Hasil Kejurnas Supermoto ISC Seri 4 Malang

Pagi masbro..

Kejuaraan Nasional Supermoto, alias Indonesia Supermoto Championship (ISC) 2018, telah memasuki seri akhir. Kebetulan, seri pamangkas ini, kembali ke Malang – Jawa Timur, yang dihelat pada Sabtu – Minggu 13-14 Oktober 2018 kemarin di sirkuit halaman Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang

Sayang beribu sayang, saia nggak bisa nonton langsung nih, beda saat seri 3 yang juga di kota Malang sebelumnya, bisa meluangkan waktu. Terbayang, deru kencang motor bergenre trail beragam merk dengan roda berbalut ban aspal , melibas trek kombinasi permukaan aspal dan trek tanah berdebu, byuhh..

 

Kembali, ISC ini melombakan 9 kelas, termasuk satu kelas khusus yaitu SuperWin Oto. Kelas unik banget menurut saia, karena berisi jejeran beragam Honda Win, yang sebetulnya termasuk motor asyik namun sudah tidak lagi diproduksi oleh Honda.

Hari Sabtu, merupakan pelaksanaan kualifikasi sedangkan raceday dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2018. Dan berikut hasilnya, yang saia kutip dari laman otomotifzone.com

 

 

Semoga, tahun depan, seri ISC ini bisa lebih banyak lagi, nggak hanya 4 seri seperti tahun ini. Bisa jadi salah satu balap alternatif selain roadrace dan motocross yang sudah jamak dikenal masyarakat. Semoga berguna

Advertisements

Seri pamungkas Kejurnas Supermoto 2018, balik ke Malang lagi

pagi masbro..

Info singkat saja, bahwasanya pada akhir pekan ini, seri terakhir Kejuaraan Nasional Supermoto 2018 akan kembali berlangsung di Malang, Jawa Timur.

Yups, balap motor kombinasi on dan off road ini, memang spesial. Meskipun hanya berlangsung sebanyak 4 seri dalam tahun 2018 ini, namun peminatnya banyak. Makanya, dibagi juga dalam beberapa kelas.

Kelas Kejurnas

  • SM 1 – Pro 450 cc
  • SM 2 – Pro 250 cc
  • SM 3 – Pro 175 cc
  • SM 4 – Pro 150 cc

Supporting Class

  • SM Lite 150 cc – Non Pro/Komunitas
  • SM Prostock 175 cc – Non Pro/Komunitas
  • SM Superstock
  • SM 175 Lokal Jatim
  • SuperWinoto

Sebagai seri pamungkas alias penutup, diprediksi bakalan lebih seru jalannya lomba. Sirkuit yang bakal dipergunakan adalah sirkuit dadakan di areal stadion Kanjuruhan, Malang. Persisnya, di daerah Kepanjen nih.

Bakal berlangsung Sabtu dan Minggu ini, 13 – 14 Oktober 2018, dan bakal dimulai 08.00 – 16.00 WIB. Dua hari nih. Untuk tiket, ada perbedaan harga, yaitu untuk umum dan pelajar. Demikian pula beda hari, beda harga juga.  race day  sedikit lebih mahal, apalagi yang mau dapat bonus ke paddock, IDR 50.000. maklum, bisa bebas masuk paddock , ketemu pembalap dan motornya langsung, asyik kan??

Yuk ah, merapat yang dekat. Semoga berguna

 

Indonesia Supermoto Championship seri 3 Malang, seru

Pagi masbro..

Akhir pekan lalu, 8-9 September 2018 , Malang menjadi tuan rumah hajatan nasional, yaitu balap supermoto. Meski kalau saia lihat rada kurang nih gaungnya, yang juga berimbas pada peserta dan penonton, tapi balapan spesial ini tetap meriah. Bai de wei, dah paham kan supermoto? Motornya,  merupakan versi modifikasi motor trail yang menggunakan ban aspal, sehingga bisa diajak melibas trek aspal juga, gitu deh kalau terjemahan harfiah secara mudah. Meski ada juga motor keluaran pabrikan yang memang aseli punya genre supermoto.

Indonesia Supermoto Championship (ISC) adalah Continue reading

Modifikasi Honda Verza, gahar dan garang ala Supermoto

Pagi masbro..

Tongkrongan gagah dan jangkung, kembali diperlihatkan pemodifikasi kali ini. Yang menjadi sasaran adalah Honda Verza. Motor sport entry level keluaran Honda ini, memang sebelumnya tampil standar. Kesan biasa bahkan banyak yang mencibir memang motor yang sering dijuluki pekerja keras ini.

Sokbreker ganda di sisi belakang, tampilan kalem memang kental terlihat pada nih motor. Makanya, sang pemilik sekaligus modifikator ini gatal merubah tampilan Verza ini. Coba deh simak penampakan setelah direhabilitasi

Gahar kan? Aura supermoto Continue reading

Jagur reborn, Supermoto berbasis Honda Old CB150R yang menolak punah

Pagi masbro..

Masih ingat nggak dengan motor satu ini? Honda CB150R generasi pertama, biasa disebut OCB, yang dimodifikasi oleh kang Herdi menjadi ala supermoto dengan nama panggilan sayang Jagur? Tengok deh artikelnya disini ya, juga disini kalau lupa..

Nah, akhir 2017 lalu, si Jagur ini mengalami penyegaran tampilan. Biasa, karena tangan sang pemilik yang emang gatal acak-acak tampilan motornya, plus supaya lebih gahar dan enak diajak trabas. Eh, satu lagi sih, supaya menaikkan kadar kegantengan penunggangnya, hehehehe. PISS ya lek :mrgreen: Yuk, simak beberapa ubahannya, yang kali ini sudah memasuki fase ke 3

Continue reading

Modifikasi Honda BeAT supermoto, jangkung rekk

Pagi masbro..

Modifikasi motor, memang beragam banget alirannya. Bergaya sport-balap, klimis, ala turing dan lain sebagainya. Nah, yang sempat marak salah satunya adalah aliran supermoto. Ciri fisiknya yang paling kentara, adalah dimensi motor yang lebih jangkung alias lebih tinggi dari standar. Tujuannya sih, supaya ketika dibawa turing atau perjalanan jauh, ketemu medan yang kurang bersahabat, misal nggak rata-lubang, bisa dilewati lebih mudah.

Awalnya, gaya ini kebanyakan digunakan oleh motor sport alias motor laki. Seperti Honda Tiger-CB150R-Verza-Megapro, Yamaha Vixion-Scorpio, Suzuki Thunder hingga Kawasaki Ninja. Memang simpel sih, tinggal meninggikan sokbreker depan belakang, tambahkan aksesoris sepatbor depan model supermoto/trail/cross, pasang box tambahan. Beres. Motor tambah tinggi dan gagah. Yang jelas, biasanya ban berganti model dua alam atau bisa juga ban aspal saja.

Belakangan, nggak hanya motorsport, gaya supermoto juga merambah motor lain. Bebek alias cub juga mengalami modifikasi serupa..walhasil, banyak berkeliaran bebek jangkung deh. Waktu berjalan, kini varian skuter matic, skutik, juga terimbas model ini. Nggak hanya skutik rada bongsor macam Honda Vario, skutik imut seperti Honda BeAT juga tak luput dari aliran ini. Coba tengok deh tampilan Honda BeAT yang saia jepret saat melintas di kawasan Karanglo-Malang ini.

Pertama Continue reading

Honda CS-1 bergaya Supermoto

Disela-sela sebuah event di Stadion Kanjuruhan Malang, beberapa waktu lalu, nemu penampakan motor bergaya supermoto. Basisnya, ternyata Honda CS1. Yups, motor dengan desain unik keluaran PT AHM, dengan konfigurasi mesin tegak, radiator, monoshock dan berkapasitas 150 cc. Di awal peluncuran, hingga beberapa tahun berlalu, ini motor tanggung memang unik pasarnya. Maklum, model unik, bebek bukan, sport juga nggak. Buat yang gak paham, dan menyepelekan, siap-siap dilibas karena mesinnya, yang dianggap kebanyakan orang adalah bebek style.

cs-1Honda CS-1 yang sai temui ini, secara body alias bentuk fisik motor, berubah signifikan. Body asli, dilepas semua, berganti dengan Continue reading

Testride sejenak Happy MX200R

Sebenarnya, ini artikel yang telat banget postingnya. Dimulai kala ada seorang kawan jurnalis yang main ke Malang, dan hendak main ke pabrik perakitan motor di wilayah Malang. Saia ngikut aja, dengan sedikit memaksa 😆 . Waah, merk apaan tuh? Happy Motor. Merk ini sesungguhnya sudah cukup lama mengaspal di ganasnya pasar sepeda motor tanah air. Memang sih, dari segi nama, sedikit kurang “umum” , sampai jaman dulu ada iklan dari pabrikan ini sangat tagline-nya sangat mengena di masyarakat Malang dan sekitarnya. “Naik Happy pasti Happy” :mrgreen: Iya, karena bintang iklan versi video adalah bule/orang asing, yang medok banget saat mengucapkan jingle iklan tersebut.

Pabrik perakitan sepeda motor di kawasan Pakisaji ini, merakit berbagai tipe sepeda motor pada awalnya. Berbasiskan mesin CKD, kemudian dengan dirakit dengan sasis dan bodi yang disesuaikan dengan karakteristik motor yang diproduksi. Salah satunya adalah motor bergenre trail, dengan nama Happy MX200. Berbekal mesin berbasis kaizen, ya sejenis dengan tiger dan sebangsanya dengan kapasitas 200cc, dipasangkan ke sasis trail.

mx200Dilengkapi suspensi Continue reading

Modifikasi Honda CB150R Supermoto (2)

Halo mas bro dan sis…bahas modifikasi lagi yuk. Targetnya, Honda CB150R Streetfire gen 1, biasa disebut OCB alias Old CB. Sebenarnya, ini merupakan kelanjutan dari modifikasi sebelumnya, yang saia posting di artikel ini. Bro Herdi, ,menambahkan beberapa perubahan susulan pada OCB keluaran 2013 ini. Apa saja nih, ubahannya??

jagurs

Continue reading

Honda Old CB150R supermoto jangkung

Pagi masbro, apa kabar??

Dunia modifikasi, memang tiada habisnya. Kreatifitas tiap orang, berbeda-beda. Kembali bahas modifikasi Honda CB150R gen awal, yah, kita panggil OCB aja ya?? Bro satu ini, panggil aja Herdi. Berdomisili di Jakarta. Awalnya, pingin tunggangan yang jangkung, supaya lebih enak nerjang lubang dan banjir di Jakarta katanya. Berbekal Honda OCB lansiran 2013, langsung berkutat di roda.

jagur1

Continue reading