Fla Hotplate, tempat makan yang nyaman, enak, murah

Pagi masbro..

Hot plate, hmm..apaan sih? Beberapa kali makan di tempat yang ada giniannya, tapi nggak ngeh sama definisi atau istilah hot plate ini. Kalau penjelasan beberapa kawan yang paham soal resto dan sejenisnya, hot plate merupakan cara penyajian makanan supaya tetap panas hingga ke meja konsumen. Biasanya, media yang dipakai adalah sejenis plat besi tebal dengan ceruk/lubang di tengahnya sebagai wadah makanan. Yah, mirip-mirip bentuk piring/mangkuk tapi terbuat dari logam. Penyajiannya, si hot plate ini sebelum dipakai untuk menyajikan makanan, perlu dipanaskan dulu, entah di oven atau api selama beberapa menit hingga panas betul. Barulah makanan diletakkan didalamnya.

Nah, pas libur beberapa hari lalu, pulang dari “wisata murmer” di Pasar Burung Splendid, iseng saia sekeluarga belok ke sebuah warung makan. Judulnya Fla Hotplate. Continue reading

Advertisements

Bakso Swalayan Pak Jenggot Singosari

Sore menjelang malam masbro, kuliner lagi yuks..mumpung weekend πŸ˜†

Kali ini, bakso. Siapa yang gak kenal makanan satu ini, beragam versi olahan daging ini sukses membanjiri dunia kuliner tanah air. Bisa sebagai makanan utama, bisa juga sebagai jajanan. Nah, bakso yang saia bahas kali ini, sebenarnya sih nggak aneh-aneh versinya. Bakso standar saja.

Macamnya, Continue reading

Mencicipi Soto Banjar di Kedai Soto Banjar, Malang

Pagi masbro, kuliner lagi yuks…

Sebenarnya, asal mula ketemu tempat makan ini nggak sengaja. Pas sedang cari perkakas listrik di sekitar Jl Terusan Ijen, lha kok nemu depot resik di depan eks Pasar Bareng, Klojen Malang. Pas jadwal makan siang nih, mau balik mampir makan dulu. Lumayan lega tempat makan ini, yang saia suka bersih banget. Pengelolanya, warga keturunan, 2 ibu-ibu yang ngakunya sih dari Kalimantan juga. Skip..lihat daftar menu, jelas yang tersedia adalah Soto Banjar. Kebetulan, di Malang saia belum pernah nyicip Soto ini, ndeso ya? Biarin, hehehehe

otos1 Continue reading

Puthu Lanang, jajanan lawas legendaris Malang

Kuliner lagi masbro…kali ini, tipis-tipis saja, gak usah yang berat-berat. Cemilan, tapi hanya dijumpai kala malam menjelang, dan sang surya mulai larut dalam kesendiriannya di peraduan. Halaah… :mrgreen:

Camilan, eh, jajanan kali ini tergolong jajan pasar. Tradisional sekali, dan asli, mengingatkan pada jaman saia masih kecil, yah, era tahun 80an. Widih…tua banget ya saia? πŸ˜† πŸ˜† Dulu kala, jajan pasar seperti yang bakal saia ulas, gampang sekali dijumpai. Enak, murah, kenyang dan sehat, hehehe. Nah, soal tempat jualan jajanan ini, sebenarnya sudah tergolong uzur masbro. Puthu Lanang, demikian judulnya. putu-lanang

Jangan membayangkan, Continue reading

Soto angkringan Boyolali, syedepp

Pagi masbro. Kuliner lagi yuk, sudah lama nih gak nulis artikel makanan:lol: Kali ini, makanan bernama soto. Ini merupakan salah satu favorit saia dan keluarga. Gampang ditemukan saat perjalanan dan relatif aman, buat orang dewasa ataupun anak kecil, termasuk junior saia yg kecil, baru berusia 15 bulan.

Warung soto ini baru berdiri sekitar dua-tiga bulan yang lalu. Berada di tepi jalan nan ramai oleh lalu lalang mahasiswa, yaitu di Jl Sumbersari Malang. Dikelola oleh bapak, yang aseli Boyolali-Jateng. Bedanya apa nih, dengan soto yang lain? Yang jelas, sesuai judul, yaitu soto dengan model angkringan, khas Boyolali :mrgreen:

soto1Oke, langsung saja pesan soto daging plus minuman standar, es teh. Continue reading

Kuliner malam, Sego Pecel Mbak Yayuk Lawang

Yuk, kuliner malam-malam masbro. Kali ini, masih seputaran Malang, tepatnya di pintu masuk Malang, yaitu daerah Lawang. Daerah ini, memang terkenal. Apalagi kalau bukan karena macet yang selalu terjadi di jalan raya poros ini. Semakin menggila kala liburan tiba, ataupun sekedar akhir pekan. Efek pasar tumpah, parkir liar, serta tempat belanja oleh-oleh, merupakan sebagian penyebab terhambatnya arus lalu lintas kendaraan dari dua arah, yaitu menuju Malang, dan sebaliknya, menuju Surabaya. Walah, malah ngobrolin macet..gak ada habisnya πŸ˜†

gambar : halomalang

gambar : halomalang

Selain potensi macet :mrgreen: , seputar Pasar Lawang, menyimpan potensi kuliner yang luar biasa. Apalagi kala malam mulai menyapa, rembulan menggantikan sang surya yang telah beranjak ke peraduan. Walah…ketularan bersajak nih, colekΒ  kang ini dan om yang iniΒ  . Kemarin malam, tanpa diagendakan, kok tiba-tiba Continue reading

Mencicipi rujak legendaris, Rujak Tenes Malang

Untuk penikmat kuliner di Jawa Timur, menu rujak sudah tidak asing lagi. Makanan, dengan bumbu kacang diulek bersama petis ini, sangat mudah dijumpai, baik di daerah perkotaan, ataupun pinggiran. Malah dekat rumah saja ada 3 warung rujak, hehehe. Rujak petis, itu yang biasa dipakai istilah orang untuk membedakan dengan ruak buah/rujak manis. Karena, dalma bumbunya, meskipun sama-sama bersaus kacang, tapi menggunakan petis udang kalau rujak petis. Rujak petis sendiri, umumnya ada 2 versi, yaitu rujak cingur dan rujak kikil. Cingur, adalah bagian hidung/moncong sapi, sedangkan kikil, merupakan bagian dari kulit dan kaki sapi.

Kali ini, saia mau berbagi tentang salah satu rujak legendaris di kota Malang. Rujak Tenes, atau Rujak Tenis. Walah, apaan lagi ini? Aneh bener namanya? Sebenarnya sih, penamaan adalah salah satu trik pedagang untuk membuat ciri khas dagangannya. Nah, kemarin, saia berkesempatan memenuhi rasa penasaran akan tenarnya nama Rujak Tenes ini.

rujak tenes4

Sebelumnya, dapat info Continue reading

Sate “Sayang” , kuliner lawas Kota Malang

Kuliner lagi yukzz…kali ini menu yang dicobain adalah versi bakaran. Warung makan yang saia sambangi termasuk salah satu warung lawas, karena sudah eksis belasan tahun CMIIW. Depot sate “Sayang” namanya. Berdiri di tepi jalan protokol, di daerah Kotalama. Yaitu Jl Kolonel Sugiono, persis di pinggir jalan Gadang – Malang. Kalau susah cari lokasinya, ancer-ancernya adalah sebelum flyover Kotalama, sebelah barat jalan. Tandanya sih gampang, pasti ada kepulan asap dari depan depot sederhana ini, karena tempat bakaran sate berada persis di depan depot. Penguasa daerah Kolonel Sugiono, pasti hafal daerah ini πŸ˜† πŸ˜†

sate1Menunya, jelas. Continue reading

Mencicipi Rujak Soto Banyuwangi

Nguliner lagi yukss.. Tema kali ini, salah satu kuliner khas dan nyentrik kalau saia bilang. Rujak soto. Salah satu makanan khas dari ujung timur pulau Jawa, yaitu Banyuwangi. Beberapa tahun silam, saia pertama kali mencicipi makanan unik ini di tempat aslinya, Banyuwangi, saat kerja disana. Waktu itu, sekitar tahun 2008 kalo nggak salah. Menu ini, di Banyuwangi sendiri, juga tidak mudah dijumpai, hampir sama dengan menu unik satunya, yaitu Rawon Pecel. Hlaah, apa lagi tuh? Bahas Rujak Soto dulu yuk…

Saat tadi siang melewati daerah belakang UIN Malang, seputar Jl Sunan Kalijogo, setelah membeli beberapa peripheral komputer, ndilalah nemu warung yang memasang daftar menu unik ini. Nama warungnya “Riko”. Kalau dalam bahasa jawa, mungkin arti yang dimaksud pemilik warung ada;lah “kamu” atau “anda”. Tepat di tepi jalan.

riko1Kalau yang unik, tersedia rujaksoto dan nasi tempong khas Banyuwangi. Menu lain Continue reading

Icip “nyoklat klasik” , segar tenan

Siang masbro….lumayan panas hari ini, hujan absen kali ini. Ada keperluan kerjaan di seputar Taman Trunojoyo Malang, celingak-celinguk diantara pedagang kaki lima yang mangkal disini, berusaha cari yang segar. Es degan? Biasa. Minuman kemasan? Bosan. Eh, ada pedagang baru, gelar lapak diatas motor gerobak Viar Karya. Judul dagangannya unik juga, nyoklat klasik. Coba ah…menu apaan sih ini.

nyoklatHampiri bak Viar roda 3 yang dimodifikasi jadi semacam kios sederhana. Tertempel daftar menu, yang ternyata serba Continue reading