Ganti spatbor belakang New CB150R, subtitusi dengan MT25

Pagi masbro..

Sepatbor sebuah motor, memang mempunyai fungsi ganda. Selain fungsi utama sebagai penahan cipratan air-lumpur dan kotoran yang muncrat dari roda, juga sebagai pemanis estetika

Beragam gaya diadopsi motor untuk sepatbor. Mulai yang standar, klasik hingga sporty. kalau standar bawaan pabrik, memang sudah lumayan sih untuk motor sekarang. Selain bentuknya manis dan disesuaikan dengan karakter motornya, fungsinya juga maksimal. Cipratan air nggak sampai mengguyur pengendara di belakang sekaligus boncenger kita.

Ada kalanya, desain sepatbor, masih saja kurang memuaskan. Seperti saia pribadi nih, yang kadang sering kumat jail dan iseng. Model spatbor belakang si bleki, Honda New CB150R lansiran 2017, kalau dilihat-lihat, perlu ada ubahan nih. Mau dipotong, selain sayang , juga kuatir nggak pas karena perlu ketelitian sehingga bentuk potongan rapi dan simetris. Belum lagi, fungsi yang bakal menurun karena bentuknya lebih pendek.

Ide muncul saat meliput sebuah kontes modifikasi Honda, Ada sebuah NCB150R yang dimodifikasi dengan gaya touring, lengkap dengan ban gede dan peninggian suspensi depan belakang. Hal yang menarik perhatian saia bukan ubahan totalnya, namun sebuah detail asik dan unik pada sepatbor belakangnya.

Si NCB ini, usut punya usut setelah menginterogasi sang pemilik, menggunakan sepatbor belakang copotan dari Honda CBR150R. Hmm..asyik juga nih. Sepatbor model gantung, dengan model sporty namun masih memiliki CBR150R ini. Menurut info, nih sepatbor terdiri dari 2 bagian. Atas sebagai pegangan ke sasis/kolong bawah lampu, sementara sisi bawah sebagai sepatbor sekaligus dudukan plat nopol. Dan rada bikin nyesek nih, selain kudu inden, harganya ternyata cukup menguras isi dompet. Kalau komplit, menyentuh  angka IDR 400 ribuan. Duh..

Otak kreatif dan ngirit saia bekerja deh 😆 Coba telusuri sepatbor motor lain yang mirip modelnya. Ketemu, dari pabrikan garputala. Adalah fender alias sepatbor belakang Yamaha MT25 yang masuk banget. Modelnya gantung sporty, cocok dengan keinginan. Segera buka situs spare-part online Yamaha, dan horeee…bagian utama sepatbor ini terjangkau nih. Orisinal, dibanderol dengan harga IDR 80 ribuan. Aseeek

.

Sekedar info juga, bagian sepatbor MT25 juga punya pendukung. Sisi belakang sebenarnya punya 2 bagian, belum  termasuk braket besinya. Yang saia cek harga adalah mud guard saja. Gak pake lama, melesat ke toko spare part langganan, dan ada barangnya. Sempat ditanya sih, motornya kok beda? Hehehehe..ini toko yang sama yang sering saia jadikan tujuan kalau beli spare part Yamaha, seperti holder lampu Vixion dan sepatbor kolong Byson di OCB. Juga kunci kontak magnetik yang sempat saia pasang di Mio istri, meski motornya sudah dijual :mrgreen:. Beres, setelah bayar sejumlah uang sebagaimana tertera, bawa pulang deh tuh sepatbor belakang MT25 dan tinggal mikir cara pasangnya di NCB.

Pertama, jelas. Copot dulu sepatbor belakang NCB. Nggak sulit sama sekali kok, Cuma  buka 3 baut pengikat di sasis, bawah jok. Caranya, ada di artikel yang ini nih kalau bingung. Lepas sekaligus dengan sepasang lampu sein dan  plat nopol. Beres, coba tempel dan pas-kan kepunyaan MT. Ada 4 lubang baut pengikat di sepatbor MT25. Pinginnya saia fungsikan semua supaya kuat. Tapi terbentur dengan lubang dudukan di sasis NCB yang hanya 3, itupun yang 1 di tengah. Alhasil, menyesuaikan saja, hanya 2 lubang yang bisa dimaksimalkan.

Tempel dan paskan, sedikit nggak pas memang. Namanya juga substitusi, nggak ada cerita PNP atau plug and play.  Kudu usaha dan sedikit modifikasi ringan. Lebarkan 2 lubang baut di sepatbor MT sisi belakang dengan cutter atau solder listrik. Enaknya, bikin mal dulu dengan kertas dan ditandai dengan tip-ex. Perlu juga bikin lubang di tengah untuk jalur lewatnya kabel lampu sein

Beres dan sudah pas, nggak bisa langsung dipasang dulu. Perlu ganti baut ukuran 10 yang lebih panjang, karena spetbor MT lebih tebal dan supaya kuat terpasang ke lubang baut di sasis NCB. Beli ya, jangan ngembat. Kalau sudah,  pasang deh dan kencangkan.

Lanjut, kabel lampu sein dari bawah jok, perlu disambung karena kini posisi lampu sein turun jauh ke bawah. Silakan pakai skun dan bungkus dengan isolasi supaya lebih kuat dan terhindar dari konsleting. Ulur kabel lampu sein melalui lubang tengah yang tadi dibuat pada sepatbor MT. Sein, bisa mengggunakan sein bawaan NCB yang perlu dilepas dulu dari sepatbor lama. Kalau nggak mau ribet, pasang sein variasi saja, nggak usah bongkar sein orisinal NCB. Pemasangan sein di sepatbor MT, pilih lubang yang  kecil.

Aslinya, sein terpasang pada lubang yang lebih besar diatas lubang kecil ini. Karena ukuran  lubang  kelewat besar, menyesuaikan sein orisinal MT yang gede, makanya nggak bisa dipasangi sein kecil. Sedikit lebarkan lubang sein kecil pakai cutter atau solder sampai sein bisa masuk. Lalu kencangkan mur-nya serta sambungkan kabel sein dari atas tadi. Beres

Terakhir, pasang plat nopol. Pindahkan dari sepatbor lama ke yang baru. Nggak ada proses ribet karena tinggal colok di lubang baut nopol saja. Jadinya??

Lumayan gaul kan? Sepintas kayak kepanjangan yak, tapi saia suka, karena fungsional menahan cipratan  air dari roda belakang nggak direduksi. Mepet dengan ban? Nggak kok, asal masangnya nggak kelewat maju pada dudukan,  dijamin aman, meski dekat dengan ban, nggak gasruk kok meskipun suspensi terayun maksimal. Pekerjaan yang tersisa adalah memasang mata kucing dan lampu nopol pada sepatbor MT. Sementara, saia biarkan melongo deh, alias terbuka lubangnya. Belum sempat nyari lampu nopol dan mata kucing/reflektor MT

Oh iya, biasanya, akan terlihat si spatbor akan berayun-ayun saat dipakai terabas jalan nggak rata. Wajar sih, karena hanya terikat dengan 2 baut ukuran 10 pada sasis. Bila ingin kuat, bisa tambahkan braket dari plat dan sekaligus pasang juga spatbor sisi dalam/pelapis kepunyaan MT25 juga. Saia nggak lakukan itu, karena selain belum sempat, ternyata meski berayun fleksibel, juga kuat kok tuh spatbor terikat di sasis. Sudah  teruji ribuan kilometer nih, Malang – Surabaya, Malang – Mojokerto dan Kediri, aman-aman saja nggak ada kendala dengan spatbor substitusi beda merk ini.

This slideshow requires JavaScript.

Semoga kepingin dan semoga berguna

Advertisements

3 comments on “Ganti spatbor belakang New CB150R, subtitusi dengan MT25

  1. Pingback: Mata kucing alias reflektor, susah banget ya dicari | sekedar coretan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s