Wisata edukasi di Bhakti Alam, Pasuruan

Pagi masbro..

Wisata, jaman sekarang memang nggak melulu hanya keliling-keliling dan melihat keindahan alam atau menikmatai berbagai wahana dan permainan di lokasi. Tapi, juga ada sisi edukasi alias pembelajaran pada pengunjungnya. Hal ini saia nikmati di salah satu destinasi wisata di Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya, di Ngembal nih, bertajuk Bhakti Alam

Beberapa waktu lalu, saia mengajak keluarga , hanya berempat sih yaitu istri dan 2 anak saia, dolan ke wisata ini. Terletak di salah satu sudut wilayah kabupaten Pasuruan, lokasi tempat ini memang cocok dibuat wisata. Jauh dari keramaian, sehingga sangat tenang dan keasrian lingkungannya sangat terjaga.

Ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam dari pinggiran Malang, yaitu rumah saia, dengan jalan yang relatif mulus. Sebenarnya, ada 2 alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk menuju Bhakti Alam. Yang pertama dan umum dipilih wisatawan, adalah dari sisi utara. Dari pertigaan Purwosari, lurus saja menuju arah Pasuruan. Kira-kira 2 km, akan ada pertigaan, silakan berbelok ke kanan arah timur. Ada petunjuk arah menuju Bhakti Alam. Sayangnya, di sekitar jalan masuk hingga sekitar 1,5 km, jalan aspal yang sebenarnya mulus, dihiasi lubang-lubang besar bekas hajaran truk pengangkut pasir. Setelah itu, lumayan mulus, melintasi desa dan hutan perbukitan hingga ke lokasi.

Kalau dari sisi selatan, yaitu sebelah selatan Kebun Raya Purwodadi. Ada pertigaan ke arah Nongkojajar, silakan belok kiri kalau dari arah Surabaya atau ke kanan ke arah timur kalau dari arah Malang. Jalannya, terbilang mulus dan sangat nyaman, hanya saja dihiasi banyak tikungan meliuk-liuk. Kalau sudah pernah menikmati tikungan ala Kasembon atau Batu dan Cangar, nah, kondisi mirip ada disini. Asyik nih kalau riding sendirian, bisa menikmati tikungan ala cornering kayak anak-anak muda penghobi sunmori :mrgreen:

Masuk lokasi, Continue reading

Advertisements

Wisata Telogo Sewu, Pandaan – Pasuruan

Pagi masbro…

Sudah lama nih , nggak nulis artikel wisata. Yah, salah satunya karena kurang piknik 😆 Mau jalan saat weekend, eeh, baru nyampe jalan raya sudah disambut macet, alias tidak bergerak arus lalu lintasnya. Walhasil, jarang deh pikniknya. Alasan klasik, hehehehe. Kebetulan, posisi tempat tinggal saia, memang di pinggiran Kabupaten Malang, persisnya sebelum masuk Kota Malang. Alhasil, saat weekend, ketika para wisatawan dari luar kota berduyun-duyun wisata ke Kota Batu maupun Malang, memenuhi jalan raya poros Surabaya-Malang. Salah satu imbasnya, warga Kab Malang sisi utara seperti saia, jelas kebagian macet karena jalan dipenuhi wisatawan dari luar daerah. Sementara, daerah tujuan wisata, rata-rata ya ke arah selatan, Kota Malang, Batu dan Kab Malang.

Nah, akhirnya ketemu sebuah solusi untuk menghindari terjebak macet. Yaitu, mengambil tujuan berlawanan arah. Kalau umumnya wisatawan menuju arah Malang-Batu alias arah ke selatan, saia ambil arah ke utara. Destinasinya ya ke daerah Pasuruan dan sekitarnya, supaya gak jauh-jauh (baca:hemat) 😆

Ada sebuah tempat wisata, yang dominasinya sih air. Namanya Telogo Sewu. Tempat ini saia tuju berdasar referensi dari mbah Uti yang sudah pernah kesana. Wisata Telogo Sewu ini berlokasi di Desa Duren Sewu, yang masuk daerah administratif Pandaan – Pasuruan.

Bagi yang Continue reading

Ini nih, 4 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

Sore masbro dan mbaksis…

Malang memiliki banyak sekali destinasi wisata mulai dari kawasan pesisir yang dipenuhi dengan pantai alami, lalu di kawasan kota yang memiliki segudang wisata kuliner dan sejarah serta kawasan pegunungan yang memiliki air terjun dan taman bermain. Mengunjungi Malang akan memuaskan hasrat penjelajahan terutama kalau masbro dan mbaksis menyukai dunia fotografi.

Banyak destinasi wisata di Malang yang memiliki pemandangan indah bahkan dijuluki Instagramable oleh beberapa orang. Berikut ada beberapa contoh lokasi wisata di Malang yang pemandangannya bisa diambil untuk menghiasi akun Instagram. Ada yang memang masihg alami alias natural, ada juga olah kreatif tangan-tangan terampil warga Malang.

1. Coban Rondo dan Labirin

                Sumber : tabloidwisata.com

Coban Rondo adalah nama salah satu Continue reading

Gokil abis, paralayang nunggang KLX150

Pagi masbro..

Sudah kenal belum yang namanya olah raga paralayang? Kalau belum, yuk sama-sama cari tahu :mrgreen: Paralayang merupakan salah satu cabang dalam olah raga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki. Sumber : wikipedia. Olah raga ini sendiri menginduk pada FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Pokok-e, olah raga udara gitu masbro..dengan memanfaatkan angin/udara.

Nah, kawan saia semasa SMA, yang kebetulan masih berdomisili di Malang nih, menekuni olahraga ini secara serius. Namanya, kita kenalkan saja, Taufiq Muchsin. Sudah banyak dikenal di kejuaraan paralayang nusantara, atlet nih ceritanya dari kota Batu. Berawal dari hobi, yang terus ditekuni, dan alhasil, jadi profesi. Top markotop deh.. Malah, beberapa kali digandeng acara ngetop salah satu TV swasta, itu lho, My Trip My Adventure.

Nah, baru-baru ini, sam Taufiq ini membuat heboh paralayang di Batu. Bukan karena penampilan uniknya, itu sih bawaan  😆 Memang, pemuda satu ini supel dan kocak abis. Hebohnya, karena melakukan aksi nggak lazim. Yaitu, beraksi paralayang dengan menunggang motor, Kawasaki KLX150. Wedyan kan??

Aksi ini dilakukan beberapa waktu lalu di lokasi Paralayang Gunung Banyak, kota Batu Jawa Timur. Dengan bermodalkan beraneka macam harness dan tali pengaman, serta helm dan kamera action tentunya, jadilah aksi unik menantang bahaya ini. Sam Taufiq, dengan sengaja merekam aksinya ini.

Terbang di ketinggian, dengan mengandalkan tiupan angin ke parasut, memang sesuatu banget. Memacu adrenalin. Masih ditambah tantangan dengan menaiki sepeda motor. Walhasil, tegang juga nonton videonya nih… Start sih, lancar, wuzz….terbang dengan mulus. Begitu juga saat melayang-layang di atas udara kota Batu. Nah, saia ngeri saat turunnya. Terbayang, landing dengan kaki saja, kadang para penerjun atau atlet paralayang kadang masih miss, masih ada celah meleset. Lha ini, ditambah masih duduk di jok KLX. Waduuhh…

Tapi, syukurlah, landing juga dengan aman tanpa kendala apapun. Terbilang mulus malahan. Simak deh video terlampir. Begitu menyentuh tanah, langsung deh digas tuh KLX, menghindari ribetnya tali dan parasut.

Ajib memang masbro Taufiq ini…saia acung 2 jempol tangan dan 2 jempol kaki. Keberanian, serta kemampuannya memang ajib. Salut rek..semoga terus sukses yo. Dan semoga, saia bisa keturutan memenuhi ajakan beliau, diajak tandem paralayang. Hehehehe…

Semoga berguna dan semoga menginspirasi

video : dokumentasi pribadi Taufiq

Uniknya Beberapa Wisata Kuliner ala Jakarta

Sore masbro….sambil menikmati libur seharian, simak deh artikel liburan ringan ini. Pernah nggak mengalami, saat liburan datang, kadang malah kita tidak memiliki banyak waktu untuk pergi mengunjungi tempat-tempat wisata diluar kota. Terutama warga perkotaan yang terjebak dalam rutinitas kerja yang bisa memanggil kapan pun. Seperti di Jakarta misalnya, yang terdiri dari banyak penduduk Indonesia, kini pun sudah cukup padat. Namun, masbro dan mbaksis tidak perlu khawatir. Ternyata banyak sekali tempat-tempat yang unik di Ibu Kota ini yang dapat menarik perhatian. Mulai dari hotel, restoran, serta objek wisata lainnya.

Hotel atau penginapan di Jakarta memiliki beragam fasilitas dan pelayanan yang dapat dipilih,mulai dari fasilitas eksklusi berbintang sampai hotel yang murah. Masbro dapat memilih sesuai kebutuhan dan kantong melalui aplikasi traveloka di handphone aataupun smartphone. Salah satu hotel yang menjadi rekomendasi adalah Hotel Gran Melia Jakarta. Hotel ini berada di pusat srategis ibu kota, tepatnya di segitiga emas. Hotel bintang lima ini memiliki fasilitas yang komplit dan desain mewah hotel seperti peninggalan Spanyol.

traveloka1Sumber : melia.com

Selain banyaknya hotel, pusat kota ini memiliki beragam keunikan lainnya. Paling utama adalah keberagaman penduduknya. Beragam suku dari penduduk Indonesia yang menyatu di Jakarta ini berimbas ke dalam berbagai aspek. Salah satunya dan yang menarik ialah inovasi-inovasi yang tidak terpikirkan sebelumnya. Ide-ide unik dan kreatif disini membuat terciptanya produk-produk unggulan yang menjadi trend, terutama bagi anak muda.

Salah satu ide unik yang terus berkembang adalah pada kuliner, kita dapat berkeliling Jakarta untuk mencicipi rasa baru dan inovasi makanan di Indonesia maupun mancanegara. Jika masbro berdomisili di Jakarta dan hendak berlibur di Jakarta saja, mungkin beberapa pilihan restoran dibawah ini bisa menjadi rujukan untuk berwisata kuliner.

  • Bong Kopitown

Ada yang unik dari restoran ini, yaitu desain interiornya yang menyerupai penjara. Disini, akan dirasakan suasana penjara ala narapidana. Eits, penjara disini menyenangkan loh! Di penjara ini kita dapat memesan menu makanan dan minuman yang lezat, dan dilayani oleh pelayan yang mengenakan pakaian petugas. Para pelayannya yang menyerupai polisi dan narapidana, sehingga terasa seperti di penjara asli. Restoran yang dibangun oleh pengusaha muda, Bong Chandra ini, sudah memiliki 3 cabang di Jakarta.

  • The Playground

Selain penjara, di Jakarta kita juga dapat menikmati restoran dengan suasana ala taman bermain anak. Di The Playground, kita bisa duduk di bangku-bangku taman bermain maupun ayunan yang telah disediakan. Restoran ini berada di Jalan Metro Pondok Indah. Kita pun dapat mengenang masa kanak-kanak sambil menikmati menu yang lezat.

  • Hospitalis

Sekilas, tempat ini memang terlihat seperti klinik atau rumah sakit. Para pelayan di restoran ini bahkan mengenakan pakaian operasi, juga perawatnya. Ternyata, restoran ini memang sengaja di-desain menyerupai rumah sakit, loh. Lampu-lampu meja makan, kursi, dan setiap sudut restoran dibentuk mirip dengan rumah sakit. Dan yang paling unik, menu-menu di restoran Hospitalis ini bahkan disajikan dengan alat-alat rumah sakit.

  • Pasar Santa

Tempat ini sudah cukup popular ditengah masyarakat Jakarta. Pasar Santa menyediakan berbagai menu makanan yang lezat dengan harga yang relatif murah. Yang membuat unik Pasar Santa selain menu makanannya ialah tempat ini sendiri. Di tempat ini, terdapat banyak perkumpulan dari komunitas-komunitas anak muda di Jakarta. Selain itu, disini juga terdapat Pos Santa yang sering membahas mengenai penulisan, diskusi buku, dan lainnya.

Pasar Santa terletak di daerah Jakarta Selatan. Daerah sini memang terdapat banyak tempat yang menarik, seperti restoran hingga hotel. Salah satunya ialah Gran Melia Jakarta, hotel bintang 5 yang nyaman untuk bermalam.

traveloka2Sumber : blj.co.id

  • Namaaz Dining

Masih di daerah Jakarta Selatan, kita akan menemukan sensasi yang unik dari restoran ini. Keunikan dari restoran ini tidak terletak pada desain interior ataupun eksterior restoran, namun terdapat pada menu-menu yang disajikan. Di Namaaz Dining, kita akan menemukan menu-menu fine-dining yang sangat unik. Terdapat beragam menu yang tersedia, seperti gulai hingga dodol, yang disajikan dengan sangat tidak biasa namun istimewa.

Untuk menikmati sajian yang unik tersebut, langsung saja meluncur ke Namaaz Dining yang terletak di Jalan Gunawarman no. 42, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rasakan langsung keunikan makanan disini, bersama keluarga maupun teman.

traveloka3Sumber : burpple.com

Selain kulinernya, kita juga dapat menikmati tempat liburan yang menarik seperti Dunia Fantasi, Kidzania, maupun berbagai tempat perbelanjaan. Pilihlah tempat penginapan maupun hotel yang nyaman dan strategis di tengah ibu kota untuk memudahkan perjalanan. Selamat berlibur yak…Ternyata, menikmati libur, nggak perlu jauh-jauh kan? Hehehehe…

 

Sisi minus di Alun-alun Malang

Sudah basi banget kalo mau bahas Alun-alun Malang versi baru. Udah banyak diposting. Nah, yang mau saia ulas nih, soal minusnya :mrgreen:

gambar : halomalang

gambar : halomalang

Dibalik semua fasilitas yang top-markotop, memanjakan pengunjung Malang Raya, pastilah ada terselip kekurangan. Wajar lah masbro, buatan manusia, gak ada yang sempurna 😉
Samsat Corner dan pos polisi megah ada di pojok utara, area bermain anak dan fasilitas baru playground di sisi selatan depan Kantor Pos, track untuk penggemar skateboard di sisi utara(masih perbaikan sih), WiFi yang lumayan cepet juga gratis, Pojok Baca di pojok selatan/timur, layanan Perpustakaan Keliling di sisi selatan. Air mancur menari, tanaman yang selalu segar. Kurang apa coba?? .


Nah, kurangnya justru hal utama saia rasa. Yaitu Continue reading

Wisata di Kusuma Agro Wisata

Tanggal merah, pasti diincar si thole buat “memaksa” orang tuanya jalan-jalan alias keluar rumah. Biasanya, yang dekat-dekat, paling ke pasar hewan Splendid atau ke Alun-alun. Kemarin, akhirnya nyoba ke area Batu. Kusuma Agro Wisata tujuan kami. Yang ditarget utama, jelas kolam renang alias water park-nya. Anak saia ini kebetulan, senang banget yang namanya main air. Seharian pun betah, meski kurang mahir berenang (bapaknya malah parah, gak bisa berenang, apalagi nyelem 😆 )

2015-05-01 12.13.05Dengan tiket masuk Continue reading

Oskab President aseli Ngalam

Hem, oskab…jajanan khas ngalam iki. Kabeh mesthi wis itreng lontep daging sing asaib diarani oskab ngalam. Lha lucune, lek umak golek nggen utowo wong dodolan sing dijenengi “oskab ngalam”..waduh, kadit nemu sam. Gak bakalan onok…walikanMalah sing ono oskab olos, oskab cak man, oskab rakab….heka pokoke sing di-lod nggawe jeneng oskab. Lha trade-mark oskab ngalam, biasane digawe nek sing lodod ndek malang coret alias ndek jobone ngalam, misal ayabarus, jekardah dkk.
Lek jare ayas, sing asli ngalam, yo oskab kampung iku, nggawe rombong disorong, karo oskab sing lawas, alias suwe onok ndek ngalam. Contone? Cak Man osi, oskab Jumaju (mek rombong sorong), trus ono maneh sing legendaris, oskab President. Continue reading

Destinasi wisata kerajinan di Kota Malang..lek kadit itreng, kalem ae sam, ono terjemahane

Destinasi wisata kerajinan di Kota Malang
Masbro sekalian, postingan kali ini jangan dibuat susah ya, karena sengaja saia buat dalam format bahasa Jawa Malangan, yang emang rada kasar, campuran dann…ada khas walikan. Apaan tuh? Yup, ungkapan kata-kata yang dibalik, alias ditulis dari belakang, yang jadi ciri khas Malangan. Misal, Malang jadi Ngalam dan sebagainya.
Stay tune yak…
walikan
Wisata nang Ngalam, biasane uwong mikir-e mesti kota Utab, dudu kota Ngalam. Maklum ae, lha ancene nggen hiburan karo dulinan sing akeh ancen ndek Utab. Nah, saiki ayas katene sethithik mbagi info nggen wisata kerajinan ndek wilayah kota Ngalam.
Mulai teko lor dhisik yo, sing cedhek. Lek sampeyan uklam teko lor Continue reading