Tertib peraturan, Honda CBR150R buat dagang

Pagi masbro..

Motor, sesuai peruntukan dan falsafahnya, fungsi utama adalah memang sarana angkut. Memudahkan kita selaku pemilik dan penunggang, untuk beraktifitas, bahkan sekaligus bisa juga sebagai sarana pencari nafkah. Selain mengantar ke tempat kerja, juga buat kerja, angkut barang misalnya. Tak terkecuali dengan sebuah Honda CBR150R versi lokal, kalau kodenya biasa disebut K45.

Ini motor berkelir merah, dengan striping silver ini, saia temui di jalan, saat berangkat kerja. Nggak ada yang spesial sih, tampil biasa saja nggak ada modifikasi aneh-aneh. Yang mencolok adalah adanya ‘bawaan’ berupa 2 jerigen plastik ukuran besar di sisi kanan dan kiri buritan motor berwarna putih, serta 1 jerigen ukuran yang sama berwarna biru , duduk manis di jok belakang terikat tali karet.

Sayang, Continue reading

Advertisements

Sepele, tapi bisa berefek celaka

Siang masbro..

Artikel yang rada kesiangan, karena ‘terinspirasi’ alias mengambil hikmah kejadian tadi pagi. Seperti biasa, rutin, sambil berangkat  kerja, saia antar anak yang sulung berangkat ke sekolah yang kebetulan di area Lawang, Malang. Setelahnya, baru deh balik arah ke kota Malang. Usai si thole masuk, dan saia sempat ngobrol-ngobrol dengan beberapa orang tua murid seprofesi ANJAS (ANtar Jemput Anak Sekolah) :mrgreen: saia pamitan lanjut ke tempat kerja. Lokasi sekolah memang rada masuk, nggak di tepi jalan raya utama Malang – Surabaya. Melaju beriringan si bleki dengan Supra X 100 seorang bapak di sebelah kanan saia, dari arah barat mendekati persimpangan / pertigaan dengan jalan raya, otomatis mengurangi kecepatan, siap-siap berhenti menunggu lalin sepi, mau menyeberang jalan.

Lha kok ujug-ujug, mak bedunduk, tiba-tiba sebuah Jupiter Z dengan keranjang dagangan di samping kanan-kiri belakangnya, dari arah selatan, jalannya menyerong ke kiri, ke arah saia dan bapak Supra X. Reflek saia mengerem keras sambil menekan klakson, memberi tanda pada pengendara Jupiter yang sempat saia lihat sekilas, justru sedang menoleh ke kanan, nggak fokus ke depan.

Walhasil, begitu pengendara Jupiter itu sadar, tumbukan ringan sudah terjadi. Ban depan bleki mengenai sokbreker depan Jupiter dari sisi kiri, dan nahasnya, keranjang muatan juga terhantam Supra di samping kanan saia. Syukurlah, karena kondisi jalan pelan, dekat persimpangan, efek fatal tidak terjadi. Nggak ada yang jatuh maupun luka. Jupiter terguling miring ke kanan, tertahan keranjang muatan sebelah kanan. Si bapak Supra misuh-misuh gak karuan ke pengendara Jupiter, kaget jelas. Saia pun demikian. Sambil meminggirkan bleki, saia ajak si bapak Supra minggir pula. Lalu kami membantu meminggirkan Jupiter berkeranjang itu juga.

gambar ilustrasi

Masih dengan emosi, bapak Supra masih ngomel-ngomel. Lalu saia tanya si pengendara Jupiter, ngapain jalan meleng, motor belok kiri kok sampeyan malah nengok ke kanan? Sambil masih rada bingung, pemuda itu menjawab, kalau mau putar balik di pertigaan itu. Makanya nengok kanan , melihat kondisi belakang. Kebetulan, di simpang tiga itu, memang ada rambu tidak boleh putar balik, makanya dia mensiasati dengan belok kiri dulu, baru menyeberang.

Yah pelajaran juga buat saia dan semua, bahwa memastikan kondisi belakang memang penting. Lirik spion juga wajib. Tapi, jangan sampai lengah, justru keadaan depan dan samping malah lalai tak terpantau, bisa jadi sumber malapetaka. Disyukuri, kami semua selamat, motor pun gak ada yang lecet. Mungkin bisa jadi kondisi berbeda jika semua melaju kencang dan nggak hati-hati.

Last, hati-hati dan awas dengan keadaan sekitar saat berkendara memang sangat diperlukan. Masa lalu (baca : kondisi belakang) memang perlu dilihat, tapi cukup sekilas saja. Ayo move on :mrgreen: Tetap berkendara dengan aman dan hati-hati ya masbro..

Kebaya, sanggul dan helm

Pagi masbro..

Bulan lalu, April, serta beberapa bulan setelahnya termasuk bulan Mei ini, yang namanya kebaya, sanggul serta printilan make-up kaum wanita sedang rame-ramenya. Gimana nggak? Lha wong bulan April, jelas ada hari Kartini. Pasti banyak yang namanya acara Kartinian, yang identik dengan kebaya, kain batik dan sanggul. Setelah itu, disusul bulan Mei dan Juni. Musimnya wisuda anak sekolah hingga mahasiswa. Sama. Entah siapa yang mulai , sudah jadi kebiasaan saat acara-acara macam itu, yang namanya berkebaya, berdandan cantik serta sanggul sudah menjadi semacam “kewajiban” .

pic : google

Nggak ada masalah sih dengan dandanan kebaya dan pelengkapnya itu. Suka malahan, banyak penampakan makhluk cantik di jalanan, hehehehe..Upss :mrgreen: Nah, yang bisa jadi masalah yang kayak gini nih…

Penampakan seperti ini, pasti banyak ditemui. Sudah dandan cantik, kebaya bagus, sanggul rapi, naik motor. Walhasil, Continue reading

Jadwal Pawai/Karnaval Malang Raya

Sore masbro…

Sekilas info saja, saia ingin share tentang jadwal pawai 17an, atau yang biasa dijuluki karnaval. Memperingati 17 Agustus, biasanya di berbagai wilayah di negeri kita tercinta ini, menggelar berbagai lomba dan karnaval untuk memeriahkan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, adanya pawai atau karnaval di beberapa tepat, kadang turut menyumbangkan potensi kemacetan, karena menggunakan beberapa ruas jalan raya. Yah, mohon dimaklumi saja ya masbro dan mbaksis, acara setahun sekali, diperingati seluruh bangsa pula.

karnavalBerikut jadwal pawai/karnaval yang digelar di wilayah Malang Raya, yaitu meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang serta kota Batu. Terima kasih pada admin touringrider.wp.com yang sudi berbagi informasi. Selamat menyimak dan bersiap menonton 😆

20 Agustus :
– Karangoploso
– Banjarejo (Kec. Pujon)
– Sumberejo (Kec. Gedangan)

21 Agustus :
– Pawai Malangkota (Kota Malang)
– Kecamatan Tajinan
– Pagersari (Kec Pujon)
– Talok (Kec Turen)
– Glanggang (Kec Pakisaji)
– Kalirejo (Kec Lawang)
– Pandanlandung (Kec Wagir)
– Bandulan (kota)
– Wonokerso – Cerme – Segenggeng (Kec Pakisaji)

22 Agustus :
– Kecamatan Tumpang

23 Agustus :
– Pandesari (Kec Pujon)

24 Agustus :
– Sukowilangun (Kec  Kalipare)

25 Agustus :
– Tawangrejeni (Kec  Turen)

27 Agustus :
– Purworejo (Kec Pujon)
– Kecamatan Kepanjen
– Kota Batu

28 Agustus :
– Karangsono (Kec  Pakisaji)
– Bumiayu (Kota Malang)

31 Agustus :
– Mulyoagung(Kec  Dau)
– Sidorejo (Kec  Gondanglegi)
– Arjowilangun (Kec  Kalipare)

4 September :
– Ngantru (Pujon)
– Flower Carnival Ijen Kota Malang
– Mergan (Kota Malang)

Artikel khusus untuk ibu-ibu lady biker

Artikel ini, khusus dan spesial untuk Mommy-mommy, Ibu-ibu, Mahmud (mamah muda), apalagi Emak-emak….. ada sedikit pesan dari pengguna jalan lain. Yah, diantaranya, mas-bapak sopir, ojek, pak silup, turinger, alayer, warga biasa kayak saia dan yang lain yang biasa ngider, alias wira-wiri di jalanan.

Mohon perhatikan beberapa hal ini kalau bawa motor :

  •  Yang menggunakan jilbab syar’i mohon jilbab/Rok/KULOTnya yang panjang itu bisa di sisipkan/diduduki saja agar jilbab/rokny tdk masuk ke jari-jari atau terselip di ban belakang. Karena sudah berulang kali terjadi, pakaian panjang justru tersangkut pada motor. Biasanya sih, kena rantai motor bebek atau malah terkait ruji roda motor. Ada ibu2 yang terjatuh saat ingin menengok ke bawah karena merasa kakinya tertarik, begitu di tengok ke bawah dia jatuh karena tidak bisa menyeimbangkan motornya.
gambar : roda2blog,com

gambar : roda2blog,com

Continue reading

Cekcok dengan supeltas, miris

Sabtu, weekend. Alamat, jalanan pasti padat. Situasi yang selalu berusaha saia nikmati saat riding berangkat dan pulang kerja, gimana lagi, wong semua pengguna jalan juga merasakan hal yang sama? Nah, pagi tadi,  jalanan seperti biasa padat. Sebelum TL Karanglo a.k.a Bentoel, didepan SDN Banjararum 1, ada lokasi U-turn alias putar balik, khusus untuk kendaraan dari arah utara alias arah dari Surabaya untuk balik arah. 2 orang supeltas biasanya siaga disitu, mengatur lalin, untuk membantu beberapa pengguna jalan yang hendak putar balik, dengan menghentikan secara aman beberapa kendaraan dari arah selatan.

putar-balik-566adafc92fdfdd008f9ffcaKarena rada Continue reading