Cek bagian ini bila terasa rem cakram kurang pakem

Pagi masbro..

Piranti rem cakram memang sudah menajdi standar pengereman motor mas kini. Nyaris nggak ada nih motor yang pake rem tromol, khususnya di bagian depan. Nah, memang secara fungsi rem cakram lebih pakem dan kuat ketimbang rem teromol, juga perawatan lebih mudah karena terbuka. Namun, bila nggak dirawat, ya bakal menurun fungsinya, alias nggak pakem.

Cara mengecek ketika rem cakram nggak lagi sepakem biasanya, kira-kira seperti apa? Apa saja dan apakah bisa dilakukan sendiri? Simak beberapa item pengecekan berikut ini :

Continue reading

Meski sudah tersedia fiturnya, sering kita abaikan

Pagi masbro..

Pabrikan sepeda motor sudah melengkapi motor produksinya dengan banyak fitur, yang emmudahkan pemilik dan pengendara, tahu akan kondisi motornya. Namun, seringkali, pemilik malah abai padahal andai saja lebih peduli, keselamatan berkendara akan lebih terjamin

Apa saja fitur yang sering diabaikan pada motor tunggangan sehari-hari? Yuks dirinci beberapa diantaranya ya…

Continue reading

Meski puasa, berkendara tetap bisa aman dan nyaman. Simak tips singkatnya

Pagi masbro..

Salah satu hikmah dan pesan terpenting dalam berpuasa di bulan Ramadhan ialah mengendalikan diri untuk tidak hanya melakukan hal yang dilarang tapi juga yang halal pun harus mampu dikendalikan. Pelajaran ini juga bisa diterapkan saat berkendara di jalan raya bersama pengguna jalan lain.

Pengendara sepeda motor harus bisa mengendalikan diri dan ekstra sabar dalam menghadapi diri sendiri maupun sesama pengguna jalan. Tujuannya agar puasa tidak kehilangan pahala dan aktivitas berkendara tetap aman dan nyaman. PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tips berkendara di bulan puasa.  

Continue reading

Manajemen emosi saat berkendara

Pagi masbro..

Saat berkendara, terutama nunggang sepeda motor nih, banyak faktor yang berkaitan dengan keselamatan. Mulai dari faktor kondisi sepeda motor, pengendara hingga kondisi jalan.

Dari sisi pengendara pun bisa dibagi 2, fisik dan psikis. Kalau fisik sih jelas. Kelelahan, hingga kurang bisa mengontrol anggota badan adalah contohnya. Demikian pula dengan mata minus yang memerlukan kacamata spesial, agar bisa maksimal penglihatan di jalan

Continue reading

Jangan sering libas polisi tidur membabi-buta, tulang belakang bisa cedera

Pagi masbro..

Polisi tidur, adalah benda yang lazim kita temui saat berkendara sehari-hari. Dengan gampang, sering dijumpai di jalan desa, yang paling sering sih di jalan-jalan perumahan.

Alasannya jelas, untuk “menghambat” pengendara agar tidak memacu kendaraan dengan kencang dengan tujuan keselamatan, baik si pengendara maupun warga sekitar dan pengguna jalan lain. Buat bikers, kadang karena keburu atau sebab lain, seringkali melibas poldur dengan kecepatan lumayan tinggi

Hal ini selain berbahaya karena keseimbangan motor terganggu dan rawan celaka karena oleng dan terjatuh, ternyata ada efek jangka panjangnya. Dapat info dari seorang rekan medis, yang cerita tentang cedera pada area tulang belakang gara-gara sering melibas polisi tidur serampangan.

Continue reading

Media komunikasi antar pengendara kudu dirawat, lelampuan

Pagi masbro..

Jalan raya, meski sempat lengang gegara pandemi, memang dipenuhi oleh beragam pengguna jalan. Mulai kendaraan bermesin maupun tidak, kendaraan kecil hingga besar, semua memanfaatkan sarana jalan raya untuk beraktifitas

Salah satu media interaksi antar pengendara adalah lampu. Yes, benda pemancar cahaya ini, berfungsi mewakili pengendara untuk berkomunikasi dengan pengendara lain. Kok media komunikasi? Lha iya, kayaknya, kalau komunikasi antar pengendara melalui bahasa atau ngomong langsung, kan susah šŸ˜† Teriak-teriak, woiii…saya mau belok kiri nih, adalah suatu hal yang mustahil :mrgreen:

Isyarat

Continue reading

Berkendara aman di kala hujan malam hari

Pagi masbro..

Berkendara, dengan cuaca beberapa hari belakangan di Jatim rada berubah-ubah, memang menuntut kewaspadaan ekstra. Apalagi, ketika di musim yang sebenarnya masuk musim kemarau,  Namun tetiba, turun hujan deras di malam hari. 

Kondisi hujan,  pas melintasi jalan yang gelap, minim penerangan jalan, bisa jadi kombinasi yang berbahaya. Ketika satu-satunya sumber cahaya ya motor kita, weh, kudu ekstra konsentrasi. Berikut, ada beberapa trik dan tips berkendara saat malam dan hujan yang saia rangkum. Simak ya, supaya lebih aman saat berkendara

  • Amati marka jalan

Marka atau penanda jalan, adalah garis yang terbuat dari cat dengan ban khusus. Bahan khusus yang infonya juga dicampurkan dengan semacam karet dan pewarna fluorescent yang hasilnya bisa menyala ketika tersorot cahaya. Nggak menyala sendiri sih, persisnya memantulkan cahaya. Marka, adalah panduan utama ketika melintas di jalan raya. Marka garis lurus tanpa terputus, tandanya nggak boleh dilintasi atau dilibas, sementara marka putus-putus, bisa dilewati saat menyalip dengan catatan situasi memungkinkan.

Saat gelap gulita dan cuaca hujan, panduan garis marka ini sangat bermanfaat bagi pengendara karena bisa jadi patokan batas tepi jalan serta bagian tengah jalan, terutama di jalan yang nggak ada median/pembatas. Intinya, jangan melewati marka jalan yaa..

Continue reading

Prosedur pakai sarung tangan saat pandemi, tetap #cariaman ya

Pagi masbro..

Pandemi virus corona ini, memang secara kurva masih belum melandai. Pertumbuhan pasien yang terpapar virus ini, masih cukup tinggi. Makanya, seiring perlahan mulai masuk masa transisi, dalam beraktifitas tetap memproteksi diri. Masker adalah benda wajib saat keluar rumah untuk bekerja atau aktifitas lain. Demikian pula, cairan pembersih tangan atau jamak disebutĀ hand sanitizer juga wajib dikantongi.

Prosedur cuci tangan, juga menjadi hal yang diwajibkan. Nah, buat bikers nih, sarung tangan aliasĀ gloves, membuat prosedurnya jadi sedikit berbeda. Sarung tangan penuh ini, satu sisi bermanfaat dobel. Selain melindungi keseluruhan jari tangan dari benturan atau gesekan, juga melindungi dari sentuhan dengan grip gas secara langsung.

Parkir motor di beragam area , beresiko motor dipegang-pegang jukir atau orang lain. Soal kesehatannya, yah, kita nggak tahu juga, tuh orang yang pegang stang motor kita, habis pegang apa saja. Apakah sehat juga orang tersebut kita juga nggak tahu.

Yang dikhawatirkan, bisa saja tuh, virus nempel di grip gas motor kita. Kan nggak terlihat itu virus. Begitu kita pegang , bisa jadi pula beralih dan menempel. Makanya, perlu siap sedikitĀ effort alias usaha ekstra. Sederhana saja sih tipsnya.

Continue reading

Jangan biasakan menahan tuas kopling saat lampu merah

Pagi masbro..

Buat pengguna motor sport, atau motor yang pakai kopling manual, saat antri di traffic light menunggu lampu hijau, adalah saat menentukan. Detik-detik lampu hijau menyala dan segera gas pol, melesat mendahului yang lain.

Dinamika jalan raya saat ini, memang jadi semacam sirkuit. Saling adu cepat, menuju tujuan masing-masing. Karena takut terlambat, mash dihadang kemacetan lagi didepan, dan banyak hal penyebabnya. Makanya, seringkali, pengguna motor kopling manual, seringkali menahan tuas kopling dengan posisi persneling masuk di gigi 1. Alasannya sih, biar gampang saat lampu hijau, tinggal lepas tuas kopling dan pelintir gas, motor sudah ngacir duluan.

Padahal, kebiasaan ini punya beberapa efek negatif lho. Diantaranya, Continue reading