Buat ladybiker nih, maksimalkan skutikmu untuk #cariaman dalam perjalanan

Pagi masbro..

Kaum hawa pengguna sepeda motor, memang makin bejibun jumlahnya. Seiring pertambahan jumlah jenis motor matik yang memang makin menggurita, karena nih skutik=skuter matik= , memang sangat membantu dan memudahkan buat ladybiker beraktifitas menggunakan motor.

Sayang, kadang-kadang, beberapa kemudahan skutik ini malah kurang dimanfaatkan wanita saat sedang berkendara. Padahal, dari pabrikan nih, memberikan banyak fitur juga dalam kaitan meningkatkan faktor keselamatan di jalan. Paling banyak, yang saia temui adalah pengendara wanita kurang memaksimalkan fungsi bagasi pada skutik. Skutik masa kini, sudah jamak punya kapasitas bagasi, terutama dibawah jok, cukup besar. Jangankan hanya sekedar helm, balita aja bisa masuk kok, hehehe. Bercanda ..

Bagasi yang punya kapasitas besar, bisa digunakan untuk mengurangi resiko saat berkendara. Contoh paling gampang, adalah untuk meletakkan barang bawaan. Entah berupa tas tangan, tas ransel maupun tas slempang khas wanita.

Banyak ditemui, pengendara yang masih menyangkutkan tas slempang pada pundak. Selain berbahaya, karena bisa lepas dan jatuh sehingga mengganggu konsentrasi mengemudi, juga rawan kejahatan. Diincar begal dan jambret tuh… Tahu-tahu dipepet, tas ditarik, maut mengancam, Nggak hanya kehilangan benda berharga, bahkan terburuk bisa kehilangan nyawa karena terjatuh gara-gara kehilangan keseimbangan

Kedua, bagasi bisa dipakai sebagai tempat sepatu gaul. Sepatu gaul, macam highheels atau sejenisnya, memang sekarang nggak hanya buat gaul dan tren, juga sudah jadi standar pakaian kerja di beberapa perusahaan dan instansi. Ladybiker yang ogah ribet, memilih langsung mengenakan sepatu model ini sejak berangkat kerja mengendarai motor. Dengan model sepatu ini, otomatis tumit kaki akan berjinjit, sehingga total daya pijak kaki ke tanah/aspal juga berkurang. Beda dengan sepatu bisa, yang maksimal menapak.

Belum lagi, karena ujung belakang yang runcing, mengurangi keseimbangan. Jangankan menyangga motor, buat yang pertama kali pakai highheels pasti merasakan kesulitan saat berjalan dan berdiri tegak. Betul nggak?? Hayo ngaku 😆 😆

Makanya, untuk #cariaman di jalan, sepatu kerja atau sepatu gaul ini, bisa dimasukkan bagasi skutik. Saat berkendara, bisa menggunakan sepatu biasa atau sepatu kets. Lebih simpel, nyaman dipakai dan juga kaki terlindungi. Terlebih, saat kaki turun, bisa menyangga sepenuhnya berat badan dan kendaraan tanpa harus kehilangan keseimbangan.

Ketiga, bagasi bisa dipakai untuk tempat menyimpan rok kerja. Kaum wanita, terutama yang bekerja, di beberapa tempat memang diharuskan memakai pakaian kerja berupa rok. Model pakaian ini, entah panjang maupun pendek/mini, saat berkendara juga beresiko. Bila pendek, dipastikan akan membuat risih pemakai, karena sering tersingkap. Alhasil, sering deh merubah posisi duduk supaya nggak kemana-mana itu kaki dan paha :mrgreen:

komplit deh, rok mini+high heel

komplit deh, rok mini+high heel

Demikian pula rok panjang, berpotensi tersangkut. Karena panjang dan berkibar-kibar, bisa jadi ujungnya kena footstep belakang atau bagian mesin lain. Keduanya beresiko mengganggu keseimbangan saat berkendara. Solusinya, meski agak ribet, pakai celana panjang pengganti. Silakan pakaian kerja dimasukkan bagasi bareng bawaan lainnya, dan menggunakan celana panjang saat berangkat mengendarai motor. Nanti, di tempat tujuan, meski ribet, langsung deh ke toilet atau tempat lain untuk mengganti pakaian. Memang repot dan makan waktu lebih, namun lebih aman, betul??? Selain aman, juga sopan kan?

Nah selain 3 item tadi untuk memaksimalkan fungsi bagasi pada skutik, fungsi lainnya adalah sebagai wadah penyimpanan perangkat berkendara saat sudah tiba di tujuan. Helm, jaket, kacamata, sarung tangan, semua bisa masuk ke bagasi, tukar posisi dengan barang bawaan lain seperti tas slempang dan sepatu higheels yang sebelumnya masuk kesitu. Yuk berkendara dengan aman, dan tetap, patuhi peraturan lalu lintas.

Semoga selamat sampai di tujuan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s