Menjajal cepatnya layanan Samsat Drive Thru Malang Kota

Pagi masbro

Di artikel lalu, saia nulis tentang nyaris telat bayar pajak tahunan si bleki, Honda NCB saia. Dan akhirnya, gara-gara itu, mencoba yang namanya layanan Samsat Drive Thru.

Layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor ini, kalau boleh saia bilang memang cepat alias ekspress. Selain cepat layanannya, juga memudahkan para WP / wajib pajak untuk bayar PKB tanpa perlu antri dan bahkan tanpa perlu turun dari kendaraan. Asyik kan??

Ada alur akses jalan khusus disini, yang ditandai petunjuk arah. Jadi, kalau mau ke drive thru , nggak perlu masuk ke parkiran. Belok kiri di lajur khusus menuju sebuah bangunan didepan Samsat.

Bangunan ini punya 2 bagian, yaitu loket 1 dan loket 2. Eh, sebelumnya, bila mau bayar disini, siapkan saja 2 dokumen wajib, yaitu STNK dan KTP atau SIM yang sesuai alamatnya. STNK, silakan dilepas dari plastik pembungkus, supaya memudahkan proses oleh petugas.

Pertama, di loket 1, yaitu loket pendaftaran dan pengesahan. Serahkan STNk dan KTP melalui lubang loket ke petugas yang ada di dalam. Petugas akan mengecek dan memproses. Selanjutnya, akan diberitahu besaran pajak yang harus dibayarkan kepada WP, sekaligus mengembalikan STNK berikut KTP yang tadi diserahkan.

Nah, dari loket 1 ini, masbro akan diminta bergeser maju ke loket 2, loket pembayaran dan penyerahan. Lagi-lagi serahkan STNK dan KTP tadi ke petugas. Nggak makan waktu lama, data pembayaran sudah muncul dan krikk—krikk–krikk…bunyi khas printer dotmatrix mencetak PKB yang baru. Silakan dibayar sesuai besaran yang nominal yang disampaikan petugas, dan akan diberikan bukti PKB yang baru.

Meski nggak sempat menghitung waktunya pakai stopwatch, saia perkirakan total sejak memasukkan dokumen di loket 1 sampai selesai, jelas nggak lebih dari 3 menit, termasuk   dorong motor 😆

Weleh, ajib tenan nih. kalau kayak gini, memang mempersingkat waktu para WP buat bayar pajak kendaraan. Nggak perlu antri kelewat lama, kecuali mungkin pas rame. Dan asyiknya, nggak perlu turun dari kendaraan termasuk mobil R4. Cukup longokkan dan mengangsurkan dokumen ke petugas lewat jendela saja, macam beli makanan cepat saji itu tu, hehehehehe

Layanan drive thru Samsat Malang Kota ini, sangat rekomen banget, terutama kecepatan layanannya. Monggo deh, kalau ada layanan macam ini di Samsat daerah masbro dan mbaksis, bisa dicoba. Kalau setahu saia, di Jawa Timur hanya di Samsat Malang Kota dan Surabaya saja sih. Yang jelas,  siapkan 2 dokumen pentingnya yaitu STNK dan KTP atau SIM yang sesuai. Maksudnya, nama dan alamat yang tertera di 2 identitas ini harus sama. Kalau nggak sama, yakinlah, kalau nggak bakal diproses sama petugasnya, karena perlu proses lain yang panjang.

Eh, nitip bisa nggak? Misal kendaraan punya orang tua atau saudara atau malah pacar?? Bisa saja, asal syarat utama STNK dan KTP asli yang se-nama dan se-alamat terpenuhi. Jadi, kalau berniat baik mau bantuin pacar atau siapa bayar pajak, bawa, eh, pinjam STNK-KTP nya sekalian ya? Nggak perlu BPKB lho ya…kalau itu bisa ruwet urusannya :mrgreen:

Sebagai informasi juga, layanan drive thru Samsat ini juga ada jadwalnya. Yaitu buka hari Senin – Kamis pukul 08.00 – 12.00 WIB sedangkan hari Jumat – Sabtu tutup lebih awal, yaitu 08.00 – 10.30 WIB. Monggo deh, yang mau jajal bayar pajak ala beli fastfood , bisa dicoba. Semoga berguna

Advertisements

2 comments on “Menjajal cepatnya layanan Samsat Drive Thru Malang Kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s