Impresi harian Honda ADV 150 ABS (1) : Ergonomi, akomodasi dan tes jalan

Pagi masbro..

Beberapa hari lalu, saia mendapatkan unit testride berupa sebiji skutik baru Honda. Nggak baru banget, tapi ini skutik terbaru yang rilis akhir 2019 ini, yaitu Honda ADV 150

Telat testride? Biarin, toh bisa review lebih detail. Honda ADV 150 ini, yang awalnya dikira adalah adventure, yang ternyata bukan. ADV adalah akronim dari Advance. Punya bodi lumayan gede namun kekar. Dibilang, manly. Cowok banget gen nih skutik.

Lampu Continue reading

Retro modern dari Yamaha, XSR 155 hadir di Indonesia

Pagi masbro..

Masih dari pabrikan garputala. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacture / YIMM resmi merilis motor sport bergenre retro modern di kelas 150cc. XSR 155

Motor yang bulan Agustus lalu sudah brojol duluan di Thailand, kini bisa dinikmati di Indonesia juga. Punya model retro atau klasik, namun dipadukan dengan modern yang kekinian. Continue reading

Yamaha WR155, gacoan trail baru Yamaha Indonesia

Pagi masbro..

Masih lanjut dari rilis berbarengan 3 produk PT YIMM. Kali ini, sukses mencuri perhatian adalah terjunnya Yamaha Indonesia di kelas trail 150cc. Selama ini, kelas ini hanya dihuni oleh Kawasaki, dan belakangan , Honda pun mulai serius bergabung meramaikan

Adalah Yamaha WR 155 yang dirilis di Indonesia. Berbasis mesin 4 langkah 155cc, yang menjadi dapur pacu motor jangkung ini.

Fisiknya, Continue reading

Yamaha gelontor 3 motor baru di penghujung 2019, NMAX salah satunya

Sore masbro..

Sesuai informasi dari banyak sumber dunia blogsphere, hari ini, 2 Desember 2019, PT Yamaha Indonesia Manufacture. Bahkan, nggak hanya 2 tipe kayak desas-desus, tapi sekaligus 3 tipe..wedyan

Yups, 2 motor sport dan 1 motor skutik dikenalkan Yamaha. Kok ya kebetulan, semuanya berkubikasi di kelas 150cc :mrgreen. Adalah Yamaha NMAX model 2020, Yamaha XSR 155, dan Yamaha WR 155.

Bahas Yamaha NMAX dulu yuk, memang sudah digadang-gadang rilis tahun ini. Spesifikasi Continue reading

Tambal ban tubeless si bleki dari dalam, oh kayak gini caranya

Pagi masbro..

Honda New CB150R, memang sudah dipakaikan sepatu karet, alias ban bertipe tubeless alias nggak pakai ban dalam dari pabrikan Honda sono. Kelebihan ban ini, selain jelas, nggak pakai ban dalam, ukuran lebih bervariasi, juga lebih mudah ditangani saat mengalami kebocoran

Seperti saat lalu, ketika si bleki Honda New CB150R item tunggangan saia kena  paku dan bocor. DItamballah di tukang tambal ban yang bisa mengerjakan ban tubeless. Ingat, penanganan tambal ban tubeless dan tube type jelas berbeda.  Yang jamak, tambal ban tubeless adalah dengan ditusuk dan dijejalkan karet penambal pada lubang melalui sisi luar ban. Praktis sih, karena lebih cepat dan nggak perlu melepas roda segala

Setiap hari , saia memang melakukan pengecekan ban, sekaligus dengan cek rem setiap sedang memanaskan mesin motor di pagi hari. Nah, beberapa hari lalu, saat melihat-lihat kondisi ban , kok terlihat, tambalan di Continue reading

Markas Tekiro diserbu anak SMK, pada penasaran

Pagi masbro..

Pasti nggak asing sama brand satu ini, Tekiro. Yups, tools berkualitas yang sering banget dipake buat bongkar-bongkar motor nih

Keberagaman peralatan Tekiro tools, memang terbilang komplit. Wajar jika banyak bengkel, mulai bengkel perseorangan hingga industri, juga instansi dan sekolah mempercayakan peralatan bengkelnya pada Tekiro

Nah, dalam kaitan ini, Tekiro  digeruduk banyak orang nih. Sebanyak hampir 400 Continue reading

Apaan nih, motor baru Yamaha di awal Desember? Skutik dan sport?

Pagi masbro..

Terbetik kabar, di penghujung tahun ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing / PT YIMM, bakal memperkenalkan motor barunya

Nggak tanggung-tanggung, masih menurut info, ada 4 produk sekaligus yang sangat bisa jadi,  diperkenalkan pada publik tanah air untuk pertama kalinya. Weleh…empat??

Kemungkinan, memang nggak semuanya lah, langsung diumbar. Tercatat, ada 2 skutik dan 2 motor sport/laki.

Skutik, ada Continue reading

Kopling hidrolis, makin kesini makin simpel

Pagi masbro..

Sepeda motor dengan kopling manual, kebanyakan sih disebut motor laki meski ada juga motor bebek berkopling, memang punya kesulitan berbeda. Selain kudu paham jarak main kopling saat memindahkan gigi persneling, pengendara juga harus menarik tuas, untuk menggerakkan kawat sling dalam kabel kopling, supaya plat dan kampas kopling meregang dan bebas

Saat itulah, gigi persneling bisa dipindahkan dengan nyaman. Kopling manual ini, yang menggunakan kawat sling, sering jadi biang tangan kiri pegal karena harus menahan dan mengoperasikan tuas kopling. Era tahun 90an, pemikiran kreatif dari bengkel-bengkel motor, terutama bengkel oprek motor balap, berupaya meringankan kerja kopling. Maksudnya, bikin kopling lebih enteng, dan nyaman buat tangan pengendara. Akhirnya, dipakailah sistem hidrolis.

Sistem ini, Continue reading

Kymco geber motor listrik, RevoNEX yang punya 6 percepatan

Pagi masbro..

Era motor listrik semakin kencang dan  terus mendekat. Kalau dulu imej motor listrik ya identik dengan skuter listrik yang punya baterai, dan wajib dicharge, dan hanya dipakai belanja ke pasar karena kemampuan yang setara dengan sepeda angin, kini nggak lagi

Banyak pabrikan konsen di motor listrik yang sporty. Lupakan tampilan skuter listrik yang nggak ada gregetnya. Tengok saja, konsep motor listrik dari Kymco. Pabrikan Taiwan ini, mempersiapkan RevoNEX. Sebuah motor listrik yang punya tampilan sporty, laiknya motor berbahan bakar minyak bumi.

Motor ini, ditenagai Continue reading

Honda CB150R konsep Neosportcafe

Pagi masbro..

Lagi-lagi, modifikasi kali ini adalah Honda naked yang gak ada matinya. CB150R series. Garapan tangan kreatif om Yusa Firdaus, pemilik 902 Garage. Dulunya sih lebih dikenal dengan Gado-gado Tapak Lebar nih lapaknya si om 😆

Berbasis Honda (old) CB150R alias generasi pertama CB150R. Ah, jadi ingat si ciput..

Supaya tampangnya kekinian, dan nggak malu-maluin, dirombaklah si motor ini. Nih motor adalah tunggangan pribadi om Yusa , dengan panggilan sayang si Cemen. Udah tak terhitung berapa kali dirombak nih. Cek aja beberapa artikel lawas terdahulu disini, karena memang si om satu ini rutin merombak tampilan CB-nya :mrgreen:

Kali ini, gaya yang diadopsi adalah Neo Sport Cafe. Memadukan Continue reading