Perlu tahu nih, ada coolant yang perlu dicampur air dan beda perlakuan

Coolant, atau cairan pendingin mesin yang ditampung dalam radiator, kini merupakan barang lumrah pada sepeda motor masa kini. Meski sebagian besar sudah paham soal coolant, namun pada tahu belum, kalau nih cairan ada 2 macam?

Bukan merknya lho ya, namun jenisnya. Yups, meski ada beragam merk coolant, mulai merk bawaan pabrikan hingga merk bebas yang bisa ditebus di bengkel, ternyata jenis coolant ada 2 macam. Yaitu

Continue reading

Aktifkan indikator pintu Kijang Kapsul LGX 2001, perlu biaya IDR 35.000 (part 2)

Pagi masbro..

Melanjutkan prosesi mengaktifkan indikator pintu pada panel spidometer Kijang Kapsul LGX 2001 nih. Usai pasangkan kembali spidometer yang sudah dipasangi lampu tambahan pada indikator pintu, saatnya dicoba. Spidometer terpasang berikut semua soket dan konektor. Tinggal memasangkan catu daya alias power untuk si lampu indikator.

Continue reading

Aktifkan indikator pintu Kijang Kapsul LGX 2001, perlu biaya IDR 35.000 (part 1)

Pagi masbro..

Akhir pekan, memang sangat ditunggu. Waktunya rehat dari bejibunnya kerjaan kantor, bisa kumpul keluarga, santai dan juga, waktu luang untuk hobi utak-atik otomotif. Seperti saia lakoni kapan hari , umeg alias utak-atik jeng Silvy, si ToKiDi Kapsul 2001. Awalnya, iseng mengganti lampu dasbor alias lampu spidometer. Maklum, kendaraan lawas, masih berbekal bohlam kecil yang dilapis karet hijau, supaya nyalanya kehijauan 😆

Saia ganti dengan LED T10,kelirnya gak neko-neko sih, putih saja. Tinggal tancap saja pada soket, ada 3 lampu latar dasbor LGX ini. Dan hasilnya cukup memuaskan, layar spidometer jadi lebih resik dan terang meski tetap analog :mrgreen:

Continue reading

Ini bedanya sanksi tilang, antara tidak punya SIM dan lupa nggak bawa SIM

Pagi masbro..

Razia yang digelar pihak kepolisian secara rutin di jalan, kadang membuat keder alias panik. Terutama nih, yang nggak melengkapi diri dengan surat-surat wajib, antara lain Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) berikut bukti pembayaran pajak kendaraan (PKB)

Nah, terkait SIM, ternyata ada perbedaan sanksi tilang, karena saat razia tidak bisa menunjukkan SIM pada petugas. Yaitu 2 kategori. Nomer 1, memang nggak punya SIM, dan nomer 2, punya SIM namun tidak bisa menunjukkan , entah karena tertinggal atau alasan lain

Continue reading

Lebih manusiawi, himbauan di mobil pick-up ini

Pagi masbro..

Mobil angkutan barang, kalau ukuran agak kecil yaitu pick-up, memang biasa dipakai untuk membawa beragam barang, mulai perabotan, material hingga binatang macam kambing, ayam hingga sapi

Picku-up pengangkut ternak, seperti kambing dan sapiModelnya pun beragam, mulai yang sekedar dipasang pagar besi tambahan sehingga sang muatan bebas tengok kanan-kiri menikmati pemandangan sepanjang jalan hingga yang lebih manusiawi bagi pengguna jalan lain yaitu ditutup lembaran logam.

Kemarin, yang saia jumpai di salah satu ruas jalan raya Malang, adalah sosok Suzuki Futura lawas, yang bak belakang dimodifikasi untuk angkut ternak, yaitu ditutup lembaran plat menyisakan beberapa lubang intip dan lubang nafas, meski sebenarnya bagian atas ya los, terbuka

Desain kanan-kiri-belakang tertutup ini memang bagus, karena nayaman bagi pengguna jalan lain yang mungkin was-was terciprat kotoran atau apapun dari sang hewan ternak muatan. Yang bikin tersenyum adalah stiker besar di pintu belakangnya

Yah, karena tertutup, kadang banyak yang nggak ngeh kalau ada muatan ternak macam kambing atau sapi didalamnya. Yang pasti, kadang di perjalanan bisa saja buang kotoran. Meski di beberapa kendaraan dibuatkan semacam saluran dari lantai bak belakang ke sebuah pipa pembuangan, namun banyak yang nggak. Alhasil, kadang kotoran ternak ya numpuk di lantai bak belakang dan rawan terciprat ke pengendara belakang. Bisa jadi hal itu yang melatar belakangi sang pemilik pasang stiker tersebut, supaya pengendara belakang waspada, jaga jarak atau malah menghindari kendaraan tersebut. Minimal bila memungkinkan, ya disalip, hehehehe

Kalaupun apes, yah, setidaknya sang sopir sudah minta maaf kan? :mrgreen:

Yuk, selalu waspada saat berkendara ya, perhatikan selalu kondisi sekitar

Semoga berguna

Kereta api prioritas utama di jalan raya, dahulukan supaya selamat di jalan

Pagi masbro..

Jalur atau rel kereta api (KA), terutama yang sebidang atau memotong jalan raya, memang sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Yaitu antara kendaraan di jalan raya dengan KA.

Jika mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, lanjutnya, bila terjadi kecelakaan di perlintasan KA yang melibatkan pengguna jalan, dapat dipastikan bahwa kecelakaan itu diawali oleh pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan, bukan operator KA/masinis.

Continue reading

Manajemen emosi saat berkendara

Pagi masbro..

Saat berkendara, terutama nunggang sepeda motor nih, banyak faktor yang berkaitan dengan keselamatan. Mulai dari faktor kondisi sepeda motor, pengendara hingga kondisi jalan.

Dari sisi pengendara pun bisa dibagi 2, fisik dan psikis. Kalau fisik sih jelas. Kelelahan, hingga kurang bisa mengontrol anggota badan adalah contohnya. Demikian pula dengan mata minus yang memerlukan kacamata spesial, agar bisa maksimal penglihatan di jalan

Continue reading

Goyang tangki saat isi BBM, mitos atau fakta?

Pagi masbro..

Buat bikers lansiran tahun 70-80an, pasti sudah lumayan banyak makan asam garam jalanan. Maksudnya, pengalaman berkendara alias jam riding pasti cukup tinggi. Pengalaman berkendara, ilmu dan cerita juga sudah pasti banyak tersimpan.

Pasti kenal dengan istilah goyang tangki saat isi bensin? Yaitu menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi BBM yang kata orang-orang dulu, supaya bahan bakar bisa masuk maksimal ke tangki?

Kebiasaan ini kerap dilakukan oleh pengemudi yang sedang mengisi bahan bakar dengan tujuan tidak ada udara yang terperangkap sehingga pengisian bensin bisa lebih maksimal. Nggak peduli kendaraan mobil atau sepeda motor, bensin-solar dan segala macam jenis bahan bakar.

Continue reading

Operasi senyap Satlantas Polres Malang Kota, rilis mobil INCAR

Pagi masbro..

Di awal tahun 2022 ini, ada gebrakan baru dari kepolisian Malang Kota. Polresta Malang Kota, melancarkan operasi senyap untuk para pelanggar lalu lintas. Weleh, operasi senyap??

Yes, tanpa menggelar operasi rutin dengan mobil dan aparat beratribut serta kelengkapan lainnya, namun mengandalkan teknologi kamera, mampu menjaring para pelanggar lalu lintas. Adalah mobil INCAR, armada terbaru spesial dari Polresta Malang Kota yang mampu menangkap basah para pelanggar. Nama resminya adalah mobil yang dilengkapi Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR)

Continue reading

Ini penjelasan ala matematis sederhana, betapa bahayanya microsleep

Pagi masbro..

Istilah microsleep beberapa waktu belakangan makin mengemuka. Begitu banyak kecelakaan yang disinyalir karena microsleep ini, karena nyaris tak dirasakan oleh pengendara. Perasaan maksruutt..berkedip sekejap, tahu-tahu, kendaraan sudah pindah jalur.

Pernah ngalami sendiri, sekitar tahun 2000 awal, ketika turing berempat ke Bali. Memang terasa sudah ngantuk banget, saia paksakan karena boncenger juga ngantuk dan capek. Perasaan mata kayak berkedip rada lama sekitar 1-2 detik, tahu-tahu motor sudah pindah jalur, yang kebetulan jalur ada 4 lajur. Macam menyeberang, dan baru tersadar ketika diklakson teman di motor belakang. Langsung deh, berhenti di tepi jalan, lalu matikan motor dan turun lanjut duduk manis sambil ngos-ngosan. Bersyukur banget, lalu lintas sangat sepi, kalau misal ada kendaraan lain, waduh…

Saia dapat bacaan tempo hari, dan secara sederhana, sangat masuk akal saia yang minim soal hitungan 😆 Ada perhitungan sains sederhana, yaitu secara matematis tentang microsleep ini

Continue reading