela sisi depan kiri dan belakang sering rewel. Kadang normal, kadang hanya bisa menutup tanpa bisa dibuka/diturunkan. Akhirnya, saia preteli unit switch dan cari masalahnya. Langkahnya memang nggak segampang kelihatannya 😆

Continue reading