Tiger, kubikasi meningkat dan 3 silinder? Waini

Pagi masbro..

Tiger, adalah nama yang melegenda. Dengan idiom nama hewan buas berkaki 4 yang garang sepak terjangnya, dan daya jelajah tinggi saat berkelana, memburu mangsa. Makanya, nama Tiger banyak dipakai pabrikan otomotif, baik roda 4 maupun roda 2 untuk beberapa varian produknya. Kalo di motor nih, nggak asing dan bahkan familiar dengan Honda Tiger 2000 yang legendaris khan???

Nah, kali ini yang nongol adalah motor Tiger yang kubikasi mesinnya meningkat drastis, termasuk desain motor yang segar, khas penjelajah. Waduh, penasaran?

Adalah Triumph Tiger  1200 yang hadir untuk biker penjelajah. Sebenarnya, varian ini pertama hadir di tahun 2011, dan terus mengalami penyempurnaan hingga tahun 2020 ini.

Motor yang diklaim dual sport ini memang punya tampang gagah. Jangkung, kekar dan punya mesin yang lebih dari mumpuni untuk bertualang, baik di medan on/off road. Fisiknya kekar dengan sasis samping ala tubular gawean Triumph Motorcycle. Dipadu dengan suspensi upside down didepan, dan monosok di belakang keluaran pabrikan WP, yang bertumpu pada lengan ayun tunggal / proarm / single side swing arm.

Tangki besar menjulang dengan punuknya, yang mampu memuat BBM hingga 20 liter, yang disambung dengan bentukan shroud hingga ke bagian depan atas mesin. Lampu depan model ganda dengan teknologi LED, yang cucok dengan bentukan visor tinggi adjustable yang mampu melindungi pengendara dari terpaan angin kencang, cipratan lumpur dan kerikil saat bertualang di segala medan.

Bila model sebelumnya hanya tersedia Tiger memakai velg palang/cast wheel, Triumph Tiger lansiran 2020 ini tersedia dengan velg jari-jari yang dipasangkan dengan ban bertapak ala dua alam. Lingkar roda depan 19 inchi dengan ban 110/80-19 sementara roda belakang 17 inchi dengan ban gede 150/90-17. Rem cakram keluaran Brembo dengan dual cakram diameter 305mm di depan, serta cakram setipe 282mm di belakang, siap menghentikan laju secara aman dengan dukungan antilock brake system / ABS.

Mesinnya, punya model 3 silinder sebaris, 12 katup dengan kapasitas persis 1.215cc. Kalau labelnya sih dipaskan, 1200cc saja, hehehe. Dengan sistem injeksi bahan bakar , DOHC dan pendingin radiator gede didepan, mesin Tiger ini mampu menyemburkan tenaga dahsyat, mencapai angka 141 hp/9.350 rpm, sementara torsinya juga ngejambak, 122 Nm/7.600 rpm. Weleh, dicapai di putaran mesin nggak tinggi lho ya…mantapp

Fiturnya cadas, seperti semua lelampuan pakai LED, kontrol traksi, suspensi yang bisa disetel, teknologi ride by wirekeyless, USB soket, 6 mode cruise control, handgrip dengan pemanas, Triumph Shift Assist, adaptive cornering lightingdan banyak lagi fitur khas motor suktan yang demen bertualang. Gimana nggak, wong banderolnya di kisaran angka 600 jutaan je di tanah air.

Gimana, kepincut? Eh iya, banyak juga tuh, tersedia aksesoris pelengkap turing khusus Tiger macam rear and side box , lampu tembak hingga guard pelindung.

Semoga kepingin

This slideshow requires JavaScript.

Spesifikasi Triumph Tiger 1200

 

 

One comment on “Tiger, kubikasi meningkat dan 3 silinder? Waini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s