MPM Honda Jatim bekali komunitas Honda pelatihan basic life support, manfaat sepanjang hayat

Pagi masbro..

Keterampilan life support atau pengetahuan seputar dasar pemberian pertolongan pertama, terutama pada korban kecelakaan merupakan hal yang sangat penting dimiliki. Penting karena bisa menambah peluang korban selamat sembari menunggu kru medis yang kompeten.

Atas dasar inilah, PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda jatim) main dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT membekali para bikers yang mendapatkan Golden Tiket kompetisi Video GP Mandalika dengan pelatihan Basic Life Support. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Continue reading

Kereta api prioritas utama di jalan raya, dahulukan supaya selamat di jalan

Pagi masbro..

Jalur atau rel kereta api (KA), terutama yang sebidang atau memotong jalan raya, memang sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Yaitu antara kendaraan di jalan raya dengan KA.

Jika mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, lanjutnya, bila terjadi kecelakaan di perlintasan KA yang melibatkan pengguna jalan, dapat dipastikan bahwa kecelakaan itu diawali oleh pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan, bukan operator KA/masinis.

Continue reading

Mitos setelah kecelakaan, ini logika dibaliknya

Pagi masbro..

Kecelakaan, adalah hal yang paling dihindari saat berkendara, baik naik motor ataupun mobil. amit-amit deh, jangan sampai kejadian, baik itu “sekedar” jatuh, terpeleset, serempetan ataupun kejadian tabrakan dengan kendaraan lain. Memang, nggak bisa kita hindari, berkendara di jalan raya, dengan begitu banyak pengguna jalan lain, resiko terjadi kecelakaan pasti ada.

Ada nih, beberapa mitos yang selama ini berkembang di masyarakat saat kita mengalami kecelakaan. Terutama, terkait dengan kendaraannya sih. Apa saja?

  • Pakaian saat kecelakaan dibuang

Ada pemahaman, Continue reading

Breaking News, kecelakaan (lagi) di jalan tol Malang – Pandaan

Siang masbro..

Jalan tol, alias jalan bebas hambatan, merupakan pilihan yang bagai buah simalakama. Kenapa? Memang, bisa mempersingkat waktu tempuh, karena nyaris nggak bakal ketemu yang namanya kemacetan.

Namun, di sisi lain, bahaya justru mengintai. Terlena oleh jalan yang lengang, mulus, apalagi dibumbui dengan pemandangan nan indah, bisa membuat pengendara lupa diri. Di artikel lain , pernah saia tulis tentang kejadian kecelakaan di jalan tol, yang masih berusia belum 1 bulan ini, tol Malang – Pandaan.

Diresmikan presiden Joko Widodo pada 12 Mei 2019, terhitung sudah beberapa kali kecelakaan terjadi di jalur tol ini. Terbaru, pada hari ini, 12 Juni 2019, terjadi (lagi) kecelakaan. Sebuah Continue reading

Terlena Tol Malang – Pandaan, Subaru kehilangan kontrol. Kecelakaan pertama Tol Mapan

Pagi masbro..

Jalan Tol Malang – Pandaan, memang sudah rampung sebagian. Yaitu seksi 1-3, yang membentang mulai Pandaan hingga Karanglo – Singosari. Tol baru ini, bahkan sudah diresmikan presiden pada Senin 13/5/2019. Meski sudah dibuka untuk lalu lintas arah Malang – Pandaan dan sebaliknya, jalur menuju Pakis dan kota Malang yang merupakan seksi 4 dan 5 belum rampung, dan rencananya bakal berfungsi penuh pada akhir tahun 2019 ini

Usai diresmikan, per Selasa 14/5/2019, tol Mapan, demikian biasa disingkat, bisa dilalui pengguna jalan, yaitu kendaraan roda 4 atau lebih secara gratis. Wakk? Gratis? Ho-oh, gratis nih selama masa ujicoba dan arus mudik Lebaran 2019. Makanya, antusias warga yang ingin menjajal tol baru ini memang warbiyazah. Jalan tol baru, mulus, dan disuguhkan pemandangan indah pula. Kayaknya, jadi salah satu jalan tol dengan view terindah di Jawa deh

Namun, dibalik semua yang disuguhkan, jangan sampai terlena. Nyaman, kadang membuat orang tak sadar. Demikian pula dengan Mr X, pengendara Subaru Continue reading

Microsleep, sepele tapi ruar biasa efeknya

Pagi masbro..

Buat yang demen jalan jauh, yah macam touring, baik pakai mobil atau sepeda motor nih. Pernah nggak mengalami situasi di mana pas lagi sedang berkendara tiba-tiba terlelap? Hanya seketika. Hanya beberapa detik.

Tiba-tiba nih, truk yang pada mulanya masih jauh jaraknya tiba tiba berada di depan mata. Padahal, kayaknya nih, perasaan, mata cuma berkedip atau merem sesaat, tapi kok ternyata perubahan di sekitar cepat banget ya??

Yups, itulah MICROSLEEP. Microsleep, adalah Continue reading

Sudah jatuh, dicuekin pula…apes bener

Pagi masbro..

Yang namanya berkendara, terutama yang naik motor nih, memang resiko di jalan tergolong tinggi. Jalan raya yang memang fasilitas umum, digunakan oleh semua kalangan. Hampir semua jenis kendaraan, tumplek blek di jalan. Mulai yang  beroda 2, beroda 3, 4 bahkan lebih dan  mencapai belasan, memenuhi jalan untuk menuju tujuan masing-masing.

Kehati-hatian dalam berkendara, memang mutlak dilakukan semua pengguna jalan. Nggak terkecuali biker skutik yang satu ini. Meski memang masih terlihat mengenakan celana pendek, sebagaimana terekam dalam kamera CCTV sepertinya, tapi si biker yang mengenakan helm ini nampaknya memang apes. Melaju dari sisi kiri jalan, dan  melihat seorang wanita yang hendak menyeberang dengan skutik juga tanpa memberi tanda dan tanpa melihat situasi, si biker cowok ini berusaha  mengerem  mendadak dan menghindar, meskipun upayanya sia-sia. Skutiknya malah oleng dan roboh ke aspal serta tetap membentur skutik wanita penyeberang jalan, karena efek pengereman mendadak.

Jatuh dan terseret motor setelah membentur skutik wanita penyeberang jalan, biker cowok ini setelah kesadarannya pulih meski terlihat helmnya mencelat, tampak berupaya bangkit dengan kesakitan. Untungnya, situasi lalu lintas di jalanan yang nggak saia ketahui daerah mana ini sedang sepi.

Yang sumpah bikin jengkel,  aksi wanita penunggang skutik ini. Sangat cuek, dengan tetap melanjutkan menyeberang jalan dan berputar arah, tanpa mempedulikan biker yang terkapar danakhirnya  tertatih berusaha bangun sendiri. Sepintas hanya  terlihat melirik saja dengan ekspresi yang susah digambarkan, tanpa reaksi ke biker yang masih terkapar di aspal. Sumpah, saia kok ikutan jengkel ya lihat cuplikan video ini. Nggak punya perasaan kali ya, asem bener.

Yak, pelajaran bagi kita semua. Meski sudah berusaha berhati-hati dalam berkendara, resiko di jalan tetap ada dan kadang berasal dari pengguna jalan lain. Tetap berhati-hati ya masbro dan  mbaksis, serta tanamkan peduli pada orang lain di jalan. Meski rasa tepo sliro seperti ini sudah menipis di era modern, nggak ada salahnya kok kita pertahankan. Nggak muluk-muluk, dari diri sendiri dulu aja. Nggak perlu berpikir aneh-aneh, bahkan mengharapkan sesuatu. Bila kita berbuat baik pada sesama, rasanya, Tuhan nggak akan cuek dan merem kok. Suatu saat, kita akan mendapatkan hal baik sebagai  balasannya.

Semoga  berguna

Apa sih SWDKLLJ pada slip Pajak Kendaraan Bermotor?

Pagi masbro..

Sudah menjadi kewajiban, pemilik kendaraan bermotor di berbagai negara, termasuk di Indonesia untuk membayar pajak kendaraannya masing-masing setiap tahun. Pajak kendaraan bermotor, atau PKB, merupakan pajak yang harus dibayarkan pemilik kendaraan bermotor kepada negara atas kepemilikannya. Nah, saat pembayaran PKB tahunan, kan pasti tuh, kita dikasih eh, diberikan bukti pembayaran berupa slip yang dicetak? Yang kayak gini nih..

Urutan keterangan di sisi kanan nominal pembayaran ada beberapa macam. Ada BBNKB, yaitu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, biasanya tertera saat pertama kali bayar pajak untuk kendaraan bermotor baru. Kemudian ada PKB, yaitu Pajak Kendaraan Bermotor yang berisi nominal pajak yang telah dibayarkan. Baris di bawahnya, ada singkatan SWDKLLJ. Nah lho, apaan tuh??

Continue reading

Beragam luapan kekesalan warga akibat jalan berlubang di Malang

Pagi masbro..

Fenomena kerusakan jalan, akhir-akhir ini marak dishare di berbagai media. Tak terkecuali di Malang Raya. Kerusakan jalan, yang akrab dengan istilah ‘bolongan’ atau lubang jalan, banyak sekali ditemui. Baik di Kabupaten Malang, Kota Malang maupun Kota Batu. Tidak peduli jalan provinsi, jalan kabupaten atau hanya sekedar jalan kampung, semua tak luput dari lubang. Entah, karena faktor alam, ditambah dengan faktor lain seperti kurang maksimalnya saat pengerjaan jalan.

Lubang di jalan,  bahkan sempat diplesetkan menjadi semacam tujuan wisata di beberapa tempat. Contohnya seperti ini nih..

jeglongan-sewuNah, di Malang, kekesalan warga atas kondisi jalan juga ditumpahkan masbro. Setelah di wilayah Continue reading

Tabrakan moge langsung meledak

Selamat pagi menjelang siang masbro…

Dah mulai kerja nih, agenda sisa tahun lalu menumpuk, menunggu dikerjakan. Yuk, sambil kerja, ada video miris nih.Kecelakaan sepeda motor, entah di daerah mana, yang jelas bukan di Indonesia. Diposting sebuah akun di Instagram. Ngeri, tabrakan adu kambing moge nih. Begitu berbenturan, langsung meledak. Sebuah ledakan, lalu diikuti terbakarnya kedua motor. Salah satu rider dikabarkan meninggal. Hiiyy…serem

 

Semoga kita semua selalu diberkahi keselamatan. Hati-hati di jalan ya masbro dan mbaksis…keep safety riding