Tips #cariaman berkendara dengan motor berkopling manual

Pagi masbro..

Sepeda motor, yang beredar di tanah air, secara umum bisa dibagi dalam 3 jenis. Yaitu motor bebek, motor sport dan motor matik skutik. Perbedaan, selain fisik dan bentuk bodi motor, adalah pada sistem transmisi penyaluran daya mesin ke roda.

Motor matik/skutik, paling ringkas. Karena menggunakan kopling otomatis, dan percepatan otomatis. Pengendara nggak perlu merubah percepatan secara manual, cukup mainkan gas, maka sistem percepatan otomatis CVT akan menyesuaikan. Motor bebek, mengunakan kopling otomatis, namun persneling/percepatan diubah secara manual, yaitu dengan menginjak tuas persneling kaki. Motor sport, nyaris sama. Punya percepatan manual, yang juga diubah dengan jalan diinjak, namun masih ditambah dengan pengoperasian kopling yang harus menarik tuas tangan, sebelum merubah percepatan.

Continue reading

Ciput CB150R ganti kampas kopling (lagi)

Pagi masbro..

Si putih CB150R saia, minggu lalu odometernya sudah menembus angka 63.000 km lebih. Di artikel disini, kampas kopling bawaan sempat saia ganti dengan kamkop resing berlabel Kawahara. Nggak spesial buat CB150R sih, tapi buat Tiger. Tapi bisa terpasang sempurna dengan syarat komplit dipasang dengan plat gesek, pokoknya komplit dalam paket kemasan itu dipasang semua.

Sebenarnya, di odometer sekitar 50 ribuan lebih, sudah mulai terasa ada selip di kopling. Yah, makin terasa karena dipakai harian yang notabene sering bermacet-macet. Acara tekan-menekan tuas kopling jadi sangat sering, yang bisa jadi makin memperpendek umur kamkop.

Begitu gejala selip terasa, waktu Continue reading

CB150R Cobain kampas kopling Kawahara

Di km 34000 lebih ini, akselerasi ciput mulai saia rasakan mengendur. Setel kopling, udah mentok, eh, masih kerasa agak dalam aja koplingnya. Naga-naganya, minta dicek nih bagian penerus daya alias koplingnya. Eh, lha kok kebetulan, ada teman nawarin 1 set kampas kopling keluaran Kawahara, buat Tiger series. Tentunya dengan harga teman, wong gak jadi dipake sama yang punya 😆 . Ada sedikit duit laki :mrgreen: , ya udah saia tebus deh, penasaran sama kampas kopling yang katanya resing ini. 2015-04-25 13.24.29 Continue reading