Si Bleki ganti girset, pakai girset OCB. Hasilnya?

Pagi masbro..

Setelah ganti ban beberapa waktu lalu, sekarang giliran girset nih, alias rantai dan gir si Bleki, Honda New CB150R saia yang dapat jatah pembaharuan. Sebenarnya, sudah bulan lalu direncanakan karena rantai sudah molor sangat dan bunyi berisik meski rajin dilumasi. Apa daya, covid menyerang tak kenal ampun, sehingga pengeluaran kudu diatur supaya dapur tetap ngebul

Umur si bleki, menginjak tahun keempat 2021 ini. Kalau catatan odometer sih, nyaris 50.000 kilometer sudah saia tempuh bersama. Jadi, kalau girset memang minta diganti, ya wajar sih, hehehehe. Lha wong setelan rantai sudah mepet dengan batas maksimal, dan suara berisik yang sudah tak tertangani dengan hanya pelumas rantai rutin. Memang sudah molor si rantai, meskipun kondisi gir depan dan belakang tidak kelewat lancip

Saat mau ganti, kok teringat, dulu banget pernah menyimpan 1 set ranti beserta gir, kepunyaan Old CB150R, alias OCB. Tunggangan saia sebelumnya memang OCB, yang kemudian pindah tangan ke adik ipar. Geledah gudang penyimpanan, yess….ternyata masih utuh 1 paket girset OCB, keluaran merk RK. Kok disimpan? Ceritanya, ini barang saia pesan untuk persediaan/cadangan buat si ciput, OCB. Lha karena sudah pindah tangan dan dirawat adik, si girset ini ya tetap duduk manis di gudang 😆 Lumayan..bisa ngirit nih

Satu set RK Takasago Chain lansiran Malaysia ini, terdiri dari gir depan ukuran 15T, gir belakang ukuran 45 dan rantai ukran 428HSB-124 mata.

Pertanyaannya, apakah bakal PnP, girset yang diperuntukkan untuk OCB dipasang ke NCB? Secara fisik, memang ada beda, terutama panjang rantai dan ukuran gir belakang. Bisa nggak nih dipasang di bleki, NCB saia??

Girset

Continue reading

DIY, ganti sendiri laher/bearing depan Honda New CB150R

Pagi masbro

Pernah dengar bunyi aneh di seputar roda depan, saat rem depan ditekan dan sokbreker amblas? Ada bunyi aneh macam celetuk-cletuk di as roda depan? Juga tampak kalau roda sedikit oblak? Kalau gejala tersebut masbro alami, bisa dipastikan, bearing atau laher roda depan pasti sudah aus dan oblak.

Hal tersebut juga saia alami tempo hari. Dan kondisi ini, berbanding lurus juga dengan handling si bleki, Honda New CB150R tunggangan sehari-hari. Selain jadi kurang nyaman saat melibas jalan nggak rata, juga jadinya rada-rada oleng gitu. Tudingan saia kalau laher bermasalah, bukan tanpa alasan, katrena melihat gejala oblaknya roda depan terutama di bagian poros atau as. Lalu?

Obatnya ya cuma 1 sih, kudu Continue reading

Ganti sendiri karet footstep depan Honda New CB150R

Pagi masbro..

Di artikel terdahulu, saia nulis kalau karet footstep depan si bleki, Honda New CB150R sobek dan sudah beli penggantinya. Disini nih..

Nah, akhirnya, selang beberapa waktu, baru sempat pasang nih karet penggantinya. Sengaja beli 2 buat cadangan, meski yang sebelah nggak ikutan sobek. Yuk, simak cara pasangnya ya..

Nggak ribet ternyata, karena cukup bermodal kunci pas ukuran 10 saja serta ketelatenan dan daya juang yang tinggi menghadapi rintangan. Halah..

Continue reading

Perbaiki sendiri tombol power window ngadat

Pagi masbro..

Mobil lawas, ya nggak lawas banget sih, usia pakai di rentang 10-20 tahunan, memang sudah pasti butuh perawatan dan perhatian lebih. Usia dan jam terbang , pasti membuat beberapa suku cadang rentan rusak. Kalau soal kaki-kaki, pasti deh sudah ada yang pada diganti. Kelistrikan, kemungkinan besar sih, selama standaran, bisa dibilang jarang rewel. Termasuk Toyota Kijang LGX 2001 diesel yang dinas di rumah

Beberapa waktu belakangan ini, tombol pembuka kaca pintu depan sebelah kiri, alias power window, sering nggak berfungsi. Yaitu saat diakses dari panel sopir. Kalau akses dari pintu depan kiri sih, nggak ada masalah, baik membuka/turun ataupun menutup/naik. Penasaran, karena saia membatin, paling nih, hanya saklarnya saja yang bermasalah , akhirnya saia coba bongkar sendiri pas libur.

Panel di sisi sopir, menyatu dengan sandaran tangan, menempel pada doortrim. Melepasnya, cukup dengan membuka 3 sekrup (+) dengan obeng (+) yang rada gede.

Continue reading

Cara merubah setelan sokbreker belakang Honda Verza

Pagi masbro..

Honda Verza, atau yang seri terbarunya diberi nama Honda CB150 Verza, dari asli pabrikan memang dibekali dengan sokbreker ganda pada bagian belakangnya. Dari pihak pabrikan, pemilihan desain sokbreker ganda ini lebih pada alasan untuk kekuatan dan kenyamanan berkendara.

Motor ini didesain untuk konsumen yang tidak hanya mementingkan stabilitas dan penampilan, tapi juga membutuhkan kemampuan menahan beban berat. Membawa barang atau boks bagasi tambahan jadi lebih kuat tanpa takut sokbrekernya mentok.

 

Sokbreker Continue reading

Unboxing, knalpot R9 Zeta series for Honda New CBR150R

Pagi masbro..

Motor saia, si hitam Honda New CB150R, memang sedikit sekali mendapat sentuhan modifikasi. Palingan, hanya sederhana saja, variasi tempelan yang ada. Seperti ganti visor kepunyaan Honda CS-1, ganti sepatbor belakang Yamaha MT-25, dan ganti sepasang klakson Denso.

Kali ini, ada modifikasi yang terbilang masih bolt-on juga sih, yang saia hendak lakukan pada NCB ini. Yaitu, memasang pelepas Continue reading

Mata kucing alias reflektor, susah banget ya dicari

Pagi masbro..

Pada paham kan benda yang namanya ‘mata kucing’? Benda kecil dengan beberapa macam variasi bentuk, yang berfungsi sebagai perangkat keamanan, sebagai pemantul cahaya. Ada yang bilang mata kucing, ada juga yang bilang reflektor. Kalau reflektor sih, saia rasa kurang pas ya, karena reflektor relevan dengan lampu depan. Mata kucing ini, paling sering berkelir merah dan terdapat di sisi belakang motor.

Dari modelnya, secara garis besar ada 2 jenis mata kucing. Yaitu yang jadi satu dengan lampu belakang, dan model terpisah . Model terpisah, paling banyak terpasang pada sepatbor belakang atau dibawah lampu belakang. Dengan warna merah yang bisa memantulkan cahaya , memastikan bila tersorot lampu menimbulkan efek seolah-olah menyala. Jadi,memang menambah keamanan meskipun saat kondisi lampu  belakang mati, posisi motor bisa terpantau oleh kendaraan lain dari belakang.

Masih berkaitan dengan nih dengan ‘kreasi’ modifikasi saia tempo hari, yaitu memasang spatbor belakang Yamaha MT25 ke si bleki. Disini nih artikelnya…Sepatbor Continue reading

Buat sendiri, penahan cipratan spakbor Honda New CB150R alias kepet spatbor

Sepeda motor, apapun merk dan tipenya, pasti sudah dari sononya, eh, dari pabrikan, dilengkapi penahan cipratan air, lumpur maupun kotoran. Biasa disebut sepatbor, atau spatbor, spakbor. Kalau di tempat saia sih, sebutannya slebor 😆 . Depan belakang, penahan cipratan ini terpasang rapi dan estetis. Maklum, desain dari pabrikan, berusaha tidak mengurangi faktor tampilan fisik penampilan pada motor. Sporty begitu

Namun, ada kalanya, di mata bikers, contohnya saia ini 😆 , masih kurang puas dan kurang sreg dengan hasil rancang bangun insinyur pabrikan. Memang sih, sudah bagus bentuknya dan juga berfungsi baik. Namun, untuk sepatbor depan Honda New CB150R, seperti juga edisi sebelumnya Honda (Old) CB50R, masih kurang panjang di bagian belakangnya. Kelewat pendek malah kalau saia rasakan meski memang sporty tampilannya. Cipratan kotoran dari roda depan, masih lumayan mengotori area depan mesin. Malah kadang muncratnya bisa ekstrem, bisa sampai mengotori radiator. Apalagi kalau melibas jalanan yang kotor berlumpur macma ilustrasi di bawah

Nah, makanya, saia berinisiatif bikin sendiri deh, tambahan alias extension sepatbor depan, yang sering juga disebut kepet ini. Meski di beberapa lapak online sudah tersedia, tapi, kalau bisa maksimal dengan biaya minimal, kenapa nggak? Bahasa kerennya sih, selain kepet, biasa disebut sambungan spatbor atau extension spatbor. Continue reading

Pasang kepet spatbor dan pelindung monoshock Honda CB150R

Biar deh, tergolong basi..mungkin dah banyak yang posting en pasang. Saia sendiri, juga pasang nih kepet udah tahunan, baru kepikiran untuk dibuat artikel 😆

Dari bawaan pabrik, spatbor depan cibi emang tergolong pendek. Alhasil, cipratan air-lumpur-kotoran dari roda depan, lumayan parah. Gak hanya di bagian depan mesin dan bawahnya, tapi bisa sampai keatas…nyampe bawah radiator. Mantap to cipratannya???

Sementara, Continue reading