Tertib peraturan, Honda CBR150R buat dagang

Pagi masbro..

Motor, sesuai peruntukan dan falsafahnya, fungsi utama adalah memang sarana angkut. Memudahkan kita selaku pemilik dan penunggang, untuk beraktifitas, bahkan sekaligus bisa juga sebagai sarana pencari nafkah. Selain mengantar ke tempat kerja, juga buat kerja, angkut barang misalnya. Tak terkecuali dengan sebuah Honda CBR150R versi lokal, kalau kodenya biasa disebut K45.

Ini motor berkelir merah, dengan striping silver ini, saia temui di jalan, saat berangkat kerja. Nggak ada yang spesial sih, tampil biasa saja nggak ada modifikasi aneh-aneh. Yang mencolok adalah adanya ‘bawaan’ berupa 2 jerigen plastik ukuran besar di sisi kanan dan kiri buritan motor berwarna putih, serta 1 jerigen ukuran yang sama berwarna biru , duduk manis di jok belakang terikat tali karet.

Sayang, mau saia tanya-tanya, kayaknya terburu-buru si mas penunggang CBR ini. Sama sepertinya, hendak mencari rejeki. Namun ada 2 hal unik dari motor yang kalau diibaratkan anak jaman now, motor touring dengan sidebox dan topbox ini. Apa hayo???

Pertama, terpasangnya lampu sein belakang meski berpindah lokasi.

Karena di sisi samping ada terpasang jerigen, maka jelas lampu sein tidak bisa terpasang di tempatnya. Bila biasanya, maaf nih, motor yang dipakai angkutan barang tambahan macam ini, malah sekalian melepas sein-nya, beda dengan yang dilakukan pemilik CBR ini. Posisi lampu sein belakang, dipindah¬† ke bawah, persis di samping sepatbor/spakbor belakang. Posisinya kini jadi vertikal alias berdiri, nggak horisontal seperti aslinya. Hmm..tetap berfungsi dan aman kan? Nggak bikin bingung dan celaka pengendara di belakangnya, karena tetap menyala saat difungsikan hendak belok. Mantap…

Kedua, tidak dilipatnya spion. Sudah jamak kan, motor sport berfairing, entah itu mocil alias motor kecil maupun moge beneran atau abal-abal, supaya keren, selalu melipat spionnya. Malah ada yang dilepas. Berbagai alasan dikemukakan, yang baplang-lah, yang suka kesenggol-lah, dan yang paling gak masuk akal, gak gaul dan gak sporty motor fairing pake spion. Haduuuh..

Di motor CBR150R ini, spion masih lengkap terpasang. Lengkap keduanya, bahkan, posisinya juga normal saja, nggak dilipat. Saia jelas melihat posisinya, dan bisa juga lihat sang pengendara saat saia berada di belakangnya, jadi ya jelas, spion maish berfungsi normal sebagaimana seharusnya. Mantap lagi…

Nggak dipungkiri, ada beberapa fungsi motor yang beresiko terkurangi karena penggunaan sebagai kendaraan niaga. Tapi, sudah seharusnya, piranti standar keselamatan seperti lampu-lampu, spion dan kelengkapan motor lainnya.

Jadi, modif motor buat cari rejeki secara aman dan patuh aturan lalu lintas, ternyata bisa kan? Yuk berkendara #cariaman, tenang, rejeki lancar dan selamat dalam perjalanan. Semoga berguna

Advertisements

6 comments on “Tertib peraturan, Honda CBR150R buat dagang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s