Dishub Kota Malang siapkan Traffic Light Portable

Pagi masbro..

Masih dalam suasana libur Natal dan menjelang tahun baru 2020 nih. Lampu traffic light, singkat saja TL, memang sangat diperlukan untuk mengatur arus lalu lintas, terutama di persimpangan-persimpangan jalan

Semakin banyaknya pengguna jalan, berimbas pada kepadatan lalu lintas. Terbayang, kalau harus manual, diatur oleh tenaga manusia yaitu polisi lalu lintas, byuh…auto capek. Makanya, penggunaan TL sangat efektif untuk pengaturan lalu lintas. Bahkan, bila awalnya si TL ini berdasar timer atau pengatur waktu untuk interval nyala lampu merah dan hijau, kini terus berkembang. Berbasis teknologi informasi, makin canggih dengan sistem yang bisa memantau kepadatan lalu lintas di area tertentu sehingga sangat adaptif. Bila padat, lampu hijau bisa menyala lebih lama, demikian sebaliknya. Masukannya bisa mulai kamera CCTV hingga pantauan sensor yang terpasang di jalan.

Mantap tho?? Nah, masalahnya, sebagian besar TL ini ditenagai oleh listrik. Bila ada gangguan pemadaman mendadak dari operator PLN, buat TL tertentu yang nggak dilengkapi catu daya alternatif macamĀ solar cell atau pasokan daya baterai, bisa kacau dan krodit nih.

Sebagai salah satu solusi, aparat di wilayah kota Malang, yaitu Dinas Perhubungan, menyiapkan TL Portabel. Hmm..

Basisnya, tetap tiang dengan lampu khasnya TL, merah-kuning-hijau. Namun, si TL ini posisinya Continue reading

Mitos setelah kecelakaan, ini logika dibaliknya

Pagi masbro..

Kecelakaan, adalah hal yang paling dihindari saat berkendara, baik naik motor ataupun mobil. amit-amit deh, jangan sampai kejadian, baik itu “sekedar” jatuh, terpeleset, serempetan ataupun kejadian tabrakan dengan kendaraan lain. Memang, nggak bisa kita hindari, berkendara di jalan raya, dengan begitu banyak pengguna jalan lain, resiko terjadi kecelakaan pasti ada.

Ada nih, beberapa mitos yang selama ini berkembang di masyarakat saat kita mengalami kecelakaan. Terutama, terkait dengan kendaraannya sih. Apa saja?

  • Pakaian saat kecelakaan dibuang

Ada pemahaman, Continue reading

Susahnya cari parkir mobil di Jalan Pasar Besar Malang

Hari Minggu lalu, lagi-lagi kebagian tugas sopir. Mengantar ke area Pasar Besar Malang, untuk kulak-an šŸ˜†

Hari masih pagi, jalanan juga terbilang rada sepi. Di Jl Pasar Besar, saia mulai menepi ke sebelah kiri, untuk mencari lokasi parkir. Setahu saia, Dinas Perhubungan sudah memberikan tanda lokasi parkir di sepanjang jalan itu. Kotak parkir, dari cat sejenis marka, dibuat untuk memisahkan parkir mobil dan parkir sepeda motor. Untuk mobil, dengan posisi serong/miring, berkotak agak besar. Sedangkan sepeda motor, posisi agak tegak lurus, dengan kotak jauh lebih besar karena bisa diisi banyak motor sekaligus.

Tengak-tengok, ada Continue reading

Modifikasi ingin gaul, eye catching malah bahaya

Pagi masbro..

Merubah tampilan sepeda motor, atau jamak disebut modifikasi, yah memang hak pemilik masing-masing. Banyak alasannya sih..

Namun, meski haknya, tentu juga ada kaidah juga dong. Selain nggak merugikan orang lain, juga nggak membahayakan baik diri sendiri maupun pengguna jalan lain. Kecuali kalau modifikasi khusus motor kontes lho ya…yang nggak dipakai di jalan raya šŸ˜‰

Setelah mika lampu belakang dibikin bening, termasuk tanpa mengganti bohlam dengan warna sesuai (lampu belakang + rem warna merah, sein warna kuning) sempat tren dan sukses membuat pengendara di belakangnya kelabakan, yang seperti ini juga ada, bahkan sudah agak lama banyak dipakai Continue reading

Jangan lakukan ini, supaya skutik Hondamu lebih awet

Pagi masbro..

Motor jenis skuter matik atau disingkat saja, skutik, sekarang ini tetap menjadi jenis sepeda motor paling laris di minati di Indonesia. Maklum, dengan desain simpel dan ringkas, plus cara mengoperasikan yang mudah dan gampang banget, jadi banyak peminatnya. Lha wong tinggal mainkan gas doang, jaga keseimbangan serta rem di setang kanan kiri laiknya sepeda angin, gampang buat yang awam.

Dan ternyata, mengendarai sepeda motor skutik juga ada triknya tuh, supaya mesin tidak mudah rusak dan onderdilnya tak cepat aus. Tahu nggak, beberapa hal yang sering dilakukan pengguna skutik, dan ternyata berpotensi (bakal) menurunkan daya tahan mesin dan perangkat lain di motornya? Dan ternyata, hal ini sudah menjadi semacam kebiasaan umum, yang ternyata salah kaprah.

Yuk dibedah satu-satu. Continue reading

Tambal ban tubeless si bleki dari dalam, oh kayak gini caranya

Pagi masbro..

Honda New CB150R, memang sudah dipakaikan sepatu karet, alias ban bertipeĀ tubeless alias nggak pakai ban dalam dari pabrikan Honda sono. Kelebihan ban ini, selain jelas, nggak pakai ban dalam, ukuran lebih bervariasi, juga lebih mudah ditangani saat mengalami kebocoran

Seperti saat lalu, ketika si bleki Honda New CB150R item tunggangan saia kenaĀ  paku dan bocor. DItamballah di tukang tambal ban yang bisa mengerjakan banĀ tubeless. Ingat, penanganan tambal banĀ tubeless dan tube type jelas berbeda. Ā Yang jamak, tambal banĀ tubeless adalah dengan ditusuk dan dijejalkan karet penambal pada lubang melalui sisi luar ban. Praktis sih, karena lebih cepat dan nggak perlu melepas roda segala

Setiap hari , saia memang melakukan pengecekan ban, sekaligus dengan cek rem setiap sedang memanaskan mesin motor di pagi hari. Nah, beberapa hari lalu, saat melihat-lihat kondisi ban , kok terlihat, tambalan di Continue reading

Lampu lalulintas berkedip-kedip? Simak makna kedipannya

Pagi masbro..

LampuĀ traffic light , disingkat saja TL, mulai anak-anak, pasti sudah paham. Warnanya ada 3 yaitu merah, kuning dan hijau.Ā  Warna lampu pada lampu lalu lintas mewakilkan peraturan lalu lintas dan pemberitahuan kepada pengguna jalan. Pada kondisi normal, masing-masing nyala lampu berwarna pada TL punya kodefikasi tertentu yaitu :

  • Ketika lampu merah menyala, peraturan yang berlaku saat itu adalah pengguna jalan yang menggunakan jalur jalan di hadapan lampu merah harus berhenti.
  • Ketika lampu hijau menyala, peraturan yang berlaku adalah pengguna jalan harus melintas (jalan) melewati lampu lalu lintas.
  • Sedangkan saat lampu kuning yang menyala, artinya pengguna jalan harus bersiap akan perubahan peraturan dari wajib berhenti menjadi wajib melaju (jalan) atau sebaliknya.

Tapi tahu nggak masbro dan mbaksis, ada kalanya, pada kondisi tertentu, nyala lampu TL ini disetting berkedip-kedip, kira-kira apa maksudnya?Berkedip warna kuning atau berkedip warna merah? Continue reading

Ini penjelasan, kena denda saat keluar jalan tol

Pagi masbro..

Jalan tol, alias jalan bebas hambatan, merupakan salah satu fasilitas “plus” buat pengguna jalan, yaitu kendaraan beroda 4 atau lebih. Melalui jalan tol, dengan harga tertentu, fasilitas yang diperoleh jelas beda dengan jalan biasa non tol, seperti jalan yang lebih mulus serta waktu tempuh yang lebih singkat.

Namun, tentunya tetap ada aturan yang wajib dipatuhi selama menggunakan jalan tol. Seperti batas kecepatan minimal dan maksimal, muatan serta penggunaan lajurnya. Nah, pernah nggak memperhatikan yang kayak gini?

Yups, ternyata ada Continue reading

Otrahum DR-01, siap direview

Pagi masbro..

Buat bikers, entah yang suka turing jauh, turing dekat atau yang keseharian naik motor, pasti nggak mungkin nggak kenal piranti pelindung tubuh. Selain nambah keren tampilan pengendara :mrgreen: , kelengkapan berkendara ini juga berfungsi maksimal melindungi tubuh pengendara dari terpaan angin, panas, hujan dan rasa rindu :halah

Helm, celana panjang, jaket, sepatu dan sarung tangan adalah hal mutlak yang wajib dikenakan bikers. Modelnya sih macam-macam, sesuaikan saja dengan keperluan dan selera. Kalau saia pribadi sih, buat harian, biasanya helm-jaket-celana panjang dan sepatu. Khusus jaket, nggak perlu yang kelewat tebal buat harian, karena dengan cuaca terik macam musim ini, pasti kurang nyaman. Perlu jaket riding harian yang nyaman, punya sirkulasi udara serta kalau bisa berpelindung. Setelah artikel tahun duluuuu membahas Contin Provoke, disini, kali ini adalah produk asli Malang yang saia ulas.

Sebungkus, eh, terbungkus plastik transparan, sebuah jaketĀ riding lansiran anak muda kota Malang mendarat di meja kerja. Siap diulas detail

Awalnya, Continue reading

Tidak peduli kondisi motor, bisa membahayakan yang lain

Pagi masbro..

Sepeda motor, merupakan salah satu penyambung kaki, alias sarana transportasi yang cukup vital bagi kebanyakan orang. Karena bentuk ringkas dan efisien, sangat bermanfaat menunjang aktifitas sehari-hari, termasuk bekerja.

Karena dipakai setiap hari, sedemikian sibuknya sang pengguna, sehingga kadang lalai mengecek kondisi motornya. Nggak usah muluk-muluk cek kondisi oli mesin, atau kampas rem. Bagian luar motor, atau sekujur bodi kendaraan saja, nyaris tak terjamah adalah hal lumrah

Namun, soal sepele bisa jadi masalah. Seperti motor yang ketemu saia kemarin pagi di jalan raya. Sekilas, nggak ada masalah dengan Yamaha Vixion hitam edisi awal ini. Resik, bersih, ditunggangi seorang Continue reading