Side body mobil, dulu dibenci sekarang diminati

Pagi masbro..

Lama nih nggak bahas permobilan alias R4 ya? Yuk,kali ini bahas seputar body mobil.  Bagi semua merk pabrikan , mobil produksinya pasti dilepas ke pasaran dengan berbagai versi dan varian. Ada banyak yang membuat perbedaan, termasuk salah satunya seputar body. Era tahun 90an hingga awal 2000, panel body tambahan, atau nama resminya body moulding, sempat digunakan pabrikan untuk varian tertentu. Contohnya nih, di Toyota Kijang Krista, Mitsubishi Kuda Grandia atau Isuzu Panther Touring

Panel body tambahan yang biasanya dipasang di sekeliling badan mobil ini, jadi pembeda dengan varian lain. Beberapa varian yang saia sebut diatas, Krista – Grandia, merupakan varian tertinggi dari seri tersebut. Toyota Kijang Krista, adalah varian tertinggi dari seri Kijang kapsul, yaitu mulai terendah LX, LSX, LGX dan teratas Krista. Sedemikian pula dengan Mitsubishi Kuda dan isuzu Panther. Sayangnya nih, tambahan panel body moulding ini, yang dimaksudkan bikin tambah keren, malah kurang diminati pasar.

Alasannya, terkesan malah ribet, hehehehe. Alasan lain, seiring penggunaan dan umur kendaraan, sambungan antara panel tambahan dan body asli mobil, sering kendur dan menimbulkan bunyi.

Makanya nih, jadi berimbas pada harga jual unit bekasnya, nyaris mirip dengan varian dibawahnya, malah kadang lebih murah. Padahal, dulu, harga barunya jauh lebih mahal. Contoh Krista diesel tahun 2001, harga jualnya di Malang kisaran IDR 100 jutaan, sementara LGX diesel dengan tahun yang sama, selisih sedikit saja, IDR 98 jutaan. Padahal, dulu harga barunya, antara Krista dan LGX diesel, bisa terpaut hingga nyaris 15 jutaan.

Nah, era jaman now, ternyata panel body moulding ini kembali jadi trend. Banyak mobil keluaran baru yang aplikasi panel tambahan ini. Contoh saja, di Honda BRV, Daihatsu Terios, Toyota Rush , Datsun  hingga sekelas Mitsubisihi Pajero

Emang ada bedanya, panel body moulding jaman ini dengan yang lama? Sekilas sih, nyaris mirip. Hanya saja, kini materialnya berbahan beda, macam ABS meski ada beberapa plastik juga dasarnya. Selain itu, desain panel sekarang, lebih simpel dan tipis, nyaris sama dengan body. Yang membedakan, di beberapa tipe mobil, diberikan cat hitam doff alias gelap kasar sehingga memberikan efek kekar dan gahar

Pas nih, buat mobil yang tongkrongannya rada tinggi. Terkesan lebih macho dan kekar, gegara body moulding ini. Efek bentuk dan warna ya, padahal dari sisi ukuran sebenarnya, ya nggak jauh beda.

Last, seiring perkembangan jaman, kadang sesuatu yang keren di jaman dulu, bisa kembali jadi tren, keren di jaman sekarang. Tentunya dengan beberapa adaptasi, hehehehe.

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s