Restorasi Honda Tiger Lawas, pelan-pelan saja

Pagi masbro..

Di artikel disini, saia pernah cerita kalau kedatangan tamu sosok motor lawas. Yaitu Honda Tiger lansiran 1996 kelir hitam yang dititipkan seorang kawan

Datang dalam kondisi nggak orisinal sepenuhnya, pesan sang pemilik hanya untuk ngerumat, alias merawat. Syukur-syukur bisa kinclong dengan tampilan ori alias standar, hehehehe. Yah, kepinginnya sih gitu, namun banyak kendala. Terutama perlu meluangkan waktu berburu suku cadang ori, entah bekas atau baru/NOS. Kalau kepepet sih, ya terpaksa andalkan yang non ori :mrgreen:

Saat ini, saia menyasar area buritan. Bodi terpasang adalah milik Tilam, alias Tiger Lama. Yaitu lansiran mulai 1999 hingga 2006. Cirinya adalah punya lekukan menyudut di dekat bawah jok dan lampu belakang ganda. Oh iya, ada lagi yaitu behel/pegangan belakang model menyatu berkelir silver.

Beruntung, ada teman lama yang kebetulan punya cover bodi belakang kepunyaan Tiger lawas, alias keluaran 1993-1998. warna juga pas, hitam. Ciri khasnya, polos menggembung, nggak ada lekukan sama sekali. Meskipun bukan orisinal, alias produk sukucadang aftermarket, kondisinya masih sangat mulus, berikut stripingnya warna merah kombinasi putih. Tinggal poles saja dengan pemoles cat bodi, sedikit ketekunan, dan hasilnya, bisa terpasang rapi itu bodi belakang, berikut lampu belakang Tilas yang model 1 lampu. Sayangnya, behel belakang masih dalam proses pencarian nih, hehehehe

Tampilan sudah mulai berubah kan ya? Target selanjutnya, adalah nyari behel belakang Tilas yaitu model terpisah kanan-kiri berbahan besi, serta mengembalikan roda ke velg orisinal jari-jari besi berdiameter 18 inchi berikut ban.

Saat ini, yang masih terpasang adalah velg variasi ber-merk Sprint diameter 17 inchi bertapak lebar, berikut cakram variasi di depan. Lebih lebar sih, namun kurang greget kalau nggak pakai orisinalnya, hehehehe

Semoga bisa segera terkumpul ya, suku cadang orisinalnya.

 

 

“Peliharaan baru” tapi lama, Honda Tiger Lawas generasi pertama

Pagi masbro..

Beberapa waktu lalu, saia dapat ‘tugas’ tambahan nih. Masih berhubungan dengan motor sih, nggak berhubungan dengan kerjaan ūüėÜ Jadi ceritanya gini. Ada seorang kawan, yang sebenarnya bikers juga. Karena kesibukan kerjaannya di bidang mesin generator, alhasil tunggangannya jadi sedikit terabaikan. Ada beberapa motor beliau, diantaranya Suzuki Shogun Kebo lansiran 1998, serta Honda Tiger 2000 keluaran 1996. Nah, karena sering ditinggal luar kota dan luar pulau, beberapa motornya sudah dilego karena nggak terpakai. Tinggal 2 biji itu saja Shogun dan Tiger. Si Tiger ini yang jadi inti cerita

Karena jarang terpakai, motor yang didapat bekas namun kondisi masih lumayan standar ini lebih sering jogrok di garasinya. Tempo hari, pas ketemu dan seperti biasa, ngobrol soal motor, beliau cerita soal Tiger ini. Gimana enaknya, motor nganggur ujarnya. Sambil bercanda, saia bilang, ya sini, kalau mau saia rawat, lumayan bisa dipakai bergantian, hehehehe. Toh, motor kalau nggak dipakai kan malah sayang, berkarat dan aus. Sukur-sukur bisa jatuh ke tangan pemilik baru yang penyuka Tiger. Tak dinyana, Continue reading

Modifikasi Honda Tiger 2001, klasik tiarap

Pagi masbro..

Ngulik modif kali ini, lagi-lagi basis motor batangan generasi Kaizen. Apalagi kalau bukan Honda Tiger 2000

Motor laki ini, meski semakin tergerus zaman, namun tetap eksis. Entah itu berubah wujud atau yang masih bertahan orikintil alias orisinal. Pemilik Tiger lansiran 2002 ini, rada frontal. Tigernya, dirombak habis dengan aliran custom, sesuai keinginan dan sesuka hati. Kiblatnya sih tetap klasik, mengacu ke bobber.

Nampak dari pemilihan ban Continue reading

Honda Tiger 2000 silver orisinal ini baru jalan 800 km

Pagi masbro..

Salah satu motor keluaran Honda yang bisa dibilang legenda adalah si macan, Honda Tiger 2000. Motor bermodel turing dengan mesin SOHC 200cc ini, hingga kini masih jadi incaran. Selain fisiknya yang masih gagah dan relevan dengan mode sekarang ini, banyak juga yang mengincar nih motor untuk dikembalikan ke kondisi standar. Bahasa gaulnya, restorasi

Iya sih, sempat merebaknya tren modifikasi ala japanese, berimbas juga pada keberadaan Honda Tiger dengan fisik standar. Banyak yang dimodifikasi ala-ala scrambler, chopper, atau model lainnya. Maklum, tren. Makanya, tren Tiger standar, harganya lumayan meroket, apalagi dengan kondisi yang bagus, atau super. Salah satunya, nih Tiger silver lansiran 1997

Motor yang bernopol area Jawa Tengah ini, tampak super mulus yak?? Apalagi, dengan Continue reading

Lima generasi Honda Tiger, 19 tahun dijalani

Pagi masbro..

Gara-gara diajak ngobrol sama teman yang berprofesi jual beli motor bekas, dan ngomongin motor laki dagangannya, tetiba ingat sama si satu ini. Honda Tiger 2000.

Lha kok kebetulan, si mas ini juga punya dagangan Tiger Revo lansiran 2012, yang disebut-sebut sih generasi akhir sebelum tidak disproduksi lagi oleh Honda. Alhasil, jadi deh artikel urutan si Tiger ini mulai seri perdana, dari beragam sumber. Minat? Yuk disimak yuuu

1. Generasi Pertama (GL-200)

Honda Tiger pertama yang hadir di Continue reading

Honda Tiger Chopper, nyaris semua garapan tangan

Pagi masbro..

Bila tren sekarang ini, modifikasi motor STW alias setengah tuwa berbasis mesin kaizen, rata-rata bentukan dibuat klasik, atau kalau nggak ya dibuat arahan neoklasik, caferacer, japstyle dan sejenisnya, bentukan beda dipilih pemilik Honda Tiger 2000 asli Malang ini.

Mas Irvan , merubah tampilan Tiger keluaran 1996 miliknya, jadi chopper nih. Nah, tampil beda kan??

Yang jelas dan pasti, mesin dilepas dari sasis bawaan, karena dibuatkan rangka baru dari pipa besi. Rangka bikinan Continue reading

Tiger, kubikasi meningkat dan 3 silinder? Waini

Pagi masbro..

Tiger, adalah nama yang melegenda. Dengan idiom nama hewan buas berkaki 4 yang garang sepak terjangnya, dan daya jelajah tinggi saat berkelana, memburu mangsa. Makanya, nama Tiger banyak dipakai pabrikan otomotif, baik roda 4 maupun roda 2 untuk beberapa varian produknya. Kalo di motor nih, nggak asing dan bahkan familiar dengan Honda Tiger 2000 yang legendaris khan???

Nah, kali ini yang nongol adalah motor Tiger yang kubikasi mesinnya meningkat drastis, termasuk desain motor yang segar, khas penjelajah. Waduh, penasaran?

Continue reading

Honda Tiger Flat Tracker, simpel dan resik

Pagi masbro..

Modifikasi yang saia ulik kali ini masih dari pabrikan Honda. Jajal, siapa yang gak kenal dengan Honda Tiger??

Sejak mengaspal di tahun 1993an, motor bermesin 200cc pendingin udara ini, memang populasinya luar biasa. Sayang, karena satu dan lain alasan, proses suntik mati si macan noceng dilakukan AHM. Walhasil, unitnya kini malah jarang ditemui dalam kondisi standar. Rata-rata, sudah mengalami modifikasi, termasuk yang satu ini.

Kesan Continue reading

Modifikasi kinclong Honda Tiger lawas, bobber touring

Pagi masbro..

Modifikasi Honda Tiger lawas ini, masih dengan pemilik yang sama dengan motor Binter Merzy yang saia tulis di artikel ini. Mas Andri Irawan, kali ini  mengolah sebongkah Honda Tiger lawas, non revo menjadi motor ciamik.

Honda Tiger, memang motor yang melegenda. Makanya, peminat dan pemilik bejibun bangett. Seriring terbitnya beragam motor baru yang lebih stylish, gaul dan modern, si macan ini makin suram. Nah, daripada punya  tampilan standar, mas Andri mengolah  Tigernya jadi lebih gaul, sekaligus menyalurkan hasrat custom beliau.

Menggandeng sebuah bengkel kustom di Surabaya, bernama DAD , bengkel ini mampu menterjemahkan keinginan pemilik. Konsep masih sealiran dengan Binter Merzy, yaitu bobber touring. Motor dirombak keseluruhan termasuk sasis alias rangka. Belakang  dipendekkan sehingga terlihat bantet. Lalu rangka pemegang mesin, awalnya single down tube kini menjadi double down tube. Lebih kekar dan kuat. Termasuk rangka tengah yang ditambahkan jalinan pipa tambahan menyambung dengan footstep pembonceng.

Tangki Continue reading

Modifikasi si macan berkaki kekar, Tiger 2000

Lama kayaknya nih ya masbro, gak nulis artikel modifikasi. Yuk, panasin mesin. Kali ini, modifikasi motor touring keluaran AHM, yang melegenda banget, tapi bukan Legenda C100. Honda Tiger 2000. Memang sih, setelah versi revo, ini motor penjelajah sudah discontinue alias tidak lagi diproduksi AHM. Nggak tahu, lama amat menelurkan generasi penerus Tiger. Padahal, gosip dan bocoran sudah lama santer, yang mau naik cc mesin-lah, yang gangti model-lah, yang ini-itu, tapi sama sekali tak ada realisasi ūüėČ

tigerrevoLah, malah ngegosip. Balik maning. Tiger Revo keluaran 2007. Hmm, tampilan awal, sebenarnya sudah lumayan. Bodi kekar dan desain meruncing, mesin 200 cc yang bandel, lumayan berubah tampilan dari gen Tiger sebelumnya, yang masih rada-rada biasa aja. Karena Continue reading