Unboxing Kayaba double action NOS Kijang 2L, sekaligus pasang di jeng Silvy

Pagi masbro..

Sokbreker, alias peredam kejut, adalah salah satu komponen kendaraan yang termasuk vital. Fungsinya, selain sebagai bagian yang memberikan kenyamanan pada penumpang atau pengendara, juga sebagai komponen penstabil kendaraan. Salah satunya pada kendaraan roda 4 alias mobil.

Untuk kendaraan lawas, macam jeng Silvy Tokidi saia, sokbreker belakang, masih menggunakan per daun yang dikombinasi sokbreker oli. Kenyamanan memang kalah lah sama mobil modern yang sudah mengunakan per keong. Per daun, meski dikombinasi sokbreker oli, masih terasa bantingannya rada keras, meskipun lebih anteng/stabil. Sokbreker, saat dapat nih gerobak 4 tahun silam, sudah pakai aftermarket, alias sokbreker variasi. Entah apa mereknya, sudah hilang dimakan usia. Niat hati pingin balikin standar, intip sokbreker orisinal buat tipe ini, masih di angka 400-500k dengan merk Kayaba tipe double action

Karena keinginan kuat dan niat ingin buat penumpang lebih nyaman, ada jalan. Ketemu dengan temannya teman, yang mau lego barang NOS. NOS, singkatan new old stock, adalah Continue reading

Tahu nggak, ternyata ini arti nama Kijang, legendaris lansiran Toyota berikut semua versinya

Pagi masbro..

Pasti sudah nggak asing lagi sama nama ‘Kijang’ kan? Ya, salah satu mobil lansiran Toyota yang sudah jalan beberapa generasi. Toyota Kijang, yang kini popolaritasnya masih nggak kalah pamor dengan si Avanza, yang lebih imut.

Toyota, pabrikan asal Jepang ini,  amat sangat menancapkan imej-nya di aspal Indonesia, dan ini dimulai sejak lama. Salah satu caranya ternyata sederhana, untuk bisa masuk dan dikenal masyarakat luas. Yaitu dengan mengenalkan produk mobil yang diklaim punya citarasa khas Indonesia. Produk yang pertama meledak adalah Kijang. Terkait nama ini, jangan salah ya masbro, Kijang, memang merujuk pada nama hewan rusa, yang bernama lain kijang dengan beberapa perbedaan fisik di negara kita, Indonesia. Tapi, usut punya Continue reading

Perbaiki sendiri tombol power window ngadat

Pagi masbro..

Mobil lawas, ya nggak lawas banget sih, usia pakai di rentang 10-20 tahunan, memang sudah pasti butuh perawatan dan perhatian lebih. Usia dan jam terbang , pasti membuat beberapa suku cadang rentan rusak. Kalau soal kaki-kaki, pasti deh sudah ada yang pada diganti. Kelistrikan, kemungkinan besar sih, selama standaran, bisa dibilang jarang rewel. Termasuk Toyota Kijang LGX 2001 diesel yang dinas di rumah

Beberapa waktu belakangan ini, tombol pembuka kaca pintu depan sebelah kiri, alias power window, sering nggak berfungsi. Yaitu saat diakses dari panel sopir. Kalau akses dari pintu depan kiri sih, nggak ada masalah, baik membuka/turun ataupun menutup/naik. Penasaran, karena saia membatin, paling nih, hanya saklarnya saja yang bermasalah , akhirnya saia coba bongkar sendiri pas libur.

Panel di sisi sopir, menyatu dengan sandaran tangan, menempel pada doortrim. Melepasnya, cukup dengan membuka 3 sekrup (+) dengan obeng (+) yang rada gede.

Continue reading

Fungsi ganda indikator handbrake pada mobil

Pagi masbro..

Motuba, mobil tua bangka, memang punya seni tersendiri. Selain tampilannyanya yang jelas kalah dengan mobil modern generasi terbaru jaman now, fitur sederhana pada motuba, yo jelas tetap dibawah mobil modern. Eh, kok kalah terus ya? Jangan salah, dibalik kesederhanaan si motuba, banyak juga kelebihannya. Selain harga yang jelas lebih terjangkau :mrgreen: , beberapa indikator sederhana si motuba juga ternyata berfungsi ganda.

Salah satunya, saia temui pada silvy, Kijang Kapsul bermesin diesel lansiran tahun 2000 yang menghuni garasi. Sederhana namun fungsional serta mudah dirawat adalah salah satu sebab menjadikan nih mobil dipilih untuk armada keluarga, beberapa tahun silam. Nah, fitur yang saia baru ngeh (maklum, newbie) adalah indikator handbrake alias rem tangan.

Lampu indikator rem parkir berwarna merah pada panel dasbor Kijang ini, beberapa waktu lalu sempat menyala. Lho, kan normal? Iya, menyala normal apabila rem tangan sedang diaktifkan. Lha kalau rem tangan sudah dilepas alias di-nonaktifkan, kan harusnya otomatis padam dong, si lampu indikator. Pas hari itu, rada bikin mumet karena tetap menyala. Yup, lampu handbrake tetap menyala merah meskipun rem tangan sudah dilepas dan kendaraan melaju tanpa hambatan, bukan kondisi ngerem maksudnya.

Jadilah, hari itu, Continue reading