Menjajal cepatnya layanan Samsat Drive Thru Malang Kota

Pagi masbro

Di artikel lalu, saia nulis tentang nyaris telat bayar pajak tahunan si bleki, Honda NCB saia. Dan akhirnya, gara-gara itu, mencoba yang namanya layanan Samsat Drive Thru.

Layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor ini, kalau boleh saia bilang memang cepat alias ekspress. Selain cepat layanannya, juga memudahkan para WP / wajib pajak untuk bayar PKB tanpa perlu antri dan bahkan tanpa perlu turun dari kendaraan. Asyik kan??

Ada alur Continue reading

Advertisements

Ketika nopol dan STNK nggak akur

Pagi masbro..

Sekarang, emang jamannya kudu tertib, begitu yang selalu didengung-dengungkan banyak pihak. Contoh gampang, SIM. Nggak ada lagi toleransi, telat perpanjangan 1 hari saja, bisa dipastikan, SIM masbro dan mbaksis nggak akan lagi bisa dipakai. Mati secara otomatis dan kudu buat baru. Weleh..weleh kan?

Termasuk administrasi surat kendaraan. Terlambat bayar pajak, sanksi denda sudah menanti. Apalagi ancaman tilang di jalan kala ada razia, karena jelas, STNK nggak berlaku gegara belum bayar pajak. Pernah saia tulis sudah lama tuh, disini

Nah, hari Jumat lalu, saia sedang mengurus salah satu kendaraan operasional tempat kerja. Honda Supra X 125 lansiran 2007 ini, dari nopolnya jelas terbaca, kalau sudah waktunya pajak 5 tahunan alias ganti STNK berikut plat nopol-nya. Tuh, bulan 7 (Juli) 2018 kan?

Karena cek fisik alias Continue reading

Libur Lebaran 2018, jangan khawatir tentang SIM dan PKB yang jatuh tempo

Pagi masbro..

Per hari ini, Senin 11 Juni 2018, secara resmi cuti bersama untuk ASN alias instansi pemerintahan diberlakukan oleh pemerintah. Cuti bersama lebaran ini lumayan panjang waktunya, yaitu mulai 11 Juni hingga 20 Juni 2018. Berlaku menyeluruh di wilayah Indonesia, bisa dipastikan semua layanan pemerintahan akan berhenti. Kecuali, untuk yang berurusan dengan kesehatan dan layanan darurat, tetap nggak ada libur. Seperti rumah sakit, puskesmas, PMK, ambulance dan beberapa instansi strategis lainnya.

Cuti bersama alias tutup berbarengan ini juga berlaku untuk layanan SIM yang merupakan bagian dari kepolisian serta Samsat dari dinas pendapatan. Samsat dan Satpas SIM di Malang, juga menutup layanan terhitung hari ini 11 Juni 2018. Layanan terakhir dibuka pada hari Sabtu lalu, 9 Juni 2018. Makanya, sempat saia lihat juga parkiran  kendaraan yang penuh sesak di Satpas SIM Kabupaten Malang. Maklum, banyak yang sengaja meluangkan waktu dengan pikiran sama, takut SIM-nya kadaluwarsa dan mati. Bakal ribet kan, karena harus bikin SIM baru, mendingan sebelum libur saja rame-rame mengurus SIM Continue reading

SIM ditahan gara-gara PKB telat 2 tahun, gugat polisi. Sehat?

Pagi masbro..

Masih ramai nih, kasus tentang seorang bapak di Demak, Jawa Tengah yang menggugat pihak kepolisian setempat. Walah, kok sampai ada acara gugat menggugat nih? Disingkat saja, intinya bapak ini nggak terima ditilang serta SIM C beliau ditahan sebagai barang bukti karena belum melunasi PKB alias pajak kendaraan bermotor miliknya. Itu lho, pajak tahunan, yang wajib kita bayarkan ke Samsat setempat.

Nah, update terakhir kasus ini, saia memantau dari media massa, proses gugatan pada kepolisian setempat, dalam hal ini Satlantas Polres Demak, sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Demak. Dan hasilnya?

Continue reading

Apa sih SWDKLLJ pada slip Pajak Kendaraan Bermotor?

Pagi masbro..

Sudah menjadi kewajiban, pemilik kendaraan bermotor di berbagai negara, termasuk di Indonesia untuk membayar pajak kendaraannya masing-masing setiap tahun. Pajak kendaraan bermotor, atau PKB, merupakan pajak yang harus dibayarkan pemilik kendaraan bermotor kepada negara atas kepemilikannya. Nah, saat pembayaran PKB tahunan, kan pasti tuh, kita dikasih eh, diberikan bukti pembayaran berupa slip yang dicetak? Yang kayak gini nih..

Urutan keterangan di sisi kanan nominal pembayaran ada beberapa macam. Ada BBNKB, yaitu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, biasanya tertera saat pertama kali bayar pajak untuk kendaraan bermotor baru. Kemudian ada PKB, yaitu Pajak Kendaraan Bermotor yang berisi nominal pajak yang telah dibayarkan. Baris di bawahnya, ada singkatan SWDKLLJ. Nah lho, apaan tuh??

Continue reading

Terbukti naik, total pajak tahunan si Ciput karena PNBP

Pagi masbro..

Beberapa hari lalu, tanggal 19 Januari 2017, adalah waktunya si ciput, Honda CB150R tunggangan saia bayar pajak tahunan. Jatuh tempo nih… Sebenarnya, kepingin sih ikut orang-orang, itu tuh, sebelum tanggal 6 Januari lalu, sebelum PP 60 tentang PNBP diberlakukan. Waduh, sampai antri sejak subuh tuh. Karena berbagai hal, saia bayar sesuai tanggal jatuh temponya nih. Setelah menyiapkan STNK aseli berikut KTP aseli juga, melipir ke Samsat Keliling kota Malang di Jl Bandung. Sudah mulai antri, meski mobil keliling ini baru beroperasi jam 9 pagi.

samsat3 Continue reading

Lagi, Pemutihan pajak kendaraan bermotor Jawa Timur digelar

Masbro dan mbaksis, khusus warga Jawa Timur nih, Program khusus berkaitan dengan pajak kendaraan bermotor kembali digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Rencana pemutihan pajak kendaraan bermotor di area Jawa Timur, akan dilangsungkan mulai tanggal 5 September 2016 hingga 3 Desember 2016.

IMG01334-20131219-1023

Continue reading

Cermati bukti PKB, ada yang janggal ya?

Siang masbro..

Artikel ringan siang ini. Nemu postingan di salah satu grup komunitas, yaitu berupa foto PKB sepeda motor yang diposting salah satu member. Motornya, Vespa tipe Sprint, keluaran tahun 1977. Waduh, saia aja belom lahir, hehehehe… Lihat pajak, keterangan fisik dan lain-lain gak ada yang aneh. Pajaknya murah pake banget, lha wong sepeda motor tergolong lawas. Cuma IDR 67.000 dengan kapasitas silinder 150cc.

pajakApa yang aneh alias janggal coba? Nah, pas iseng saia perbesar, di kolom keterangan bahan bakar, tertulis campur 😆

pajak lagiYah, mungkin maksudnya, secara resmi, bahan bakarnya adalah bensin campur, alias bensin dengan campuran oli samping. Tahun segitu, untuk motor Vespa, memang belum terpisah, tangki oli sampingnya. Jadi harus mencampurkan oli kedalam tangki bensin.

Tapi, istilah “campur” saja, tanpa embel-embel lain, rada unik dan janggal menurut saia. Misal ditambahkan “bensin campur” , atau malah cuma ditulis “bensin” saja, sepertinya lebih pas dan cocok CMIIW Toh, perbandingan pemakaian oli samping pada bensin cuma sedikit, bensin yang lebih dominan.

Hanya sekedar opini pribadi 😉