Pantai-pantai Tersembunyi di Malang yang Tak Kalah dari Bali

Pagi masbro..

Berkendara menggunakan sepeda motor, emmang asyik. Terutama nih, buat yang suka ekplorasi wilyah sekitar. Kenapa? ya karena dengan bentuk yang ringkas dan praktis, motor lebih lincah ketimbang mobil. bisa menelusup ke daerah yang susah dilalui mobil misalnya. Makanya, bisa masuk hingga pedalaman, menemukan spot-spot wisata baru yang belum dbisa diakses dengan mobil. termasuk di Malang nih. banyak lho obyek wisata alam, terutama pantai, yang menarik dan asyik untuk dinikmati. Bersyukur, sekarang akses jalan menuju beberapa pantai di Malang sudah lumayan bagus dan bisa dilintasi beragam kendaraan, nggak hanya sepeda motor.

pic : indoride

pic : indoride

Namun, tahu nggak masbro dan mbaksis, ada beberapa wisata Malang tersembunyi berupa pantai yang belum dikunjungi banyak orang? Nah, bagi masbro dan mbaksis yang kebetulan sedang merencanakan liburan lewat Traveloka dan butuh rekomendasi wisata alam, simak deh daftarnya di bawah ini!

  • Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok

Malang menyimpan sejumlah pantai elok mengingat lokasinya yang tak jauh dari lautan. Salah satu tempat yang sering kali direkomendasikan adalah Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok. Keunikan pantai ini adalah adanya air terjun yang berada di tepi pantai. Hal tersebut yang membuat objek wisata alam tersebut dinamakan banyu anjlok yang dalam bahasa Jawa berarti air jatuh. Continue reading

Advertisements

Rangkaian acara HUT Kota Malang Maret – April 2019

Pagi masbro..

Kota Malang, sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, memang terus berbenah. Beragam modernisasi terus dijalankan oleh pemerintah kota ini, dengan tujuan menjadikan kota yang lebih baik. Meski disana-sini tentunya ada beberapa efek domino lain dirasakan, antara lain kemacetan

Di tahun 2019 ini, memasuki usia yang ke 105, beragam agenda kegiatan telah disusun pemda setempat untuk memeriahkan ulang tahun kota yang jatuh pada tanggal 1 April ini. Bertujuan lebih mendekatkan pada masyarakat, acara hiburan, olahraga, kuliner hingga otomotif telah disusun.

Acara dengan kaitan HUT Kota Malang ini, Continue reading

Kebetulan yang disengaja, kopdar bareng IWB dan blogger-vlogger Jawa Tengah

Pagi masbro..

Artikel kemarin, sempat saia colek, acara dadakan saat lagi ‘kemping’ di Mojosemi bareng teman-teman blogger dan vlogger Jawa Timur. Malam saat menginap di kontainer, saia sempat bertukar pesan dengan mas Budi, blogger Jawa Tengah pemilik cahbrogo.net. Gegara komen status, yang ternyata beliau juga ada acara di Madiun, tepatnya di Sarangan.

Acara semacam gathering dan berbagi ilmu, dengan narasumber blogger papan atas, Iwan alias IWB. Ajiib nih. Sambil chatting, saia iseng tanya, lokasi menginapnya dimana. Ternyata, persis di depan Telaga Sarangan, sebut saja hotel X. Weleh..dekat nih. Secara nih, Mojosemi lokasinya ada diatas Sarangan.

Paginya, ketemu motomazine.com dan sambil jalan pagi, tercetus ide, yuk, samperin blogger Jateng? Gayung bersambut, kami sepakat untuk melarikan diri sebentar dari rombongan 😆 Dan asyiknya, ketambahan pengikut nih. Beberapa yang sudah bangun pagi itu seperti kang Fauzi, pak Iwan, kang Khoirul dan mas Dimas. Jadilah, kami berenam dengan 3 motor, pagi-pagi itu meluncur turun ke arah Sarangan, menuju lokasi menginap rekan blogger Jateng. Berbekal keterangan mas Budi, langsung deh ke lokasi. Continue reading

Mojosemi Forest Park, nggak hanya “kemping” bareng blogger-vlogger Jatim

Pagi masbro..

Cerita kali ini, merupakan sambungan dari artikel lalu, yaitu saat turing kemerdekaan yang dihelat oleh MPM Honda Jawa Timur.

Usai napak tilas sejarah komunis di Kresek, Kab Madiun, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Magetan. Ngapain? Yaitu ke daerah adem/dingin yang berlokasi diatas area Telaga Sarangan, persisnya bernama Mojosemi. Di tempat ini, rencananya akan bermalam dan sedikit melakukan acara fun keesokan harinya Minggu (19/8) sebelum bertolak pulang ke kampung masing-masing.

Ditemani cuaca sore yang lumayan panas, melewati kota Madiun, melaju terus dengan melintasi jalan yang mulus, dan makin lama makin sering ketemu tanjakan. Ditambah cuaca yang mulai bergeser menjadi dingin, model kontur jalan dikombinasi cuaca dingin ini mengingatkan daerah Pujon, Malang. Tanjakan-turunan, dan tikungan meliuk-liuk, enak bener nih dilibas dengan si bleki berkecepatan rendah.

Asyik menikmati jalan, hampir lengah, ternyata road captain memberikan kode rombongan berbelok ke kanan, masuk sebuah jalan berpaving kasar. Ealah, ternyata sudah sampai di kawasan Mojosemi Forest Park :mrgreen: Langsung masuk ke area yang seperti berada di kawasan hutan pinus ini, disambut hawa sangat dingin. Makin terasa kala melepas helm, jaket dan perlengkapan lain, brrrrr…mengigit bener dinginnya.

Usai Continue reading

Wisata edukasi di Bhakti Alam, Pasuruan

Pagi masbro..

Wisata, jaman sekarang memang nggak melulu hanya keliling-keliling dan melihat keindahan alam atau menikmatai berbagai wahana dan permainan di lokasi. Tapi, juga ada sisi edukasi alias pembelajaran pada pengunjungnya. Hal ini saia nikmati di salah satu destinasi wisata di Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya, di Ngembal nih, bertajuk Bhakti Alam

Beberapa waktu lalu, saia mengajak keluarga , hanya berempat sih yaitu istri dan 2 anak saia, dolan ke wisata ini. Terletak di salah satu sudut wilayah kabupaten Pasuruan, lokasi tempat ini memang cocok dibuat wisata. Jauh dari keramaian, sehingga sangat tenang dan keasrian lingkungannya sangat terjaga.

Ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam dari pinggiran Malang, yaitu rumah saia, dengan jalan yang relatif mulus. Sebenarnya, ada 2 alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk menuju Bhakti Alam. Yang pertama dan umum dipilih wisatawan, adalah dari sisi utara. Dari pertigaan Purwosari, lurus saja menuju arah Pasuruan. Kira-kira 2 km, akan ada pertigaan, silakan berbelok ke kanan arah timur. Ada petunjuk arah menuju Bhakti Alam. Sayangnya, di sekitar jalan masuk hingga sekitar 1,5 km, jalan aspal yang sebenarnya mulus, dihiasi lubang-lubang besar bekas hajaran truk pengangkut pasir. Setelah itu, lumayan mulus, melintasi desa dan hutan perbukitan hingga ke lokasi.

Kalau dari sisi selatan, yaitu sebelah selatan Kebun Raya Purwodadi. Ada pertigaan ke arah Nongkojajar, silakan belok kiri kalau dari arah Surabaya atau ke kanan ke arah timur kalau dari arah Malang. Jalannya, terbilang mulus dan sangat nyaman, hanya saja dihiasi banyak tikungan meliuk-liuk. Kalau sudah pernah menikmati tikungan ala Kasembon atau Batu dan Cangar, nah, kondisi mirip ada disini. Asyik nih kalau riding sendirian, bisa menikmati tikungan ala cornering kayak anak-anak muda penghobi sunmori :mrgreen:

Masuk lokasi, Continue reading

Wisata Telogo Sewu, Pandaan – Pasuruan

Pagi masbro…

Sudah lama nih , nggak nulis artikel wisata. Yah, salah satunya karena kurang piknik 😆 Mau jalan saat weekend, eeh, baru nyampe jalan raya sudah disambut macet, alias tidak bergerak arus lalu lintasnya. Walhasil, jarang deh pikniknya. Alasan klasik, hehehehe. Kebetulan, posisi tempat tinggal saia, memang di pinggiran Kabupaten Malang, persisnya sebelum masuk Kota Malang. Alhasil, saat weekend, ketika para wisatawan dari luar kota berduyun-duyun wisata ke Kota Batu maupun Malang, memenuhi jalan raya poros Surabaya-Malang. Salah satu imbasnya, warga Kab Malang sisi utara seperti saia, jelas kebagian macet karena jalan dipenuhi wisatawan dari luar daerah. Sementara, daerah tujuan wisata, rata-rata ya ke arah selatan, Kota Malang, Batu dan Kab Malang.

Nah, akhirnya ketemu sebuah solusi untuk menghindari terjebak macet. Yaitu, mengambil tujuan berlawanan arah. Kalau umumnya wisatawan menuju arah Malang-Batu alias arah ke selatan, saia ambil arah ke utara. Destinasinya ya ke daerah Pasuruan dan sekitarnya, supaya gak jauh-jauh (baca:hemat) 😆

Ada sebuah tempat wisata, yang dominasinya sih air. Namanya Telogo Sewu. Tempat ini saia tuju berdasar referensi dari mbah Uti yang sudah pernah kesana. Wisata Telogo Sewu ini berlokasi di Desa Duren Sewu, yang masuk daerah administratif Pandaan – Pasuruan.

Bagi yang Continue reading

Wisata antimainstream di Kota Malang, naik mobil pemadam kebakaran

Pagi masbro..

Wisata, memang banyak banget macamnya di Malang. Mau wisata alam, ada pantai-kebun teh. Wisata mall, juga banyak. Nah, baru saja Pemerintah Kota Malang, meluncurkan sebuah wisata yang rada nggak umum. Kalau bahasa kerennya, rada-rada antimainstream :mrgreen: Apaan tuh?

‘Malang Firefighter City Tour” demikian tajuk wisata baru di kota Malang ini. Kamis  8/02/2018 walikota Malang Moh Anton, secara resmi merilis wisata berbasis edukasi penanganan kebakaran ini. Di UPT PMK Kota Malang yang berlokasi di Jl Bingkil, 2 mobil pemadam kebakaran / PMK siaga dengan gagah, siap mengantar wisatawan dengan rute khusus dalam kota Malang.

Kedua mobil PMK Continue reading

Ini nih, 4 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

Sore masbro dan mbaksis…

Malang memiliki banyak sekali destinasi wisata mulai dari kawasan pesisir yang dipenuhi dengan pantai alami, lalu di kawasan kota yang memiliki segudang wisata kuliner dan sejarah serta kawasan pegunungan yang memiliki air terjun dan taman bermain. Mengunjungi Malang akan memuaskan hasrat penjelajahan terutama kalau masbro dan mbaksis menyukai dunia fotografi.

Banyak destinasi wisata di Malang yang memiliki pemandangan indah bahkan dijuluki Instagramable oleh beberapa orang. Berikut ada beberapa contoh lokasi wisata di Malang yang pemandangannya bisa diambil untuk menghiasi akun Instagram. Ada yang memang masihg alami alias natural, ada juga olah kreatif tangan-tangan terampil warga Malang.

1. Coban Rondo dan Labirin

                Sumber : tabloidwisata.com

Coban Rondo adalah nama salah satu Continue reading

Intip yuk, Jadwal Karnaval di Malang

Pagi masbro..

Bulan Agustus sudah beberapa hari ini kita jalani. Agustus, sangat identik dengan berbagai kemeriahan, dalam kaitan perayaan HUT Kemerdekaan negara kita, Indonesia. Tahun 2017 ini, sudah memasuki usia ke 72 tahun. Nah, biasanya salah satu yang secara rutin dan pasti diadakan, adalah pawai atau karnaval.

Beragam atraksi, kendaraan hias maupun pejalan kaki dengan berbagai atribut, memenuhi sepanjang jalan yang dipakai sebagai arena karnaval. Tak pelak, sudah jamak menimbulkan kemacetan. Berikut, saia share jadwal karnaval atau pawai Agustusan, yang berlangsung di wilayah Malang, Jatim. Siapa tahu berguna, sebagai antisipasi terutama bila masbro dan mbaksis melewati daerah-daerah tersebut.

6 Agustus- Pujonkidul – Pujon

11 Agustus – KONVOI AREMA

16 Agustus- Sukopuro – Jabung

17 Agustus- Kec. Tajinan ( Gerak Jalan Bukan Karnaval )

18 Agustus- Kalirejo – Kalipare

18 Agustus- Gedog Wetan – Turen

18 Agustus- Kec. Donomulyo

19 Agustus- Kel. Karangbesuki – Kota Malang

19 Agustus- Plaosan – Wonosari

19 Agustus- Kec. Kalipare

19 Agustus- Rejosari – Bantur

19 Agustus – Sitiarjo – Sumawe

19 Agustus – Sidodadi – ngantang

20 Agustus- Jeru – Turen

20 Agustus- Panjer – Turen

20 Agustus- Kendalsari Tulusrejo

20 Agustus- Kendalpayak – Pakisaji

20 Agustus- Undaan – Turen

20 Agustus- Sudimoro – Bululawang

20 Agustus- Rejoyoso – Bantur

20 Agustus- Ngerjo – Wonosari

20 Agustus- Sindurejo – Gedangan

20 Agustus- Segaran – Gedangan

20 Agustus- Purworejo – Ngantang

21 Agustus- Kedung Rampal – Gedangan

21 Agustus- Talok – Turen

23 Agustus- Pawai Kendaraan Hias – Kota Malang

24 Agustus- Punten – Kota Batu

24 Agustus- Sukowilangun – Kalipare

26 Agustus- Kedung Banteng – Sumber Manjing Wetan

26 Agustus- Kec. Tumpang

26 Agustus- Sumbermanjing Wetan

26 Agustus- Sananrejo – Turen

26 Agustus- Kec. Kromengan

26 Agustus- Jambuwer – Kromengan

27 Agustus – Arjowilangun – Kalipare

27 Agustus – Tanggung- Turen

27 Agustus- Kec. Ngajum

27 Agustus- Panggungrejo – Kepanjen

27 Agustus- Majang Tengah – Dampit

27 Agustus- Ngantru – Ngantang

27 Agustus- Sutojayan – Pakisaji

27 Agustus- Sidorejo – Pagelaran

27 Agustus- Karangrejo – Kromengan

27 Agustus- Pakisjajar – Pakis

28 Agustus- Kec. Gedangan

31 Agustus- Kedok – Turen

Bila memang masbro dan mbaksis kebetulan melewati daerah tersebut, bisa sesegera mungkin mencari jalan alternatif supaya tidak terhambat perjalanannya. Semoga berguna, dan mohon maaf bila ternyata nantinya ada perubahan.

Mobil-mobilan kayu, mainan tempo dulu

Pagi masbro, sehat??

Buat masbro yang “keluaran” tahun 80an atau 70an, kayak saia :mrgreen:, pasti kenal dengan mainan sejenis ini. Ya, semacam mobil-mobilan berbahan kayu, dengan beragam ukuran. Kalo istilah sekarang sih, kayak replika gitu…replika beberapa kendaraan besar, macam truk, bus dan sebangsanya. Tahun 1980an, mainan plastik belum begitu membludak kayak jaman sekarang. Justru yang ada, selain berbahan kayu, juga berbahan besi, yang harganya bisa bikin melotot.

gambar : google

gambar : google

Nah, adalah Pak Mansur. Seorang Continue reading