Tahu nggak, ternyata ini arti nama Kijang, legendaris lansiran Toyota berikut semua versinya

Pagi masbro..

Pasti sudah nggak asing lagi sama nama ‘Kijang’ kan? Ya, salah satu mobil lansiran Toyota yang sudah jalan beberapa generasi. Toyota Kijang, yang kini popolaritasnya masih nggak kalah pamor dengan si Avanza, yang lebih imut.

Toyota, pabrikan asal Jepang ini,  amat sangat menancapkan imej-nya di aspal Indonesia, dan ini dimulai sejak lama. Salah satu caranya ternyata sederhana, untuk bisa masuk dan dikenal masyarakat luas. Yaitu dengan mengenalkan produk mobil yang diklaim punya citarasa khas Indonesia. Produk yang pertama meledak adalah Kijang. Terkait nama ini, jangan salah ya masbro, Kijang, memang merujuk pada nama hewan rusa, yang bernama lain kijang dengan beberapa perbedaan fisik di negara kita, Indonesia. Tapi, usut punya Continue reading

Advertisements

Perbaiki sendiri tombol power window ngadat

Pagi masbro..

Mobil lawas, ya nggak lawas banget sih, usia pakai di rentang 10-20 tahunan, memang sudah pasti butuh perawatan dan perhatian lebih. Usia dan jam terbang , pasti membuat beberapa suku cadang rentan rusak. Kalau soal kaki-kaki, pasti deh sudah ada yang pada diganti. Kelistrikan, kemungkinan besar sih, selama standaran, bisa dibilang jarang rewel. Termasuk Toyota Kijang LGX 2001 diesel yang dinas di rumah

Beberapa waktu belakangan ini, tombol pembuka kaca pintu depan sebelah kiri, alias power window, sering nggak berfungsi. Yaitu saat diakses dari panel sopir. Kalau akses dari pintu depan kiri sih, nggak ada masalah, baik membuka/turun ataupun menutup/naik. Penasaran, karena saia membatin, paling nih, hanya saklarnya saja yang bermasalah , akhirnya saia coba bongkar sendiri pas libur.

Panel di sisi sopir, menyatu dengan sandaran tangan, menempel pada doortrim. Melepasnya, cukup dengan membuka 3 sekrup (+) dengan obeng (+) yang rada gede.

Continue reading

Sedikit eksplorasi Toyota Sienta

Di artikel sebelumnya, saia sudah mendongeng kala testdrive. Nah, kali ini, yuk dibahas sedikit beberapa fitur yang ada pada Toyota Sienta. Kalau bahas tentang mesin, penggerak dan sebagainya, sudah gamblang di media lain. Saia bahas yang printhilan saja deh, meski berbeda-beda fitur yang ada di tiap tipe Sienta, seperti dijelaskan lewat spesifikasi berikut.

sienta-spesifikasiSliding door alias pintu geser. Meski Continue reading

Akhirnya, bisa test drive singkat Toyota Sienta

Memang ya, kalau rejeki gak bakal kemana-mana kok. Di artikel sebelumnya, saia hanya sempat memandangi, pegang-pegang dan duduk manis sebentar di jok pengemudi Toyota Sienta. Eh, ternyata, di salah satu dealer Toyota Auto 2000 Malang, lagi ada acara test drive Sienta juga. Hmm..meluncur deh.

sienta bannerBersama mbak SPG, sempat mendapat “dongeng singkat” spesifikasi Sienta, sambil nunggu unit testdrive yang lagi keluar. Info-nya sih ada 3 unit Sienta yang bisa dijajal, 2 matic dan 1 manual. Dongengnya saia fotoin aja ya…

sienta spek

Akhirnya, datang juga. Sienta tipe V, dengan transmisi manual. Menegaskan info sebelumnya, bahwa Toyota Sienta mempunyai

Continue reading

Toyota Sienta, pandangan pertama

Toyota Sienta. Hmm..jarang-jarang nulis mobil nih. Iya, perlu dioplos dong, gak cuma motor dan jalanan aja…

sientaMPV keluaran Toyota ini, kalau di Jatim sih, secara resmi dirilis bulan Mei 2016 yang lalu di Surabaya. Secara langsung, saia belum pernah lihat tampilan fisik Toyota ini. Nah, hari Kamis lalu, ada rekan jurnalis yang woro-woro, sedang ada testride bareng jurnalis, Toyota Sienta dari Surabaya ke Malang. Singgah di seputar Ijen untuk istirahat, lanjut ke kawasan Batu. Berbekal nekad 😆 Continue reading