Karet footstep depan Honda New CB150R, orisinal ternyata murmer saja

Pagi masbro..

Buat yang saban hari berkendara pake motor, atawa riding, nggak asing dengan namanya footstep. Terutama buat yang nunggang motorsport/motor batangan atau bebek nih. Benda dari besi atau alumunium ini, yang kadang masih dilapis dengan bahan karet untuk kenyamanan saat dipijak ini, merupakan benda vital di motor. Lha wong setiap saat kita injak. Bayangkan kalau footstep copot atau nggak ada, mau pijak apaan coba saat naik motor? 😆

Penggunaan bahan karet sebagai pelapis pada material footstep, memang lebih nyaman. Rasanya lebih empuk, dan mampu mengurangi efek getaran dari si motor. Namun, seiring usia pemakaian, bahan karet akan menurun kualitasnya. Beragam problem ditemui. Mulai getas, rapuh hingga sobek ataupun copot.

Tak luput pada si bleki, Honda New CB150R kepunyaan saia. Meski odometer masih di angka 20 ribuan kilometer, medan yang sering dilibas adalah kemacetan dan jalan rusak di Malang. Kota seribu jeglongan 😦  Walhasil, durasi memijak di  permukaan footstep lebih sering naik dan turun. Dan akhirnya…sobeklah si karet footstep depan si bleki, sisi sebelah kiri.

Sebenarnya, sobek pada bagian bawah karet ini nggak mengganggu tampilan dan fungsi footstep depannya. Masih enak diinjak dan nggak licin. Hanya, bila tersenggol sepatu pada posisi yang kurang pas, terasa bergeser saat diinjak. ya karena sobek pada bagian bawahnya itu. Kenapa yang sisi kiri saja, yang kanan nggak? Ya karena bagian kiri relatif lebih sering kena pergerakan kaki. Disitu letak tuas persneling, yang pasti diinjak dan dicungkil ribuan kali, naik dan turun selama berkendara. Kalau yang kanan, kan hanya, untuk penahan pas menginjak tuas rem saja.

Sempat berpikiran, mau ganti footstep sekalian deh. Bukan model footstep racing atau underbone macam pembalap, tapi ganti 1 set besi footstep berikut karetnya. Banderol footstep 1 set kanan-kiri orisinal Honda, berkisar IDR 100.000an.

Lalu, terpikir untuk coba mencari karetnya saja deh. Kan besi penyangganya juga sehat walafiat, nggak rusak, hanya karet saja. Malas beli online yang lama karena kudu dikirim, coba meluncur ke MPM Part Shop, yang sangat dekat dengan tempat saia kerja. Gak nyampe sekilo saja, hehehehe

Sampai disana, sampaikan kalo lagi nyari karet footstep CB150R. Ada dan ready stock ternyata. Sipp..Harganya? Hanya IDR 20.500 saja per buah. Sebenarnya, beli 1 juga pas, kan cuma 1 yang sobek. Tapi, mengingat frekuensi naik motor yang terbilang sering, akhirnya saia beli 2 buah. Yah, buat cadangan, atau jaga-jaga bila sobek. Total jenderal, IDR 41.000 untuk sepasang karet footstep depan Honda New CB150R

Karet sudah ditangan, tinggal pasang. Karena kebetulan belum nemu libur dan waktu luang, jadinya belum sempat pasang deh, si karet ke footstep-nya, hehehehe. Ntar deh, kalau sudah dipasang sendiri, saia lanjutkan artikelnya yak.

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s