Polisi tidur, ini aturan baku dan resminya

Pagi masbro..

Sudah pada ngeh kan, yang namanya ‘polisi tidur’ ? Itu lho, perangkat berbentuk gundukan, yang berfungsi untuk  mengingatkan pengendara jalan agar tidak terlalu cepat mengendarai kendaraannya. Kalau bahasa asingnya speedbump. Menurut standart internasional, ada 3 macam poldur. Yaitu speedbump, speedhump, dan speedtable.

Kalau di negeri kita sih, yang umum ya hanya 1 macam saja, speedbump.  Secara fungsi sih, sebenarnya sama, yaitu Continue reading

Advertisements

Kenapa nggak boleh parkir di atas jembatan? Ini penjelasannya

Pagi masbro..

Bahas soal jembatan nih. Kita wira-wiri, riding tiap hari pasti deh, melewati yang namanya jembatan. Pernah nggak, masbro memperhatikan, kalau di beberapa jembatan, terpasang rambu dilarang parkir atau dilarang berhenti diatas jembatan?

Di Malang, bahkan larangan parkir di jembatan ini, sudah ditindak tegas. Nggak hanya tilang, diimbuhi dengan tindakan radaekstrim malahan. Polres setempat bareng Dishub Pemkot Malang, menggembosi ban mobil yang masih nekat parkir di jembatan jalan protokol kota Malang. Artikelnya pernah saia tulis disini nih

Lha emang, kenapa kok nggak boleh parkir atau berhenti di jembatan sih?? Nih, saia kasih penjelasan singkatnya yak. . Continue reading

Lampu rotator, yang dulu tenar dan digusur strobo

Pagi masbro..

Pasti sudah nggak asing dengan istilah judul diatas. Lampu rotator, lampu strobo dan sejenisnya. Lampu yang sebetulnya, khusus diperuntukkan bagi kendaraan tertentu yang punya maksud dan tujuan sebagai sinyal dan tanda khusus.

Kali ini nggak bahas kendaraan yang halal atau haram pakai lampu rotator atau strobo, tapi lebih ke operasionalnya. Yups, nama lampu rotator merupakan nama resmi berdasar dari sistem lampu sinyal ini. Sistemnya, sederhana banget. Yaitu memakai Continue reading

Tekan lakalantas di Tol Malang – Pandaan, speedgun dan tilang diterapkan

Pagi masbro..

Jalan tol, atau jalan bebas hambatan, sudah lama dianggap jalan yang benar-benar bebas hambatan. Karena berbayar, kondisi jalan yang relatif lebih mulus dan nyaman, penggunanya kadang jadi merasa ‘bebas’. Ya bebas mengekplorasi mesin mobil masing-masing, alias ngebut.

Padahal , di tiap ruas jalan tol, sudah terpasang rambu-rambu peringatan. Tertera, berapa kecepatan maksimal yang diperkenankan, dan juga berapa kecepatan minimal yang harus dipatuhi pengemudi saat mengendarai kendaraannya. Termasuk jalur tol Malang – Pandaan, atau tol Mapan/Pamal, yang terhitung baru. Terjadinya beberapa kasus kecelakaan, yang salah satu penyebabnya adalah soal kecepatan, membuat kepolisian setempat, dalam hal ini Polres Malang, mengambil tindakan. Yaitu memantau kecepatan pengguna jalan di tol Mapan ini.

Disiagakan, Continue reading

Mengenal rambu secara mudah, salah satu cara #cari_aman di jalan

Pagi masbro..

Rambu-rambu yang sering kita temui di jalan, dibuat dan dipasang oleh instansi terkait, adalah sebagai petunju, peringatan serta larangan tertentu bagi semua pengguna jalan, sesuai keadaan di lokasi. Yang jelas, ya sesuai dengan gambar, tulisan atau keterangan yang tertera pada rambu tersebut

Kadang, saat kita riding ke tempat lain, entah beda provinsi atau beda daerah, kadang nggak paham dengan rambu yang terpasang di daerah tujuan. Padahal, sebenarnya, selama masih di negeri tercinta ini, semua rambu sama pada dasarnya. Alhasil, terjadi deh pelanggaran lalu lintas yang akibatnya macam-macam. Mulai kena tilang kepolisian hingga yang fatal, terjadinya kecelakaan. Nah, biar gampang, ada triknya nih mengenal rambu. Yukk..

Paling Continue reading

Aneka posisi roda mobil saat parkir, beda jalan beda posisi

Pagi masbro..

Buat pemilik kendaraan roda 4, parkir adalah hal biasa. Yaitu menghentikan kendaraan dalam jangka waktu tertentu. Gampangnya sih, berhenti pada posisi aman, luruskan roda, netralkan persneling (pada mobil manual) , pasang handbrake alias rem tangan lalu matikan mesin. Beres

Ternyata, ada beberapa macam posisi roda mobil saat parkir. Tergantung pada tipe dan kondisi jalan yang dipakai saat parkir, dan ini ada maksud serta tujuannya. Apa saja nih? Yuk diulik satu persatu Continue reading

Temani pemudik, Bale Santai Honda 2019 hadir kembali di Jawa Timur. Catet lokasinya ya

Pagi masbro..

Bulan Ramadhan sudah berjalan beberapa waktu, dan hari raya Idul Fitri sudah tidak lama lagi. Seperti biasa, buat yang bekerja di luar kota, bakal kembali menjalankan ritual mudik, pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan sanak saudara di tempat asal.

Agenda  pulang kampung ini, biasa disebut mudik di tanah air, sudah hampir jadi tradisi.Maklum, libur lumayan panjang pada hari raya, paling pas dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga. Buat yang jarak kota asal nggak terlalu jauh, pilihan mudik dengan sepeda motor adalah yang efisien. Ringkas, hemat dan bahkan bisa enjoy menikmati perjalanan. Asal nggak dibebani muatan berlebihan, yang ujungnya berbahaya.

Nah, buat yang domisili Jawa Timur dan melewati jalur mudik di Jatim, bisa nih memanfaatkan posko mudik Honda, yang sudah jadi agenda rutin. Yaitu Bale Sante Honda (BSH). Seperti biasa, seperti tahun-tahun sebelumnya, ada banyak BSH yang didirikan di jalur mudik di pulau Jawa. Khusus Jawa Timur, PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT kembali menemani pemudik melalui program Bale Santai Honda (BSH) 2019. BSH tahun ini dimulai Continue reading

Terlena Tol Malang – Pandaan, Subaru kehilangan kontrol. Kecelakaan pertama Tol Mapan

Pagi masbro..

Jalan Tol Malang – Pandaan, memang sudah rampung sebagian. Yaitu seksi 1-3, yang membentang mulai Pandaan hingga Karanglo – Singosari. Tol baru ini, bahkan sudah diresmikan presiden pada Senin 13/5/2019. Meski sudah dibuka untuk lalu lintas arah Malang – Pandaan dan sebaliknya, jalur menuju Pakis dan kota Malang yang merupakan seksi 4 dan 5 belum rampung, dan rencananya bakal berfungsi penuh pada akhir tahun 2019 ini

Usai diresmikan, per Selasa 14/5/2019, tol Mapan, demikian biasa disingkat, bisa dilalui pengguna jalan, yaitu kendaraan roda 4 atau lebih secara gratis. Wakk? Gratis? Ho-oh, gratis nih selama masa ujicoba dan arus mudik Lebaran 2019. Makanya, antusias warga yang ingin menjajal tol baru ini memang warbiyazah. Jalan tol baru, mulus, dan disuguhkan pemandangan indah pula. Kayaknya, jadi salah satu jalan tol dengan view terindah di Jawa deh

Namun, dibalik semua yang disuguhkan, jangan sampai terlena. Nyaman, kadang membuat orang tak sadar. Demikian pula dengan Mr X, pengendara Subaru Continue reading

Microsleep, sepele tapi ruar biasa efeknya

Pagi masbro..

Buat yang demen jalan jauh, yah macam touring, baik pakai mobil atau sepeda motor nih. Pernah nggak mengalami situasi di mana pas lagi sedang berkendara tiba-tiba terlelap? Hanya seketika. Hanya beberapa detik.

Tiba-tiba nih, truk yang pada mulanya masih jauh jaraknya tiba tiba berada di depan mata. Padahal, kayaknya nih, perasaan, mata cuma berkedip atau merem sesaat, tapi kok ternyata perubahan di sekitar cepat banget ya??

Yups, itulah MICROSLEEP. Microsleep, adalah Continue reading

Tahu nggak, ternyata ini arti nama Kijang, legendaris lansiran Toyota berikut semua versinya

Pagi masbro..

Pasti sudah nggak asing lagi sama nama ‘Kijang’ kan? Ya, salah satu mobil lansiran Toyota yang sudah jalan beberapa generasi. Toyota Kijang, yang kini popolaritasnya masih nggak kalah pamor dengan si Avanza, yang lebih imut.

Toyota, pabrikan asal Jepang ini,  amat sangat menancapkan imej-nya di aspal Indonesia, dan ini dimulai sejak lama. Salah satu caranya ternyata sederhana, untuk bisa masuk dan dikenal masyarakat luas. Yaitu dengan mengenalkan produk mobil yang diklaim punya citarasa khas Indonesia. Produk yang pertama meledak adalah Kijang. Terkait nama ini, jangan salah ya masbro, Kijang, memang merujuk pada nama hewan rusa, yang bernama lain kijang dengan beberapa perbedaan fisik di negara kita, Indonesia. Tapi, usut punya Continue reading