Oli kadaluwarsa, seperti apa sih?

Pagi masbro..

Semua kendaraan bermesin dan menggunakan bahan bakar, pasti didalam mesinnya, menggunakan oli alias pelumas untuk melumasi semua bagian baik yang bergerak maupun tidak didalam ruang mesin. Termasuk mesin sepeda motor, menggunakan oli mesin dengan spesifikasi tertentu dan dalam jumlah tertentu pula. Biasanya, jumlah oli mesin juga tergantung tipe dan kapasitas mesin.

Oli mesin yang digunakan sebagai pelumas terbuat dari beberapa zat aditif yang sudah memenuhi standar dan campuran bahan dasar oli. Seperti halnya makanan, ada anggapan bahwa oli yang sudah lama disimpan dan tidak pernah digunakan merupakan oli yang sudah basi atau kadaluwarsa. Tapi, apakah benar oli tersebut sudah tidak bisa digunakan sama sekali? Jawabannya adalah

Continue reading

Advertisements

Stiker ‘gak penting’ yang bijak

Pagi masbro..

Stiker, kadang untuk orang tertentu merupakan simbol dan kebanggaan tersendiri. Entah  itu stiker hiasan, logo ataupun identitas sebuah komunitas atau klub yang diikuti. Jamak ditemui, kendaraan entah itu mobil atau motor menempelkan identitas komunitas pada bagian body kendaraannya.

Selain stiker komunittas, kadang juga ditambah juga dengan beberapa stiker lain yang kadang kala membuat yang  melihat atau membaca tergelitik. Yah, minimal sempat teralihkan perhatiannya. Contohnya stiker yang pernah saia tulis di artikel ini

 

Adem ya bacanya? Kayaknya sopan  banget, menghargai pengguna jalan yang lain. Nah, pas jalan di wilayah Kepanjen -Kabupaten Malang dalam rangka kerjaan, di wilayah jalan yang rada sepi, saia berada di belakang Continue reading

Libur Lebaran 2018, jangan khawatir tentang SIM dan PKB yang jatuh tempo

Pagi masbro..

Per hari ini, Senin 11 Juni 2018, secara resmi cuti bersama untuk ASN alias instansi pemerintahan diberlakukan oleh pemerintah. Cuti bersama lebaran ini lumayan panjang waktunya, yaitu mulai 11 Juni hingga 20 Juni 2018. Berlaku menyeluruh di wilayah Indonesia, bisa dipastikan semua layanan pemerintahan akan berhenti. Kecuali, untuk yang berurusan dengan kesehatan dan layanan darurat, tetap nggak ada libur. Seperti rumah sakit, puskesmas, PMK, ambulance dan beberapa instansi strategis lainnya.

Cuti bersama alias tutup berbarengan ini juga berlaku untuk layanan SIM yang merupakan bagian dari kepolisian serta Samsat dari dinas pendapatan. Samsat dan Satpas SIM di Malang, juga menutup layanan terhitung hari ini 11 Juni 2018. Layanan terakhir dibuka pada hari Sabtu lalu, 9 Juni 2018. Makanya, sempat saia lihat juga parkiran  kendaraan yang penuh sesak di Satpas SIM Kabupaten Malang. Maklum, banyak yang sengaja meluangkan waktu dengan pikiran sama, takut SIM-nya kadaluwarsa dan mati. Bakal ribet kan, karena harus bikin SIM baru, mendingan sebelum libur saja rame-rame mengurus SIM Continue reading

Bale Santai Honda kembali siap manjakan pemudik tahun 2018 ini, simak lokasinya

Pagi masbro..

Semakin mendekati hari raya, persiapan mudik tentunya sudah mulai banyak dilakukan masbro dan mbaksis kan? Entah itu siap-siap sangu alias uang 😆 , maupun kendaraan yang akan dipakai mudik. Kesehatan tunggangan, jelas prioritas karena perjalanan yang ditempuh beragam kondisinya, baik itu untuk kendaraan mobil maupun motor. Juga kondisi fisik pengendara, yang akan menempuh perjalanan. Istirahat dalam perjalanan, merupakan hal wajib. Ya mengistirahatkan pengendara maupun kendaraan.

PT Astra Honda Motor kembali menyiapkan fasilitas rutin mereka untuk membantu kenyamanan dan keselamatan pemudik. yaitu, kembali menggelar “Bale Santai Honda 2018” kita singkat saja BSH, di beberapa lokasi jalur mudik di pulau Jawa. Sebelumnya, posko mudik BSH sudah digelar tahun 2017 lalu.  Nah, PT Mitra Pinasthika Mulia sebagai distributor Honda di Jawa Timur dan NTT, juga aktif dan mendukung penuh BSH ini.  Dalam acara Workshop Teknologi dan Bukber bareng blogger dan vlogger jatim kapan hari, artikelnya disini nih, bro Dhimas dari MPM memberikan sosialisasi tentang BSH 2018 ini. Bale Santai Honda merupakan salah satu  wujud kepedulian PT. MPM kepada masyarakat terutama konsumen yang melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor. Continue reading

Siap sambut pemudik, berikut tarif tol terbaru dan lokasi top up saldo e-toll

Pagi masbro..

Bulan Ramadhan sudah dilalui hampir separonya. Makin mendekati hari raya Idul Fitri nih. Waktunya buat yang berdomisil di luar kota, untuk balik ke kampung halaman, dan bersua dengan keluarga dan sanak saudara.

Nah, ada sedikit info nih buat masbro dan mbaksis yang mau mudik ke Jawa. Eh, maksudnya, ke kota lain di pulau Jawa, dari ibukota Jakarta.  Bahasanya yang mudik kan kebanyakan seperti itu, hehehehe. “Mau mudik ke Jawa” pasti bilangnya seperti itu. Untuk yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga, kan biasanya pakai mobil tuh. Supaya mempersingkat waktu, pilihan jalur tol alias jalur bebas hambatan (dulunya 😆 ) merupakan pilihan tepat karena dirasa bisa memangkas waktu perjalanan.

Berikut, ada informasi tarif tol jalur Continue reading

Mudik gratis digelar Pemerintah Kota Malang, asyiiikkk

Pagi masbro..

Tak terasa, bulan Ramadhan sudah kembali menyapa kita. Sebelumnya, saia selaku admin aselimalang.com , mengucapkan ‘Selamat menunaikan ibadah puasa” bagi rekan-rekan umat muslim yang menjalankan

Nah, mumpung Hari Raya masih lumayan lama, yuk, mari mempersiapkan agenda mudik. Yups, tradisi yang sudah menjadi acara wajib buat mayoritas penduduk NKRI ini, terutama warga yang bekerja jauh dari rumah alias di luar daerah. Mudik, yaitu pulang ke daerah asal dilakukan melalui berbagai alternatif jalur. Darat, laut dan udara. weleh, macam iklan obat antimabuk aja 😆

Yang melalui jalan darat, berbagai alternatif kendaraan bisa dipilih. Mulai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum tersedia. Yang perlu diingat, adalah bagaimana mudik ke daerah asal dengan nyaman dan selamat. Salah satu cara mudahnya adalah bergabung dengan program Mudik Gratis. Continue reading

Rem cakram blong saat panas? Ini asal muasalnya

Pagi masbro..

Rem, merupakan salah satu perangkat yang sangat vital pada kendaraan, baik sepeda motor maupun kendaraan beroda lebih dari 3. Bisa menyangkut nyawa nih, persoalan tentang rem. Buat apa coba motor sekenceng apapun kalau ternyata rem-nya nggak berfungsi? Masa iya mau pakai rem tembok? Maksudnya, kudu ditabrakin tembok baru berhenti? Serem ih..

Sudah sering banget kan dengar kejadian kecelakaan akibat rem blong? Alias rem sama sekali nggak berfungsi untuk menghentikan roda? Penyebab rem blong memang beragam masbro. Pada rem cakram, sebagaimana rem pada kendaraan modern, rem tidak berfungsi bisa karena macet, kotor, selang terjepit, dan karena kelewat panas. Yuk kita ulas penyebab karena panas.

Rem cakram, Continue reading

Tekiro, perkakas terpercaya yang kudu kamu punya bro

Pagi masbro..

Brand alias merk Tekiro, memang sudah nggak asing lagi. Ada yang belum tahu? Wehehehehehe, kayaknya ketinggalan deh.  Tekiro, merupakan merk produk  perkakas terpercaya yang memiliki varian produk terlengkap untuk semua pengguna mulai dari peralatan untuk industri, otomotif, rumah tangga hingga peralatan pertukangan. Komplit kan? Nggak hanya otomotif lho masbro..

Kalau buat kita, bikers dan penikmat otomotif, sudah banyak sekali produk Tekiro yang bisa kita pergunakan. Baik untuk sekedar tools yang kita bawa sehari-hari di motor, atau juga mau buat bongkar-bongkar motor di rumah. Mulai beragam jenis dan ukuran obeng/screw , Continue reading

Cermati seragam Jukir di Surabaya, beda peruntukan beda tarifnya

Pagi masbro

Pemerintah Kota Surabaya , melalui akun media sosial Dinas Perhubungan setempat, memberikan sosialiasi kepada masyarakat tentang adanya ragam rompi jukir (juru parkir) yang ada di wilayah kota Surabaya berikut semua perbedaan warna dan identitasnya. Karena ternyata , perbedaan dari 5 jenis rompi jukir tersebut juga berpengaruh pada besaran tarif parkir yang dikenakan. Nah lo..

Yuk, kita bahas detail satu persatu Continue reading

Rexco 50, Pelumas serbaguna yang tak hanya melumasi

Pagi masbro..

Dalam aktifitas sehari-hari, pasti nggak bisa lepas nih sama yang berbau-bau teknis. Nggak usah lah soal teknologi yang terlalu canggih. Kita keluar masuk rumah saja, ada teknis kok. Tuh, engsel pintu 😆 Belum lagi naik motor, tuh ada gerakan perpaduan harmonis teknis rantai dan gir yang memutar roda mengantar kita ke tempat tujuan. Belum lagi putaran selongsong gas yang bisa kita sesuaikan mau putar dalam-dalam atau pelan saja. Semuanya, berbau teknis dan berkaitan dengan gesekan antar komponen

Gesekan, menurut hukum fisika dan pelajaran IPA yang dulu kita dapat di sekolah, akan menghambat pergerakan suatu benda. Semakin kasar permukaan, yang dikarenakan berbagai sebab misal kotoran dan sejenisnya, maka akan mengurangi kecepatan pergerakan. Demikian pula polusi suara yang dihasilkan, akan berbanding lurus dengan gesekan. Makin besar gesekan, suara yang ditimbulkan semakin keras. Selain efek mengurangi kecepatan pergerakan dan polusi suara, hal negatif lain adalah kerusakan pada bidang yang bergesek akan lebih cepat terjadi, alias keausan.

Paling gampang, simak saja Continue reading