Tekan lakalantas di Tol Malang – Pandaan, speedgun dan tilang diterapkan

Pagi masbro..

Jalan tol, atau jalan bebas hambatan, sudah lama dianggap jalan yang benar-benar bebas hambatan. Karena berbayar, kondisi jalan yang relatif lebih mulus dan nyaman, penggunanya kadang jadi merasa ‘bebas’. Ya bebas mengekplorasi mesin mobil masing-masing, alias ngebut.

Padahal , di tiap ruas jalan tol, sudah terpasang rambu-rambu peringatan. Tertera, berapa kecepatan maksimal yang diperkenankan, dan juga berapa kecepatan minimal yang harus dipatuhi pengemudi saat mengendarai kendaraannya. Termasuk jalur tol Malang – Pandaan, atau tol Mapan/Pamal, yang terhitung baru. Terjadinya beberapa kasus kecelakaan, yang salah satu penyebabnya adalah soal kecepatan, membuat kepolisian setempat, dalam hal ini Polres Malang, mengambil tindakan. Yaitu memantau kecepatan pengguna jalan di tol Mapan ini.

Disiagakan, Continue reading

Siapkan E-TLE, Polres Malang Kota bakal uji coba di 2 lokasi

Pagi masbro..

Kota Malang, rupanya nggak mau ketinggalan dengan kota lain yang sudah mengadopsi Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau sistem tilang elektronik. Sistem elektronik yang sepertinya bakal mengurangi tilang di jalan secara langsung.

Satlantas Polres Malang Kota, rencananya akan mengujicoba sistem E-TLE ini di beberapa jalan protokol kota Malang. Dengan memanfaatkan sistem perekaman kamera CCTV , akan dipantau pelanggar di jalan. Nantinya, kamera CCTV akan secara otomatis memperbesar/zoom pada plat nomor polisi si kendaraan pelangggar. Demikian informasi dari Kasatlantas  Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro pada 14/11/2018

Data Continue reading

SIM ditahan gara-gara PKB telat 2 tahun, gugat polisi. Sehat?

Pagi masbro..

Masih ramai nih, kasus tentang seorang bapak di Demak, Jawa Tengah yang menggugat pihak kepolisian setempat. Walah, kok sampai ada acara gugat menggugat nih? Disingkat saja, intinya bapak ini nggak terima ditilang serta SIM C beliau ditahan sebagai barang bukti karena belum melunasi PKB alias pajak kendaraan bermotor miliknya. Itu lho, pajak tahunan, yang wajib kita bayarkan ke Samsat setempat.

Nah, update terakhir kasus ini, saia memantau dari media massa, proses gugatan pada kepolisian setempat, dalam hal ini Satlantas Polres Demak, sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Demak. Dan hasilnya?

Continue reading

Hoax, tilang berdasar rekaman CCTV pada bus Transjakarta

Pagi masbro..

Kemajuan teknologi, memang tak terhindarkan. Sudah tahu kan yang namanya kamera CCTV, alias kamera pemantau yang berbasis close circuit television? Kamera pemantau kondisi sekitar yang bisa merekam kejadian apapun selama masih dalam jangkauan lensanya.  Akhir pekan lalu, sempat heboh di medsos dan dunia maya, tentang penampakan kamera alias CCTV pada bagian belakang bus TransJakarta. Kamera ini, disebut-sebut oleh pengguna medsos, merupakan salah satu alat bukti tilang yang dipakai Polri untuk menindak kendaraan pribadi yang menerobos jalur khusus busway itu.

Di sebuah medsos, bahkan si akun menceritakan kalau rekannya, ‘dikenakan’ denda tilang gara-gara ketahuan menerobos jalur busway. Memang sih, menerobos jalur busway itu merupakan sebuah pelanggaran lalu lintas, dan sudah pada tempatnya kalau dikenakan tindakan tilang oleh pihak kepolisian. Nah, dalam skrinsyut berikut, diberikan keterangan kalau bukti pelanggaran menerobos jalur khusus busway tersebut adalah rekaman CCTV.

Diceritakan, kalau kamera CCTV yang merekam ‘aksi’ pelanggaran tersebut terpasang pada bagian belakang bus Transjakarta, selaku pengguna sah jalur busway. Nah, benarkah kabar ini?

Secara tegas, Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, menyebut pihaknya belum menerapkan penegakan hukum berlalu lintas dengan sarana rekaman kamera CCTV, terkait dengan berita adanya kamera CCTV pada bus Transjakarta. “Pemberlakuan sarana (kamera) CCTV untuk sarana penegakan hukum di wilayah hukum Polda Metro Jaya belum dilaksanakan sampai saat ini,” kata Budiyanto.  Nah lho…

Memang, bisa dan dimungkinkan prosedur tilang seperti itu, karena alat bukti rekaman video sudah lebih dari cukup sebagai bukti. Apalagi, di Surabaya, pihak berwenang juga telah melakukan ujicoba semacam itu meski sementara ini masih berupa surat himbauan dan teguran saja kepada pengguna jalan yang tertangkap basah dengan kamera CCTV melakukan pelanggaran. Tapi yang jelas, masih butuh proses, sistem yang mumpuni beserta peralatan pendukung dong, jadi ya memang masih membutuhkan waktu.

Sementara itu, pihak dari Transjakarta sendiri juga membantah tentang fungsi kamera CCTV di bagian belakang bus mereka. Staf Humas PT Transjakarta, Wibowo menjelaskan memang benar pihaknya memasang unit kamera CCTV di bagian belakang bus mereka.Tetapi, fungsinya sampai saat ini bukan untuk merekam aktivitas pelanggar yang menerobos jalur bus tersebut. “(Kamera) CCTV memang ada, namun sampai saat ini hanya untuk merekam kejadian, belum sampai pada tahap seperti informasi yang beredar itu,” kata Wibowo. Kejadian yang dimaksud adalah kejadian yang berkaitan dengan operasional layanan bus Transjakarta, Misal nih, sebagai contoh, ada kejadian kecelakaan si busway Transjakarta ditabrak dari belakang. Nah, bakalan terekam kan itu kejadiannya, jadi bisa diusut dengan alat bukti yang kuat. CCTV tersebut tersambung langsung dengan pusat operasional alias dengan kantor perusahaan Transjakarta.

Nah, sudah jelas kan? Pencerahan dan klarifikasi dari 2 pihak nih, kepolisian dan oeprator Transjakarta selaku pemilik kendaraan. Jadi, bila beredar berita macam ini, sudah bisa dipastikan kalau itu adalah berita yang tidak benar alias HOAX. Yuk, kita perangi bersama .. Semoga berguna dan tetap berkendara dengan aman ya masbro serta mbaksis

HOAX red Rubber Stamp over a white background.

 

Disidang tilang, Mobil Pamwal Satpol PP Kota Malang didenda

Masih ingat, tentang kasus ditilang serta ditahannya mobil Honda CRV operasional Pamwal Satpol PP Pemkot Malang oleh Satlantas Polres Malang Kota tempo hari? Yang belum tahu, monggo di-klik disini

satpol ppYa, akhirnya, Jumat lalu 27/06/2016, perwakilan petugas dari Satpol PP mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Malang. Sidang tilang ini ,  Continue reading

ATPM perlu kirim “Press Release” ke aparat kepolisian

Pagi masbro…Masih hangat nan gurih dibahas, soal kena tilangnya Honda New CB150R di Cirebon gara-gara sinar lampu LED putih, yang dipasang pabrikan di headlampnya. Nih disini  Banyak yang mencibir, apa pihak kepolisian nggak tahu ya, kalau itu lampu merupakan barang orisinal, alias standar dari pabrik? Bukan modifikasi, kayak HID non projie yang bujubuset, emang menyilaukan?? Padahal, dasar pihak kepolisian untuk menilang, adalah, mereka (baca:oknum) berasumsi, bahwa lampu tersebut “bukan standart pabrik”. Warna lampu dari pabrikan, kan kebanyakan warna kuning 😉

gambar : warungbiker.com

gambar : warungbiker.com

Juga kasus yang hampir sama, Continue reading

Plat nomor, gimana sih yang benar dan legal?

Berkali-kali lihat, plat nomor kendaraan yang, entah modifikasi sendiri atau bagaimana, saia gak paham. Ada yang angkanya dihitamkan, sehingga tidak terlihat. Ada yang posisi angkanya dimiring-miringkan, sehingga bisa membentuk karakter huruf. Adapula yang hanya berupa stiker

nopolNah, sebenarnya, itu legal nggak sih? 🙄 Continue reading