Unboxing, knalpot R9 Zeta series for Honda New CBR150R

Pagi masbro..

Motor saia, si hitam Honda New CB150R, memang sedikit sekali mendapat sentuhan modifikasi. Palingan, hanya sederhana saja, variasi tempelan yang ada. Seperti ganti visor kepunyaan Honda CS-1, ganti sepatbor belakang Yamaha MT-25, dan ganti sepasang klakson Denso.

Kali ini, ada modifikasi yang terbilang masih bolt-on juga sih, yang saia hendak lakukan pada NCB ini. Yaitu, memasang pelepas Continue reading

Mata kucing alias reflektor, susah banget ya dicari

Pagi masbro..

Pada paham kan benda yang namanya ‘mata kucing’? Benda kecil dengan beberapa macam variasi bentuk, yang berfungsi sebagai perangkat keamanan, sebagai pemantul cahaya. Ada yang bilang mata kucing, ada juga yang bilang reflektor. Kalau reflektor sih, saia rasa kurang pas ya, karena reflektor relevan dengan lampu depan. Mata kucing ini, paling sering berkelir merah dan terdapat di sisi belakang motor.

Dari modelnya, secara garis besar ada 2 jenis mata kucing. Yaitu yang jadi satu dengan lampu belakang, dan model terpisah . Model terpisah, paling banyak terpasang pada sepatbor belakang atau dibawah lampu belakang. Dengan warna merah yang bisa memantulkan cahaya , memastikan bila tersorot lampu menimbulkan efek seolah-olah menyala. Jadi,memang menambah keamanan meskipun saat kondisi lampu  belakang mati, posisi motor bisa terpantau oleh kendaraan lain dari belakang.

Masih berkaitan dengan nih dengan ‘kreasi’ modifikasi saia tempo hari, yaitu memasang spatbor belakang Yamaha MT25 ke si bleki. Disini nih artikelnya…Sepatbor Continue reading

Buat sendiri, penahan cipratan spakbor Honda New CB150R alias kepet spatbor

Sepeda motor, apapun merk dan tipenya, pasti sudah dari sononya, eh, dari pabrikan, dilengkapi penahan cipratan air, lumpur maupun kotoran. Biasa disebut sepatbor, atau spatbor, spakbor. Kalau di tempat saia sih, sebutannya slebor 😆 . Depan belakang, penahan cipratan ini terpasang rapi dan estetis. Maklum, desain dari pabrikan, berusaha tidak mengurangi faktor tampilan fisik penampilan pada motor. Sporty begitu

Namun, ada kalanya, di mata bikers, contohnya saia ini 😆 , masih kurang puas dan kurang sreg dengan hasil rancang bangun insinyur pabrikan. Memang sih, sudah bagus bentuknya dan juga berfungsi baik. Namun, untuk sepatbor depan Honda New CB150R, seperti juga edisi sebelumnya Honda (Old) CB50R, masih kurang panjang di bagian belakangnya. Kelewat pendek malah kalau saia rasakan meski memang sporty tampilannya. Cipratan kotoran dari roda depan, masih lumayan mengotori area depan mesin. Malah kadang muncratnya bisa ekstrem, bisa sampai mengotori radiator. Apalagi kalau melibas jalanan yang kotor berlumpur macma ilustrasi di bawah

Nah, makanya, saia berinisiatif bikin sendiri deh, tambahan alias extension sepatbor depan, yang sering juga disebut kepet ini. Meski di beberapa lapak online sudah tersedia, tapi, kalau bisa maksimal dengan biaya minimal, kenapa nggak? Bahasa kerennya sih, selain kepet, biasa disebut sambungan spatbor atau extension spatbor. Continue reading

Pasang kepet spatbor dan pelindung monoshock Honda CB150R

Biar deh, tergolong basi..mungkin dah banyak yang posting en pasang. Saia sendiri, juga pasang nih kepet udah tahunan, baru kepikiran untuk dibuat artikel 😆

Dari bawaan pabrik, spatbor depan cibi emang tergolong pendek. Alhasil, cipratan air-lumpur-kotoran dari roda depan, lumayan parah. Gak hanya di bagian depan mesin dan bawahnya, tapi bisa sampai keatas…nyampe bawah radiator. Mantap to cipratannya???

Sementara, Continue reading