Buat ladybiker nih, maksimalkan skutikmu untuk #cariaman dalam perjalanan

Pagi masbro..

Kaum hawa pengguna sepeda motor, memang makin bejibun jumlahnya. Seiring pertambahan jumlah jenis motor matik yang memang makin menggurita, karena nih skutik=skuter matik= , memang sangat membantu dan memudahkan buat ladybiker beraktifitas menggunakan motor.

Sayang, kadang-kadang, beberapa kemudahan skutik ini malah kurang dimanfaatkan wanita saat sedang berkendara. Padahal, dari pabrikan nih, memberikan banyak fitur juga dalam kaitan meningkatkan faktor keselamatan di jalan. Paling banyak, yang saia temui adalah pengendara wanita kurang memaksimalkan fungsi bagasi pada skutik. Skutik masa kini, sudah jamak punya kapasitas bagasi, terutama dibawah jok, cukup besar. Jangankan hanya sekedar helm, balita aja bisa masuk kok, hehehe. Bercanda ..

Bagasi yang Continue reading

Advertisements

Sepele, tapi bisa berefek celaka

Siang masbro..

Artikel yang rada kesiangan, karena ‘terinspirasi’ alias mengambil hikmah kejadian tadi pagi. Seperti biasa, rutin, sambil berangkat  kerja, saia antar anak yang sulung berangkat ke sekolah yang kebetulan di area Lawang, Malang. Setelahnya, baru deh balik arah ke kota Malang. Usai si thole masuk, dan saia sempat ngobrol-ngobrol dengan beberapa orang tua murid seprofesi ANJAS (ANtar Jemput Anak Sekolah) :mrgreen: saia pamitan lanjut ke tempat kerja. Lokasi sekolah memang rada masuk, nggak di tepi jalan raya utama Malang – Surabaya. Melaju beriringan si bleki dengan Supra X 100 seorang bapak di sebelah kanan saia, dari arah barat mendekati persimpangan / pertigaan dengan jalan raya, otomatis mengurangi kecepatan, siap-siap berhenti menunggu lalin sepi, mau menyeberang jalan.

Lha kok ujug-ujug, mak bedunduk, tiba-tiba sebuah Jupiter Z dengan keranjang dagangan di samping kanan-kiri belakangnya, dari arah selatan, jalannya menyerong ke kiri, ke arah saia dan bapak Supra X. Reflek saia mengerem keras sambil menekan klakson, memberi tanda pada pengendara Jupiter yang sempat saia lihat sekilas, justru sedang menoleh ke kanan, nggak fokus ke depan.

Walhasil, begitu pengendara Jupiter itu sadar, tumbukan ringan sudah terjadi. Ban depan bleki mengenai sokbreker depan Jupiter dari sisi kiri, dan nahasnya, keranjang muatan juga terhantam Supra di samping kanan saia. Syukurlah, karena kondisi jalan pelan, dekat persimpangan, efek fatal tidak terjadi. Nggak ada yang jatuh maupun luka. Jupiter terguling miring ke kanan, tertahan keranjang muatan sebelah kanan. Si bapak Supra misuh-misuh gak karuan ke pengendara Jupiter, kaget jelas. Saia pun demikian. Sambil meminggirkan bleki, saia ajak si bapak Supra minggir pula. Lalu kami membantu meminggirkan Jupiter berkeranjang itu juga.

gambar ilustrasi

Masih dengan emosi, bapak Supra masih ngomel-ngomel. Lalu saia tanya si pengendara Jupiter, ngapain jalan meleng, motor belok kiri kok sampeyan malah nengok ke kanan? Sambil masih rada bingung, pemuda itu menjawab, kalau mau putar balik di pertigaan itu. Makanya nengok kanan , melihat kondisi belakang. Kebetulan, di simpang tiga itu, memang ada rambu tidak boleh putar balik, makanya dia mensiasati dengan belok kiri dulu, baru menyeberang.

Yah pelajaran juga buat saia dan semua, bahwa memastikan kondisi belakang memang penting. Lirik spion juga wajib. Tapi, jangan sampai lengah, justru keadaan depan dan samping malah lalai tak terpantau, bisa jadi sumber malapetaka. Disyukuri, kami semua selamat, motor pun gak ada yang lecet. Mungkin bisa jadi kondisi berbeda jika semua melaju kencang dan nggak hati-hati.

Last, hati-hati dan awas dengan keadaan sekitar saat berkendara memang sangat diperlukan. Masa lalu (baca : kondisi belakang) memang perlu dilihat, tapi cukup sekilas saja. Ayo move on :mrgreen: Tetap berkendara dengan aman dan hati-hati ya masbro..