Aneka posisi roda mobil saat parkir, beda jalan beda posisi

Pagi masbro..

Buat pemilik kendaraan roda 4, parkir adalah hal biasa. Yaitu menghentikan kendaraan dalam jangka waktu tertentu. Gampangnya sih, berhenti pada posisi aman, luruskan roda, netralkan persneling (pada mobil manual) , pasang handbrake alias rem tangan lalu matikan mesin. Beres

Ternyata, ada beberapa macam posisi roda mobil saat parkir. Tergantung pada tipe dan kondisi jalan yang dipakai saat parkir, dan ini ada maksud serta tujuannya. Apa saja nih? Yuk diulik satu persatu Continue reading

Advertisements

Temani pemudik, Bale Santai Honda 2019 hadir kembali di Jawa Timur. Catet lokasinya ya

Pagi masbro..

Bulan Ramadhan sudah berjalan beberapa waktu, dan hari raya Idul Fitri sudah tidak lama lagi. Seperti biasa, buat yang bekerja di luar kota, bakal kembali menjalankan ritual mudik, pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan sanak saudara di tempat asal.

Agenda  pulang kampung ini, biasa disebut mudik di tanah air, sudah hampir jadi tradisi.Maklum, libur lumayan panjang pada hari raya, paling pas dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga. Buat yang jarak kota asal nggak terlalu jauh, pilihan mudik dengan sepeda motor adalah yang efisien. Ringkas, hemat dan bahkan bisa enjoy menikmati perjalanan. Asal nggak dibebani muatan berlebihan, yang ujungnya berbahaya.

Nah, buat yang domisili Jawa Timur dan melewati jalur mudik di Jatim, bisa nih memanfaatkan posko mudik Honda, yang sudah jadi agenda rutin. Yaitu Bale Sante Honda (BSH). Seperti biasa, seperti tahun-tahun sebelumnya, ada banyak BSH yang didirikan di jalur mudik di pulau Jawa. Khusus Jawa Timur, PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT kembali menemani pemudik melalui program Bale Santai Honda (BSH) 2019. BSH tahun ini dimulai Continue reading

Terlena Tol Malang – Pandaan, Subaru kehilangan kontrol. Kecelakaan pertama Tol Mapan

Pagi masbro..

Jalan Tol Malang – Pandaan, memang sudah rampung sebagian. Yaitu seksi 1-3, yang membentang mulai Pandaan hingga Karanglo – Singosari. Tol baru ini, bahkan sudah diresmikan presiden pada Senin 13/5/2019. Meski sudah dibuka untuk lalu lintas arah Malang – Pandaan dan sebaliknya, jalur menuju Pakis dan kota Malang yang merupakan seksi 4 dan 5 belum rampung, dan rencananya bakal berfungsi penuh pada akhir tahun 2019 ini

Usai diresmikan, per Selasa 14/5/2019, tol Mapan, demikian biasa disingkat, bisa dilalui pengguna jalan, yaitu kendaraan roda 4 atau lebih secara gratis. Wakk? Gratis? Ho-oh, gratis nih selama masa ujicoba dan arus mudik Lebaran 2019. Makanya, antusias warga yang ingin menjajal tol baru ini memang warbiyazah. Jalan tol baru, mulus, dan disuguhkan pemandangan indah pula. Kayaknya, jadi salah satu jalan tol dengan view terindah di Jawa deh

Namun, dibalik semua yang disuguhkan, jangan sampai terlena. Nyaman, kadang membuat orang tak sadar. Demikian pula dengan Mr X, pengendara Subaru Continue reading

Microsleep, sepele tapi ruar biasa efeknya

Pagi masbro..

Buat yang demen jalan jauh, yah macam touring, baik pakai mobil atau sepeda motor nih. Pernah nggak mengalami situasi di mana pas lagi sedang berkendara tiba-tiba terlelap? Hanya seketika. Hanya beberapa detik.

Tiba-tiba nih, truk yang pada mulanya masih jauh jaraknya tiba tiba berada di depan mata. Padahal, kayaknya nih, perasaan, mata cuma berkedip atau merem sesaat, tapi kok ternyata perubahan di sekitar cepat banget ya??

Yups, itulah MICROSLEEP. Microsleep, adalah Continue reading

Tahu nggak, ternyata ini arti nama Kijang, legendaris lansiran Toyota berikut semua versinya

Pagi masbro..

Pasti sudah nggak asing lagi sama nama ‘Kijang’ kan? Ya, salah satu mobil lansiran Toyota yang sudah jalan beberapa generasi. Toyota Kijang, yang kini popolaritasnya masih nggak kalah pamor dengan si Avanza, yang lebih imut.

Toyota, pabrikan asal Jepang ini,  amat sangat menancapkan imej-nya di aspal Indonesia, dan ini dimulai sejak lama. Salah satu caranya ternyata sederhana, untuk bisa masuk dan dikenal masyarakat luas. Yaitu dengan mengenalkan produk mobil yang diklaim punya citarasa khas Indonesia. Produk yang pertama meledak adalah Kijang. Terkait nama ini, jangan salah ya masbro, Kijang, memang merujuk pada nama hewan rusa, yang bernama lain kijang dengan beberapa perbedaan fisik di negara kita, Indonesia. Tapi, usut punya Continue reading

Cariaman, jaga jarak saat di belakang kendaraan besar

Pagi masbro..

Saat berkendara di jalanan, beragam model, tipe dan ukuran kendaraan bercampur menjadi satu. Padat karena sama-sama berbarengan memanfaatkan jalan raya untuk menjalankan aktifitas masing-masing.

Secara umum sih, mobil dan motor bisa dianggap punya ukuran lebih kecil daripada kendaraan lain macam truk dan bus yang jelas gede-gede fisiknya. Maka wajar, kadang terjadi , kendaraan kecil terutama sepeda motor nih,  luput dari pantauan sopir kendaraan besar. Pandangan terbatas adalah salah satu faktornya. Makin riskan, kala melintasi jalan yang kurang bagus atau medan tanjakan serta turunan.

Perlu antisipasi khusus nih, buat sepeda motor saat berbarengan dengan kendaraan besar. Selain berupaya memposisikan pada wilayah bukan blind spot sopir truk dan bus, menjaga jarak aman adalah hal mutlak. Fungsinya banyak dari jaga jarak aman ini. Antara lain : Continue reading

Perbaiki sendiri tombol power window ngadat

Pagi masbro..

Mobil lawas, ya nggak lawas banget sih, usia pakai di rentang 10-20 tahunan, memang sudah pasti butuh perawatan dan perhatian lebih. Usia dan jam terbang , pasti membuat beberapa suku cadang rentan rusak. Kalau soal kaki-kaki, pasti deh sudah ada yang pada diganti. Kelistrikan, kemungkinan besar sih, selama standaran, bisa dibilang jarang rewel. Termasuk Toyota Kijang LGX 2001 diesel yang dinas di rumah

Beberapa waktu belakangan ini, tombol pembuka kaca pintu depan sebelah kiri, alias power window, sering nggak berfungsi. Yaitu saat diakses dari panel sopir. Kalau akses dari pintu depan kiri sih, nggak ada masalah, baik membuka/turun ataupun menutup/naik. Penasaran, karena saia membatin, paling nih, hanya saklarnya saja yang bermasalah , akhirnya saia coba bongkar sendiri pas libur.

Panel di sisi sopir, menyatu dengan sandaran tangan, menempel pada doortrim. Melepasnya, cukup dengan membuka 3 sekrup (+) dengan obeng (+) yang rada gede.

Continue reading

Bus Halokes lansiran Pemkot Malang, upaya nyata fungsi ganda. Simak jadwal dan tikumnya

Pagi masbro..

Kota Malang, yang terus berkembang dengan segala realitanya, adalah kota terbesar nomor 2 di Jawa Timur.

gambar : halomalang

Problematika khas kota besar pada umumnya, yaitu kemacetan tak luput, singgah di kota dingin ini. Wajar sih, karena pengguna jalan, terutama kendaraannya, terus bertambah. Lha sementara, lebar dan ruas jalan yang ada, nyaris nggak mengalami pertambahan yang signifikan. Sehari saja, puluhan motor dan mobil baru berseliweran di jalanan kota Malang. Gimana nggak macet coba??

Selain pekerja, dominasi pelajar yang menggunakan kendaraan pribadi turut menyumbang tingkat kemacetan. Apalagi pas pagi jam mendekati masuk sekolah dan masuk kerja, byuh…jarak 18 km bisa ditempuh dalam satu jam. Ngelu…

Ada langkah kongkrit nih, dari Continue reading

Capek dan ngantuk memang wajib istirahat, balada sopir chasis

Pagi masbro..

Himbauan dan peringatan keselamatan saat berkendara memang terus gencar dilakukan. Salah satunya, saat capek atau lelah saat mengemudi, yang bila diabaikan bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Efek lanjutan saat capek namun memaksakan terus lanjut mengemudi, biasanya adalah kehilangan konsentrasi dan mengantuk. Begitu gejala ini mulai terasa,  menepi dan beristirahat adlaah pilihan paling bijak. hal inilah yang saia temui di jalan tempo hari. Ada rombongan iring-iringan mobil chasis. Tahu kan, benda yang masih berupa sasis/rangka mobil/truk namun sudah bermesin dan ada kabinnya? Biasanya, dari pabrik perakitan truk/bus, sasis ini dikirim ke perusahaan karoseri untuk dipasangkan bodi bus ataupun truk. Pernah saia ulas disini

Sopir chasis ini, terus terang, saia acungi jempol deh. Bayangkan, mengemudikan kendaraan besar tanpa perlindungan memadai. Lha gimana nggak, wong belum ada bodi, kabin dan kaca depan. Alhasil, pengemudi berlaku ala bikers nih, menggunakan perlengkapan ala berkendara sepeda motor. Mulai celana panjang, sepatu, jaket tebal dan tak lupa, helm. Diterpa angin super kencang dalam perjalanan, debu dan kerikil plus konsentrasi ekstra karena bodi kendaraan yang relatif besar, merupakan hambatan dalam perjalanan panjang. Belum lagi bila ketemu hujan deras, brrrr…

Lagi-lagi bertemu dengan sopir chasis ini di wilayah masuk Malang. Menepi dengan kondisi mesin mati dan lampu hazzard menyala. Ada 3 unit yang beriringan, dan sempat saia lihat, salah satu sopir terdepan tertelungkup di setir.

Continue reading

Sejarah hadirnya lampu lalu lintas alias traffic light

Pagi masbro..

Lampu lalu lintas, atau traffic light memang sangat penting keberadaan  dan fungsinya bagi semua pengguna jalan. Nggak hanya pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor, tapi juga pejalan kaki.

Meski sering disepelekan dan bahkan sering diabaikan (padahal akibatnya fatal), nggak dipungkiri, 1 set lampu yang punya warna merah-kuning-hijau ini adalah penentu kelancaran lalu lintas. Btw, tahu nggak, mulai kapan sih ada yang namanya lampu lalu lintas alias TL?

Ternyata, masalah lalu lintas, sudah ada di jalanan sejak jaman belum ditemukannya kendaraan bermotor. Weleh, lama banget ya ternyata?? Yups, Continue reading