Pantai-pantai Tersembunyi di Malang yang Tak Kalah dari Bali

Pagi masbro..

Berkendara menggunakan sepeda motor, emmang asyik. Terutama nih, buat yang suka ekplorasi wilyah sekitar. Kenapa? ya karena dengan bentuk yang ringkas dan praktis, motor lebih lincah ketimbang mobil. bisa menelusup ke daerah yang susah dilalui mobil misalnya. Makanya, bisa masuk hingga pedalaman, menemukan spot-spot wisata baru yang belum dbisa diakses dengan mobil. termasuk di Malang nih. banyak lho obyek wisata alam, terutama pantai, yang menarik dan asyik untuk dinikmati. Bersyukur, sekarang akses jalan menuju beberapa pantai di Malang sudah lumayan bagus dan bisa dilintasi beragam kendaraan, nggak hanya sepeda motor.

pic : indoride

pic : indoride

Namun, tahu nggak masbro dan mbaksis, ada beberapa wisata Malang tersembunyi berupa pantai yang belum dikunjungi banyak orang? Nah, bagi masbro dan mbaksis yang kebetulan sedang merencanakan liburan lewat Traveloka dan butuh rekomendasi wisata alam, simak deh daftarnya di bawah ini!

  • Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok

Malang menyimpan sejumlah pantai elok mengingat lokasinya yang tak jauh dari lautan. Salah satu tempat yang sering kali direkomendasikan adalah Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok. Keunikan pantai ini adalah adanya air terjun yang berada di tepi pantai. Hal tersebut yang membuat objek wisata alam tersebut dinamakan banyu anjlok yang dalam bahasa Jawa berarti air jatuh.

Bagi  yang ingin berkunjung ke Pantai Lenggoksono-Banyu Anjlok harus jalan kaki sejauh 3 kilometer atau naik perahu untuk menikmati pantai ini. Medannya sendiri dipenuhi kebun dan hutan yang berkelok. Sementara kalau berangkat dari Malang,  bisa mengakses rute Turen ke Dampit lalu ke arah selatan menuju Tirtoharjo.

  • Pantai Jonggring Saloko

Pantai selanjutnya yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi saat ada di Malang adalah Pantai Jonggring Saloko. Objek wisata alam ini masih tersembunyi mengingat tempatnya yang jauh dari pemukiman warga. Beralamat di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Pantai Jonggring Saloko, tempat ini dapat  diakses dari pusat kota Malang dengan jarak tempuh 69 kilometer.

Meski aksesnya cukup sulit, pemandangan yang bakal menyambut sampean,  dijamin dapat menghapus rasa lelah. Sayangnya, untuk menjaga kelestariannya pengunjung tidak diizinkan berenang. Namun, masih bisa kok, melakukan kegiatan lain seperti jalan-jalan di pesisir pantai dan menikmati deburan ombak.

  • Pantai Watu Seling Buceng

Dibandingkan dua pantai sebelumnya, Pantai Watu Seling Buceng lebih mudah diakses. Masbro dapat langsung melihatnya begitu memarkirkan kendaraan. Selain itu, pantai ini bukan tipe pantai berpasir putih yang sedang digandrungi. Dengan bebukitan di kedua sisi, Pantai Watu Seling Buceng merupakan pantai sempit dengan bebatuan karang datar di sekitarnya.

Namun, hal itulah yang membuatnya begitu memikat dan cocok untuk wisatawan yang membutuhkan privasi. Bisa menikmati hari dengan berjlaan-jalan pada dataran lumut sambil menunggu matahari terbenam yang akan memberikan rasa serta view memukau.

  • Pantai Bantol

Pantai Bantol adalah jenis pantai berpasir putih yang dijamin bakal menenangkan pikiran . Betapa tidak? Wisatawan bakal disuguhkan bentangan laut jernih sembari jalan-jalan di hamparan pasir. Ada pula danau air payau yang berasal dari sejumlah sungai kecil di sana. Jenis pemandangan yang mungkin kurang umum dijumpai di sekitar pantai.

Danau air payau berada di bagian kanan pantai dan berdampingan dengan hutang mangrove yang jarang terlihat di bagian selatan Jawa. Sungguh pemandangan yang sangat jarang dijumpai. Jadi, bisa dibayangkan, seindah dan semenenangkan apa suasana di Pantai Bantol bukan?

  • Pantai Balekambang

Pantai yang sudah eksis sejak era 80-an ini belakangan kembali naik daun. Hal tersebut disebabkan topografinya yang mengingatkan wisatawan pada Tanah Lot di Bali. Jadi wajar saja kalau jumlah turis yang berkunjung semakin banyak karena ingin tahu keindahan pantai yang juga dijadikan lokasi wisata religi Nyepi dan malam satu Suro tersebut.

Pantai Balekambang beralamat di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kota Malang. Masbro dapat mengakses pantai berkarang tersebut dari pusat kota ke arah selatan dengan jarak tempuh sejauh 60 kilometer.

  • Pantai Batu Bengkung

Berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Pantai Batu Bengkung adalah pantai indah selanjutnya yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke bagian selatan Jawa. Bisa diakses dari pusat kota Malang menuju Kepanjen ke Pagak hingga Bantur. Dari sana, bakal menemukan petunjuk arah ke Pantai Balekembang menuju perempatan ke Pantai Batu Bengkung. Sesampainya di pantai, bakal tersaji pemandangan indah berupa laut jernih dan tebing. Ada pula kolam alami yang terbentuk dari bebatuan karang di sana. Namun, karena ombaknya relatif besar, Pantai Batu Bengkung kurang dianjurkan sebagai tempat berenang bagi wisatawan.

Bagi masbro yang sudah memasukan kota Malang ke dalam daftar wisata tahun ini, bisa nih diagendakan  lokasi pantai-pantai di atas sebagai destinasi ketika berada di Malang. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dan bepergian secara aman, karena pantai-pantai tersebut memiliki jarak tempuh yang relatif jauh dan dapat menguras tenaga. Namun, semua itu akan terbayar dengan keindahannya yang jarang kita temui di tempat lain.

Semoga berguna dan selamat berwisata di Malang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s