Unboxing Kayaba double action NOS Kijang 2L, sekaligus pasang di jeng Silvy

Pagi masbro..

Sokbreker, alias peredam kejut, adalah salah satu komponen kendaraan yang termasuk vital. Fungsinya, selain sebagai bagian yang memberikan kenyamanan pada penumpang atau pengendara, juga sebagai komponen penstabil kendaraan. Salah satunya pada kendaraan roda 4 alias mobil.

Untuk kendaraan lawas, macam jeng Silvy Tokidi saia, sokbreker belakang, masih menggunakan per daun yang dikombinasi sokbreker oli. Kenyamanan memang kalah lah sama mobil modern yang sudah mengunakan per keong. Per daun, meski dikombinasi sokbreker oli, masih terasa bantingannya rada keras, meskipun lebih anteng/stabil. Sokbreker, saat dapat nih gerobak 4 tahun silam, sudah pakai aftermarket, alias sokbreker variasi. Entah apa mereknya, sudah hilang dimakan usia. Niat hati pingin balikin standar, intip sokbreker orisinal buat tipe ini, masih di angka 400-500k dengan merk Kayaba tipe double action

Karena keinginan kuat dan niat ingin buat penumpang lebih nyaman, ada jalan. Ketemu dengan temannya teman, yang mau lego barang NOS. NOS, singkatan new old stock, adalah barang lawas atau barang lama namun dalam kondisi baru. Barangnya, adalah 1 set sokbreker Kayaba, untuk Toyota Kijang mulai seri 5K, 7K hingga Kapsul yang berkode 2L si tokidi ini. Memang sih, secara konstruksi dan rangka serta suspensi, nyari nggak ada perubahan berarti mulai Kijang Super, Kijang Grand Extra hingga Kijang Kapsul. Baru deh, mulai Innova berubah drastis. Lah, malah bahas sejarah..

Balik ke sokbreker. Satu set sokbreker Kayaba NOS ini akhirnya resmi saia tebus. Murah sih kalau saia bilang, 300k untuk depan belakang, hehehehe. Kondisi baru lho, cuma tersimpan lama dalam kardusnya.

Saat cek barang, ya jelas masih mulus, wong tersimpan rapi. Sokbreker belakang isi sepasang sokbreker berkelir hitam bertipe oli-double action, sementara yang depan juga sama, berisi sepasang sokbreker hanya beda fisiknya.

Ada embosan merk KYB di bodi sokbreker, berikut tipe dan kodenya. Kelengkapan lain nggak ada, kan memang isinya ya hanya sokbreker saja. Usai ngecek, langsung deh dipasang buat si Silvy.

Parkir di tempat rata dan aman. Pasang handrem, eh, handbrake yaa..lalu lanjut dongkrak roda belakang berikut ganjal supaya aman dan posisi mobil tidak bergerak. Bongkar area bawah, kudu siap ngolong, alias berkotor-kotor. Tiarap, mlumah, dan berbekal kunci sok ukuran 17 inchi, siap buka baut pengunci sokbreker belakang.

Dan ternyata, sesuai prediksi, ini baut pengunci sokbreker, baik baut atas maupun baut bawah, ternyata keras banget dibuka. Sampe keringatan dan lapar, susah banget dibuka. Karena takut kepala baut slek alias dol, coba cari solusi mudah. Semprotan antikarat si WD pun jadi pilihan. Semprot beberapa kali, dan diamkan beberapa saat sambil beristirahat.

Dan akhirnya, bisa dilepas juga nih sokbreker belakang lama. Entah, merknya apa, ini sokbreker memang bukan orisinal bawaan Toyota Kijang. Oleh pemilik lama, sudah diganti dengan sokbreker variasi. Sekilas ada identitas merk biss apa gitu. Weslah, pokoknya dilepas wong mau diganti. Nggak ada kebocoran sih, rembesan oli tidak nampak sama sekali. Karena niatnya memang dikembalikan ke kondisi standar orisinal, lepaslah sepasang sokbreker belakang kanan – kiri.

Saatnya pasang yang baru. Eits, ada yang lupa nih. Jangan lupa, untuk melepas karet dudukan sokbreker, yang menempel pada lubang baut atas dan bawah sokbreker. Memang, karet ini nggak termasuk dalam pembelian sih. Makanya, saia lepas saja dari sokbreker lama. Karena posisinya memang menjepit lubang dudukan baut atas dan bawah, bakal keringetan juga mencongkel ini karet sampe lepas, meskipun akhirnya bisa lepas juga.

 

Beres dilepas, langkah memasukkan karet ini ke sokbreker yang baru, jauh lebih mudah. Cukup selipkan dan sedikit congkel untuk mengepaskan, plung…masuk dengan mudah. Sokbreker KYB ini pun siap dipasang.

Cara pemasangan, kebalikan saat melepas tadi. Posisikan sokbreker hingga pas dengan dudukan atas di sasis mobil dan dudukan bawah di dekat gardan belakang. Kalau belum pas, ini soknbreker KYB bisa disesuaikan dengan menarik dan menekan sokbreker. Nggak kelewat keras kok. Bila sudah pas, masukkan ke dudukan, pasang bautnya kembali. Lebih enak, pasang dudukan atas dahulu, dan kencangkan baut 17 pengikatnya.

Berikut, video dokumentasi penggantian sokbreker belakang Kijang 2L alias Kijang Kapsul Diesel

Lakukan hal serupa dengan baut dudukan sokbreker bagian bawah. Selesai, tinggal memasang sisi sebelahnya. Nggak lama, proses pemasangan sokbreker belakang Kijang Kapsul ini pun selesai. Tinggal lepas ganjal, lepas dongkrak, dan kendaraan pun siap digunakan kembali. Rasanya?

Yah, mirip dengan sebelumnya sih. Ayunan sedikit keras, karena masih ditopang oleh seperangkat per daun, namun masih nyaman kok. Kalau feeling saia, paling pas handlingnya saat isi penumpang 4-5 orang. Maklum, mobil jadul, hehehehe. yang penting, muat penumpang oke, muat barang pun juga hayukk. Mobil multifungsi, hehehe

Semoga berguna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 comments on “Unboxing Kayaba double action NOS Kijang 2L, sekaligus pasang di jeng Silvy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s