Kenapa sih, ban serep mobil ada yang ukurannya mungil?

Pagi masbro..

Ban serep, alias ban cadangan, memang mutlak tersedia dalam setiap kendaraan roda 4 atau lebih. Dari pihak pabrikan sendiri memang menyediakan ban cadangan, termasuk ruang penyimpanan dan peralatan untuk melakukan penggantian ban mobil

Meski berbeda-beda lokasi penyimpanan ban serep, entah itu di belakang, depan atau bawah mobil, keberadaan ban serep harus dalam kondisi fit, alias siap pakai, dalam artian nggak kempes, tipis atau keadaan lain. Nah, pada beberapa kendaraan, ternyata ukuran ban serep ini lebih kecil ketimbang 4 roda lain yang terpasang. Wah, kesalahan pabrikan atau pemilik nih??

Continue reading

Kirain ada apaan, ternyata kreatif gunakan pickup

Pagi masbro..

Lama nih gak post artikel seputar jalan raya ya? Kali ini saia share penampakan sosok mobil pickup bak terbuka yang dengan pedenya “nongkrong” di tengah jalan, pas pertigaan TL Garuda, Singosari – Malang

Lhaaa, ngapain itu pickup disitu? Ditengah-tengah pula, pake nyalain lampu hazzard??

Continue reading

Jangan asal cat nopol jadi putih, ini faktanya

Pagi masbro..

Diberitakan beberapa waktu lalu terkait pergantian nopol menjadi warna dasar putih nih. Ada statemen dari pejabat kepolisian, bahawa meskipun belum dapat nopol baru warna putih, pemilik kendaraan boleh mengganti sendiri plat nopol dengan dasar warna putih, sebagaimana ketentuan terbaru dari kepolisian. Malah pernah saia tulis nih, disini

Salah satunya, statemen Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin yang mengatakan masyarakat bisa mengganti pelat kendaraanya dari warna hitam menjadi putih tanpa menunggu masa berlaku tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) habis.
“Boleh boleh saja dan sah-sah saja silahkan nanti masyarakat membawa STNK-nya ke kantor Samsat terdekat, untuk minta diganti TNKB-nya menjadi warna dasar putih karena itu inisiatifnya dari masyarakat sendiri pemilik kendaraan sendiri,” (24/1/2022).

Nah, update terkini dari pihak berwajib, hal itu ternyata nggak diperkenankan masbro…

Continue reading

Tips menyalip dengan aman

Pagi masbro..

Menyalip, atau mendahului kendaraan lain pasti pernah kita lakukan. Nah, dilakukan secara aman nggak tuh? Karena, bila nggak, gerakan kendaraan kita saat menyalip berpotensi membayakan diri sendiri dan orang lain

Saia bakal berbagi beberapa tips ringan saat hendak menyalip kendaraan lain

Continue reading

Salah paham selama ini soal “E” pada indikator BBM

Pagi masbro..

Indikator BBM, pasti terpasang pada semua kendaraan. Yang jamak sih, pasti ada di panel dasbor, menyatu dengan panel spidometer dan kawan-kawannya

Nah, pada indikator BBM, khususnya model manual/jarum, pasti berupa kotak, dengan jarum/panah yang bergerak serta huruf “E” dan huruf “F”. Kalau F, pasti sudah pada paham, kalau artinya Fenuh, eh… Full 😆 Maksudnya, bahan bakar penuh terisi pada tangki. Kalau “E” ?

Continue reading

Mitsubishi Pajero mini, bikin nyengir

Pagi masbro..

Buat anak jaman now, paling memang tahunya Pajero, ya bentuk wujud mobil gagah dan sangar. Gede, tinggi dan besar, ya seri Pajero Sport atawa Dakar

Namun, Mitsubishi pernah lho ngeluarkan seri Pajero Mini. Aseli, memang mini karena bentuknya lebih kecil ketimbang kakaknya yang kita kenal. Yups, bisa diibaratkan versi bonsai nih, hehehhehe..

Continue reading

Pasang lampu tambahan LED 3 lensa di Jeng Silvy

Pagi masbro..

Toyota Kijang Kapsul, seri LGX memang sudah dilengkapi dengan lampu tambahan. Yaitu lampu kabut alias foglamp pada bumper depan. Termasuk jeng Silvy, Tokidi LGX lansiran 2001 gerobak keluarga saia

Foglamp bawaan, entah kenapa, memang nggak begitu terang dan fokus. Padahal, refelktor serta casing berikut bohlam, masih bawaan asli, oririnal. Meski statusnya memang hanya lampu tambahan, namun kalau kurang optimal, nggak sreg juga yee khann. Kepingin jajal oprek pasang projie alias projector LED, hwaduuu…masih ngerii harganya. Maklum, kantong cekak :mrgreen: Alhasil, solusi kilat adalah pasang lampu tambahan. Dan pilihan jatuh kepada

Continue reading

Gak sabar pakai nopol versi baru? Diganti warna sendiri boleh tuh

Pagi masbro..

Kepolisian Republik Indonesia, telah menetapkan Peraturan Kapolri No 5 tahun 2012 tentang perubahan warna pelat dan ketentuan warna pelat nopol versi baru, yaitu warna putih tulisan hitam diatur dalam Peraturan Polisi nomor 7 tahun 2021.

Diberlakukan secara resmi pada awal tahun 2022, meskipun secara prakteknya sih, beberapa daerah baru mulai eksekusi pada pertengahan tahun ini.

Dilihat sih, emang lebih asyik nih model nopol. Asyik karena warna dasar putih ditimpa warna angka hitam sehingga mirip-mirip di luar negeri. Dan ternyata, memang lebih mudah terbaca, yang merupakan tujuannya..gampang terbaca kamera tilang tuh 😆

Untuk awalan, secara bertahap akan diprioritaskan pada nasabah, eh, pemilik kendaraan yang sudah waktunya 5 tahunan, alias cetak nopol baru. Buat yang masih dapat versi hitam di awal tahun 2022 ini dan kebelet ganti juga, ternyata dibolehkan lho

Continue reading

Mudah perbaiki sendiri switch power window macet, Rexco 18 contact cleaner

Pagi masbro..

Punya kendaraan mobil yang berumur, memang banyak suka dukanya. Maklum, dengan usia pakai cukup lama, pasti ada saja onderdil yang entah aus, rusak atau sekedar kotor. Salah satunya, tombol power window alias tombol penaik-turun kaca jendela pada Kijang Kapsul lansiran 2001

Beberapa waktu lalu, tombol power window untuk jendela sisi depan kiri dan belakang sering rewel. Kadang normal, kadang hanya bisa menutup tanpa bisa dibuka/diturunkan. Akhirnya, saia preteli unit switch dan cari masalahnya. Langkahnya memang nggak segampang kelihatannya 😆

Continue reading

Kenapa sih doyan panteng lampu jauh?

Pagi masbro..

Persoalan lampu depan yang ini memang nggak ada habisnya. Berkali-kali dibahas di berbagai platform segala macam, tetap saja nyaris setiap berkendara, kita berjumpa dengan makhluk yang doyan manteng lampu jauh

Pabrikan, menyediakan tombol di semua kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor untuk merubah arah sorotan lampu depan berdasar kebutuhan. Ingat, KEBUTUHAN

Continue reading