Aneka posisi roda mobil saat parkir, beda jalan beda posisi

Pagi masbro..

Buat pemilik kendaraan roda 4, parkir adalah hal biasa. Yaitu menghentikan kendaraan dalam jangka waktu tertentu. Gampangnya sih, berhenti pada posisi aman, luruskan roda, netralkan persneling (pada mobil manual) , pasang handbrake alias rem tangan lalu matikan mesin. Beres

Ternyata, ada beberapa macam posisi roda mobil saat parkir. Tergantung pada tipe dan kondisi jalan yang dipakai saat parkir, dan ini ada maksud serta tujuannya. Apa saja nih? Yuk diulik satu persatu Continue reading

Advertisements

‘Fasilitas’ parkir kreatif ala arek Malang

Pagi masbro..

Petugas jasa parkir, alias akrab disapa jukir–juru parkir, memang bejibun jumlahnya. Termasuk di kota Malang, yang jumlah jukir resminya mencapai angka hampir 2.000. Banyak juga kan? Hal ini berdasar informasi Dinas Perhubungan Kota Malang, yang telah mendata jukir resmi, dan juga telah mendistribusikan rompi khusus jukir resmi berwarna hijau.Dengan tarif resmi parkir yang telah ditetapkan Pemkot Malang, yaitu IDR 2.000 untuk sepeda motor/R2 dan IDR 3.000 untuk kendaraan R4, sebenarnya banyak pihak masyarakat yang mengeluhkan. Nggak sebanding dengan layanan jukirnya, demikian rata-rata keluhan masyarakat.

Seringkali jukir cuek dengan kondisi kendaraan yang terparkir. Pokoknya biaya parkir dibayar , ya sudah. Motor diparkir seenaknya, mepet-mepet yang penting di lahan parkirnya muat sebanyak-banyaknya. Ujungnya kan dapat banyak tuh duit parkir. Pokoknya kurang peduli sama motor deh. Nah, kali ini, ada pemandangan yang lain di area parkir jalan Bromo Kota Malang ini. Continue reading

Salah satu diskriminasi biker, parkir khusus

Masbro… Kadang, biker memang sering banget dipandang sebelah mata. Sesuatuh gituh 😆 Yang sering nggak taat aturan lah, yang bikin rese di jalan lah, yang elit-lah (ekonomi sulit 😉 , wah, pokoknya, banyak banget cap yang miring gampang banget ditempelkan pada pengendara sepeda motor. Padahal, nggak semua lho, biker seperti itu. Bukan membela kaum saia 😆 , tapi mbok ya jangan digeneralisasi…disama ratakan. Akibat cap ini, nggak sedikit efek yang mesti diterima. Salah satu contoh, saia alami sendiri saat ada kerjaan dinas ke salah satu hotel ternama di kota Surabaya.

Mungkin sudah jamak, banyak kawan juga yang mengalami, kalau hendak parkir di beberapa tempat “wah” , biker seringkali mendapat “perlakuan khusus” Yaitu, parkir di tempat nyempil, mojok, susah diakses dan tanpa pengamanan yang memadai.

diskri1Di Continue reading

Tarif parkir naik di Malang, tertib di lokasi tertentu

Siang masbro…

Per 28 November 2015 lalu, Pemerintah Kota Malang, secara resmi memberlakukan kenaikan retribusi parkir kendaraan bermotor. Kenaikan paling tinggi justru terjadi pada R2 alias sepeda motor. Dari yang sebelumnya, (resmi) IDR 700, menjadi IDR 2.000. Lumayan ya, lebih dari 2x lipat naiknya. Nah, untuk R4 a.k.a mobil, justru tidak setinggi itu kenaikannya, Dari yang semula IDR 2.000, naik menjadi IDR 3.000.

tarif parkir

Kepala Dinas Perhubungan, Continue reading