Wisata edukasi di Bhakti Alam, Pasuruan

Pagi masbro..

Wisata, jaman sekarang memang nggak melulu hanya keliling-keliling dan melihat keindahan alam atau menikmatai berbagai wahana dan permainan di lokasi. Tapi, juga ada sisi edukasi alias pembelajaran pada pengunjungnya. Hal ini saia nikmati di salah satu destinasi wisata di Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya, di Ngembal nih, bertajuk Bhakti Alam

Beberapa waktu lalu, saia mengajak keluarga , hanya berempat sih yaitu istri dan 2 anak saia, dolan ke wisata ini. Terletak di salah satu sudut wilayah kabupaten Pasuruan, lokasi tempat ini memang cocok dibuat wisata. Jauh dari keramaian, sehingga sangat tenang dan keasrian lingkungannya sangat terjaga.

Ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam dari pinggiran Malang, yaitu rumah saia, dengan jalan yang relatif mulus. Sebenarnya, ada 2 alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk menuju Bhakti Alam. Yang pertama dan umum dipilih wisatawan, adalah dari sisi utara. Dari pertigaan Purwosari, lurus saja menuju arah Pasuruan. Kira-kira 2 km, akan ada pertigaan, silakan berbelok ke kanan arah timur. Ada petunjuk arah menuju Bhakti Alam. Sayangnya, di sekitar jalan masuk hingga sekitar 1,5 km, jalan aspal yang sebenarnya mulus, dihiasi lubang-lubang besar bekas hajaran truk pengangkut pasir. Setelah itu, lumayan mulus, melintasi desa dan hutan perbukitan hingga ke lokasi.

Kalau dari sisi selatan, yaitu sebelah selatan Kebun Raya Purwodadi. Ada pertigaan ke arah Nongkojajar, silakan belok kiri kalau dari arah Surabaya atau ke kanan ke arah timur kalau dari arah Malang. Jalannya, terbilang mulus dan sangat nyaman, hanya saja dihiasi banyak tikungan meliuk-liuk. Kalau sudah pernah menikmati tikungan ala Kasembon atau Batu dan Cangar, nah, kondisi mirip ada disini. Asyik nih kalau riding sendirian, bisa menikmati tikungan ala cornering kayak anak-anak muda penghobi sunmori :mrgreen:

Masuk lokasi, hawa segar khas daerah dataran tinggi menyapa. Suegeree… Kebetulan pula pas musim durian nih, sejal di parkiran, mata dimanjakan oleh kumpulan buah durian yang bergelantungan di pohon. Maklum, daerah ini juga terkenal sebagai salah satu daerah sentra durian di Jawa Timur. Di agrowisata ini, ternyata durian juga merajalela, hehehehe. Jadi salah satu ikon Bhakti Alam, wisata durian. Makanya, kalau pulang dari sini, bawa durian itu wajib hukumnya.

Tempat parkir sangat luas, mau kendaraan apapun juga muat. Sepeda motor, mobil, bus asal bukan truk trailer saja. Beres parkir, menuju pintu masuk. Tiket masuknya, untuk hari libur dan akhir pekan, dibanderol IDR 40.000 per orang, sementara untuk hari biasa, cukup bayar IDR 30.000 saja.

Tiket ini sudah komplit mencakup tiket kendaraan untuk berkeliling area agrowisata, kupon pengambilan buah potong dan jus gratis serta masih ditambah produk susu, gratis lagi. Yeee…oke kan??

Fasilitas untuk semua pengunjung, memang disiapkan kendaraan khusus untuk berkeliling di semua area di Bhakti Alam ini. Luasnya emang luar biasa, mencapai 300 hektar. Sebagian besar, memang digunakan sebagai lokasi penanaman tanaman buah, terutama durian berbagai jenis. Masih ada juga beragam tanaman buah lain yang dijelaskan oleh pemandu wisata sambil naik bis terbuka keliling.

Asyik nih, dijelaskan tentang beragam tanaman, varietas durian dan buah lainnya, sambil mata kriyep-kriyep, hawa ngantuk plus sejuk. Sekitar 30 menit lebih keliling dengan bis terbuka, menyusuri kebun durian, kebun buah naga, kebun belimbing dan beragam buah lain termasuk singgah di beberapa lokasi.

Lokasi singgah alias perhentian sejenak bis wisata ini ada 3, yaitu produksi susu sapi produksi Bhakti Alam , kebun buah dan sayur hidroponik serta pengolahan beragam keripik dan jamu tradisional. Wisatawan dipersilakan menikmati informasi dan juga melihat langsung proses pengolahannya. Termasuk menikmati buah potong gratis di lokasi sayur hidroponik serta jus buah.

Selesai berkeliling, silakan menikmati beragam fasilitas di agrowisata ini. Ada taman air untuk anak-anak, persewaan ATV buat yang mau uji nyali naik ATV di medan off road, firefox dan beberapa aktifitas lain sejenisnya. Kurang? Masih ada kok. Ada sirkuit gokart dan mobil buggy dengan beragam jenis. Mulai untuk ukuran dewasa hingga anak-anak. Banderol sewanya pun cukup murah. Anak saia yang sulung penasaran dengan mobil buggy. Cukup dengan IDR 25.000 saja, sudah diperbolehkan mengendarai mobil bergaya buggy dengan transmisi otomatis plus perangkat keamanan. Nguueeeng…

Di agrowisata ini, buat yang hobi foto-foto, banyak banget spot yang instragramable dan sosmedable. Foto dan upload ke akunmu, pasti keren. Puas jalan-jalan, main air dan uji adrenalin si kecil, tinggal pulang deh. Oh iya, kalau mau mengisi perut, juga tersedia semacam food court disini, yang komplit dan bisa dipilih. Beragam stand makanan, mulai sekedar camilan hingga makanan berat, terutama makanan khas Jawa Timur, dengan mudah ditemui disini.

Yuk, yang pingin wisata sekaligus mendapatkan edukasi di agrowisata, jadi jalan-jalan sekaligus dapat ilmu, bisa sambangi Bhakti Alam. Semoga berguna

Advertisements

2 comments on “Wisata edukasi di Bhakti Alam, Pasuruan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s