Oli untuk motor matik paling baik, seperti apa sih?

Pagi masbro..

Oli alias pelumas, kalau diibaratkan dengan tubuh manusia, merupakan darah. benda cair yang menunjang hidup mati-nya si motor. Lha gimana nggak, kalau nggak ada yang namanya oli ini, nggak terbayangkan, seperti apa isi daleman mesin yang hampir semuanya berbahan logam. Pada beradu, nggak ada pelumas, pasti cepet hancur

Pelumas, secara dasar Continue reading

Advertisements

Oli transmisi sintetis AHM, performa tinggi untuk skutik

Pagi masbro..

Pengguna motor matik alias skutik memang makin menjamur. Maklum, dengan sistem transmisi otomatis yang dimiliki, memang nggak bikin ribet saat berkendara. Nggak ada cerita pindah-pindah perseneling dan tarik tuas kopling, cocok deh buat perkotaan yang padat lalu lintasnya dan juga buat yang baru mahir naik sepeda motor.

Dibalik kepraktisan skutik yang bikin nyaman dan mudah, ada perawatan yang sering dilupakan. Kalau ganti oli mesin dan service, mungkin ya sama saja dengan motor lain. Yang sering  luput adalah yang namanya perawatan transmisi. Jangankan ganti oli transmisi, atau kalau istilah awam oli gardan skutik, masih banyak lho yang nggak tahu kalau ada oli alias pelumas khusus transmisi yang terdapat pada skutik

Kini, PT Continue reading

Oli kadaluwarsa, seperti apa sih?

Pagi masbro..

Semua kendaraan bermesin dan menggunakan bahan bakar, pasti didalam mesinnya, menggunakan oli alias pelumas untuk melumasi semua bagian baik yang bergerak maupun tidak didalam ruang mesin. Termasuk mesin sepeda motor, menggunakan oli mesin dengan spesifikasi tertentu dan dalam jumlah tertentu pula. Biasanya, jumlah oli mesin juga tergantung tipe dan kapasitas mesin.

Oli mesin yang digunakan sebagai pelumas terbuat dari beberapa zat aditif yang sudah memenuhi standar dan campuran bahan dasar oli. Seperti halnya makanan, ada anggapan bahwa oli yang sudah lama disimpan dan tidak pernah digunakan merupakan oli yang sudah basi atau kadaluwarsa. Tapi, apakah benar oli tersebut sudah tidak bisa digunakan sama sekali? Jawabannya adalah

Continue reading

Ciput di 50.000 km lebih (1) , pemakaian oli mesin

Tak terasa, Honda CB150R Streetfire saia, alias Old CB, sudah melewati 50 ribu lebih odometernya.limapuluhribuKalau usia sih, baru kisaran 3,5 tahunan, karena ini merupakan OCB gen 1, yaitu keluaran Desember 2012, hanya surat-surat, karena bertepatan akhir tahun yang mepet, akhirnya selesai per Januari 2013.

ciputgresBanyak yang ingin saia catat sebenarnya. Mulai pemakaian BBM, performa hingga pelumas. Sekedar informasi, motor saia ini masih standart aja kok, gak ada modifikasi berat. Cuma sekedar ganti filter udara Ferrox, gearset SSS, ganti kampas kopling Kawahara dan ganti roda pakai velg ruji/jari-jari plus ban lebih besar.

Pelumas dulu aja ya.. Awalnya, Continue reading

Honda CB150R ganti bak mesin kanan

Motor masih baru, dirawat, kok bisa harus ganti bak mesin bagian kanan??? Kalem masbro, nih saia jelasin 😉

Dari forum user CB150R Kaskus a.k.a Hosticus, ada salah satu member yang share soal kendaraannya barusan bongkar mesin. Vonisnya, rusak seal mekanikal di bagian rotor penggerak cairan radiator alias coolant.
Nah, kenapa mesti ganti 1 set blok mesin kanan?? Ternyata eh ternyata, setelah si kalter kanan dibawa pulang empunya motor, diutak-atik karena penasaran juga, kalo mau diganti seal mekanikal + kawan-kawannya ajah, susah (pake bingits) dilepas dari cover mesin kanan itu. Pake mode paksa, malah yang kalah daleman si blok kanan 👿

dks blokSelain kesulitan Continue reading