Rem cakram blong saat panas? Ini asal muasalnya

Pagi masbro..

Rem, merupakan salah satu perangkat yang sangat vital pada kendaraan, baik sepeda motor maupun kendaraan beroda lebih dari 3. Bisa menyangkut nyawa nih, persoalan tentang rem. Buat apa coba motor sekenceng apapun kalau ternyata rem-nya nggak berfungsi? Masa iya mau pakai rem tembok? Maksudnya, kudu ditabrakin tembok baru berhenti? Serem ih..

Sudah sering banget kan dengar kejadian kecelakaan akibat rem blong? Alias rem sama sekali nggak berfungsi untuk menghentikan roda? Penyebab rem blong memang beragam masbro. Pada rem cakram, sebagaimana rem pada kendaraan modern, rem tidak berfungsi bisa karena macet, kotor, selang terjepit, dan karena kelewat panas. Yuk kita ulas penyebab karena panas.

Rem cakram, Continue reading

Advertisements

Tekiro, perkakas terpercaya yang kudu kamu punya bro

Pagi masbro..

Brand alias merk Tekiro, memang sudah nggak asing lagi. Ada yang belum tahu? Wehehehehehe, kayaknya ketinggalan deh.  Tekiro, merupakan merk produk  perkakas terpercaya yang memiliki varian produk terlengkap untuk semua pengguna mulai dari peralatan untuk industri, otomotif, rumah tangga hingga peralatan pertukangan. Komplit kan? Nggak hanya otomotif lho masbro..

Kalau buat kita, bikers dan penikmat otomotif, sudah banyak sekali produk Tekiro yang bisa kita pergunakan. Baik untuk sekedar tools yang kita bawa sehari-hari di motor, atau juga mau buat bongkar-bongkar motor di rumah. Mulai beragam jenis dan ukuran obeng/screw , Continue reading

Cermati seragam Jukir di Surabaya, beda peruntukan beda tarifnya

Pagi masbro

Pemerintah Kota Surabaya , melalui akun media sosial Dinas Perhubungan setempat, memberikan sosialiasi kepada masyarakat tentang adanya ragam rompi jukir (juru parkir) yang ada di wilayah kota Surabaya berikut semua perbedaan warna dan identitasnya. Karena ternyata , perbedaan dari 5 jenis rompi jukir tersebut juga berpengaruh pada besaran tarif parkir yang dikenakan. Nah lo..

Yuk, kita bahas detail satu persatu Continue reading

Rexco 50, Pelumas serbaguna yang tak hanya melumasi

Pagi masbro..

Dalam aktifitas sehari-hari, pasti nggak bisa lepas nih sama yang berbau-bau teknis. Nggak usah lah soal teknologi yang terlalu canggih. Kita keluar masuk rumah saja, ada teknis kok. Tuh, engsel pintu 😆 Belum lagi naik motor, tuh ada gerakan perpaduan harmonis teknis rantai dan gir yang memutar roda mengantar kita ke tempat tujuan. Belum lagi putaran selongsong gas yang bisa kita sesuaikan mau putar dalam-dalam atau pelan saja. Semuanya, berbau teknis dan berkaitan dengan gesekan antar komponen

Gesekan, menurut hukum fisika dan pelajaran IPA yang dulu kita dapat di sekolah, akan menghambat pergerakan suatu benda. Semakin kasar permukaan, yang dikarenakan berbagai sebab misal kotoran dan sejenisnya, maka akan mengurangi kecepatan pergerakan. Demikian pula polusi suara yang dihasilkan, akan berbanding lurus dengan gesekan. Makin besar gesekan, suara yang ditimbulkan semakin keras. Selain efek mengurangi kecepatan pergerakan dan polusi suara, hal negatif lain adalah kerusakan pada bidang yang bergesek akan lebih cepat terjadi, alias keausan.

Paling gampang, simak saja Continue reading

Cermat pasar, Wuling siapkan Confero S Ambulance

Pagi masbro..

Sudah lama nih nggak bahas roda 4 alias mobil. Kali ini, masih bahas salah satu merk anyar yang terbilang sukses menggoyang pasar low MPV. Apalagi kalau bukan Wuling.

Setelah merilis Wuling Confero dan terbaru, Wuling Cortez, meskipun belum sempat saia melakukan test drive secara puas, kini juga tersedia versi ambulance dari Wuling Confero. Weleh..Versi ambulans ini, merupakan unit custom yang ditawarkan Wuling, untuk mengakomodir Continue reading

Pasang nopol dibalik visor/windshield? Bakal ditilang lho

Pagi masbro..

Pabrikan sepeda motor di tanah air, semuanya memproduksi dan juga menjual sepeda motornya dengan terpasang semua kelengkapan yang disyaratkan oleh kepolisian. Wajib nih hukumnya, terpasang lampu depan belakang, lampu sein, spion, rem dan kelengkapan lainnya, termasuk nomor polisi disingkat nopol. Dudukan nopol di beragam sepeda motor yang beredar di tanah air juga bermacam-macam letaknya, tergantung model si motor. Yang jelas,  nopol HARUS terpasang pada sisi depan dan belakang dari kendaraan.Kebanyakan sih, kalau nopol belakang terpasang dudukan yang ada di sepatbor belakang. sedangkan nopol depan dudukannya ada dibawah lampu depan, meski ada juga motor tertentu yang letak dudukannya justru diatas lampu depan. Sebagai contoh, varian motor trail. Demikian pula motor sport berfairing, kebanyakan dudukan nopol ada menempel pada visor/windshield yang posisinya diatas lampu depan. Tengok deh Yamaha R15 VVA ini

Dudukan nopol Continue reading

Penasaran, tarif plat nopol cantik? Simak deh berikut ini

Pagi masbro..

Buat kita penikmat, eh, pengguna kendaraan bermotor yang tentunya hampir tiap hari wira-wiri dan ngider di jalanan, pasti sudah ngeh dan sering ketemu dengan kendaraan yang nopol/nomor polisinya ‘cantik’. Arti kata cantik disini, selain angkanya bisa dipilih sesuai selera, sehingga mempercantik kendaraan, kadang kombinasi angka pada nopol juga bisa terbaca sebagai huruf. Contoh kayak gini nih..

Pasti menarik perhatian kan? Apalagi bila memang sesuai dengan identitas pemilik kendaraan. Misal nih, nama pemilik Baby Margaretha. Eits, ini contoh lho. Nopol cantiknya bisa pilih B 4 BY. Nah, asyik kan? Sebab, nopol cantik alias nopol pilihan ini, nggak hanya bisa pilih angkanya saja. Huruf di belakang sendiri, yang biasanya merupakan kode wilayah tertentu juga bisa dipilih.

Ternyata, untuk bisa mendapatkan nopol pilihan ini, Continue reading

Pemutihan pajak kendaraan bermotor Jawa Timur 2017 digelar

Pagi masbro..

Ada kabar dan berita gembira nih. Untuk pemilik kendaraan bermotor baik mobil/R4 maupun sepeda motor/R2 yang kebetulan pajaknya mati, telat bayar pajak, mau mutasi atau balik nama, Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali memberikan kemudahan. Apaan tuh?

Yaitu, digelarnya lagi agenda rutin tahunan “Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jawa Timur”. Program ini, memfasilitasi para pemilik kendaraan bermotor yang mengalami masalah dengan surat-surat kendaraan, terutama terkait pajak kendaraan (PKB), asal nggak hilang aja ya surat kendaraannya :mrgreen: Continue reading

Kepingin strobo dan TOA murah? Sekarang saatnya

Pagi masbro..

‘Wabah’ penggunaan lampu strobo, lampu rotator dan kawan-kawannya termasuk sirine TOA dan sebangsanya, memang masih marak. Jadi miris juga nih, kenapa masih ada yang banyak pakai meskipun tahu bahwa itu bukan peruntukkannya??

Nah, pihak kepolisian , lama-lama risih juga rupanya. Berkali-kali dihimbau bahkan juga dilakukan razia serta tindakan tilang, ternyata masih banyak pengguna secara ilegal barang aksesoris tersebut. Nggak hanya sepeda motor, mobil alias R4 pun banyak yang memakai. Entah kegunaannya buat apa, biar terlihat gagah saat minta jalan barangkali? Padahal gampang mah kalau minta jalan, minta aja pengawalan dari kepolisian secara resmi, mungkin yang takut kena macet saat konvoi dan touring. Kepingin jalan-jalan tanpa kena macet plus ‘gagah’ itu mah. Capee deeech.

Continue reading

Apa sih SWDKLLJ pada slip Pajak Kendaraan Bermotor?

Pagi masbro..

Sudah menjadi kewajiban, pemilik kendaraan bermotor di berbagai negara, termasuk di Indonesia untuk membayar pajak kendaraannya masing-masing setiap tahun. Pajak kendaraan bermotor, atau PKB, merupakan pajak yang harus dibayarkan pemilik kendaraan bermotor kepada negara atas kepemilikannya. Nah, saat pembayaran PKB tahunan, kan pasti tuh, kita dikasih eh, diberikan bukti pembayaran berupa slip yang dicetak? Yang kayak gini nih..

Urutan keterangan di sisi kanan nominal pembayaran ada beberapa macam. Ada BBNKB, yaitu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, biasanya tertera saat pertama kali bayar pajak untuk kendaraan bermotor baru. Kemudian ada PKB, yaitu Pajak Kendaraan Bermotor yang berisi nominal pajak yang telah dibayarkan. Baris di bawahnya, ada singkatan SWDKLLJ. Nah lho, apaan tuh??

Continue reading