Cara merubah setelan sokbreker belakang Honda Verza

Pagi masbro..

Honda Verza, atau yang seri terbarunya diberi nama Honda CB150 Verza, dari asli pabrikan memang dibekali dengan sokbreker ganda pada bagian belakangnya. Dari pihak pabrikan, pemilihan desain sokbreker ganda ini lebih pada alasan untuk kekuatan dan kenyamanan berkendara.

Motor ini didesain untuk konsumen yang tidak hanya mementingkan stabilitas dan penampilan, tapi juga membutuhkan kemampuan menahan beban berat. Membawa barang atau boks bagasi tambahan jadi lebih kuat tanpa takut sokbrekernya mentok.

 

Sokbreker belakang ganda ini, seperti laiknya sokbreker serupa pada mesin GL series, juga memiliki setelan. Yaitu berupa ulir setelan pada bagian bawahnya. Pemilik, bisa merubah setelan sesuai kebutuhan (atau keinginan), dengan bermodalkan tools kit bawaan. Gampang kok caranya. Yaitu dengan kunci khusus berbentuk lengkung ala sabit yang ada dalam paket tools bawaan Verza

Caranya gimana nih?

Yang jelas, untuk amannya, posisikan si Verza pada standar tengah. Supaya tegak dan nggak miring-miring. Lebih aman lagi, pilih landasan yang kuat macam lantai semen, jangan di tanah ya, apalagi pasir. Siapkan kunci spesial ini, lalu pasangkan pada drat/coakan di sokbreker

Lalu, tinggal putar deh, ke kanan atau ke kiri, sesuai keinginan. Ke kiri/searah jarum jam, akan membuat setelan makin tinggi posisinya dan menekan per/ulir sokbreker. Sesuai karakter per yang selalu merenggang, semakin per ditekan maka tekanan untuk kembali ke posisi awal kian besar. Jika setelan ulir atau klik di posisikan paling bawah alias menekan per, maka per akan berubah jadi keras bantingannya.

Sebaliknya, semakin tekanan pada per berkurang, yaitu dengan memutar ke kanan/berlawanan jarum jam, maka posisi setelan makin rendah dan ulir per meregang. Efeknya, ayunannya jadi lembut. Rata-rata setelan per sokbreker diambil dari bobot pengendara dan boncengan, bukan dari tinggi badan pengendara sebagai acuannya lho.

Semua ada akibatnya. Setelan tinggi, per menekan dan bantingan akan makin keras. Lebih stabil sih rasa pada motor, tapi kurang nyaman. Buat bawa beban lebih cocok. Sebaliknya, setelan rendah, bantingan lebih empuk dan nyaman, tapi handling alias pengendalian bakal terasa kurang enak, limbung. Apalagi boncengan atau bawa beban. Jadi, ubahan silakan disesuaikan dengan kebutuhan saja ya masbro…toh mudah dilakukan sendiri dan nggak perlu beli kunci khusus, ada di paket perkakas Honda Verza.

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s