Upaya kreatif kurangi silau, sayang gagal

Pagi masbro..

Modifikasi sepeda motor, memang beraneka ragam. Tergantung selera masing-masing pemiliknya sih, mau dibikin kayak apa motornya. Kalau saia sih, selama nggak merugikan dan membahayakan pengguna jalan lain, ya monggo saja.

Pun demikian dengan pemakaian mika lampu belakang bening. Biar gaul, diganti yang bening. Kalau bohlamnya warna merah, ajib sih. Gaul, namun masih fungsional, tertib aturan dan nggak membahayakan.

Lha kalo nggak diganti bohlamnya? Tetap warna putih/kuning?

Asli, bikin jengkel karena silau. Beberapa kali saia ulas dalam artikel, silaunya kena cahaya macam ini. Berasa ada lampu depan motor menuju kita 👿 . Pengalaman pribadi soalnya

Nah, tempo hari, ketemu pengendara skutik di persimpangan underpass Karanglo Malang. Saat dibelakang Continue reading

Cara mudah membuat lampu rem belakang Honda New CB150R berkedip

Pagi masbro..

Lampu rem, merupakan salah satu perangkat vital pada sepeda motor. Lampu yang bakal menyala terang di bagian belakang motor, umumnya menyatu dengan lampu belakang, menandakan kalau si pengendara sedang mengerem alias memperlambat laju kendaraannya. Entah ada penyeberang jalan, jalan rusak atau kecelakaan. Maka itu, lampu rem jadi panduan pengendara belakang supaya juga memperlambat laju kendaraannya.

Bawaan Honda New CB150R, lampu belakang sudah menggunakan lampu LED. Diklaim lebih hemat daya sekaligus terang dan tahan lama. Nah, lampu belakang ini sudah paten dari pabrikan, alias sudah nggak bisa diubah-ubah. Bilapun hendak mengganti, kudu sepaket komplit bila pemilik hendak melakukan modifikasi.

Seperti biasa, setelan standar pabrik memang hanya dibedakan dengan nyala lampu. Bila lampu rem difungsikan, makan lampu belakang akan menyala lebih terang dibandingkan dengan saat tidak di-rem. Nah, saia ingin sedikit merubah alias modifikasi lampu belakang NCB150R ini nih. Sederhana saja sih, hanya ingin membuat lampu rem jadi berkedip. Kalau berkedip, selain tampil beda, lampu rem menyala berkedip juga efektif menarik perhatian pengguna jalan terutama di belakang kendaraan kita.

Mau mengganti atau modifikasi LED, jelas lebih susah nih. Selain sulit, juga butuh biaya lebih gede, hehehehe. Nah, ada cara yang lebih efisien nih (baca : hemat irit). Modifikasi, yang selain mengubah bentuk adalah merubah kedipan. Cukup memanfaatkan flasher lampu sein bertipe LED. Perangkat kotak mungil dengan 2 kaki ini, sejatinya khusus untuk sein sepeda motor yang sudah menggunakan lampu LED, bukan bohlam. Makanya, selain lebih kecil bentuknya, isi perangkatnya juga simpel. Beda dengan flasher biasa yang rada gede dan berisi relay.Bagian dalam flasher LED hanya berisi IC dan resistor saja, termasuk variabel resistor untuk menyetel durasi kedipan lampu. Nah, malah lebih ‘canggih’ kan ketimbang flasher relay biasa? Fitur inilah yang bisa dimanfaatkan untuk modifikasi lampu rem belakang NCB. Continue reading

Lampu proyektor/projie dipakai lampu belakang? Mantap banget

Sambil ngantri lampu merah berganti hijau di pertigaan daerah Blimbing, seperti biasa, mata jelalatan alias pecicilan. Soalnya, kadang bisa nemu penampakan “aneh” bin ajaib, para penunggang kuda besi yang lagi berkumpul di salah satu jalan protokol di kota Malang ini. Weits, bener kan? Mata menangkap ada yang berbeda di bagian belakang sebuah Suzuki Satria FU, di depan saia. Lirik counter traffic light masih agak lama, segera rogoh HP di saku jaket. Cekrek…simpan 😆

gambar : google

gambar : google

Sekilas, ini motor kentjang, hampir biasa saja terlihat. Ketika fokus di buntut, baru ngeh kalo lampu belakangnya sudah diganti. Gak main-main, sebuah lampu Continue reading