Mengenal Escort Ambulance, apaan sih?

Pagi masbro..

Kalau dengar kata escort pasti deh, penilaian banyak orang rada miring. Menjurus tuh ke hal lain :mrgreen: Kali ini, escort-nya beda. Yang ditemani dan diamankan serta dikawal  adalah ambulans.

Escort Ambulance atau EA, kalau di luar negeri sono, biasanya dilakukan oleh aparat kepolisian secara resmi. Fungsinya sih jelas, membantu melakukan pengawalan sehingga ambulans memperoleh prioritas jalan menuju rumah sakit. Kalaupun bukan aparat kepolisian, ada semacam organisasi khusus EA yang  membantu tugas polisi tersebut.

Nah, balik lagi. Di Malang Raya, sudah beberapa lama muncul gerakan ini. Kalau secara nasional, sudah ada wadahnya yaitu bernama Indonesia Escorting Ambulance (IEA).

Di Malang, Continue reading

Advertisements

Kala Vario 110 FI menerjang banjir

Pagi masbro..

Selasa sore, penghujung Pebruari 2017 kemarin, salah satu tanggal yang berkesan buat saia. Kenapa? Iya, karena pertama kalinya, HOnda Vario110FI marun kepunyaan nyonyah, terpaksa saia ajak berendam di banjir dadakan 😉 Jadi, ceritanya, CB150R saia kandangkan di rumah, sengaja minjem matic nyonyah karena akhir-akhir ini jarang banget dipake.  Enak bener nongkrong doang 😆   2 hari saia pakai, jangankan hujan, gerimis aja jarang-jarang. Lha kok hari itu, sejak siang hujan deras melanda kota Malang hingga saat pulang kerja.  Alhasil, hujan deras trabas deh..

Lalu lintas kota lumayan padat, hingga masuk Jl S Parman dan A Yani Blimbing, macet parah. Terlihat, aliran air di sisi kiri jalan lumayan deras. Meski banyak motor yang berupaya terabas air, salip dari sisi kiri, tapi perasaan saia gak enak, soalnya bawa motor matic pendek (rendah). Ikut antri, sabar sampai sekitar 200 meteran. Setelah itu, nampaklah pemandangan luar biasa.

banjirneh2

Luapan air ber Continue reading

Monorel di Malang bisa dicoba tahun 2018 (semoga)

Dilansir situs resmi Pemerintah Kota Malang www.malangkota.go.id,  akan segera dibangun sistem transportasi baru sebagai salah satu solusi pemecah kemacetan yang terasa mulai mengganggu aktifitas warga Malang. Kalau rumornya sih, sudah bebeberapa tahun lalu sudah berhembus, tapi…ya, sudahlah 😉

Rabu 18/01/2017 lalu, Walikota Malang H.M. Anton, melakukan penandatanganan MoU alias nota kesepahaman dengan PT Indonesia Transit Central di Balaikota Malang. Sekaligus, dalam acara tersebut, dilakukan presentasi langsung oleh pihak investor, mengenai rencana kerja mereka. Wah, salah satu solusi yang ditunggu warga kota Malang nih.

monorel

Memang, secara kasat mata, semakin berjubelnya pengguna jalan di kota Malang, setiap tahun memang terasa naik signifikan. Kala 11 tahun lalu, saia kerja di pusat kota Malang, dengan jarak tempuh dari rumah ke tempat kerja sekitar 18 km, bersama GL Max, butuh waktu sekitar 15 menitan, maksimal 20 menit termasuk dengan perhentian beberapa lampu merah. Lha sekarang? Jikalau lancar, dengan sedikit bumbu kemacetan, waktu 30 menit termasuk cepat, dengan diselipi bumbu ala roadrace 😆 Maksudnya, sedikit meliuk-liuk diantara kendaraan yang antri macet. Apalagi di kala weekend, semenjak Jumat hingga Minggu, jangan harap deh bisa sampai dalam 45 menit. Entahlah, kalau yang skill ridingnya diatas rata-rata 😉

mobil-macet-malangSekalipun memang, beberapa simpul kemacetan ada di area pintu masuk dan keluar kota Malang, tetapi, solusi transportasi berupa monorel ini, bisa sedikit mengalihkan pengguna kendaraan pribadi di dalam kota, untuk menggunakannya. Mobil pribadi berkurang, jalanan bisa sedikit longgar, mungkin itu salah satu harapan Pemkot Malang.

Monorel ini, untuk sementara, hanya akan mempunyai panjang lintasan 8,2 km saja. Padahal, idealnya, menurut pak walikota, dibutuhkan jalur sekitar 40 km. Rute awal yang akan segera dikerjakan,menurut pihak investor adalah dari area Stasiun Kota Baru, ke arah barat hingga ke Jl Veteran, area Univ Brawijaya. Ini merupakan salah satu jalur padat di tengah kota, menuju pusat pendidikan.

monorel3Apapun itu, ini merupakan salah satu upaya nyata pemerintah daerah, dalam mengatasi persoalan yang mulai jamak menghinggapi daerah yang terus berkembang. Semoga segera terrealisasi..

 

Info penutupan ruas jalan Kota Malang Sabtu 3 September 2016

Sekilas info saja masbro dan mbaksis,

Sabtu besok, 3 September 2016, akan digelar pentahbisan Uskup Dioses Malang , bertempat di Stadion Gajayana, Malang. Acara besar ini, merupakan salah satu dari 4 urutan acara pergantian Uskup Malang.

Untuk agenda acaranya sendiri, sudah dimulai sejak Jumat hari ini, 2 September 2016. Lebih lengkap berikut saia lampirkan rincian kegiatannya :

 

  • Jumat, 2 September 2016, pukul 16.30 WIB: Ibadat Salve di Gereja St. Maria dari Gunung Karmel, Katedral Malang, Jawa Timur.
  • Sabtu, 3 September 2016, pukul 08.00 WIB: Perayaan ekaristi tahbisan episkopal untuk Mgr. Dr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm di Stadion Gajayana, Jl. Tangkuban Perahu, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jatim.
  • Sabtu, 3 September 2016, pukul 18.00 WIB: Resepsi mensyukuri tahbisan episkopal Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm sebagai Uskup baru untuk Keuskupan Malang di Hotel Savana & Convention, Jl. Letjen Sutoyo 30-34, Kota Malang.
  • Minggu, 4 September 2016, pukul 00 WIB: Misa Pontifikal Uskup Dioses Malang di Gereja Katedral Malang.

Berkaitan dengan hal tersebut, akan ada penutupan beberapa ruas jalan di seputar Stadion Gajayana hari Sabtu 3 September 2016. Jalan yang rencananya akan ditutup antara lain :

  • Jalan Semeru, mulai perempatan Pizza HUT ke arah barat sampai Perpustakaan Umum Jalan Ijen
  • Jalan Tangkubanperahu, mulai pertigaan Jalan Kawi hingga pertigaan Jalan Semeru/Stadion Gajayana
  • Jalan Tenes, mulai pertigaan Jalan Kawi/Toko Dioma hingga ke Jalan Semeru

misaMohon, bila masbro mempunyai agenda melewati jalan-jalan tersebut, agar mencari jalan alternatif lain, bila tidak ingin terjebak kemacetan. Demikian sekilas info, semoga bermanfaat

 

Jadwal Pawai/Karnaval Malang Raya

Sore masbro…

Sekilas info saja, saia ingin share tentang jadwal pawai 17an, atau yang biasa dijuluki karnaval. Memperingati 17 Agustus, biasanya di berbagai wilayah di negeri kita tercinta ini, menggelar berbagai lomba dan karnaval untuk memeriahkan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, adanya pawai atau karnaval di beberapa tepat, kadang turut menyumbangkan potensi kemacetan, karena menggunakan beberapa ruas jalan raya. Yah, mohon dimaklumi saja ya masbro dan mbaksis, acara setahun sekali, diperingati seluruh bangsa pula.

karnavalBerikut jadwal pawai/karnaval yang digelar di wilayah Malang Raya, yaitu meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang serta kota Batu. Terima kasih pada admin touringrider.wp.com yang sudi berbagi informasi. Selamat menyimak dan bersiap menonton 😆

20 Agustus :
– Karangoploso
– Banjarejo (Kec. Pujon)
– Sumberejo (Kec. Gedangan)

21 Agustus :
– Pawai Malangkota (Kota Malang)
– Kecamatan Tajinan
– Pagersari (Kec Pujon)
– Talok (Kec Turen)
– Glanggang (Kec Pakisaji)
– Kalirejo (Kec Lawang)
– Pandanlandung (Kec Wagir)
– Bandulan (kota)
– Wonokerso – Cerme – Segenggeng (Kec Pakisaji)

22 Agustus :
– Kecamatan Tumpang

23 Agustus :
– Pandesari (Kec Pujon)

24 Agustus :
– Sukowilangun (Kec  Kalipare)

25 Agustus :
– Tawangrejeni (Kec  Turen)

27 Agustus :
– Purworejo (Kec Pujon)
– Kecamatan Kepanjen
– Kota Batu

28 Agustus :
– Karangsono (Kec  Pakisaji)
– Bumiayu (Kota Malang)

31 Agustus :
– Mulyoagung(Kec  Dau)
– Sidorejo (Kec  Gondanglegi)
– Arjowilangun (Kec  Kalipare)

4 September :
– Ngantru (Pujon)
– Flower Carnival Ijen Kota Malang
– Mergan (Kota Malang)

Rute napak tilas Arema 14 Agustus 2016

Sore masbro…

Sebelumnya, saia ucapkan “Selamat Ulang Tahun untuk AREMA” , 11 Agustus 1987 – 11 Agustus 2016. Salah satu klub sepak bola kebanggaan warga Malang, yang tetap eksis hingga memasuki usia ke 29 tahun. Didukung suporter yang biasa disapa Aremania serta Aremantia, yang luar biasa loyalitasnya, sampai muncul idiom “loyalitas tanpa batas” dan istilah “Aremania tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana”. Super sekali kan?

aremaKalah menang saat bermain itu biasa, pendukung tetap mengelu-elukan. Seperti yang rutin terjadi, saat Arema pulang membawa kemenangan, pun saat memperingati ulang tahunnya setiap tahun, “tradisi” konvoi, seolah tidak bisa lepas dari Aremania. Bahkan, saat ke stadion hendak nonton, berkonvoi Continue reading

Rute kirab Adipura di kota Malang, potensi macet

Sebelumnya, saia mengucapkan selamat pada Kota Malang, yang telah berhasil membawa pulang Adipura Kirana.Penghargaan Adipura Kencana ini, diterima oleh Walikota Malang H. Mochamad Anton di halaman Istana Kesultanan Siak, Sri Indragiri, yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla, bersamaan dengan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia Jumat, 22/7/2016.

Kota Malang raih Adipura Kirana

Kota Malang raih Adipura Kirana

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Sedangkan Adipura Kirana secara lebih khusus adalah kategori penilaian untuk mewujudkan kota-kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism, dan investment berbasis pengelolaan lingkungan.

Dalam rangka menyambut piala Adipura ini, pada Minggu, 31 Juli 2016, akan digelar kirab, yang melintasi beberapa jalan protokol di kota Malang. Diikuti oleh kendaraan hias dari semua SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang, organisasi swasta dan masyarakat, digelar sejak pukul 09.00 WIB. Rute terlampir, monggo disimak.

IMG-20160729-WA0022Buat masbro dan mbaksis, yang kebetulan mempunyai agenda wira-wiri di kota Malang, jangan lewatkan kesempatan menyaksikan kirab ini. Dengan prediksi panjangnya peserta kirab, sangat dimungkinkan adanya rekayasa jalur. Berhati-hati, dan bila ingin lebih cepat, sangat disarankan mencari jalan alternatif.

Demikian, semoga berguna.

 

Waspada kemacetan Malang Raya Minggu 17 April 2016

Siang masbro..

Dapat informasi dari kawan-kawan, bahwa Minggu esok, tanggal 17 April 2016, ada beberapa agenda kegiatan di Malang. Yang pertama yaitu , masih dalam rangka HUT Kota Malang ke 102, digelar kompetisi graffiti, tinju pelajar dan profesional, skateboard, donor darah dan pameran alutsista TNI. Acara digelar di Jl Simpang Balapan, yaitu Bundaran depan Poltekkes Kemenkes. Masih nyambung sih dengan Jalan Ijen.

tinjuNah, yang kedua nih, yang pasti membuat efek macet. Yaitu Konvoi Aremania 😦 Entah, kali yang keberapa digelar konvoi, sejak memenangkan Bhayangkara Cup lalu. Bukan nggak support Arema rek, tapi, peserta konvoi, yang didominasi, maaf nih, alay karena kebanyakan anak-anak usia sekolah bikin rusuh. Nggak ngerti, sebenarnya mereka itu Aremania atau bukan, karena, setahu saia, Aremania sejati tidak akan melakukan aksi anarkis seperti perusakan dan mengganggu masyarakat, karena, internal suporter sendiri, ada bagian semacam keamanan, yang terbiasa handle gangguan yang mungkin timbul, serta memberikan punishment/hukuman secara internal. Bila perlu, dilanjukan ke pihak berwajib. Hmmm..

konvoiJalur dan rute konvoi, bisa disimak dari gambar diatas, supaya bisa lebih waspada dan bila perlu dihindari. Mengalah, bukan berarti kalah kan? 😉

Sing tertib ker lek konvoi, ojok nggawe rusuh, isin-isini AREMA ae 👿

Banjir merendam beberapa titik di kota Malang, 1 tewas

Masbro, hujan yang mengguyur wilayah Malang dan sekitarnya kemarin siang-sore 30/11/2015, “berhasil” menimbulkan kemacetan parah di beberapa titik. Antara lain Jl Letjen S Parman, daerah Karangbesuki, Jl Karya Barat, dan daerah Bareng. Saia sendiri terjebak banjir saat pulang kerja di Jl Letjen S Parman Blimbing, dan akhirnya bisa lewat dengan menerjang banjir setinggi betis, hampir selutut ding :roll:Berhubung hujan, konsen dengan jalanan yang terendam air, gambar saia comot dari media massa 🙂

gambar : surya malang

gambar : suryamalang.com

Genangan air yang berarus lumayan deras, Continue reading

Atasi macet Jl Raya Singosari, kemarin diterapkan contra flow

Pagi masbro, masih pada rame yak bahas MotoGP ala touring kemarin?? :mrgreen:

Minggu sore kemarin, rombongan bersama keluarga, ada acara di pusat kota. Seperti biasa, rute sejak Lawang, Singosari, Karanglo merupakan rute langganan macet parah. Baik itu arah ke Malang, maupun sebaliknya. Sebabnya? Hemm..sudah basi kalau dibahas 😆

imagesNah, kemarin itu, prediksi saia pribadi, arah masuk Malang pasti relatif lancar, karena arus yang pasti padat, adalah yang keluar Malang, entah dari kota ataupun arah Batu. Maklum, Minggu sore, biasanya orang luar kota kan pada balik, besoknya kerja 😉 Eh, ternyata, prediksi saia salah. Sejak masuk jalan raya, baru jalan 200 meter, sudah terjadi antrian, alias kemacetan 👿 Tumben nih, ada apa, pikir saia. Dengan kesabaran ekstra, karena bawa keluarga, laju tersendat pun dilakoni. 1 km, 2km…Hingga akhirnya, setelah pasar Singosari, baru tahu keadaan sebenarnya. Ya, 2 lajur arah masuk Malang, tersisa hanya 1 lajur, karena lajur paling kanan, dipergunakan untuk arah ke Utara/keluar Malang. Whaaa….Terhitung, sejak sebelum perlintasan KA, sudah terlihat jajaran petugas kepolisian yang mengarahkan kendaraan untuk memberi jalan contra flow

P_20151108_164843Ternyata, tidak terlalu panjang kok, area yang dipakai contra flow. Terhitung didepan Satpas Polres Malang, masing-masing lajur sudah kembali ke habitat masing-masing, alias sudha normal kembali. Mungkin sekitar 400-500 meteran, panjang jalan yang dipakai contra flow. Selepas itu, hingga masuk Malang, terhitung lancar jaya.

contraHemm…kayaknya, Unit Rekayasa Lalin Polres, sedang mencoba alternatif solusi kemacetan yang kian hari kian parah di ruas Lawang-Singosari-Karanglo ini. Monggo, masbro yang berakhir pekan ke Malang, mewaspadai rekayasa jalur yang sangat mungkin kondisional, alias bisa berubah sewaktu-waktu. Tetap berkendara dengan aman, selamat sampai tujuan.

Semoga berguna