Tak selamanya oli dengan kelir hitam adalah oli yang sudah jelek

Pagi masbro..

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi konsumen yang senang mengganti oli sendiri di rumah. Meskipun terkadang kita sudah memahami bahwa secara standar oli dapat diganti setiap satu bulan atau telah mencapai jarak tempuh sebesar 2000-3000 km, terkadang pengguna tidak menyadari atau bahkan lupa jika waktunya ganti oli. 

Bagi konsumen yang tidak memiliki aplikasi Y-connect sebagai pengingat oli secara instan, PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha Jatim memberikan informasi bagaimana ciri-ciri oli yang harus diganti dan belum waktunya diganti. 

Dwi Suwanto selaku instruktur servis Yamaha Jatim menyampaikan,

“Oli sudah waktunya ganti kalau sudah lebih dari sebulan atau sudah mencapai maksimal 3000km. Tapi kalau semisal kita lupa kita bisa cek sendiri dengan menilai kualitas oli. Oli yang berwarna hitam itu belum tentu harus diganti” jelasnya. 

Menurut Dwi, oli menghitam memang menjadi efek dari perubahan warna cairan yang disebabkan oleh perubahan suhu panas pada mesin sehingga meskipun masih satu minggu warnanya sudah menghitam bukan berarti olinya sudah tidak bisa di pakai. 

“Cara mengetahui oli yang masih bisa dipakai ya harus dilihat, bisa pakai kuku gampangnya. Apabila masih ada warna bening diluar cairan hitam, artinya oli masih bisa dipakai. Kecuali oli menjadi hitam pekat dan tidak meninggalkan minyak sedikitpun.” ujarnya. 

Oli memang menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Pemilihan oli yang tetap juga menjadi pengaruh berapa lama oli dapat melumasi mesin dengan maksimal. Jadi, bagi pemilik motor Yamaha, sangat direkomendasikan untuk konsultasi dengan teknisi resmi Yamaha, tipe oli apa yang sesuai dengan motor konsumen. 

Ada tingkatan oli yang masih bagus sampai sudah waktunya ganti. Ketika oli di sentuh di kuku dan warnanya masih ada bening artinya oli masih bagus dan bisa di pakai. Berbeda jika warnanya benar-benar hitam pekat bahkan saat diletakan di kuku, artinya sudah waktunya ganti dengan oli yang baru.

Pastikan untuk tetap menggunakan produk original dan melakukan servis kendaraan secara rutin. Semoga berguna, tips cara mudah mengamati oli dari warnanya

2 comments on “Tak selamanya oli dengan kelir hitam adalah oli yang sudah jelek

  1. Pingback: Tak selamanya oli dengan kelir hitam adalah oli yang sudah jelek | Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s