Spesial, kapasitas oli mesin Honda Genio lebih sedikit ketimbang skutik Honda lain

Pagi masbro..

Skutik Honda Genio, memang diklaim punya basis mesin yang berbeda dari ‘sesama” skutik Honda lain, seperti saudaranya,  BeAT dan Scoopy.

Meski masih satu kelas, yaitu berkubikasi 110cc, ternyata banyak banget perbedaan dengan mesin BeAT dan Scoopy. Hal ini, yang antara lain membuat kapasitas oli mesin Honda Genio, lebih sedikit ketimbang BeAT dan Scoopy. Kapasitas oli Genio, hanya 0,65 liter, sedangkan lainnya adalah 0,8 liter. Hmm..selisih sekitar 200 ml yak.

Hal ini karena adanya perubahan desain bagian dalam mesin. Honda, AHM, mendesain mesin Genio 110 lebih ringkas dan kompak, sehingga ruang bagian dalam mesin lebih kecil. Imbasnya, nggak perlu volume oli mesin yang sebanyak generasi mesin skutik sebelumnya. Selain itu, alur sirkulasi oli dalam mesin Genio, juga dirubah sedemikian rupa sehingga lebih tersalurkan secara maksimal ke seluruh bagian mesin. Alhasil,  fungsi pelumasan oleh oli mesin tetap terjaga, alias tidak mengurangi fungsi oli mesin itu sendiri.  Demikian disampaikan  Endro Sutarno, selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Lha untuk ganti oli, ternyata ada ritual khususnya, termasuk di bengkel resmi AHASS sekalipun. Karena oli yang dipakai untuk Honda Genio nggak beda dengan oli mesin skutik lain, sementara kemasan oli mesin nggak ada yang pas 0,65 liter, mekanik perlu menggunakan alat ukur supaya volume oli mesin pas, nggak kelebihan atau sebaliknya kurang. Salah satunya, ya menggunakan gelas ukur untuk tahu jumlah oli mesin sebelum dituang ke dalam mesin Honda Genio.

Ke depan, kayaknya bakal ada kemasan khusus deh, oli mesin buat Genio. Berkaca pada Honda New CB150R yang juga mirip, yaitu punya kapasitas oli rada tidak lazim, 1,1 liter. Sementara generasi sebelumnya, CB150R cukup diisi sebanyak 1 liter persis.

Semoga berguna

 

 

Advertisements

2 comments on “Spesial, kapasitas oli mesin Honda Genio lebih sedikit ketimbang skutik Honda lain

  1. judul yg pas “Spesial, kapasitas oli mesin Honda Genio lebih sedikit ketimbang skutik Honda lain”

    karna suzuki nex gen 1, lets, nex II, address kapasitas oli 650ml dari zaman kapan..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s