Libur Lebaran 2018, jangan khawatir tentang SIM dan PKB yang jatuh tempo

Pagi masbro..

Per hari ini, Senin 11 Juni 2018, secara resmi cuti bersama untuk ASN alias instansi pemerintahan diberlakukan oleh pemerintah. Cuti bersama lebaran ini lumayan panjang waktunya, yaitu mulai 11 Juni hingga 20 Juni 2018. Berlaku menyeluruh di wilayah Indonesia, bisa dipastikan semua layanan pemerintahan akan berhenti. Kecuali, untuk yang berurusan dengan kesehatan dan layanan darurat, tetap nggak ada libur. Seperti rumah sakit, puskesmas, PMK, ambulance dan beberapa instansi strategis lainnya.

Cuti bersama alias tutup berbarengan ini juga berlaku untuk layanan SIM yang merupakan bagian dari kepolisian serta Samsat dari dinas pendapatan. Samsat dan Satpas SIM di Malang, juga menutup layanan terhitung hari ini 11 Juni 2018. Layanan terakhir dibuka pada hari Sabtu lalu, 9 Juni 2018. Makanya, sempat saia lihat juga parkiran  kendaraan yang penuh sesak di Satpas SIM Kabupaten Malang. Maklum, banyak yang sengaja meluangkan waktu dengan pikiran sama, takut SIM-nya kadaluwarsa dan mati. Bakal ribet kan, karena harus bikin SIM baru, mendingan sebelum libur saja rame-rame mengurus SIM Continue reading

Advertisements

SIM TNI, ya hanya berlaku saat mengemudikan kendaraan militer

Pagi masbro..

Pagi habis ngantar anak sekolah, seperti biasa, ngobrol dengan beberapa orang tua siswa. Nah, salah satunya, ada pati (perwira tinggi) TNI nih. Kadang-kadang si bapak emang ngantar sendiri anaknya, sesekali aja kalo pas luang. Kalau nggak, ya sopirnya yang antar. Nah, ternyata ngobrol santai nambah wawasan juga. Berawal soal razia polisi di jalan, saia nanya ke bapaknya. Gitu itu, kalau pas bawa mobil sendiri, pernah dihentikan juga kah? Senyum si bapak, ‘Ya iya mas, sebagai warga yang baik, ya kudu sesuai peraturan lah. Kelengkapan saia ada semua kok, SIM STNK” Lalu beliau menunjukkan SIM komplit A & C . Kalau pas bawa mobil dinas militer, aman mas, gak pernah dihentikan.”

Saia balas jawab , “Iya tuh pak, polisi keder duluan kalo nyetop nopol militer”  Hahahaha..nggak gitu sih Continue reading

Manfaatkan, layanan khusus pembuatan SIM di Satpas Polres Malang

Sore masbro..

Singkat saja. Melalui broadcast kawan-kawan, beredar informasi dari Satuan Penyelenggara Administrasi SIM, yang biasa disingkat Satpas SIM Polres Malang. Bahwasanya, dalam rangka HUT RI ke 72 di bulan Agustus ini, menggelar ‘edisi khusus’ pembuatan SIM. Wah, ada apa ini?

Yups, bekerjasama dengan  salah satu produsen makanan, Satpas SIM Polres Malang menggelar acara khusus pada esok hari, tanggal 16 Agustus 2017. Yaitu, bonus makan dan minum saat mengurus pembuatan SIM baru.

Hanya digelar 1 hari saja, masyarakat yang hendak membuat SIM baru, baik SIM C, SIM A, maupun SIM D dan SIM B berbagai golongan, dapat menikmati hidangan makanan berupa mi instan dan  minuman. Sambil menunggu , asyik kan sambil menikmati makanan gratis, hehehe. Untuk lokasi, langsung saja menuju Satpas SIM di Jl. Panglima Sudirman Singosari – Malang, serta di Satpas 2in1 di Turen, Malang.

Monggo, yang belum punya SIM, area Kabupaten Malang, segera deh berbondong-bondong. Membuat SIM baru, hati tenang kala berkendara. Semoga berguna, dan tetap , berkendara dengan aman dan tertib.

Wow…biaya STNK, TNKB, BPKB dan SIM naik masbro

Pagi masbro…

Dapat informasi dari akun Instagram Kepolisian Resor Malang, bahwa, akan adanya perubahan biaya (baca:kenaikan)  pembuatan/perpanjangan STNK,  SIM, BPKB serta TNKB alias plat nomor. Waduh???

stnk-dan-simYa, melalui akun resminya Satuan Lalulintas Polres Malang, diberitahukan kepada masyarakat, bahwa ada kenaikan biaya administrasi PNBP pada proses pengurusan STNK, TNKB dan BPKB. Dan ternyata, tidak hanya itu. Untuk PNBP pada pembuatan maupun perpanjangan SIM juga ada kenaikan, meskipun tidak semua golongan. Sebentar masbro, mungkin ada yang bingung, apaan sih PNBP itu? Continue reading

Prosedur pendaftaran SIM Online

Kepolisian Republik Indonesia, memang telah meluncurkan sebuah sistem baru berbasis online, yaitu pengurusan Surat Ijin Mengemudi alias SIM. Sudah agak lama sih beritanya.
Nah, informasi terbaru, kini ada 107 Satpas yang terkoneksi secara online. Targetnya sih, nantinya, bisa semua Satpas se-Indonesia terkoneksi, sehingga lebih memudahkan warga masyarakat saat hendak membuat SIM baru ataupun memperpanjang SIM yang sudah mau habis masa berlakunya. Oh iya, sekedar informasi juga, untuk SIM yang bisa diproses melalui layanan online ini terbatas pada SIM A dan SIM C saja. Jenis SIM lainnya, hanya bisa dilayani langsung di Satpas masing-masing Polres/Polresta. Jadi, harus kopdar alias kopi darat/bertemu langsung dengan petugas Satpas ya, hehehehe…

sim-onlineUntuk provinsi Jawa Timur, Continue reading

Hangat, wacana pelarangan siswa bermotor ke sekolah

Beberapa waktu lalu, digelar diskusi terbuka, di kota Malang. Topiknya, masih seputar lalu lintas dan keselamatan di jalan raya. Diskusi ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah, perwakilan paguyuban orang tua murid, MKKS Kota Malang, serta dari pihak Kepolisian, dalam hal ini Polres Malang Kota yang menghadirkan Kasatlantas AKP David Prasojo.

no-parking1Diskusi ini, bertajuk ide ” No Parking for Student”  membahas tentang fenomena pelajar, Continue reading

Toleransi masa berlaku SIM kini dihapus

Masbro, kini kita, pengguna kendaraan bermotor, harus lebih teliti dan pedulu dengan keberadaan dan masa berlaku SIM yang kita miliki. SIM merupakan syarat mutlak, tanda sah bahwa kita layak mengemudikan kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor/R2 maupun mobil/R4. Kartu yang biasanya ngumpet di dompet beserta STNK, kadang hanya kita lihat dan keluarkan kala diperlukan. Entah itu ada razia, atau ada keperluan lain yang mengharuskan fotokopi SIM. Nah, di postingan saia yang dulu, sudah ada pengurangan masa toleransi perpanjangan SIM yang menjadi hanya 3 bulan, setelah sebelumnya, ditoleransi hingga 1 tahun. Silakan menuju artikel ini, dan pembuktiannya yang disini.  Nah, semenjak bulan Mei ini, aturan tentang toleransi perpanjangan SIM ini, kini dihapus. WOW

sim mati Continue reading

Waspada! “Pemaksaan” asuransi di tes kesehatan SIM

Masih berkaitan dengan postingan yang disini, disitu dan disiti eeh, disini juga…..saat mengurus perpanjangan SIM di Satpas SIM Polres Malang.

Saat hendak ke bagian tes kesehatan, karena lokasi berada di luar area Satpas, sekitar 300 meteran, saia parkir si ciput di parkiran dekat situ. Lalu, beranjak ke ibu-ibu, kayaknya sih bagian pendaftaran tes kesehatan. Nah, ada 2 meja didepan tempat tes kesehatan. 1 meja ada seorang ibu-ibu, meja satunya ditempati 2 orang ibu-ibu. Tanpa ada keterangan dan petunjuk jelas, dijamin siapapun pasti rada kebingungan. Nah, yang jelas terlihat, pada 2 meja itu terlihat tumpukan formulir dan entah dokumen apa saja diatasnya. Ibu di meja kedua, memberikan isyarat untuk mendekat sambil menanyakan, “Mau daftar kesehatan ta mas?” Saya jawab iya. Diambillah selembar formulir oleh ibu tadi, sekilas saia lihat semacam form isian data diri.

asu4 Continue reading

Akhirnya jadi juga

Di artikel yang lalu, saat saia mengurus perpanjangan SIM C di Satpas SIM Polres Malang , memang dijanjikan, eh, diinformasikan sih tepatnya, kalau 2 minggu ke depan, baru bisa diambil SIM-nya. Memang ada keterlambatan material bahan, infonya. Nah, tanggal 23 Maret kemarin, saia baru sempat kesitu, ambil SIM. Dan?

satpas

Continue reading

Material SIM di Satpas Polres Malang kosong…zonk

Masih berkaitan dengan postingan yang lalu disini , saat saia memproses perpanjangan SIM C yang kelewat masa berlakunya. Proses sudah dilakoni, tinggal saatnya menunggu hasil cetak SIM. Saia keluar dari ruang pengambilan foto, hendak menuju ruang tunggu cetak. Sambil membawa selembar kertas keterangan kalau sudah foto SIM dan kuitansi pembayaran biaya SIM. Eh, belum sampai duduk, ada seorang petugas, masih muda, menghampiri saia, yang kebetulan sedang mengambil gambar antrian pembuat SIM. Kirain mau ditegur, ternyata nggak tuh 😆 Dengan ramah, beliau mengajak saia  ke sebuah loket khusus, maaf, lupa gak saia ambil gambar.

tanda-tanya

Kertas form saia, berikut fotokopi SIM dan kuitansi lantas diminta. Saia tunggu sekejap, eh ternyata dibalikin lagi. Kali ini Continue reading