Perokok bermobil buang abu sembarangan

Pagi masbro…

Buat masbro dan mungkin mbaksis yang biasa merokok nih, memang, karena sudah kebiasaan, susah untuk dihentikan. Kadang pun, meski tempat kurang memungkinkan, karena sudah nggak tahan, ya sikat saja. Contoh gampang, meski sedang riding,kadang ya disempatkan sambil merokok, hehehe. Nggak ada salahnya sih, tapi banyak ruginya. Terutama, rokok cepat habis karena bara tertiup angin 😆 Belum lagi abu dan bara yang mungkin saja beterbangan kemana-mana.

rokok3Buat yang sedang dalam kendaraan roda 4 pun sama saja. Pas sedang berkendara, sambil merokok, jendela pun dibuka. Yang bikin gondok, saia alami kemarin. Continue reading

Advertisements

Cara sederhana tes kondisi aki kendaraan

Pagi masbro

Sudah kenal kan yang namanya aki/accu/batere pada sepeda motor atau mobil masbro? Perangkat berbentuk kotak ini, merupakan salah satu bagian penting kendaraan. Apalagi mobil, kalau aki bermasalah, waduh…mumet masbro. Masak iya, tiap kali mau menyalakan mobil kudu dorong? Hehehehe…gak lucu banget. Kendaraan, ada untuk mempermudah kita, bukan sebaliknya.

Nah, untuk tahu performa atau kondisi aki, sahih-nya ya memang harus menggunakan alat khusus.  Alat ini bernama load test battery. Kayak gini nih bentuknya

Basisnya sih sederhana, Continue reading

Peduli masyarakat, komunitas Honda Verza dan Vario jadi relawan di Malang

Pagi masbro..

Terkait mogok angkot di Kota Malang, informasi yang saia terima, rencananya masih akan terus berlanjut. Infonya sih, hingga 5 hari. Wadauuuw… Nah, sampai pihak Pemkot Malang melalui Dinas Perhubungan sempat menghimbau agar masyarakat bepergian secara mandiri, terutama saat di wilayah Kota Malang. Maksudnya, bepergian dengan kendaraan pribadi. Repot juga nih ya…

Nah, kepedulian warga Malang sendiri akan nasib pengguna angkutan umum, justru makin meningkat. Relawan dengan sepeda motor bahkan mobil, juga semakin banyak. Seperti gambar yang saia ambil di tikum/titik kumpul relawan di depan Telkom Kayutangan, Malang. Belasan sepeda motor berbagai merk dan tipe, juga beberapa mobil pribadi, tampak standby di lokasi tersebut.

Sudah terpasang stiker “Relawan” di bagian depan kendaraan. Stiker tersebut, Continue reading

Beragam luapan kekesalan warga akibat jalan berlubang di Malang

Pagi masbro..

Fenomena kerusakan jalan, akhir-akhir ini marak dishare di berbagai media. Tak terkecuali di Malang Raya. Kerusakan jalan, yang akrab dengan istilah ‘bolongan’ atau lubang jalan, banyak sekali ditemui. Baik di Kabupaten Malang, Kota Malang maupun Kota Batu. Tidak peduli jalan provinsi, jalan kabupaten atau hanya sekedar jalan kampung, semua tak luput dari lubang. Entah, karena faktor alam, ditambah dengan faktor lain seperti kurang maksimalnya saat pengerjaan jalan.

Lubang di jalan,  bahkan sempat diplesetkan menjadi semacam tujuan wisata di beberapa tempat. Contohnya seperti ini nih..

jeglongan-sewuNah, di Malang, kekesalan warga atas kondisi jalan juga ditumpahkan masbro. Setelah di wilayah Continue reading

Wow…biaya STNK, TNKB, BPKB dan SIM naik masbro

Pagi masbro…

Dapat informasi dari akun Instagram Kepolisian Resor Malang, bahwa, akan adanya perubahan biaya (baca:kenaikan)  pembuatan/perpanjangan STNK,  SIM, BPKB serta TNKB alias plat nomor. Waduh???

stnk-dan-simYa, melalui akun resminya Satuan Lalulintas Polres Malang, diberitahukan kepada masyarakat, bahwa ada kenaikan biaya administrasi PNBP pada proses pengurusan STNK, TNKB dan BPKB. Dan ternyata, tidak hanya itu. Untuk PNBP pada pembuatan maupun perpanjangan SIM juga ada kenaikan, meskipun tidak semua golongan. Sebentar masbro, mungkin ada yang bingung, apaan sih PNBP itu? Continue reading

Salah satu diskriminasi biker, parkir khusus

Masbro… Kadang, biker memang sering banget dipandang sebelah mata. Sesuatuh gituh 😆 Yang sering nggak taat aturan lah, yang bikin rese di jalan lah, yang elit-lah (ekonomi sulit 😉 , wah, pokoknya, banyak banget cap yang miring gampang banget ditempelkan pada pengendara sepeda motor. Padahal, nggak semua lho, biker seperti itu. Bukan membela kaum saia 😆 , tapi mbok ya jangan digeneralisasi…disama ratakan. Akibat cap ini, nggak sedikit efek yang mesti diterima. Salah satu contoh, saia alami sendiri saat ada kerjaan dinas ke salah satu hotel ternama di kota Surabaya.

Mungkin sudah jamak, banyak kawan juga yang mengalami, kalau hendak parkir di beberapa tempat “wah” , biker seringkali mendapat “perlakuan khusus” Yaitu, parkir di tempat nyempil, mojok, susah diakses dan tanpa pengamanan yang memadai.

diskri1Di Continue reading

Pelan tapi pasti, Premium dihapus dari SPBU

Pagi masbro…

Yups, kesimpulan itu lah yang saia tarik sehabis menyambangi salah satu SPBU rekanan tempat kerja. Untuk BBM operasional kendaraan di tempat kerja saia, memang bekerjasama dengan salah satu SPBU, supaya gak ribet. Setiap bulan, saia rutin menyambangi kantor SPBU bersangkutan untuk urusan BBM. Nah, sambil ngobrol-ngobrol dengan mbak pengurus (bukan spg), pas saat itu lagi rame-ramenya BBM berjuluk Pertamax Turbo. Tahu kan, BBM terbaru Pertamina yang diklaim beroktan 98 ini? turboSaia tanya, kok nggak Continue reading

Kontradiktif sekali ya gambar ini

Pagi masbro…artikel ringan saja. Pelanggaran lalu lintas, mungkin banyak kita kita jumpai di jalan raya. Mulai melanggar rambu-rambu, kelengkapan kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Nah, “pemandangan” satu ini, sempat terekam, eh, terjepret ding, oleh kamera HP saia. Awalnya, saat ngantar bocah berangkat sekolah seperti biasa. Pas didekat sekolah, anak saia yang sulung ini nyeletuk, “Itu kok orang naik mobil barang/box, kakinya keluar?” Sebenarnya, beberapa saat sebelumnya, sudah sempat saia lihat persis di depan saia, ada sebuah mobil box almunium yang pintu belakangnya sebelah sedikit terbuka, dan ada seorang perempuan duduk di dekat pintu.

Akhirnya, pas kondisi memungkinkan, saia ambil gambar. Seperti ini hasilnya.

box2Mungkin, sering kita menemui kejadian seperti ini. Hanya, kali ini, yang membuat sedikit unik dan bertolak belakang alias kontradiktif, adalah, di sisi pintu belakang, persis di sebelah “penumpang gelap”, ada stiker besar berwarna kuning mencolok yang bertuliskan “DILARANG MENGANGKUT ORANG”

box1Hmm…jelas terbaca kan? Yah, kembali ke perilaku pengguna juga sih, apakah mau mematuhi atau tidak, toh, yang menanggung resiko juga mereka. Sepintas sih, kayaknya ada lebih dari 1 orang didalam box mobil itu, tengok aja, kakinya lebih dari sepasang :lol:, terus juga terlihat, sepertinya penumpang yang dipintu sedang ngobrol dengan orang lain.

Yuk, mulai tertib di jalan mulai dari diri kita sendiri. Keselamatan adalah prioritas, termasuk saia yang juga seringkali berlaku tidak tertib di jalan.

Semoga berguna

Peminat membludak, petugas kewalahan

Pagi masbro…

Semua yang berjudul gratis, entah itu sekedar diskon/potongan harga, keringanan dan semacamnya, pastilah diburu orang. Tak terkecuali tentang pajak. Loh, apaan nih? Ini berkaitan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur tentang pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, alias pembebasan denda. Artikel lengkap ada disini nih

img-20160903-wa0035.jpg Continue reading

Tangguhnya sopir chasis bus/truk ini

Pagi masbro…apa kabar?

Pasti, sudah sering tahu ya, kendaraan roda 4 atau lebih, yang masih telanjang? Maksudnya, masih hanya terdiri dari chasis/sasis/rangka dan mesin saja? Kalau di daerah saia sih, istilahnya mobil chasis. Kebetulan, di Malang, ada beberapa karoseri bus dan truk, sehingga lumayan sering lihat, ini kendaraan wira-wiri di jalanan, malah sering barengan kalo berangkat kerja pagi-pagi.

chasis-trukSeperti yang saia temui beberapa waktu lalu. Rombongan mobil chasis, ada Continue reading