Kopling hidrolis, makin kesini makin simpel

Pagi masbro..

Sepeda motor dengan kopling manual, kebanyakan sih disebut motor laki meski ada juga motor bebek berkopling, memang punya kesulitan berbeda. Selain kudu paham jarak main kopling saat memindahkan gigi persneling, pengendara juga harus menarik tuas, untuk menggerakkan kawat sling dalam kabel kopling, supaya plat dan kampas kopling meregang dan bebas

Saat itulah, gigi persneling bisa dipindahkan dengan nyaman. Kopling manual ini, yang menggunakan kawat sling, sering jadi biang tangan kiri pegal karena harus menahan dan mengoperasikan tuas kopling. Era tahun 90an, pemikiran kreatif dari bengkel-bengkel motor, terutama bengkel oprek motor balap, berupaya meringankan kerja kopling. Maksudnya, bikin kopling lebih enteng, dan nyaman buat tangan pengendara. Akhirnya, dipakailah sistem hidrolis.

Sistem ini, Continue reading

CB150R Cobain kampas kopling Kawahara

Di km 34000 lebih ini, akselerasi ciput mulai saia rasakan mengendur. Setel kopling, udah mentok, eh, masih kerasa agak dalam aja koplingnya. Naga-naganya, minta dicek nih bagian penerus daya alias koplingnya. Eh, lha kok kebetulan, ada teman nawarin 1 set kampas kopling keluaran Kawahara, buat Tiger series. Tentunya dengan harga teman, wong gak jadi dipake sama yang punya 😆 . Ada sedikit duit laki :mrgreen: , ya udah saia tebus deh, penasaran sama kampas kopling yang katanya resing ini. 2015-04-25 13.24.29 Continue reading