Tidak peduli kondisi motor, bisa membahayakan yang lain

Pagi masbro..

Sepeda motor, merupakan salah satu penyambung kaki, alias sarana transportasi yang cukup vital bagi kebanyakan orang. Karena bentuk ringkas dan efisien, sangat bermanfaat menunjang aktifitas sehari-hari, termasuk bekerja.

Karena dipakai setiap hari, sedemikian sibuknya sang pengguna, sehingga kadang lalai mengecek kondisi motornya. Nggak usah muluk-muluk cek kondisi oli mesin, atau kampas rem. Bagian luar motor, atau sekujur bodi kendaraan saja, nyaris tak terjamah adalah hal lumrah

Namun, soal sepele bisa jadi masalah. Seperti motor yang ketemu saia kemarin pagi di jalan raya. Sekilas, nggak ada masalah dengan Yamaha Vixion hitam edisi awal ini. Resik, bersih, ditunggangi seorang sekuriti yang baru pulang kerja sift malam.

Pas berhenti di traffic light Singosari, saia yang persis di belakangnya baru ngeh, kalau ternyata, cover silincer knalpot Vixion itu copot di bagian belakang.

Alhasil, si cover knalpot jadi tergantung pada bagian depan saja dan posisinya malah melebar kesamping. Bahaya nih, kalau pas posisi padat lalu lintas, bisa tersenggol motor lain dan bisa kecantol.

Resiko serempetan dengan motor lain, kecantol dan terseret sangat mungkin. Ya karena posisi si cover knalpot itu melebar kesamping. Pas memungkinkan, saia lalu mendekati pemiliknya lalu, memberitahu kalau cover knalpotnya copot. Tak disangka, responnya ternyata positif. Beliau refleks menoleh ke belakang, dan sambil mengucapkan terima kasih, langsung menepi dan berusaha membetulkan dengan seadanya. Entah diikat kawat atau apa, saia sudah nggak kelihatan. Ya karena langsung melanjutkan perjalanan

Last, meski sepele, bikers kudu tetap perhatian sama tunggangannya ya. Nggak hanya potensi berbahaya bagi diri sendiri, tapi juga orang lain. Nggak butuh waktu lama kok, sambil memanaskan mesin motor bisa tuh, cek kondisi motor.

Semoga berguna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s