Prosedur dan persyaratan Mutasi dan Biaya Balik Nama Samsat Surabaya

Pagi masbro..

Di provinsi Jawa Timur, memang sedang berlangsung masa pembebasan denda pajak kendaraan bermotor. Jamaknya sih, masyarakat menamai dengan pemutihan kendaraan.

Mumpung sedang ada program ini, memang seharusnya dimanfaatkan untuk mengurus kendaraan yang menunggak pajak lama, bahkan bisa dibilang mati, atau sekalian mengurus balik nama kendaraan dari pemilik sebelumnya ke pemilik baru.

Proses balik nama, memang kadang disepelekan, terutama penghobi kendaraan bekas. Apalagi, bila diembel-embeli bisa pinjam KTP pemilik lama, wah, tambah males deh balik nama/BBN. Toh, bila bermasalah saat perpanjangan STNK 5 tahunan, biro jasa siap membantu 😆

Buat yang mau taat dan patuh, serta nggak mau bermasalah di saat perpanjangan, yuk, mumpung ada pemutihan sekalian deh diproses balik nama atau BBN. Kali ini, saia share alur singkatnya serta persyaratan balik nama dan mutasi kendaraan antar samsat di kota Surabaya.

Silakan Continue reading

Advertisements

Aneka posisi roda mobil saat parkir, beda jalan beda posisi

Pagi masbro..

Buat pemilik kendaraan roda 4, parkir adalah hal biasa. Yaitu menghentikan kendaraan dalam jangka waktu tertentu. Gampangnya sih, berhenti pada posisi aman, luruskan roda, netralkan persneling (pada mobil manual) , pasang handbrake alias rem tangan lalu matikan mesin. Beres

Ternyata, ada beberapa macam posisi roda mobil saat parkir. Tergantung pada tipe dan kondisi jalan yang dipakai saat parkir, dan ini ada maksud serta tujuannya. Apa saja nih? Yuk diulik satu persatu Continue reading

Fungsi ganda indikator handbrake pada mobil

Pagi masbro..

Motuba, mobil tua bangka, memang punya seni tersendiri. Selain tampilannyanya yang jelas kalah dengan mobil modern generasi terbaru jaman now, fitur sederhana pada motuba, yo jelas tetap dibawah mobil modern. Eh, kok kalah terus ya? Jangan salah, dibalik kesederhanaan si motuba, banyak juga kelebihannya. Selain harga yang jelas lebih terjangkau :mrgreen: , beberapa indikator sederhana si motuba juga ternyata berfungsi ganda.

Salah satunya, saia temui pada silvy, Kijang Kapsul bermesin diesel lansiran tahun 2000 yang menghuni garasi. Sederhana namun fungsional serta mudah dirawat adalah salah satu sebab menjadikan nih mobil dipilih untuk armada keluarga, beberapa tahun silam. Nah, fitur yang saia baru ngeh (maklum, newbie) adalah indikator handbrake alias rem tangan.

Lampu indikator rem parkir berwarna merah pada panel dasbor Kijang ini, beberapa waktu lalu sempat menyala. Lho, kan normal? Iya, menyala normal apabila rem tangan sedang diaktifkan. Lha kalau rem tangan sudah dilepas alias di-nonaktifkan, kan harusnya otomatis padam dong, si lampu indikator. Pas hari itu, rada bikin mumet karena tetap menyala. Yup, lampu handbrake tetap menyala merah meskipun rem tangan sudah dilepas dan kendaraan melaju tanpa hambatan, bukan kondisi ngerem maksudnya.

Jadilah, hari itu, Continue reading

Gelaran service gratis duet Tekiro dan ITS dibanjiri masyarakat

Pagi masbro..

Tekiro, yang sudah malang melintang di dunia tools alias peralatan, baik perkakas industri, maupun untuk otomotif memang terbilang sangat lengkap. Mulai printhilan kecil seperti kunci L hingga yang berukuran gede macam mesin kompresor. Lengkap tersedia dengan kualitas yang terpercaya

Sebagai salah satu wujud kepedulian dan pengabdian pada masyarakat, berlokasi di lapangan Ole-ole lama Ngagel – Surabaya, Tekiro menggelar Service Gratis bagi pemilik kendaraan di wilayah Surabaya. Asyiknya, service gratis ini, mencakup keseluruhan, yaitu baik kendaraan roda 4 maupun kendaraan roda 2. Ajib kan??

Menggandeng Continue reading

Wuling Motors, hadir di Malang

Bahas roda 4 lagi yuk masbro..

Sebuah merk anyar, kini secara resmi masuk pasar tanah air di segmen small MPV. Berngaran Wuling, sebuah produsen mobil asal daratan Tiongkok, meramaikan kelas yang sudah terlebih dahulu dihuni oleh pabrikan Toyota dengan Avanza seriesnya, Daihatsu dengan Xenia, Suzuki Ertiga serta Honda dengan Mobilio. Dengan bendera PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) resmi membuka pabrik pertamanya di Indonesia yang bertempat di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini untuk pertama kali akan memproduksi MPV Wuling yaitu Wuling Confero S. Sementara ini , ada 4 varian Confero S yang siap menggempur kompetitor.

Saat melewati sebuah dealer mobil Korea di Malang, lho, kok logo-nya berubah jadi bentuk “W’. Wah ini punya Wuling nih. Gak pake Continue reading

Mobil-mobilan kayu, mainan tempo dulu

Pagi masbro, sehat??

Buat masbro yang “keluaran” tahun 80an atau 70an, kayak saia :mrgreen:, pasti kenal dengan mainan sejenis ini. Ya, semacam mobil-mobilan berbahan kayu, dengan beragam ukuran. Kalo istilah sekarang sih, kayak replika gitu…replika beberapa kendaraan besar, macam truk, bus dan sebangsanya. Tahun 1980an, mainan plastik belum begitu membludak kayak jaman sekarang. Justru yang ada, selain berbahan kayu, juga berbahan besi, yang harganya bisa bikin melotot.

gambar : google

gambar : google

Nah, adalah Pak Mansur. Seorang Continue reading

Isi Nitrogen murni langsung dari tabung

Beberapa waktu lalu, sempat marak broadcast message di beberapa sosmed, tentang pengisian nitrogen di beberapa SPBU dan layanan ganti ban. Saia sendiri juga dapat soalnya. Di beberapa SOBU dan tempat ganti ban, yang nggak usah saia sebutkan detil lokasi dan nama tempatnya, sempat dicurigai, kalau yang diisikan bukan nitrogen, tetapi hanya angin biasa, layaknya di tukang tambal ban biasa. Dari pompa kompresor maksudnya. Lha sebabnya dicurigai, karena di beberapa tempat tersebut, pengisian nitrogen mengunakan pompa kompresor.

nitrogennitrogen2

Secara detil teknis, Continue reading

Lampu depan warna putih, sebenarnya melanggar nggak sih???

Memodifikasi lampu kendaraan, kerap dilakukan pemilik kendaraan, roda dua maupun roda empat. Banyak sekali latar belakangnya. Mulai alasan teknis, yaitu lampu standar bawaan pabrik kurang terang, hingga ke faktor non teknis, yaitu gaul 😆 Memang tidak ada salahnya, namun jangan sampai ubahan tersebut melanggar hukum.

headlamp vario Continue reading

Pemilik mobil yang gemas

Seperti biasa, saia mau berbagi beberapa jepretan unik yang saia temui di jalanan Malang. Kali ini, saat ngider di seputaran Jl Bendungan Sigura-gura, eks kampus saia 🙄 , nemu sebuah mobil. Gak ada yang istimewa sih dengan Suzuki Wagon R bertipe GL warna abu-abu metalik ini. Standar saja, hampir tidak ada modifikasi sama sekali, wong mobil tergolong baru. Tapi, coba perhatikan sebuah kertas yang tertempel di bagian belakang. Persisnya, di sebelah dalam kaca belakang.

cctv Continue reading

Honda New CB150R, laris lho ternyata

Melihat data AISI di postingan lalu , di bulan Januari 2016 ternyata Yamaha menumbangkan Honda di segmen 150 cc sport. Lho, gak salah judul nih di blog? Larisnya dimana coba?? Apalagi, dari kang anangcozz  distribusi Honda New CB150R ada di angka 5.076 unit saja.

gambar : motoblast

gambar : motoblast

Iya, ternyata, Continue reading