Menikmati Baxo Serdadu

Pagi masbro..

Artikel kuliner bulan ramadhan, mohon tahan iman yak. Makanya sengaja diposting sore menjelang malam :mrgreen: Lagi-lagi tentang daging bulat, alias olahan daging menjadi bulatan-bulatan nan lezat. apalagi kalau bukan bakso

Di Malang, memang terkenal dengan baksonya. Tapi harap dicatet, kalau mau nyari bakso Malang, yakin susah. Justru bakso dengan label beraneka ragam dengan gampang ditemui. Salah satunya, yang baru saja beberapa saat dirilis, berlabel Baxo Serdadu. Ingat ya, pake huruf “X” di kata bakso-nya

Berlokasi di akses wisatawan, yaitu kompleks pertokoan dan oleh-oleh di wilayah Karanglo. Menempati ruko di sisi kiri jalan, yang pastinya dilewati wisatawan dari den ke Batu, merupakan trik mujarab mengenalkan bakso ini. Nggak ada tendensi ke militer dan sejenisnya, meski labelnya serdadu. Ternyata, ini adalah Continue reading

Advertisements

Bakso bakar murmer, nyempil nih di pojokan Malang

Pagi masbro..

Artikel kuliner kali ini, bertema bakso. Yups, makanan yang mayoritas berbentuk bulatan ini, bisa dibilang makanan sangat populer, apalagi di Malang. Beragam olahan , bentuk hingga rasa bakso bisa ditemukan di Malang. Salah satunya, bakso bakar

Banyak banget merk, eh, judul bakso bakar di Malang. Menyajikan olahan bakso yang ditusuk lantas dibakar diatas api arang, dan disajikan dengan saus kacang. Nah, yang saia jumpai kali ini masih mirip juga. Saat melipir lewat jalur alternatif karena macet luar biasa di proyek underpass Karanglo bareng si bleki, ketemu dengan warung bakso bakar ini.

Berlokasi di jalan alternatif Arjosari, Malang yang merupakan jalur kampung, menghubungkan Singosari dengan Arjosari dan bisa juga menuju Pakis. Jalur kampung ini lumayan nyaman, sudah aspal mulus. Pas di sebuah tikungan, ketemu warung bakso bakar ini.

Berdesain Continue reading

Bakso Swalayan Pak Jenggot Singosari

Sore menjelang malam masbro, kuliner lagi yuks..mumpung weekend 😆

Kali ini, bakso. Siapa yang gak kenal makanan satu ini, beragam versi olahan daging ini sukses membanjiri dunia kuliner tanah air. Bisa sebagai makanan utama, bisa juga sebagai jajanan. Nah, bakso yang saia bahas kali ini, sebenarnya sih nggak aneh-aneh versinya. Bakso standar saja.

Macamnya, Continue reading

Bakso krikil Singosari, nah lho…

 

Judulnya rada serem ya? Masak iya baksonya sekeras batu kerikil? Atau malah dicampur kerikil? Hehehehehe…nggak lah masbro, itu cuma istilah lokal, untuk menamai penampakan bakso ini. Dulu banget, sekitar 10 tahun yang lalu lebih, sudah ada warung bakso bertitel sama, didaerah yang sama juga. Nggak tahu, sekarang masih ada atau nggak, soalnya saia lupa lokasi persisnya, hehehe, maaf :mrgreen:

Nah, kalo warung ini, lokasinya di Jl Tumapel, Singosari-Malang. Bertempat tepat di pinggir jalan, sebelah barat lapangan Tumapel. Jadi arahnya, ke desa Klampok, Singosari. Dengan tenda terpal sederhana, warung kecil semi permanen ini, rutin buka mulai siang hingga dagangan habis.

P_20151114_155908

Menunya? Ya Bakso Krikil itu 😆 Sebutan “krikil” untuk menyebut bakso yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil, hampir mirip cilok. Yang jelas, telaten saat membuatnya, kata ibu penjual sambil senyum.

Saia pesan seporsi bakso campur. Weleh…minimalis nih porsinya, kalo buat saia 😆 Semangkuk bakso krikil campur berisi sekitar 10 biji bakso krikil (kalau nggak salah hitung), kemudian sebiji bakso kasar berukuran sedikit lebih besar, siomay basah/kukus, siomay goreng, tahu dan bihun. Karena sepintas merasa porsinya tergolong kecil, saia mencomot sebuah lontong. Lontong disiapkan dalam sebuah baki, pembeli tinggal ambil sendiri, baru deh nanti dihitung semua.

P_20151114_160019Soal rasa, biasa saja menurut saia. Karena, menurut saia, daya tarik yang utama adalah ukuran baksonya :mrgreen: Yang jelas, aroma asap, karena proses memasak menggunakan arang/kayu khas pedesaan, melekat di baksonya. Jadi ya..gimana gitu, beda lah dengan bakso lain di perkotaan. Skip–skip, segera tandas semangkuk bakso krikil plus lontong. Saatnya membayar. Selembar sepuluhribuan, ternyata masih ada kembalian IDR 3000. Nah, murah to? Seporsi bakso krikil IDR 6000, lontongnya seribu. Lumayan, untuk mengganjal perut, toh sampe rumah, jelas langsung makan lagi :mrgreen:

Monggo, yang penasaran silakan mencoba…yang jelas, ini bukan cilok/aci dicolok, asli bakso..bakso imut dan minimalis.

Oskab President aseli Ngalam

Hem, oskab…jajanan khas ngalam iki. Kabeh mesthi wis itreng lontep daging sing asaib diarani oskab ngalam. Lha lucune, lek umak golek nggen utowo wong dodolan sing dijenengi “oskab ngalam”..waduh, kadit nemu sam. Gak bakalan onok…walikanMalah sing ono oskab olos, oskab cak man, oskab rakab….heka pokoke sing di-lod nggawe jeneng oskab. Lha trade-mark oskab ngalam, biasane digawe nek sing lodod ndek malang coret alias ndek jobone ngalam, misal ayabarus, jekardah dkk.
Lek jare ayas, sing asli ngalam, yo oskab kampung iku, nggawe rombong disorong, karo oskab sing lawas, alias suwe onok ndek ngalam. Contone? Cak Man osi, oskab Jumaju (mek rombong sorong), trus ono maneh sing legendaris, oskab President. Continue reading