Jangan lumasi rantai pakai oli bekas, maunya irit malah tekor

Siang masbro..

Rantai, yang merupakan penggerak bagi sebagian sepeda motor terutama tipe bebek/cub dan sport adalah perangkat vital. Kalau bermasalah, ya jelas, efeknya motor nggak bisa jalan.

Perawatan yang minimal dilakukan adalah melumasi dan menyetel ketegangan rantai, pasti sudah pada paham. Nah, spesial pelumasan, ada 1 poin penting yang wajib dijauhi. Yaitu, jangan pernah pakai oli bekas

Weleh, kenapa nih? Sebabnya, oli bekas tuh kotor masbro. Namanya saja oli bekas, pastinya ya jelas oli bekas pemakaian, alias oli hasil kuras mesin atau lainnya.

Continue reading

Oli kadaluwarsa, seperti apa sih?

Pagi masbro..

Semua kendaraan bermesin dan menggunakan bahan bakar, pasti didalam mesinnya, menggunakan oli alias pelumas untuk melumasi semua bagian baik yang bergerak maupun tidak didalam ruang mesin. Termasuk mesin sepeda motor, menggunakan oli mesin dengan spesifikasi tertentu dan dalam jumlah tertentu pula. Biasanya, jumlah oli mesin juga tergantung tipe dan kapasitas mesin.

Oli mesin yang digunakan sebagai pelumas terbuat dari beberapa zat aditif yang sudah memenuhi standar dan campuran bahan dasar oli. Seperti halnya makanan, ada anggapan bahwa oli yang sudah lama disimpan dan tidak pernah digunakan merupakan oli yang sudah basi atau kadaluwarsa. Tapi, apakah benar oli tersebut sudah tidak bisa digunakan sama sekali? Jawabannya adalah

Continue reading

Ciput di 50.000 km lebih (1) , pemakaian oli mesin

Tak terasa, Honda CB150R Streetfire saia, alias Old CB, sudah melewati 50 ribu lebih odometernya.limapuluhribuKalau usia sih, baru kisaran 3,5 tahunan, karena ini merupakan OCB gen 1, yaitu keluaran Desember 2012, hanya surat-surat, karena bertepatan akhir tahun yang mepet, akhirnya selesai per Januari 2013.

ciputgresBanyak yang ingin saia catat sebenarnya. Mulai pemakaian BBM, performa hingga pelumas. Sekedar informasi, motor saia ini masih standart aja kok, gak ada modifikasi berat. Cuma sekedar ganti filter udara Ferrox, gearset SSS, ganti kampas kopling Kawahara dan ganti roda pakai velg ruji/jari-jari plus ban lebih besar.

Pelumas dulu aja ya.. Awalnya, Continue reading