CB150R Cobain kampas kopling Kawahara

Di km 34000 lebih ini, akselerasi ciput mulai saia rasakan mengendur. Setel kopling, udah mentok, eh, masih kerasa agak dalam aja koplingnya. Naga-naganya, minta dicek nih bagian penerus daya alias koplingnya. Eh, lha kok kebetulan, ada teman nawarin 1 set kampas kopling keluaran Kawahara, buat Tiger series. Tentunya dengan harga teman, wong gak jadi dipake sama yang punya πŸ˜† . Ada sedikit duit laki :mrgreen: , ya udah saia tebus deh, penasaran sama kampas kopling yang katanya resing ini. 2015-04-25 13.24.29Nih isi paketnya 2015-04-25 13.26.26Sekalian, saia tebus per kopling ori CB150 di distributor langganan. Murah aja kok, sebiji dibandrol IDR 10.000. Buat jaga-jaga aja, siapa tahu, per kopling bawaan dah mulai letoy alias lembek. 2015-04-25 11.30.38Bawa ke beres, sekalian service rutin. Skip-skip..abis setel mesin-injektor dkk, giliran kopling. Bongkar bak mesin kanan, lepas rumah kopling, preteli kampas kopling. 2015-04-30 08.21.17Mekanik mengukur ketebalan kampas kopling, sebenarnya masih cukup tebal dan diatas toleransi, yakni masih lebih dari 3 mm. Maaf, pas ngukur gak bisa ambil gambar detilnya. 2015-04-30 09.57.57Hemm..berhubung pengen coba si Kawahara, saia ganti saja. Kemudian, beralih mengukur per kopling bawaan. Kalo dari fisik sih, sekilas gak ada perubahan, alias sama saja. 2015-05-12 08.35.08Cuma bedanya, per kopling bawaan, pas ditekan, gak sekeras per kopling baru, alias lebih lembek. Maaf lagi nih, gak ada foto pengukuran kekerasan per, gak tahu alatnya sih πŸ˜† Akhirnya, sekalian deh ganti 1 set per kopling. Beres, pasang kebalikan urutan, motor siap dijajal deh. 2015-04-30 10.08.55 Mak wuzz, terasa akselerasi lebih spontan, meski kerasa tuas kopling sedikit lebih keras. Ya maklum sih, sudah terbiasa pake per kopling yang sudah rada lembek. Kalo dirasa-rasa sih, kayak tuas kopling motor baru :mrgreen: Impresi awal, buat naikkan putaran pas gigi rendah, enteng. Kalo sebelumnya, butuh rpm yang sedikit tinggi untuk merasakan tarikan. Sekarang, lumayan, gak perlu rpm tinggi-tinggi. Kalo gigi 1 sementara rpm rada ketinggian, trus lepas tuas kopling, inilah yang bakal terjadi πŸ˜†???????????????????????????????????? ???????????????????????????????????? Untuk rpm atas di kecepatan sedang, rasanya sih sama saja, di persneling 4 rpm 7000, spido di angka 85an kpj. Masih sama dengan pas belum ganti kampas kopling. Ingat, ini pengukuran spido, bukan gi-pi-es :mrgreen: Review jangka panjang? Ntar ya, kan barusan aja gantinya, hehehehe.. Semoga berguna

44 comments on “CB150R Cobain kampas kopling Kawahara

  1. Pingback: Ciput ganti aki Motobatt tipe MTZ6S | andhi's blog

  2. Bang, saya ganti kampas kopling kawahara juga bersama plat geseknya, tapi per kopling ane ganti punya tiger. Setelah di ganti kenapa motor saya jadi getar/ndut ndutan yaa kalo pas lagi setengah kopling?

    Like

    • wah, kalo saia masih pake per kopling cb masbro, ganti baru sih πŸ™‚
      kemungkinan, kampas kopling masih belum ngeplek, alias ngegigit dengan kawan-kawannya, karena masih baru
      kemungkinan lain, per koplingnya
      kerasa keras nggak mas, tuas kuplingnya?

      Like

  3. Tuas kopling sihh ga terasa lebih keras, tapi kalo dipake setengah kopling ya jadi endet endetan
    Plat geseknya abang pakai bawaan cb atau yg dari kawaharanya?

    Like

    • Yang dari kawahara dipake semua kampas koplingnya? Soalnya kata bengkel tempat saya masang yg dipake cuma kampas kopling yg besar, yg kecilnya gabisa dipasang, sebagai pengganti yg kecil akhirnya dipasang satu kampas kopling yg lama

      Like

    • saia pasang semua mas, yang dalam paket kawahara
      kebetulan masang juga di ahass
      kalo gak semua, malah kelewat tipis, mungkin karena itu, bengkel tempat mas ado masang, nambahin kampas kopling lama cmiiw

      Like

  4. gimana impresi sampe sekarang bro?
    oh ya, berhubung ini artikel lawas minta tolong email (udinsastro@gmail.com) bea ganti kampas kopling set tsb ya. ocb saya oktober 13, sampe skrg msh msh normal2 saja blm ganti apa2 kecuali filter udara dan kampas rem depan. Tambahan lg, apakah sdh ada pengalaman cb pakai teromol becak yg bentuknnya kecil dari besi sprti teromol klx? katanya pnp, jika tdk ada impresi negatif dan bikin enteng saya tertarik utk memasangnya. tengkyu

    Like

    • sampe sekarang masih sehat kok, cuma belum saia review dan bongkar kopling lagi mas..
      soal teromol, pake model apapun, sebenarnya gak ada masalah, asal bisa sesuai dengan cb…mau model becak, trail atau apapun
      yang sering jadi masalah. adalah bahannya. bahan part aksesori sekarang, kebanyakan, maaf nih, kurang bisa dipertanggungjawabkan. ya banyak faktor sih, terutama faktor ekonomis πŸ˜†
      makanya, saia lebih pilih tromol ori, meskipun tidak pnp dan harus sedikit modifikasi/nambahin, tapi yang jelas, material pabrikan, sedikit banyak sudah ada quality controlnya, rada tenanglah..kan pabrik buat untuk motor massal πŸ˜‰
      sudah banyak kasus, di tempat saia saja, teromol variasi yang rusak, mulai cuil atau retak karena bahan yang kurang bagus CMIIW
      semoga bermanfaat mas udin

      Like

  5. gan cb 150 r aku ditolak ya pas mau masang kampas kopling kawahara tiger di ahass + per kopling tiger katanya beda antara cb dan tiger kampasnya secara keseluruhan malahan disuruh beli yang ory cb 150 r nya belinya satuan 50 rb

    Like

    • wah saya juga rencana pengen pake full kawahara nih, semuanya langsung plug n play kan ya? gaada yg perlu dirubah? trus gaada efek negatifnya kan bro?

      Like

    • Iya mas, langsung pasang sepaket itu, plek ke rumah kopling
      Efek negatif, awal pakai penyesuaian kopling, imho, yang gigit banget
      Maklum, ori nya mulai tipis πŸ˜‰

      Like

    • langsung mas, kan ntar kerendam oli mesin πŸ˜‰
      cuma, abis pasang, setelah oli mesin diisi, sambil manasin mesin, monggo tarik-tarik tuas/handel kopling, supaya oli bisa masuk celah/sela antara kampas kopling cmiiw

      Like

  6. Om kalau misal,a mau ganti perkop tiger ori enakan pake 2 per atau 4 per om ??? Dan kamkop enakan pake orinya apa tiger ori om,,
    Matur suwun,,

    Like

  7. Pingback: Ciput CB150R ganti kampas kopling (lagi) | sekedar coretan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s