Bayar PKB pertama bleki-NCB150R, nyaris telat

Pagi masbro..

Kamis, 13 September 2018, dengan agak terburu-buru, saia melesat ke Samsat Malang Kota untuk mengurusi 2 unit kendaraan operasional tempat kerja. Rada ribet nih, karena kebetulan keduanya waktunya pajak 5 tahunan, alias cetak STNK. Pasti, yang namanya cek fisik alias esek-esek harus dilakukan. Ini yang rada susah atur jadwal karena memang ya dipakai operasional rutin, jadi harus diliburkan jadwalnya, meski sebenarnya nggak makan waktu lama. Proses cek fisik cepat kok, paling hanya 5-10 menitan, ngantrinya itu yang aduh…

Setelah sebelumnya janjian sama rekan yang mengoperasikan 2 kendaraan tadi untuk ketemuan di Samsat, sambil nunggu di tepi jalan depan Samsat, saia beli minuman di warung. Pas bayar, sambil iseng, nengok yang namanya STNK yang hampir tak pernah keluar dompet, gegara tadi pagi sekilas melihat angka 09 di nopol, yang menandakan bulan masa laku STNK. Haduuh  .. jian lupa tenan, ternyata tanggal waktunya bayar pajak tahunan alias PKB si bleki Honda NCB saia, pas berakhir tanggal 13 September ini. Walahdalah..piye iki?? Pas keluar dan nengok nopol si bleki, memang iya bulan 9 ini habisnya 😉

Memang namanya lupa dan teledor sih, murni kesalahan Continue reading

Advertisements

Ketika nopol dan STNK nggak akur

Pagi masbro..

Sekarang, emang jamannya kudu tertib, begitu yang selalu didengung-dengungkan banyak pihak. Contoh gampang, SIM. Nggak ada lagi toleransi, telat perpanjangan 1 hari saja, bisa dipastikan, SIM masbro dan mbaksis nggak akan lagi bisa dipakai. Mati secara otomatis dan kudu buat baru. Weleh..weleh kan?

Termasuk administrasi surat kendaraan. Terlambat bayar pajak, sanksi denda sudah menanti. Apalagi ancaman tilang di jalan kala ada razia, karena jelas, STNK nggak berlaku gegara belum bayar pajak. Pernah saia tulis sudah lama tuh, disini

Nah, hari Jumat lalu, saia sedang mengurus salah satu kendaraan operasional tempat kerja. Honda Supra X 125 lansiran 2007 ini, dari nopolnya jelas terbaca, kalau sudah waktunya pajak 5 tahunan alias ganti STNK berikut plat nopol-nya. Tuh, bulan 7 (Juli) 2018 kan?

Karena cek fisik alias Continue reading

Pengalaman Mutasi Keluar Kendaraan di Kota Malang (2 habis)

Pagi masbro..

Melanjutkan artikel yang lalu, tentang prosedur mutasi keluar dari Samsat. Yang sudah lupa, karena artikel tahun 2017 (Desember sih 😆 ) , monggo diklik disini.  Kan sudah sampai tuh, di tempat pengecekan STNK dan BPKB di Ruang Arsip, lantai 2 gedung Samsat Malang Kota, yang lokasinya di daerah Kacuk, Gadang. Usai melalui pengecekan singkat, tentang riwayat kendaraan, semua dokumen dalam map biru, akan diserahkan kembali pada kita. Selanjutnya, saia diarahkan menuju loket fiskal, kembali ke lantai 1. Di loket fiskal, kembali serahkan Continue reading

Pengalaman Mutasi Keluar Kendaraan di Kota Malang (1)

Pagi masbro..

Kali ini, saia mau berbagi pengalaman nih, saat mengurus balik nama kendaraan. Jadi ceritanya, nih kendaraan masih atas nama saudara, yang domisilinya di Kota Malang. Mumpung ada pemutihan alias bebas Bea Balik Nama, sekalian deh saia sempatkan untuk mengurus sendiri proses mutasi keluar dari Samsat Kota Malang.

Sebelumnya, saia siapkan semua dokumen kendaraan berikut identitas saia selaku pemohon. Antara lain STNK, bukti pajak/PKB, BPKB dan KTP. Eh ada juga kuitansi jual beli dengan materai secukupnya. Semua difotokopi sebanyak 5 kali, dan dimasukkan dalam map biru yang bisa diperoleh di Samsat Kota Malang, di Jl Raya Kacuk, Gadang. Kalau nggak mau ribet, meluncur saja ke bagian fotokopi, pasti deh yang jualan sudah ngeh, dokumen apa saja yang perlu difotokopi, berikut  juga map resminya.

Prosedurnya, semua kendaraan yang hendak mutasi,  baik mutasi keluar atau mutasi masuk, juga perpanjangan STKN 5 tahunan serta sejenisnya, kudu cek fisik dahulu. Bawa semua dokumen yang sudah difotokopi tadi berikut map-nya ke loket  cek fisik yang ada di sisi kiri depan gedung Samsat Malang  Kota. Setelah  dicek dokumennya, akan diberi formulir isian cek fisik yang  harus diisi dulu dengan data kendaraan, serta kertas stiker sebagai media gesek, eh, cek fisik.

Makanya, Continue reading